Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Materi Bahasa Inggris: Cara Praktis Menentukan Ide Pokok Sebuah Cerita.


Berbicara tentang cara menentukan ide pokok ini tidak lagi asing bagi sebagian besar dari kita, mengingat bahwa kita sendiri pasti pernah melakukannya ketika duduk di bangku sekolah. 

Biasanya, materi mengenai cara menentukan ide pokok ini dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kedua bahasa tersebut merupakan bahasa  yang kita gunakan setiap harinya dan merupakan mata pelajaran yang akan kita pelajari mulai dari bangku SD hingga perguruan tinggi.

Ide pokok merupakan inti atau isi pokok dari suatu bacaan, baik dalam bentuk paragraph ataupun wacana. 

Banyak sekali istilah yang digunakan untuk menggantikan ide pokok ini, misalnya gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, pokok masalah, pikiran utama, inti paragraph, inti masalah, masalah utama, tema, topik, kesimpulan dan lainnya.

Dalam menentukan ide pokok pada sebuah cerita, wacana atau paragraph, sebenarnya kita harus bisa mengidentifikasi terlebih dahulu jenis apakah paragraph tersebut ? 

Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis paragraph :
  1. Paragraf deduktif yang merupakan jenis paragraf, dimana kalimat utama terletak pada awal kalimat. Paragraf jenis ini sangat sering sekali muncul dalam bacaan atau artikel
  2. Paragraf induktif yang merupakan jenis paragraf yang kalimat utamanya berada pada akhir kalimat. Biasanya akan diakhiri dengan kata kesimpulannya, demikianlah dan lainnya
  3. Paragraf campuran yang merupakan campuran dari paragraf deduktif dan induktif, dimana kalimat utamanya bisa berada di awal atau akhir dari sebuah paragraf.
  4. Paragraf narasi dan deskripsi yang merupakan jenis paragraf dimana kalimat utamanya terletak pada seluruh isi paragraf
Pada umumnya, kalimat utama hanya ada satu dalam setiap paragraf dan kalimat lainnya berupa kalimat penjelas. Kalimat penjelas sendiri merupakan kalimat yang bersifat untuk menerangkan kalimat utama yang ada dalam paragraf tersebut.

Kadang kala, ide pokok bisa terlihat sangat jelas, namun sering kali kita juga mengalami kesulitan untuk menemukannya dalam tes tes tertentu, misalnya pada tes TOEFL atau TOEIC atau bahkan pada soal ulangan harian anda.

Sebenarnya, untuk menentukan ide pokok dari sebuah bacaan tidaklah sulit. Ada beberapa cara menentukan ide pokok yang bisa anda jadikan sebagai pedoman, di antaranya adalah :

  • Apabila ide pokok tersurat atau dituliskan, maka hal ini akan sangat mudah. Bukannya tidak mungkin hal ini akan terjadi, sering kali penulis menuliskan ide pokoknya pada satu kalimat yang mudah untuk ditemukan
  • Apabila ide pokok tersirat atau tidak dituliskan, maka kita memang akan mengalami kesulitan untuk menemukannya. Sebenarnya, jika penulis tidak menentukan ide pokoknya, maka kita dapat menentukan ide pokok dalam paragraf itu sendiri dengan cara menuliskan satu kalimat yang kita anggap dapat mewakili keseluruhan isi teks
  • Selain itu, kita bisa juga meringkas wacana tersebut secara singkat untuk menemukan ide pokok yang terkandung dalam bacaan tersebut

Inilah sekilas mengenai cara menentukan ide pokok. Semoga dapat bermanfaat
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi