Selamat datang para pendidik, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.
Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Format RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Versi 2021.
Dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar.
Berkaitan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen.
Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP.
Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen.
“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.
SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : ......................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning, peserta didik dapat mengevaluasi informasi dalam artikel dan menyusun opini dalam bentuk artikel dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
- Peserta didik mencermati tujuan pembelajaran.
- Peserta didik membaca teks artikel dan mencari tahu permasalahan (berkaitan dengan jenis informasi) yang terdapat dalam teks tersebut.
- Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan fakta dan opini dalam teks artikel.
- Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis mengevaluasi informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel.
- Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil evaluasi terhadap informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.
- Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan evaluasi informasi dan penyusunan opini dalam bentuk teks artikel yang telah mereka lakukan.
- Pendidik melaksanakan penilaian terhadap pembelajaran.
C. Penilaian
- Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
- Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang mengevaluasi informasi dalam teks artikel.
- Keterampilan: Produk hasil menyusun opini dalam bentuk teks artikel. Bortum, 2 Januari 2020
Mengetahui
Kepala MTs NW Boro' Tumbuh Guru Mata Pelajaran
___________ _____________
No comments:
Post a Comment
Jangan nyepam ya!