Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Materi Bahasa Inggris: Pengertian Recount Text, Tujuan, Generic Structure dan Contohnya.


 

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Pengertian Recount Text, Tujuan, Generic Structure dan Contohnya. Berikut ini penjelasannya.

A. Pengertian Recount Text
“Recount” dalam kamus bahasa Inggris berati “menceritakan”, “recount text” berarti “text yang menceritakan”.

Recount text is a text that telling the reader about one story, action or activity (Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan tentang suatu cerita, tindakan, atau kegiatan).


Jadi, dapat kita simpulkan bahwa recount text menceritakan suatu kejadian atau pengalaman yang terjadi dimasa lalu contohnya seperti pengalaman Anda berlibur atau suatu pengalaman Anda bertemu artis idola anda. Berbeda dengan narrative text, pada recount text tidak terdapat complication atau conflict masalah.


B. Tujuan Recount Text
      Adapun tujuan recount text adalah sebagai berikut:
  1. To entertain or inform the readers (untuk menghibur dengan menceritakn suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu).
  2. To inform the readers (menginformasikan para pembaca terhadap suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu). 

    C. Generic Structure Recount Text
    1. Recount text memiliki susunan atau struktur. Generic Structure recount text terdiri dari:
    2. Orientation: memceritakan mengenai latarbelakang  informasi tentang siapa, di mana, kapan kejadian atau peristiwa terjadi.
    3. Events: menceritakan suatu peristiwa yang terjadi setelahnya diceritakan sesuai urutan kronologis.
    4. Reorientation: berisi rangkuman atau conclusion dari semua kejadian. Pada bagian ini juga berisi pendapat atau kesan penulis tentang kejadian yang diceritakan.

      C. Contoh Recount Text


      Vacation to The Labuhan Haji Beach

      Last week, I and my friends went to the beach after school. We used public transportation. We reached the beach at 4 p.m. The beach was beautiful and clean.

      Events:
      At the beach, it was fun. We played football in the coast line. After that, we built a castle from sand. In the night, we made bonfire together. We roasted fishes and squites then we ate them. In the midnight, it was time to share our scary stories. One by one, we told our story.

      Reorientation:
      At the morning, we went home. It was a moment I never forgot.

      Lihat...Soal Recount Text

      Demikian penjelasan Recount Text: Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat.  
      Share:

      No comments:

      Post a Comment

      Jangan nyepam ya!

      Hari/Tanggal

      ALIH BAHASA

      Daftar Isi