Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Materi Bahasa Inggris: Penggunaan do, does, did dan done.


Primary Auxiliary Verbs: Penggunaan do, does, did dan done dalam bahasa Inggris.

Dalam belajar bahasa Inggris tentunya kita sering mendengar atau membaca kata-kata do, does, did, ataupun done.  Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan ini kami berbagi penggunaannya. Selamat membaca!

Kata do/does, did, dan done adalah salah satu primary auxiliary verb (kata kerja bantu yang tidak memiliki arti sendiri namun membantu dalam membentuk karakter kalimat). Kata kerja tersebut berasal dari kata kerja do (verb1-bare infinitive), sedangkan does, did, dan done adalah turunannya. Does (verb1 – additional infinitive), did (verb2), done (verb3).

Meskipun do/does, did, dan done adalah salah satu primary auxiliary verb, namun dapat juga difungsikan sebagai ordinary verb (kata kerja utama) sehingga fungsi sebagai primary auxiliary verb akan secara otomatis menghilang, hal ini berlaku juga pada primary auxiliary verb lainnya. 

Penggunaan do/does, did, dan done dalam Bahasa Inggris


1. Penggunaan Do/Does
Kata kerja do dan does adalah sama-sama verb1, yang membedakannya adalah jika do merupakan bare infinitive, sedangkan does merupakan additional infinitive (do + es). Artinya penggunaan do atau does tergantung dengan subjeknya. Perhatikan gambar  dibawah ini!


Selain itu, ada subject + do/ does:
  1. Boy Does
  2. Boys Do
  3. Girl Does
  4. Girls Do
  5. Beautiful girl Does
  6. Beautiful girls Do
  7. My friend Does
  8. My friends Do
  9. All of my friends Do
  10. My father Does
  11. My brother Does
  12. Shinta (nama orang) Does
  13. Budi (nama orang) Does

Perhatikan contoh pada gamabar dibawah ini!


Di dalam tenses, kata kerja do dapat digunakan pada simple present tense, simple future tense, dan juga simple past future tense. 

Sedangkan kata kerja does hanya digunakan pada simple present tense saja. Jadi jika subjek yang seharusnya menggunakan does pada simple present tense, namun ketika subjek tersebut menggunakan simple future tense dan simple past future tense, maka subjek tersebut bisa menggunakan do. 

Artinya semua subjek akan menggunakan do jika tenses yang digunakan adalah simple future tense dan juga simple past future tense, jadi perbedaan penggunaan do atau does ini hanya terjadi ketika menggunakan simple present tense saja.

Contoh:


2. Penggunaan Did

Did adalah verb2 dari kata kerja do. Did hanya digunakan pada simple past tense saja, tidak seperti do dan does yang penggunaannya tergantung dengan subjek. 

Ada satu persamaan antara did dan do/does, yaitu dapat difungsikan sebagai kata kerja bantu maupun kata kerja utama, penyusunannya juga sama seperti do/does diatas, hanya saja ingat bahwa did hanya digunakan untuk simple past tense saja.

Contoh Kalimat positif:

- I did the test yesterday.
- She did the test yesterday.

Kalimat negative:

- I did not study last night.
- She did not study last night.

Kalimat interogatif:

- Did you study last night?
- Did he love me?

Kalimat negative interogatif:

- Did you not study last night?
- Did he not play football yesterday?

3. Penggunaan Done

Done merupakan turunan ketiga (verb3) dari kata kerja do, apapun subjeknya tetap menggunakan bentuk done, dan kata done ini dapat digunakan pada present perfect tense, past perfect tense, future perfect tense, dan juga past future perfect tense.

Contoh Kalimat positif: 
- I have done a great job.
- He has done a great job.
- I had done my homework.
- He had done his homework.
- I will have done the report.

Demikian, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kalau anda masih bingung, silahkan corat-coret dikotak komentar dibawah.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi