Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Download Bukti Fisik Standar Isi Akreditasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi Bukti Fisik Terbaru Delapan Standar Akreditasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020, salah satunya yaitu bukti fisik standar isi. 

Tujuannya untuk memudahkan kita dalam visitasi oleh tim assesor BAN dari provinsi atau pusat bagi Madrasah/Sekolah yang belum akreditas tahun ini.

Berikut ini daftar instrumen standar isi yang harus disediakan oleh Sekolah/Madrasah dalam melaksanakan akreditasi:
a. Instrumen 1 dibuktikan dengan:
  1. Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap spiritual pendidikan SMP/MTs untuk sikap spiritual.
  2. Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP tentang kompetensi sikap spiritual siswa/Penguatan Pendidikan Karakter siswa.
  3. Rancangan dan hasil penilaian sikap spiritual, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
  4. Program kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Keagamaan, misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al-Quran, retreat, atau kegiatan lainnya. 
b. Instrumen 2 dibuktikan dengan:
  1. Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sosial pendidikan SMP/MTs untuk sikap sosial.
  2. Hasil kegiatan telaah/analisis buku pedoman untuk guru dan buku siswa secara berkelompok tentang kompetensi sikap sosial siswa melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP.
  3. Rancangan dan hasil penilaian sikap sosial, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
  4. Program dan hasil kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Krida, misalnya: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya. Latihan olahbakat latihan olah-minat, misalnya: pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pencinta alam, jurnalistik, teater, dan lain-lain.
c. Instrumen 3 dibuktikan dengan:
  1. Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi inti 3 (pengetahuan) dan kompetensi dasar.
  2. Hasil kegiatan analisis buku pedoman untuk guru dan buku siswa secara berkelompok tentang kompetensi pengetahuan melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di MGMP.
  3. Program kegiatan ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya. pencinta, teknologi informasi dan komunikasi, rekayasa, dan lainnya. 
  4. Instrumen 4 dibuktikan dengan:
  5. Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi inti 4 (keterampilan) dan kompetensi dasar.
  6. Dokumen hasil tugas-tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur yang diberikan kepada siswa.
  7. Dokumen hasil penilaian keterampilan kinerja, proyek dan portofolio. 
d. Instrumen 5 dibuktikan dengan:
  1. Perangkat pembelajaran semua mata pelajaran.
  2. Buku yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran.
  3. Silabus dan RPP Guru mata pelajaran pada semua tingkat dan kelas. 
e. Instrumen 6 dibuktikan dengan:
  1. SK penetapan tim pengembang kurikulum sekolah/madrasah.
  2. Daftar hadir kegiatan pengembangan kurikulum.
  3. Daftar hadir narasumber.
  4. Berita acara penetapan kurikulum.
  5. Notulen rapat pengembangan kurikulum.
f. Instrumen 7 dibuktikan dengan:
  1. Dokumen KTSP bagian kerangka dasar sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP.
  2. Dokumen silabus semua mata pelajaran dalam bentuk soft copy atau hard copy.
g. Instrumen 8 dibuktikan dengan:
  1. Dokumen KTSP yang belum disahkan.
  2. Dokumen KTSP yang telah disahkan.
h. Instrumen 9 dibuktikan dengan:
  1. Struktur kurikulum di sekolah/madrasah.
  2. Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri.
  3. Jadwal pelajaran, daftar hadir, dan RPP.
  4. Hasil belajar seni budaya, prakarya, dan kewirausahaan.
  5. Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler.
Untuk bukti fisiknya, kami menyiapakan beberapa point:
a. IPDIP Standar Isi 

  • Berbentuk PDF
  • Berbentuk Microsoft Word
  • Berbentuk Microsoft Exel
b. Bukti Fisik Standar Isi;
  1. Dokumen I KTSP 
  2. Format Kosong Dokumen I KTSP 
  3. Dokumen II Silabus dan RPP 
  4. Kalender pendidikan 
  5. Buku pelajaran
  6. Berita acara rapat pengembangan Kurikulum terdiri dari surat undangan pembentukan tim Pengembang KTSP, SK tim pengembang kurikulum, susunan tim penyusun, daftar hadir, dan notulen (guru, komite dan tokoh masyarakat)
  7. Berita acara penetapan KKM, daftar hadir dan notulen (guru, komite dan tokoh masyarakat)
  8. Referensi pengembangan Kurikulum (berupa buku panduan dalam penyusunan KTSP)
  9. Program pengembangan diri (program layanan bimbingan konseling dan program ekstrakurikuler)
  10. Dokumen tugas siswa (Tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur)
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan filenya, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360

Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN

Demikianlah fisik standar isi yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan menjadi refrensi bagi Madrasah yang belum akreditas pada tahun ini sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi