Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Tips Mencari Buku Dengan Cepat Di Perpustakaan.


Pada kesempatan ini, kami berbagi cara atau tips mencari buku di perpustakaan atau di toko buku. Tujuannya untuk memudahkan bagi kita dalam mencari buku yang kita butuhkan. 

Setiap orang mempunyai buku favorit atau buku kesukaan, baik berupa buku teks (pelajaran, diktat, modul), buku panduan (how to), maupun novel, komik atau nomik (novel-komik) dan antologi (kumpulan dari karya-karya sastra). 

Bagi mereka yang mempunyai dana lebih dapat membeli buku favorit-nya di toko buku untuk koleksi pribadi, tetapi bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan dana hanya dapat membaca dan meminjam di perpustakaan.

Sebenarnya menemukan sebuah buku yang kita inginkan bukanlah hal yang sulit apabila kita mengetahui caranya. Kadangkala sering kita melihat mahasiswa yang kelihatan bingung untuk mencari sebuah buku, padahal buku-buku di perpustakaan sudah dikelompokkan sesuai dengan kelompoknya masing-masing. 

Buku (text book) dikelompokkan berdasarkan sistem Dewey (DDC/Dewey Decimal Classification) disusun di dalam rak yang notabene membingungkan buat mahasiswa. 

Untuk itu, sebaiknya sebuah perpustakaan dapat menambahkan petunjuk arah tempat buku di rak disertai keterangan buku-buku yang ada di rak tersebut.

Berikut  Ini Tips Mencari Buku Di Perpustakaan Dengan Cepat, antara lain:
  1. Tentukan tema/judul buku yang akan dicari (sesuai kebutuhan)
  2. Mulailah memilih judul buku dirak kanan atas sampai kebawah (secara zig-zag).
  3. Perhatikan judul yang ada dipunggung buku tanpa membongkar atau mengacak buku dirak.
  4. Setelah judul buku ditemukan lalu buku dicabut memakai telunjuk tangan.
  5. untuk memastikan judul/tema yang dicari, anda perlu memperhatikan daftar isi buku tersebut.
  6. Seandainya judul/tema yang dicari tidak sesuai/cocok, buku tersebut dikembalikan lagi keposisi yang paling akhir dari susunan buku yang ada di rak.
  7. Apabila judul/tema buku yang anda cari cocok, anda bisa meminjam atau membacanya di tempat yang telah di sediakan.
  8. Jangan sekali–kali melipat buku, merobek atau mencorat–coret buku tersebut karena buku tersebut masih banyak yang membutuhkannya.
  9. Semoga kita semua tergolong orang–orang baik dan termasuk orang–orang yang sukses.
Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi