Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Materi Bahasa Inggris: Pengertian, Macam dan Contoh Preposition.



Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Pengertian, Macam dan Contoh Preposition Dalam Bahasa Inggris. Berikut ini penjelasannya.
A. Pengertian Preposition
Preposition adalah kata yang bersama objeknya (disebut object of preposition) menerangkan verb, noun, atau adjective. Object of preposition dapat berupa noun, pronoun, atau gerund. Kata ini merupakan satu dari delapan part of speech bahasa Inggris.
B. Macam dan Contoh Preposition
Berdasarkan fungsinya, ada beberapa macam preposition. Berikut diantaranya:
  1. Preposition of time: untuk memberi petunjuk waktu (at night, after lunch, during the storm),
  2. Preposition of place and position: untuk memberi petunjuk tempat atau posisi (among his friends, inside my PC, outside the auditorium),
  3. Preposition of movement: untuk memberi petunjuk arah pergerakan (towards the post office, go up stairs, out of the hall).
1. Prepositional Phrase
Kombinasi antara preposition dengan object of preposition membentuk suatu frasa yang disebut prepositional phrase. 

Preposition yang membentuk prepositional phrase tersebut dapat hanya terdiri dari satu kata (one word preposition: at, on, it), atau gabungan dengan part of speech lain (complex preposition: along with, as well as, by means of).

Contoh Prepositional Phrase:
  • under the bridge
  • at school
  • because of you
Prepositional phrase dapat dibedakan menjadi adjectival prepositional phrase dan adverbial prepositional phrase. 

Adjectival berfungsi seperti adjective yang menerangkan noun, sedangkan adverbial berfungsi seperti adverb yang menerangkan verb, adjective, atau adverb.
2. Preposition vs Conjunction
Ada beberapa kata yang mungkin membingungkan karena dapat digunakan baik sebagai preposition maupun subordinate conjunction. 

Beberapa kata yang serupa dalam struktur dan maknanya tersebut antara lain: after, before, since, dan until. 

Kata-kata tersebut apakah merupakan preposition atau conjunction dapat dibedakan dari bagian yang mengikutinya. Preposition diikuti kata atau frasa, sedangkan conjunction diikuti clause yang setidaknya terdiri dari subject dan verb.

Contoh Kalimat Preposition vs. Conjunction:
  • You will receive the payment before the end of this month. preposition (diikuti frasa “the end of this month”)
  • You will need to wait 3 full days before you receive the payment. conjunction (diikuti clause “you receive the payment”)

Demikian penjelasan Preposition Pengertian, Macam dan Contoh Dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat.   
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi