Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Materi Bahasa Inggris: Materi dan Soal Bahasa Inggris Expressing Politeness.


Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana menyatakan atau menanyakan hal dengan cara yang lebih sopan dalam bahasa inggris, atau dapat disebut juga sebagai expressing politeness. 

Materi ini merupakan salah satu materi expression dalam bahasa inggris yang ada di kelas 7 MTs. Selamat membaca!

Biasanya kita berbicara lebih sopan kepada orang yang lebih tua dari kita atau ketika bertemu dengan orang yang belum kita kenal. Berbicara sopan dalam bahasa inggris disebut dengan expressing politeness. 

Berikut adalah contoh kalimat yang menunjukkan kesopanan dalam bahasa inggris.

A. Expressing Politeness:
  1. May I help you? (bolehkah aku membantumu?)
  2. Would you like to help me? (bisakah kau membantuku?)
  3. Could you pass the salt over there, please? (bisakah anda mengoper garam di sebelah sana tolong?)
  4. Would you like to come to my house? (bisakah kamu datang ke rumahku?)
  5. Would you mind if I sit here? (apa tidak apa apa jika aku duduk disini?)
  6. Open the window, please. (buka jendelanya, tolong)
  7. Could you please move to another chair? (bisakah kamu pindah ke kursi lain tolong?)
  8. Would you like a cup of coffee? (maukah kamu secangkir kopi?)
  9. Could you please tell me where is the library? (bisakah kamu menunjukkan dimana perpustakaan?)
  10. Would you like to take the garbage outside please? (maukah kamu membawa sampah keluar tolong?)
  11. May I give you a hand? (Bisakah aku membantumu?)
  12. Shall I bring you a pillow? (haruskah aku membawakanmu bantal?)
  13. Can I do the dishes for you? (bisakah aku mencuci piring untukmu?)
  14. Shall I help you with your project? (haruskah aku menolongmu dengan tugasmu?)
  15. Would you care for another cup of tea? (maukah kamu secangkir teh lagi?)

B. Response:
  1. Accepting (Menerima)
  2. Thank you. (terimakasih)
  3. Yes, please. (ya tolong)
  4. I'd like it very much. (aku akan sangat menyukainya)
  5. I'm pleased to do that. (aku senang melakukannya)
  6. With Pleasure thank you. (dengan senang hati, terimakasih)
  7. Yes please. I really appreciate it. (ya tolong, aku sangat menghargainya)
  8. Thank you, it's very kind of you (terimakasih, kamu baik sekali)
  9. Yes, please, that would be lovely (ya tolong, itu akan sangat menyenangkan)
  10. Declining (Menolak)
  11. No thanks.(tidak terimakasih)
  12. I can't, thanks anyway (aku tidak bisa, terimakasih)
  13. No, I really won't, thank you (tidak, aku tidak mau, terimakasih)
  14. It's okay, I can do it myself. (terimakasih, aku bisa melakukannya sendiri)
  15. No thank you. (tidak terimakasih)
  16. No thanks, I don't need any help (tidak terimakasih, aku tidak membutuhkan bantuan)
  17. Don't worry, I will do it myself. (jangan khawatir, aku akan melakukannya sendiri)
  18. That's alright, I will manage it on my own. (tidak apa apa, aku akan melakukannya sendiri)

C. Contoh dalam Dialog
Mr. Jack : Hello waiter, can you come here for a second?
Waiter   : Sure. What can I help you sir?
Mr Jack  : Could you bring me some salt?
Waiter   : Yes sir. and would you like to try some coffee? We have the best quality in this town.
Mr. Jack : Wow it would be really lovely to try it.
Waiter   : Ok sir, is there anything can i help you with?
Mr. Jack : No thanks, I think it's enough.
Waiter   : Okay I will bring it to you now.

Terjemahan:
Mr. Jack : Halo pelayan, bisakah kamu kesini sebentar?
Pelayan : Tentu saja, apa yang bisa kubantu?
Mr. Jack :(Bisakah kamu membawakanku garam?
Pelayan : Ya tuan, dan maukah kamu mencoba kopi? kami punya kualitas yang paling bagus di kota ini
Mr. Jack : Wah, itu akan sangat menyenangkan untuk mencobanya
Pelayan : Baiklah tuan, apa ada yang lainnya yang bisa kubantu?
Mr. Jack : tidak terima kasih, kurasa itu cukup
Pelayan : Baik, aku akan membawakannya untukmu sekarang
Silahkan download...Soal Latihan Expressing Politeness
Demikan, semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi