Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Pengertian Laboratorium dan Perannya di Sekolah/Madrasah.


Pada kesempatan ini kami berbagi Pengertian Laboratorium dan Perannya di Sekolah/Madrasah. Berikut penjelasannya secara detail.

Pengertian Laboratorium dan Perannya di Sekolah/Madrasah.

A. Pengertian Laboratorium

Menurut para ahli, kata "Laboratorium atau  Laboratory"  pada kamus Webster’s, yaitu  A building or room in which  scientific experiments are conducted, or where drugs, chemicals explosives are tested or compounded.  Sedangkan pada kamus Oxford,  Laboratory:  room or building used for scientific  experiments, research, testing, etc esp in chemistry… language. (Hornby, 1985).  

Pada Wikipedia, Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran  ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan  dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Laboratorium ilmiah biasanya  dibedakan menurut disiplin ilmunya, misalnya laboratorium  fisika, laboratorium  kimia,  laboratorium biokimia, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa. (Wikipedia, 2007). 

Pada SPTK-21 dikemukakan Laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori  keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian,  dan sebagainya dengan  menggunakan alat bantu yang menjadi kelengkapan dari fasilitas dengan kuantitas dan kualitas yang memadai (Depdiknas, 2002).

B. Peran Laboratorium di Sekolah/Madrasah

Dalam konteks pendidikan di sekolah laboratorium mempunyai  fungsi sebagai tempat proses pembelajaran dengan metoda praktikum yang dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa untuk berinteraksi dengan alat dan bahan serta mengobservasi berbagai gejala secara langsung. 

Kegiatan laboratorium/praktikum akan memberikan peran yang sangat besar  terutama dalam:
  1. Membangun pemahaman konsep;
  2. Verifikasi (pembuktian) kebenaran konsep;
  3. Menumbuhkan keterampilan proses (keterampilan dasar bekerja ilmiah) serta afektif siswa;
  4. Menumbuhkan “rasa suka” dan motivasi terhadap pelajaran yang dipelajari;
  5. Melatih kemampuan psikomotor.
Oleh karena itu kegiatan laboratorium/praktikum  akan  dapat  meningkatkan kecakapan  akademik,  sosial,  dan vokasional.  Magnesen yang dikutif oleh DePorter, dkk. dan diterjemahkan oleh Nilandari (2000) mengemukakan bahwa ”Kita belajar”:
  • 10% dari apa yang kita baca,
  • 20% dari apa yang kita dengar,
  • 30% dari apa yang kita lihat,
  • 50% dari apa yang kita lihat dan dengar,
  • 70% dari apa yang kita katakan,
  • 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan.”
Semoga bermanfaat bagi kita sebagai pengetahuan umum.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi