Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

 

Pada kesempan ini kami berbagi Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

Unduh CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia_Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal dasar untuk belajar dan  bekerja  karena  berfokus  pada  kemampuan  literasi  (berbahasa dan berpikir). Kemampuan literasi menjadi indikator kemajuan dan perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri peserta didik sebagai komunikator, pemikir kritis-kreatif-imajinatif dan warga negara Indonesia yang menguasai literasi digital dan informasional. Pembelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan literasi dalam semua peristiwa komunikasi yang mendukung keberhasilan dalam pendidikan dan dunia kerja.

Mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  membentuk  keterampilan berbahasa reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan keterampilan berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menulis). Kompetensi berbahasa ini berdasar pada tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung untuk mengembangkan kompetensi peserta didik, yaitu bahasa (mengembangkan kompetensi kebahasaan), sastra (kemampuan memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan mencipta karya sastra); dan berpikir (kritis, kreatif, dan imajinatif). Pengembangan kompetensi berbahasa, bersastra, dan berpikir diharapkan membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan literasi tinggi dan berkarakter Pancasila.

1. Mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup kemampuan reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan kemampuan produktif (berbicara dan mempresentasikan, menulis).

2. Mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan berbasis genre melalui pemanfaatan beragam tipe teks dan teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual). Model pembelajaran menggunakan pedagogi genre, yaitu: penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction); serta kegiatan yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, dan imajinatif dalam proses pembelajaran.

3. Mata pelajaran Bahasa Indonesia dibelajarkan untuk meningkatkan:

a. kecakapan  hidup  peserta  didik  dalam  mengelola  diri  dan lingkungan;

b. kesadaran dan kepedulian peserta didik terhadap lingkunganalam, sosial, dan budaya.

Kaitannya dengan CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia, maka perangkat ajar ataupun perangkat pembelajaran ialah beberapa bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang hendak digunakan dalam pembelajaran.

Jadi, perangkat pembelajaran merupakan sekumpulan media ataupun fasilitas yang digunakan oleh guru serta siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Oleh karena itu, perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka ialah bermacam bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya menggapai Profil Pelajar Pancasila serta Capaian Pembelajaran (CP).

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka bisa meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, dan bentuk yang lain.

Jadi, kita sebagai pendidik bisa memakai model-model perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar bisa langsung digunakan pendidik untuk mengajar ataupun juga selaku rujukan ataupun inspirasi dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Maka dengan adanya perangkat ajar, seorang pendidik diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang terus menjadi bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan serta kebutuhan peserta didik.

Perangkat ajar CP, ATP, Modul Ajar, KKTP, Buku Bahan Ajar dan Bonus lainnya tingkat MTs/SMP ini meliputi mata pelajaran:

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab
  4. Pendidikan Pancasila
  5. Matematika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Informatika
  9. Seni Budaya
  10. Prakarya

Adapun perangkat CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia  Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya yang kami bagikan meliputi: 

  1. Capaian Pembelajaran, Unduh
  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  3. Modul Ajar
  4. Program Semester
  5. Program Tahunan
  6. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
  7. Buku Bahan Ajar (Guru dan Siswa)
  8. Bonus-bonus:
  • Regulasi kurikulum merdeka
  • Dokumetasi kurikulum merdeka
  • Struktur kurikulum merdeka
  • Model profil pelajar pancasila
  • panduan KOSP SMP
  • Kalender pendidikan
  • Aplikasi raport
Untuk lebih lengkapnya, silahkan menghubungi admin via WhatsApp: 081997666360
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi