Selamat datang di blog Dunia Pendidikan, pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Rencana Materi Kuliah Ke-NW-An Tahun Ajaran 2019/2020.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah : KE-NW-AN 1
Kode Mata Kuliah :
Waktu Pertemuan : 2 X 45 menit
Pertemuan : 2
SKS : (3 SKS)
A. Kompetensi Dasar
Menjelaskan Keluarga Sakinah Guru Mukminah
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu menyebutkan Keluarga besar TGH. Abdul Madjid
2. Memahami Profesi TGH. Abdul Madjid (Guru Mukminah)
3. Memahami Obsesi Guru Mukminah
4. Memahami Karakter Guru Mukminah
5. Penghargaan beliau dalam memuliakan Ulama’
C. Materi Perkuliahan
1. Nenek moyang TGH. Abdul Madjid adalah dari Sulawesi Selatan (Makasar). Isteri beliau ada 5 dan mendapat 15 orang keturunan (anak) antara lain Muhammad Syaggaf (TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid) dari Inaq Syam (Hj. Halimatussa’diyah)
2. Selain aktif mengajar ngaji beliau juga berprofesi sebagai pebisnis atau pengusaha yang sukses, sehingga beliau berhasil menguasai sebagian besar tanah yang ada di Desa Madjidi yang di nisbatkan kepada nama beliau.
3. Obsesi terbesar beliau adalah ingin agar putra putri beliau bisa menjadi ulama’ besar khususnya anak beliau yang bernama Muhammad Syaggaf.
4. Pola Pendidikan yang diterapkan pada putra putrinya yaitu secara keras dan tegas.
5. Memuliakan ulama’ bukan hanya ucapan beliau saja tetapi beliau tunjukkan dengan perbuatan, yakni dengan memberikan cendera mata (hadiah) kepada Ulama’ itu.
A. Skenario Kegiatan Perkuliahan
Tahap
|
Uraian
Kegiatan Perkuliahan |
Media
dan Alat
Pembelajaran
|
Estimasi
waktu
|
Pendahu
luan |
1. Mengucapkan salam
2. Membuka kuliah dengan meminta mahasiswa membaca shalawat Nahdlatain 3. Menjelaskan pada mahasiswa mengenai materi yang akan dibicarakan pertemuan hari ini |
10
menit
| |
Penyajian
(Inti)
|
4. Menyebutkan dan menjelaskan kepada mahasiswa tentang
a. Keluarga besar TGH. Abdul Madjid b. Profesi TGH. Abdul Madjid (Guru Mukminah) c. Membeikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya d. Mencatat pertanyaan e. Menjawab pertanyaan mahasiswa f. Melanjutkan materi berikutnya g. Obsesi Guru Mukminah h. Karakter Guru Mukminah i. Penghargaan beliau dalam memuliakan Ulama’ j. Membeikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya k. Mencatat pertanyaan l. Menjawab pertanyaan m. Meminta pendapat mahasiswa tentang materi yang sudah di jelaskan |
Papan Tulis dan Alat tulis.
|
35 menit
35
menit
|
Penutup dan
Tindak Lanjut
|
5. Menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan
6. Menugaskan mahasiswa untuk mencari informasi lain terkait dengan materi yang sudah disampaikan 7. Menutup pertemuan dengan membaca hamdalah dan salam |
Papan Tulis dan Alat Tulis
|
10
menit
|
.............dst.
Referensi :
1. Abdul Hayyi Nu’man, - Syafari Asyhari, 1990, Nahdlatul Wathan Organisasi Pendidikan Sosial dan Dakwah Islamiyyah, Penerbit Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Lombok Timur.
2. Mohammad Noor-Muslihan Habib-Muhammad Harfin Zuhdi, 2004, Visi Kebangsaan Religius “Refleksi Pemikiran dan Perjuangan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 1904-1997”, Cetakan pertama, PT. Logos Wacana Ilmu Ciputat Indah Permai Blok D-30 Bekerjasama dengan Ponpes NW Penggilingan, Cakung, Jakarta.
Catatan: Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat filenya, silahkan komen atau langsung menghubungi admin via:
- SMS : 081807086003
- Facebook : Habiby Qolby
- Email : kampungkbtumbuhjaya@gmail.com
No comments:
Post a Comment
Jangan nyepam ya!