Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Kisi-kisi UN Matematika Tingkat SMP/MTs Tahun 2020.


Pada semester genap ini, para siswa khususnya kelas 9 jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsnawiyah (SMP/MTs) harus mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) 2020. 

BSNP menetapkan kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs di seluruh Indonesia. 

Ujian Nasional (UN) akan kembali diselenggarakan pada tahun pelajaran 2019/2020.

Ujian Nasional menjadi alat evaluasi pendidikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang dilaksanakan secara nasional.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan, akan tetapi hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan.

Tujuan Ujian Nasional

Tujuan penyelenggaraan Ujian Nasional merupakan amanah dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Di dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Selain itu, tujuan lain dari pelaksanaan Ujian Nasional adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  3. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  4. Untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  5. Untuk mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  6. Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.
Sebagai upaya menghadapai Ujian Nasional, maka perlu dipahami dulu tentang kisi-kisi Ujian Nasional sebagai rambu-rambu soal yang akan diujikan.

Paket naskah soal Ujian Nasional adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional.

Kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun.


Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal ujian yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional.


Selain itu, materi hendaknya dapat dibuat menjadi soal yang baik dan komponen-komponennya dapat diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Oleh karena itu, berikut penjelasan Kisi-kisi UN Matematika Tingkat SMP/MTs Tahun 2020:

  • Matematika
1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa mengidentifikasi, mendeskripsikan, membuat tabulasi, menentukan, dan menyebutkan.

Lingkup materi:
  • Bilangan: siswa dapat memahami pengetahuan tentang; operasi bilangan bulat, operasi bilangan pecahan, perbandingan, operasi bilangan berpangkat, bilangan bentuk akar, pola barisan bilangan, barisan dan deret. 
  • Aljabar: siswa dapat memahami pengetahuan tentang; bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, himpunan, relasi atau fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan linier dua variabel.
  • Geometri dan pengukuran: siswa dapat memahami pengetahuan tentang; garis dan sudut, segitiga dan segiempat, teorema pythagoras, lingkaran, bangun ruang sisi datar, kesebangunan dan kekongruenan, bangun ruang sisi lengkung. 
  • Statistika dan peluang: siswa dapat memahami pengetahuan tentang; menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran, ukuran pemusatan data, titik/ruang sampel dan peluang.

2. Pada level aplikasi, siswa mengkonstruksi, menyelesaikan masalah, menghitung, menginterpretasi, menerapkan, membandingkan, memodifikasi.

Lingkup materi:
  • Bilangan: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; operasi bilangan bulat, operasi bilangan pecahan, perbandingan, pola barisan bilangan, barisan dan deret, aritmatika sosial.
  • Aljabar: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, himpunan, relasi atau fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan linier dua variabel. 
  • Geometri dan pengukuran: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; segitiga dan segiempat, teorema Pythagoras, lingkaran, bangun ruang sisi datar, kesebangunan dan, kekongruenan, bangun ruang sisi lengkung. 
  • Statistika dan peluang: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran, ukuran pemusatan data, titik/ruang sampel dan peluang.

3. Pada level penalaran, siswa menganalisis, mengevaluasi, mensintesis/mengkreasi, menafsirkan, menyimpulkan, memprediksi.

Lingkup materi :
  • Bilangan: siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; bilangan bulat, bilangan pecahan, perbandingan, pola barisan bilangan, barisan dan deret, aritmatika sosial. 
  • Aljabar: siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; bentuk aljabar, persamaan linear satu variabel, himpunan, relasi atau fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan linear dua variabel. 
  • Geometri dan pengukuran: siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; segitiga dan segiempat, lingkaran, bangun ruang sisi datar, kesebangunan dan kekongruenan, bangun ruang sisi lengkung, garis dan sudut. 
  • Statistika dan peluang: siswa dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran, pemusatan data, titik/ruang sampel dan peluang.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download Kisi-kisi Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs Tahun 2020 dibawah ini:
  1. Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia...Download
  2. Kisi-kisi UN Bahasa Inggris...Download
  3. Kisi-kisi UN Matematika...Download
  4. Kisi-kisi UN IPA...Download
  5. Format Kisi-kisi dan Penulisan Soal...Download
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi