Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Pedoman Lengkap Tata Cara Lengkap Penyembelihan Hewan Qurban.


Selamat datang, pada kesempatan ini kami berbagi artikel Tata Cara Lengkap Penyembelihan Hewan Qurban.

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang penuh kemuliaan. Di bulan ini, umat muslim yang mampu dianjurkan untuk menunaikan ibadah haji dan berqurban.

Tata Cara Lengkap Penyembelihan Hewan Qurban

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari Raya Iduladha (10 Zulhijah) setelah menggelar salat Id dan dalam tiga hari tasyrik, yaitu 11, 12, dan 13 Zulhijah. 

Penyembelihan ini tidak hanya bermakna penyempurnaan ibadah, tetapi juga didasari kisah Nabi Ibrahim ketika mendapat perintah untuk menyembelih putranya yang bernama Ismail. 

Dalam Alquran, terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan kurban. Sebagai contoh, perintah agar umat Islam berkurban, terdapat dalam Surah Al-Kautsar ayat 2. Allah berfirman sebagai berikut:

 [فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. [الكوثر 

Artinya, "Maka salatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.” 

Perintah berkurban bukan hanya ekskusif untuk umat Islam sejak era Nabi Muhammad. Penyembelihan hewan kurban didasari kisah Nabi Ibrahim, yang sempat diperintahkan Allah untuk menyembelih putranya sendiri, Ismail. Setelah berdiskusi dengan Ismail, Ibrahim membulatkan tekad. 

Ketika itulah, Allah mengganti Ismail dengan domba, sehingga Ibrahim tetap dapat menyembelih kurban, tetapi tidak mengorbankan sang putra. Kisah ini terekam dalam Alquran, Surah Ash-Shaffat ayat 103 hingga 107. 
Baca: Hikmah Puasa Tarwiyah dan Arafah 9 Dzulhijjah.
Hendak Menyembelih Hewan Kurban Sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban, dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Doa tersebut dibaca dengan harapan agar Allah menerima ibadah kurban yang dilakukan. Berikut doa tersebut.

 اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ 

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm Artinya, "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku." 

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sebelum melaksanakan proses penyembelihan hewan kurban, sebaliknya melakukan beberapa tahapan sebagai berikut:

Pertama, diidahului dengan membaca basmalah. 

Kedua, diikuti bacaan selawat untuk Nabi Muhammad dengan melafalkan kalimat berikut.
 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ Muhammad, wa alâ âli sayyidinâ Muhammad. Artinya, "Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad dan keluarganya." 

Ketiga, menghadap ke arah kiblat baik untuk hewan yang akan disembelih maupun orang yang akan melakukan penyembelihan terhadap hewan kurban. Dalam hal ini, hewan dibaringkan di atas lambung sebelah kiri, dan posisi lehernya yang dihadapkan ke kiblat. 

Keempat, setelah posisi sudah siap, maka diiringi dengan bacaan takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali.

 اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ 

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.” 

Kelima, mengucapkan doa "Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm" di atas. 

Baca juga: Syarat Hewan Kurban dan Standar Penyembelihan Halal MUI Tahun 2019.

Keenam, hendaknya menggunakan alat yang setajam mungkin. 

Ini didasarkan pada riwayat, bahwa Nabi Muhammad bersabda, "Seesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik dalam segala hal. jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan baik. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihannya.” (H.R. Muslim).

Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN

Demikian, Tata Cara Lengkap Penyembelihan Hewan Qurban.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi