Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Contoh Program Jangka Panjang dan Pendek Kewirausahaan Tahun 2020.


Pada kesempatan ini, kami berbagi tentang Contoh Program Jangka Panjang dan Pendek Kewirausahaan Tahun 2020.

Berikut Contoh Program Jangka Panjang dan Pendek Kewirausahaan Tahun 2020 secara detail.

Contoh Program Jangka Panjang dan Pendek Kewirausahaan Tahun 2020

1. Program Jangka Panjang
Penyelenggaraan kantin sehat MTs. NW Boro’ Tumbuh yang diikuti oleh siswa secara berkala dua kali seminggu.

2. Program Jangka Pendek
a. Program penjualan stiker, pin, gantungan, notes dan souvenir sejenis yang desainnya melambangkan MTs. NW Boro’ Tumbuh pada event-event tertentu seperti Pesta Putih Hitam, Festival Drama, Penerimaan Siswa Baru, Extracurricular Competition ( X.Com ) dan acara sejenis lainnya di MTs. NW Boro’ Tumbuh .

b. Pembuatan sampul buku MTs. NW Boro’ Tumbuh pada tahun ajaran baru 2016/2017

c. Pengadaan radio sekolah sebagai sarana informasi dan penyaluran bakat siswa di bidang broadcasting

d. Penjualan hasil karya keterampilan siswa

e. Pengadaan sponsor dalam pembiayaan acara-acara MTs. NW Boro’ Tumbuh

f. Pembuatan rompi pengurus OSIS 2016/2017

g. Koordinasi penyeragaman jilbab siswi berjilbab MTs. NW Boro’ Tumbuh.

h. Pembiayaan 10% administrasi lomba yang diikuti atas nama MTs. NW Boro’ Tumbuh.

i. Pengusahaan hak atas 10% hadiah uang yang dimenangkan dari lomba yang diikuti atas nama MTs. NW Boro’ Tumbuh.

j. Perlombaan membuat barang-barang daur ulang. 

Kegiatan-kegiatan:

1. Pengadaan Stan Penjualan Suvenir 17 dalam Kegiatan Siswa
Stan penjualan sovenir khas MTs. NW Boro’ Tumbuh didirikan dengan maksud untuk menyediakan souvenir khas tiap-tiap kegiatan kesiswaan di SM A Plus Negeri 17 dengan desain souvenir dibuat oleh Sekbid VI. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat memiliki kesan lebih terhadap suatu kegiatan di MTs. NW Boro’ Tumbuh. Selain itu, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan OSIS. 

2. Penyeragaman Jilbab
Kegiatan penyeragaman jilbab adalah salah satu upaya meningkatkan disiplin berseragam siswa-siswi MTs. NW Boro’ Tumbuh terkhusus siswi yang mengenakan jilbab. Pengadaan jilbab akan diusahakan oleh OSIS dan dijual di koperasi sekolah.

3. Penyeragaman Sampul Buku
Kegiatan penyeragaman sampul buku adalah salah satu upaya peningkatan kerapian siswa melalui penyampulan buku dimana sampul memiliki ciri 17 . OSIS menyediakan beberapa desain untuk beberapa ukuran buku, baik buku tulis maupun buku pelajaran. 

4. Koperasi Sekolah
Koperasi adalah ciri khas perekonomian Bangsa Indonesia. Melalui koperasi sekolah yang menyediakan barang-barang kebutuhan siswa, siswa diharapkan mendapat kemudahan untuk memenuhi kebutuhannya selama di sekolah. Koperasi sekolah diusahakan oleh pihak sekolah dan OSIS. 

5. Sponsorship
MTs. NW Boro’ Tumbuh selain terkenal akan kualitas dan kuantitas prestasi akademik siswanya yang beragam, MTs. NW Boro’ Tumbuh juga terkenal akan kegiatan siswanya yang seabrek dan padat. Kegiatan pesta akhir tahun semacam Pesta Putih Hitam dan Festifal Drama atau kegiatan ekskul seperti X.Com, Pengukuhan Ekstrakulikuler, dan Temu Kreatif Ekskul tentu saja membutuhkan dana penyelanggaraan yang tidak sedikit. 

Untuk itu, selain didapat dari kas OSIS, sumbangan siswa dan dana sekolah, OSIS MTs. NW Boro’ Tumbuh juga berusaha untuk mendapatkan dana dari sponsor perusahaan swasta, BUMN, dan lembaga pemerintah yang bersedia membantu kegiatan kesiswaan MTs. NW Boro’ Tumbuh. 
6. 10% hak dan kewajiban
Kreativitas dan bakat siswa MTs. NW Boro’ Tumbuh yang berkualitas dan berkuantitas tentu tidak boleh untuk dibiarkan begitu saja. Melalui kas OSIS, siswa yang akan mengikuti kompetisi di luar sekolah akan difasilitasi untuk mendapat bantuan dana untuk mengikuti kegiatan perlombaan sebesar 10% dari total dana yang dibutuhkan. 

Sebagai feedback, apabila siswa yang bersangkutan menjuarai kompetisi tersebut, siswa memberikan 10% dari total hadiah uang yang dimenangkan. 
7. Recycling Competition
Krativitas dalam salah satu modal utama untuk mengatasi tantangan global. Untuk itu, OSIS MTs. NW Boro’ Tumbuh, membuat suatu kegiatan kesiswaan berupa kompetisi antarkelas dimana setiap kelas dituntut untuk dapat memodifikasi barang bernilai sampah dan tidak berguna menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai tinggi. 
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi