Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Inilah Cara Mengetahui Waktu Berhenti Haid dan Perkara Yang Harus Dilakukan.

Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Cara Mengetahui Waktu Berhenti Haid dan Perkara Yang Harus Dilakukan. Berikut penjelasannya.

Haid atau dalam istilah biologis adalah menstruasi, adalah suatu proses biologis yang terjadi pada wanita. Dalam bahasa Inggris, menstruasi berasal dari kata menses. Menses berarti suatu periode Haidh. Bagi wanita yang sudah berusia 12-13 tahun biasanya akan mendapatkan menstruasi, atau bisa jadi lebih cepat atau lebih lambat bergantung kepada mekanisme tubuh dan hormonalnya masing-masing. Proses ini akan berhenti sampai masa monopause yaitu usia 40 tahun ke atas.

Pada saat terjadi menstruasi pada wanita, maka ia akan mengelurakan darah dari alat kelaminnya (vagina). Proses ini terjadi secara rutin setiap bulannya. Bisa teratur atau tidak bergantung juga kepada kondisi tubuh masing-masing wanita. Proses ini terjadi akibat adanya sel telur yang berada dalam rahim telah matang. Biasanya periode waktunya 1 bulan terjadi 1 kali fase antara 5-10 hari.

Kaitannya dengan sholat, maka bagi wanita yang sudah selesai haid harus melakukan beberapa perkara sesuai dengan waktu berhentinya darah haid mengalir. Dengan demikian, seorang wanita bisa mengetahui kapan dia mandi dan sholat apa saja yang harus dikerjakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan tabel dibawah ini.


Rujukan: kitab al-Ibanah wa al-Ifadhah fi Ahkam al-Haydh wa al-Nifas wa al-Istihadhah 'ala Mazhab al-Imam al-Shafi'i karangan al-Sayyid Dr 'Abd al-Rahman bin 'Abd Allah al-Saqqaf.

Demikian, semoga bermanfaat dalam menjalani segala perintah sholat 5 waktu.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi