Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Manfaat Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK).


Pada kesempatan ini kami berbagi artikel tentang Manfaat Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK).

Artikel ini sebagai persiapan tugas Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada tahun pelajaran 2019/2020 yang akan datang. 


Program Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah suatu program yang mensyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu seluruh pengalaman belajar di Lembaga Perguruan Tinggi Kependidikan ke dalam program pelatihan berupa kinerja dan kompetensi dalam suatu hal yang berkaitan dengan jabatan dan profesionalisme keguruan, baik kegiatan mengajar maupun kegiatan non Kependidikan.

Dipandang dari sudut kurikulum, PPLK adalah suatu program mata kuliah yang proses belajar mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan pra jabatan guru yang dirancang secara khusus untuk menyiapkan calon guru agar memiliki atau menguasai profesi keguruan yang terpadu secara utuh sehingga setelah mahasiswa tersebut diangkat menjadi guru, maka dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya secara profesional.

Berikut Manfaat Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK):
Manfaat PPLK
Adapun manfaat  dari program PPLK ini dapat ditinjau dari beberapa komponen yang dapat dipaparkan sebagai berikut :

1. Manfaat bagi mahasiswa
a) Mahasiswa sebagai calon guru dapat dilatih untuk mengaplikasikan teori-teori yang di peroleh di bangku pendidikan, yang berhubungan dengan bidang studi yang diajarkan. Dengan demikian akan terbentuk seorang calon guru yang profesional di bidangnya.
b) Mahasiswa sebagai calon guru dapat mengetahui secara lebih jelas tentang situasi dan kondisi sekolah serta pelaksanaan proses belajar mengajar dan administrasi yang mendukung proses belajar mengajar serta dunia pendidikan pada umumnya.
2. Manfaat bagi sekolah
Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan pendidikan, sekolah akan memperoleh informasi tentang perkembangan dunia pendidikan pada umumnya dan perkembangan teori-teori suatu bidang tertentu sehingga kehadiran mahasiswa PPLK tidak perlu dianggap sebagai penghambat pelaksanaan proses belajar mengajar. Akan tetapi, kehadiran mahasiswa PPLK di sekolah merupakan suatu kebutuhan.
3. Manfaat bagi perguruan tinggi 

Dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan, kependidikan perguruan tinggi akan memperoleh informasi tentang proses belajar mengajar di sekolah, terutama kurikulum yang dipergunakan dan perangkat- perangkat yang berfungsi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di lapangan. Sehingga dari informasi tersebut dunia perguruan tinggi dapat mempersiapkan tenaga-tenaga yang profesional dibidanganya.
Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi