Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di MA Muallimin NW Boro' Tumbuh.


Pada kesempatan ini,  kami dari  bidang kesehatan refreduksi berbagi artikel tentang Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di MA Muallimin NW Boro' Tumbuh.

Generasi muda diharapkan untuk tidak menikah dalam usia yang terlalu muda. Imbauan ini terus di gaungkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).  
Baca lagi...Kampung KB Tumbuh Jaya Raih Juara 1 Tingkat Kabupaten
Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi di lingkungan pendidikan, seperti di Pondok Pesanteren Darul Iman Wattaqwa Nahdlatul Wathan Boro' Tumbuh yaitu MA Muallimin NW Boro' Tumbuh oleh PLKB Desa Tumbuh Mulia, Bidan Desa Tumbuh Mulia yang bekerjasama dengan KKN Tematik Universitas Mataram (Selasa, 14/01/2020).

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia minimal pada saat perkawinan yaitu 20 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria. 
Baca lagi...Viral, Desa Tumbuh Mulia Masuk Nominasi 5 Besar Kader IMP Teladan Tahun 2019
PUP bukan sekedar menunda sampai usia tertentu saja tetapi mengusahakan agar kehamilan pertamapun terjadi pada usia yang cukup dewasa. Bahkan harus diusahakan apabila seseorang gagal mendewasakan usia perkawinannya, maka penundaan kelahiran anak pertama harus dilakukan. 

Dalam istilah KIE disebut sebagai anjuran untuk mengubah bulan madu menjadi tahun madu. Pendewasaan usia perkawinan merupakan bagian dari program Keluarga Berencana Nasional. 
Lihat juga...Dokumentasi Evaluasi Bulanan atau Musyawarah Kampung KB Tumbuh Jaya
Program PUP memberikan dampak pada peningkatan umur kawin pertama yang pada gilirannya akan menurunkan Total Fertility Rate (TFR).

Inilah suasana sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di MA Muallimin NW Boro' Tumbuh:




Tujuan program pendewasaan usia perkawinan ini adalah untuk memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar didalam merencanakan keluarga. 
Baca juga...Manfaat Rekreasi Bagi Kesehatan
Selain itu juga,  mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, ekonomi serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran. 

Jadi, tujuan PUP seperti ini berimplikasi pada perlunya peningkatan usia kawin yang lebih dewasa.
Share:

1 comment:

  1. Dengan Sosialisasi PUP dan Reproduksi Remaja diharapkan mampu mendorong aanak usia sekolah untuk tdk melakukan Pernikahan dini.

    ReplyDelete

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi