Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Cara Alami Mengatasi dan Mencegah Sinusitis untuk Ibu Hamil



Selamat datang di blog kampung KB Tumbuh Jaya. Pada kesempatan ini, kami dari bidang kesehatan refreduksi berbagi artikel tentang Cara Alami Mengatasi dan Mencegah Sinusitis untuk Ibu Hamil

Ibu hamil (bumil) lebih rentan terserang penyakit.  Salah satu penyakit yang  mungkin menyerang adalah sinusitis. Penting bagi ibu hamil memahami pengobatan sinusitis yang tepat, sekaligus cara mencegahnya.

Sinusitis adalah gangguan peradangan pada rongga sinus, yaitu ruangan kecil di belakang tulang pipi dan dahi. Kondisi ini terjadi ketika rongga sinus yang semestinya berisi udara, dipenuhi oleh lendir yang kemudian menyumbat rongga sinus, sehingga kuman berkembang biak dan menyebabkan infeksi serta peradangan. Sinusitis pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh hormon progesteron yang membuat saluran sinus membengkak.
Cara Alami Mengatasi dan Mencegah Sinusitis untuk Ibu Hamil
Pengobatan Sinusitis di Rumah
Sinusitis ditandai dengan beberapa gejala, yaitu sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan wajah terasa nyeri. Apabila Bumil mengalami gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter untuk pengobatan yang tepat. Hindari mengonsumsi obat tanpa konsultasi dokter saat hamil.

Selain mengonsumsi obat dari dokter, Bumil juga bisa membantu meredakan gejala sinusitis dengan beberapa cara mudah, di antaranya:
1. Rutin mengonsumsi air putih
Salah satu cara paling ampuh untuk mengobati gejala sinusitis adalah dengan  mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Tidak hanya air putih, Bumil juga bisa mengonsumsi buah segar, untuk menambah asupan vitamin agar memperkuat daya tahan tubuh, sekaligus mencegah dehidrasi saat sinusitis.
2. Kompres air hangat dan dingin
Kompres dengan air hangat di area sekitar hidung, pipi dan dahi dengan air hangat selama 3 menit. Setelah itu, ganti dengan air air dingin dan diamkan selama 30 detik. Lakukan hal ini sebanyak dua atau tiga kali.  Bumil bisa melakukan proses mengompres ini sebanyak dua sampai enam kali per hari. Kompres bermanfaat untuk memperlancar saluran udara di hidung.
3. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga bisa segera pulih dari sinusitis. Untuk membantu membuka saluran hidung, Bumil bisSelain itu, usahakan untuk tidur dengan kondisi ruangan yang bersih dan gelap agar tidur lebih nyenyak.
4. Konsumsi sup ayam
Ibu hamil kemungkinan kehilangan nafsu makan. Namun, Bumil harus tetap memaksakan diri untuk makan makanan yang sehat. Sup ayam bisa menjadi pilihan yang tepat. Sup berkhasiat untuk mengurangi hidung tersumbat dan mengurangi peradangan. Selain itu, Bumil juga bisa mengonsumsi buah atau sayur. Disarankan konsumsi makanan dengan porsi kecil, namun lebih sering.
Tips Mencegah Sinusitis Saat Hamil
Ibu hamil memang lebih rentan terserang penyakit, karena menurunnya sistem imunitas selama hamil. Namun, bukan berarti Bumil tidak bisa mencegah datangnya penyakit.

Bumil bisa mencegah penyakit sinusitis dengan melakukan beberapa hal sederhana, sebagai berikut:
1. Menjaga kebersihan tubuh
Hal utama yang dapat dilakukan untuk mencegah sinusitis saat hamil adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, seperti rutin mencuci tangan dan mandi.
2. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C dan zinc
Untuk makanan, Bumil bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc  dan vitamin C. Makanan yang kaya akan zinc, seperti ikan, telur, roti gandum dan kacang mete. Sedangkan vitamin C, bisa ditemukan dalam jeruk, stroberi, brokoli, dan ubi jalar.
3. Menjaga lingkungan tetap bersih
Hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah sinusitis adalah menjaga lingkungan agar tetap bersih, khususnya untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat alergi. Salah satu cara yang dapat Bumil lakukan adalah dengan berhenti menggunakan pengharum ruangan. 

Apabila Bumil mengalami gangguan penyakit, termasuk sinusitis, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Semakin cepat dideteksi, maka gangguan yang Bumil derita bisa segera ditangani.

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

2 comments:

  1. wah, terimakasih ya artikel nya snagat bermanfaat


    buat teman-teman yang akan segera menjadi orangtua, saya ada tips mendaftarkan bayi jadi peserta BPJS nih, silahkan langsung di klik aja, ada banyak tips lainnya juga, semoga bermanfaat ya :)

    ReplyDelete
  2. Semoga bermanfaat bagi kampung KB yang lain.

    ReplyDelete

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi