Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Materi Bahasa Inggris: Pengertian, Macam-macam dan Fungsi Noun.

Selamat datang para bloger, berikut ini kami akan berbagi artikel tentang noun. Selamat membaca!
a. Pengertian Noun
Dalam pelajaran grammar untuk Bahasa Inggris, noun adalah kata benda dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mendefinisikan orang, tempat, hewan, tanaman, benda, kualitas akan sesuatu, atau suatu kegiatan. 


Misalnya: man = lelaki, house = rumah, cat = kucing, roses = bunga-bunga mawar, the quality = kualitas, writing = menulis, dan lain sebagainya.

Di dalam suatu kalimat noun dapat berfungsi sebagai:

a. As Subject of Verb

Contoh: Tommy has run the company since 1993. (Tommy telah menjalankan perusahaan tersebut sejak tahun 1993.)

b. As Subject/Object Complement

Contoh: She is a denstist. (Dia seorang dokter gigi.)

c. As Direct/Indirect Object

Contoh: I can drive a car. (Saya dapat menyetir mobil.)

d. As Object of Preposition

Contoh: She was walking on the sidewalk when she was attacked. (Dia sedang berjalan do trotoar ketika dia diserang.)

Apa saja macam-macam noun? Sebagai salah satu dari delapan (8) jenis parts of speech dalam Bahasa Inggris, noun juga terdapat banyak jenisnya, yaitu: abstract noun, collective noun, common noun, compound noun, concrete noun, proper noun, countable and uncountable nouns, singular and plural nouns.
b. Macam-macam Noun
1. Abstract Noun (kata benda yang tak berwujud) berfungsi menunjukkan benda yang tak berwujud, tetapi dapat dibayangkan.

Contoh : life (kehidupan), love (kasih-sayang / cinta), friendship (persahabatan), relationship (hubungan), dan lain sebagainya. Contoh kalimat: Love is important thing in our life.

2. Collective noun (kata benda kolektif) berfungsi sebagai kata benda yang mempunyai arti majemuk.

Contoh: group (grup / kelompok), class (kelas), flock (sekelompok unggas), battalion (batalyon) dan lain sebagainya. Contoh kalimat: My school has many classes

3. Common noun (kata benda umum),yang biasanya paling mudah diingat karena noun jenis ini termasuk yang paling dasar dan lebih dulu diajarkan.

Contoh: teacher (guru), flower (bunga), car (mobil), building (bangunan), motorcycle (sepeda motor), chair (kursi), dan lain sebagainya. Contoh kalimat: She buy a new car

Compound nouns adalah gabungan dua kata, dimana kata pertama dan keduanya dijamakkan, Contoh kalimat: This restaurant has some men servants

- Singular (Tunggal)  
  • man servant
  • woman servant
  • man teacher 

- Plural (Jamak)
  • men servants
  • women servants
  • men teachers

4. Concrete Noun (kata benda berwujud) untuk menunjukkan benda yang memiliki wujud dengan kriteria dapat dilihat atau disentuh.

Contoh: people (orang), book (buku), car (mobil), dan sebagainya. Contoh kalimat: Reading a book is my hoby

5. Proper noun (kata benda nama diri) yaitu nama orang, sekolah, perusahaan, kota, negara, dsb.

Contoh: Marry, Indonesia, Facebook, dan sebagainya. Contoh kalimat: His name is John

6. Countable nouns adalah benda yang dapat dihitung, baik secara singular (tunggal) dan plural (jamak). Contoh kalimat: My brother drinks a glass of milk.

Singular (Tunggal) + a (Sebuah / Satu ) Plural (Jamak) + many, several,some , or a few (Banyak, sebagian, beberapa, atau sedikit)
  • A ring (many, several, some, a few) rings
  • a week (many, several, some, a few) weeks
  • a room (many, several, some, a few) rooms
  • A book (many, several, some, a few) books
  • A month (many, several, some, a few) months
  • A glass (many, several, some, a few) glasses

7. Uncountable nouns adalah benda yang tidak dapat dihitung, misalnya : water (air), air (udara), sugar (gula), dan lain-lain. 


Biasanya bisa ditambah dengan kata-kata some (sebagian) atau much (banyak untuk sesuatu yang tidak bisa dihitung.)Contoh kalimat: I put a bottle of water on the table.
c. Fungsi noun
Dalam kalimat, noun mempunyai empat (4) fungsi, yaitu:
  1. subject of a sentence / subjek dalam kalimat.(contoh kalimat: Ruby has known Tony for four years. / Ruby telah mengenal Tony selama empat tahun.)
  2. subject / object complement atau subjek / objek pelengkap.(contoh kalimat: He is a director.)
  3. direct / indirect object atau objek langsung / tak langsung.(contoh kalimat: You hit the nailon the head.)
  4. object of a preposition / objek preposisi atau penempatan(contoh kalimat: I was reading a magazine at home when the electricity went out.)

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi