Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Cara Membuat Telur Balado (Telur Opor) Yang Lezat Ala Kampung KB "Tumbuh Jaya".


Selamat datang warga Tumbuh Mulia, melalui program kampung KB dibidang ekonomi, kami berbagi resep cara membuat telur balado (Telur opor) yang lezat ala Kampung KB "Tumbuh Jaya".

Telur balado ini bahasa sasaknya dikenal dengan sebutan telur opor. Menu ini biasanya disajikan saat zikiran, perasmanan, menu harian keluarga dan lauk pada nasi bungkus (kaputan).

Selain itu, banyak juga kita jumpai di tempat-tempat umum seperti di warung makan, arema, restoran bahkan juga dipasar. Menu ini banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Menu ini sangat laris bila dijual, hasilnya sangat menguntungkan dan menjanjikan. Cara membuat menu ini pun sangat praktis dan mudah. Sehingga tak jarang menu ini menjadi menu andalan waktu sarapan dan makan siang. Untuk lebih jelasnya, berikut resep cara membuat telur balado (Telur opor) yang lezat ala Kampung KB "Tumbuh Jaya". Selamat membaca dan mempraktikannya di rumah.

Cara Membuat Telur Balado (Telur Opor) Yang Lezat Ala Kampung KB "Tumbuh Jaya".

A. Bahan-bahan
  • 4 biji telur ayam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • Daun bawang
B. Bumbu halus
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 biji cabe merah besar
  • 4 biji cabe rawit
  • 1 biji tomat ukuran besar
C. Cara-cara membuatnya
  1. Rebus telur. Kemudian kupas kulit nya.
  2. Tumis bumbu halus beserta lengkuas sampai harum. Kemudian masukkan daun jeruk dan daun salam. Aduk2
  3. Tambahkan air sedikit aja. Kemudian tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
  4. Tes rasa. Jika sudah pas masukkan telur ayam. Tusuk2 telur nya menggunakan garpu agar bumbu meresap ke dalam. Kemudian tambahkan potongan daun bawang.
  5. Aduk secara perlahan agar telur nya tidak hancur. Jika air menyusut, matikan api.
      Masakan ini disajikan dengan nasi hangat bersama kerupuk. Semoga bermanfaat.
      Share:

      No comments:

      Post a Comment

      Jangan nyepam ya!

      Hari/Tanggal

      ALIH BAHASA

      Daftar Isi