Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Download Aplikasi Cara Menghitung Pekan Efektif dan Pekan Tidak Efektif Tingkat SMP/MTs, MA/SMA/SMK.



Semua perangkat pembelajaran menjelang tahun ajaran baru harus segera disesuaikan dengan tugas masing-masing pendidik, jika masih mengampu materi dan kelas yang sama mungkin tidak banyak yang berubah perangkat pemebelajaran yang dimiliki cumat mengedit tahun ajaran baru. 

Namun bagi guru yang mengampu materi yang berbeda dengan tahun ajaran sebelumnya maka inilah saatnya untuk kembali belajar menyiapkan perangkat-perangkat pembelajarannya.

Sebelum menyusun silabus dan RPP, guru harus mengetahui distribusi pekan efektif dan pekan tidak efektif dalam satu smester, hal ini penting untuk mengetahui berapa jumlah pertemuan yang akan di lakukan dengan peserta didik, serta pencairan materi yang harus disampaikan dalam satu semester.

Download juga: 
Lalu bagaimana cara menghitung pekan efektif dan pekan tidak efektif? adapu perangkat utama yang harus disiapkan yaitu kalender pendidikan yang dibuat oleh wakamad Kurikulum. 

Pekan efektif adalah pekan dimana proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan pekan tidak efektif adalah dimana proses belajar mengajar tidak dapat dilaksanakan.
Contoh gambaran umum

Untuk mengetahui pekan dimana tidak bisa melaksanakan proses belajar mengajar, cek kalender pendidikan. Pekan tidak efektif tersebut antara lain libur semester, libur hari raya, libur puasa, dan pelaksanaan ujian nasional.

Pekan efektif diperoleh dari jumlah pekan tiap bulan dikurangi pekan tidak efektif pada bulan tersebut, mudah bukan? dalam menentukan pekan efektif dan pekan tidak efektif kerjakanlah bersama-sama guru dalam sekolah sehingga ada kesamaan dalam pelaksanaannya.


Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat file yang lengkap, silahkan membaca...Cara mendapatkan file dan ketentuannya.

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi