Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Kriteria-kriteria Menjadi Bendahara Madrasah/Sekolah.


Pada kesempatan ini kami berbagi Kriteria-kriteria Menjadi Bendahara Madrasah/Sekolah. 

Menjadi bendahara BOS bukanlah perkara yang mudah karena dibutuhkan ketekunan dan keahlian. 

Berikut ini Syarat-syarat Menjadi Bendahara Madrasah/Sekolah;
  1. Selalu ingat kepada ajaran agama. Dengan ajaran agama kita akan senantias terkontrol, apalagi kita selalu berurusan dengan uang.
  2. Menjadi pribadi yang jujur. Jujur adalah modal utam menjadi sesorang yang dapat selalu kita percaya. Jika kita sudah tidak jujur dalam melaporkan BOS, bisa jadi celaka yang akan menghampiri kita.
  3. Teliti dan tekun. Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menanggulangi atau mencegah jangan sampai kita salah dalam menghitung keuangan sekolah yang akhirnya akan merugikan diri kita sendiri.
  4. Sabar dalam perilaku. Menjadi bendahara BOS adalah salah satu jabatan yang riskan. Jabatan ini dibenci tetapi juga dicintai (You know my mind). Sabar dalam berperilaku, karena menjadi bendahara selalu banyak halangan berupa omongan orang yang mungkin negatif karena kita ini karena kita itu dan sebagainya.
  5. Buatlah RAB untuk mengontrol dan mempermudah pelaporan dana BOS.
  6. Selalu Konsultasikan Pengeluaran Kepada Kepala sekolah atau guru yang lebih senior. Jangan sampai kita bertindak sendiri dalam membelanjakan dana BOS.
  7. Selalu sedia slip penarikan yang sudah dilengkapi dengan tanda tangan, KTP Kepala sekolah dan KTP bendahara. Hal tersebut akan mempermudah penarikan BOS jika salah satu pengelola BOS tidak berada di tempat.
  8. Lengkapi Buku Administrasi Keuangan BOS. Memang sangat merepotkan, tetapi bila dikerjakan akan membawa manfaaat yang sangat baik. Laporan keuangan kita lebih akuntabel.
  9. Kerjakan Buku Administrasi Secara Rutin. Agar kita tidak mengerjakan administrasi secara bruk-brukan, lembur atau wayangan. Administrasi harus dikerjakan secara rutin, misalnya setelah pulang sekolah. Jangan sampai administrasi tersebut malah membuat repot kita karena dikerjakan secara serempak.
  10. Gunakan Software BOS untuk mempermudah pengelolaannya. Software BOS dapat di unduh di sini
  11. Usahakan mengajak orang lain atau pihak yang berwajib untuk mengambil dana BOS tersebut. Hal ini mencegah kemungkinan perampokan saat kita mengambil dana BOS.
  12. Hindari berpakaian dinas dalam pengambilan dana BOS. Perampok banyak berkeliaran di bank dan mencari mangsa orang-orang yang memakai pakaian dinas.
  13. Hindari mampir ke suatu tempat setelah mengambil dana BOS. Banyak kejadian dana BOS dirampok saat yang empunya sedang mampir contohnya di warung dan sebagainya.
Demikian, semoga bermanfaat bagi kita demi memajukan pendidikan di sekolah kita masing-masing.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi