Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Bisa Dicopy Paste Secara Sembarangan.

Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Bisa Dicopy Paste Secara Sembarangan.

Sebagai blogger yang baik seharusnya bisa menghargai karya orang lain, boleh copy paste artikel blog namun harus ijin tau mencantumkan sumber link untuk menghargai penulisnya. 

Dampaknya  akan memperburuk traffic atau pengunjung blog dimata search engine. Oleh karena itu, sangat penting sekali sebuah blog dipasangkan protect agar tidak bisa dicopy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab.



Berikut Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Bisa Copy Paste Secara Sembarangan:

Cara yang pertama ini untuk anda yang ingin konten blog tidak bisa dicopy paste secara keseluruhan, caranya cukup mudah silahkan perhatikan berikut ini:

1. Masuk Blogger >> Tema >> Edit HTML, kemudian Anda Cari Kode .post-body

2. Selanjutnya letakkan kode berikut tepat setelah kode .post-body: 

{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}

Setelah dipasang maka tampilannya seperti dibawah ini:

.post-body{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}

3. Klik "Simpan" dan lihat hasilnya.

Catatan: Text No Copy Paste...Download

Demikian Cara Agar Artikel Postingan Blog Tidak Bisa Dicopy Paste Secara Sembarangan, semoga bermanfaat.

Share:

Program Kerja Wakamad Bidang Sarana dan Prasarana Tahun Pelajaran 2020/2021.


Pada kesempatan ini kami akan berbagi beberapa Program Kerja Wakamad Bidang Sarana dan Prasarana Tahun Pelajaran 2020/2021.

A. Jenis Tugas  

Membantu Kepala Sekolah dalam urusan yang berhubungan dengan sarana dan prasarana sekolah dengan rincian sebagai berikut :  
  1. Menyusun program kerja pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan dan perawatan serta pengembangan sarana/prasarana secara bulanan maupun tahunan.
  2. Mengkoordinasikan penyusunan kebutuhan sarana/prasarana.
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan inventarisasi sarana/prasarana.
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengadaan bahan praktik siswa serta perlengkapan sekolah.
  5. Mengkoordinasikan pemeliharaan, perbaikan,, pengembangan dan penghapusan sarana.
  6. Mengkoordinasikan pengawasan penggunaan saran/prasarana sekolah.
  7. Mengkoordinir penggunaan ruang labor IPA dan Komputer 
  8. Membuat laporan berkala dan insidentil.
B. Hasil Yang Dicapai  
  1. Tersusunnya program kerja pemanfaatan, pemeliharaan dan perawatan sarana/prasarana bulanan maupun tahunan.
  2. Tersusunnya kebutuhan sarana prasarana.
  3. Terwujudnya daftar inventaris sarana dan prasarana antar ruangan.
  4. Terlaksananya pemeliharaan, perbaikan, pengembangan dan penghapusan sarana.
  5. Terlaksananya pengawasan penggunaan sarana dan prasrana.
  6. Adanya buku pemakaian alat.
  7. Adanya blanko perbaikan alat.
  8. Adanya jadwal pemakaian ruang praktik 
C. Wewenang
  1. Mewakili Kepala Sekolah apabila tidak berada di tempat.
  2. Mendata inventaris sekolah secara rutin.
  3. Merencanakan pengadaan inventaris sekolah.
  4. Mengusulkan penghapusan inventaris yang sudah tidak layak dipakai.
  5. Melaksanakan pengawasan penggunaan sarana/prasarana.
D. Bentuk Tanggung Jawab 

Perawatan dan pemeliharaan terhadap invetaris sekolah.

Berikut ini lampirannya....download.

Demikian Program Kerja Wakamad Bidang Sarana dan Prasarana Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat.
Share:

Download Juknis BOP Madrasah Tingkat RA, MI, MTs dan MA Tahun 2021.

 

Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Juknis Bos Madrasah Tingkat RA, MI, MTs dan MA Tahun 2021.

Juknis BOS Madrasah Tahun 2021 secara resmi diterbitkan melalui Surat Keputusan Dirjen Pendis Kemenag Nomor 6572 Tahun 2020 tentang Juknis Pengelolaan BOP RA dan BOS Madrasah Tahun Anggaran 2021.

Lihat: 

Dengan diterbitkannya Juknis BOS Madrasah Tahun 2021 ini, diharapkan dapat dijadikan pedoman oleh Madrasah dibawah naungan Kementerian Agama RI tingkat RA, MI, MTs, dan MA pada Tahun Anggaran 2021.

Mekanisme pencairan BOS Madrasah dan BOP RA Tahun Anggaran 2021 yakni dana BOS Madrasah disalurkan langsung dari pusat ke satuan pendidikan Madrasah.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan didownload pada link dibawah ini !

Juknis BOP Madrasah Tingkat RA, MI, MTs dan MA Tahun 2021...Download 


Share:

Contoh Terbaru Berita Acara Pencairan PIP Madrasah.

Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Berita Acara Pencairan PIP Madrasah.

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan, salah satunya melalui Program Indonesia Pintar (PIP), Program bantuan dana dalam bentuk kartu Indonesia Pintar (KIP).

Penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan umum dan keadilan sosial sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang dasar 1945. 

Lihat: Juknis PIP Kemenag

Dalam rangka mempercepat penanggulangan kemiskinan. Pemerintah menetapkan Program Perlindungan Sosial agar masyarakat yang mengelami masalah sosial tetap terpenuhi hak-hak dasarnya sebagai warga negara dan mendaptkan layanan dan akses dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Dalam pencairan tersebut, dibutuhkan Berita Acara Pencairan PIP Madrasah Tahun 2020 sebagai bentuk tanggung jawab beberapa pihak dalam proses verifikasi dan validasi data siswa madrasah penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Madrasah Kemenag.

Lihat: 

Adapun Hasil Verifikasi dan Validasi data penerima Bantuan Sosial PIP Madrasah yang dilakukan oleh 2 orang verifikator yakni Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah dituangkan kedalam Berita Acara Pencairan PIP Madrasah Kemenag.

Pelaksanaan Pencairan PIP Madrasah Kemenag Tahun anggaran 2020 harus mengacu pada Keputusan Jenderal Pendidikan Islam Nomor 967 Tahun 2020 tentang Juknis Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun anggaran 2020.

Berikut Contoh Berita Acara Pencairan PIP Madrasah...Download

Demikian Contoh Terbaru Berita Acara Pencairan PIP Madrasah. Semoga bermanfaat bagi semua lembaga pendidikan.

Share:

Contoh Instrumen Supervisi Kepala dan Guru RA (Monev RA) Tahun 2020.


Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Instrumen Supervisi Kepala dan Guru RA (Monev RA) Tahun 2020.

Supervisi merupakan kegiatan evaluasi dan monitoring yang direncanakan secara baik untuk tujuan perbaikan oleh pengawas (supervisor) kepada Kepala Madrasah dan Guru RA dalam segala aspek pendidikan.

Supervisi Pengawas RA (Raudlatul Athfal) kepada Kepala RA dan Guru RA merupakan kegiatan evaluasi dan monitoring yang bertujuan sebagai perbaikan. Dalam konteks pendidikan perbaikan tersebut dapat berupa perbaikan akademik dan non akademik.

Baca juga: 

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19

Lembar Instrumen Supervisi Kepala RA (Raudlatul Athfal) dan Guru Kelas RA yang dilaksanakan oleh Pengawas RA mengacu pada standar nasional Pendidikan (SNP) yang telah ditetapkan.

Tujuan Supervisi yaitu membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya melalui proses pembelajaran dan tercapai tujuan pembelajaran. Supervisi dilakukan pada pekerjaan yang sudah dilaksanakan.

Dalam hal ini meliputi proses menilai dan bila perlu mengoreksi agar pelaksanaan pekerjaan tersebut dengan rencana semula.

Lihat: 

Instrumen Supervisi Pengawas RA (Monev RA) mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang tercakup kedalam beberapa lembar supervisi, antara adalah sebagai berikut:

  1. Standar Isi Dan Standar Kompetensi Kelulusan
  2. Standar Proses
  3. Standar Penilaian
  4. Supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran
  5. Supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran
  6. Supervisi Pembinaan Kepala Raudlatul Athfal



    Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan contoh Instrumen Supervisi Pengawas RA (Monev RA) kepada Kepala RA dan Guru RA yang dapat diunduh dalam tautan berikut ini:
    1.  Instrumen Monev RA...Download
    2.  Surat Keterangan Kepala RA...Download
    Demikian Contoh Instrumen Supervisi Kepala dan Guru RA (Monev RA) Tahun 2020, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia.
    Share:

    Pengertian RPP Abad 21 dan Langkah-langkah Penyusunannya.

    Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Pengertian RPP Abad 21 dan Langkah-langkah Penyusunannya sebagai persiapan pembelajaran pada semester yang akan datang.

    Sebagaimana Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2018 tentang Penysusunan RPP Pada Madrasah, RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada: 

    1. Silabus, 

    2. Kompetensi Dasar, 

    3. Buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. 

    4. Ciri khas pembelajaran abad 21, yang meliputi: 

    • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK meliputi penguatan karakter moderasi beragama atau keseimbangan dalam beragama atau Islam Wasathiyah, religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas)
    • Literasi (literasi dasar atau keluasan wawasan bacaan dan budaya, literasi media atau keluasan wawasan dalam penggunaan media, literasi perpustakaan, literasi teknologi dan literasi visual) 


    • Merangsang tumbuhnya 4C (Critical thinking atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa berfikir kritis, Collaborative atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, Creativity atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa berfikir kreatif inovatif atau munculnya ide-ide baru orisinil, dan Communicative atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa untuk mengomunikan pikiran dan ide-ide yang dimilikinya) 
    • High Order Thinking Skill (HOTS) atau keterampilan mengaitkan komonen-komponen berfikir tingkat tinggi atau mengaitkan antara pengetahuan dengan kompleksitas realitas kehidupan sekitarnya. 

    5. RPP mencakup: 

    • Identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester;
    • Alokasi waktu; 
    • KI, KD, indikator pencapaian kompetensi;
    • Materi pembelajaran;
    • Kegiatan pembelajaran;
    • Penilaian; dan
    • Media/alat, bahan, dan sumber belajar.


    Langkah Penyusunan RPP 

    Dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, langkah-langkah yang harus dilakukan seorang pendidik Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2018 tentang Penysusunan RPP Pada Madrasah adalah sebagi berikut:
    1. Menganalisis silabus meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar; 
    2. Merumuskan tujuan pembelajaran; 
    3. Merumuskan indikator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4; 
    4. Menentukan materi/tema, sub materi/sub tema pembelajaran; 
    5. Menentukan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi/tema pembelajaran dan karakteristik peserta didik, serta Iingkungan belajar; 
    6. Menjabarkan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan integrasi pembelajaran kompetensi abad 21; 
    7. Menentukan media, alat, bahan dan sumber belajar; dan 
    8. Menentukan jenis penilaian dan teknik penilaian yang dilengkapi dengan rubrik.
    Lihat: 
    Demikian Pengertian RPP Abad 21 dan Langkah-langkah Penyusunannya, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia.
    Share:

    Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19.

    Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19.

    Tujuannya sebagai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 pada tahun yang akan datang.


    Untuk kita ketahui bersama bahwa walaupun pembelajaran tatap muka (PTM) di zona hijau dan kuning sudah diperbolehkan, masih banyak satuan pendidikan yang tetap belajar dari rumah (BDR). 

    Hal ini sesuai dengan total persentase pembelajaran tatap muka (PTM) dan belajar dari rumah (BDR) di Masa Pandemi Covid 19 dibawah ini.


    Semakin lama pembelajaran tatap muka tidak terjadi, maka semakin besar dampak negatif yang terjadi terhadap peserta didik.


    Adapun isi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19, antara lain:
    1. Penentuan Kebijakan Pembelajaran 
    2. Prinsip kebijakan Pendidikan
    3. Dan lain-lain
    Untuk lebih lengkapnya, silahkan didownload pada link dibawah ini.
    Demikian Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19. Semoga bermanfaat.
    Share:

    Hari/Tanggal

    ALIH BAHASA

    Daftar Isi