Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Contoh Latar Belakang Laporan PPLK Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Latar Belakang Laporan PPLK Tahun Pelajaran 2019/2020.

Contoh ini sebagai persiapan tugas Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada tahun pelajaran 2019/2020 yang akan datang. 

Berikut Contoh Latar Belakang Laporan Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK).
Latar Belakang
Undang–Undang Dasar 1945 mengisyaratkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional yang diatur dalam undang–undang. 

Pendidikan merupakan proses pengembangan yang utuh dalam proses berfikir dan bertindak. Pembangunan dibidang pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang memungkinkan para warganya mengembangkan diri, baik yang berkenaan dengan aspek jasmani maupun dengan aspek rohani yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Secara teoritis mahasiswa calon guru di bangku kuliah telah mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan, namun apa yang diperoleh nampaknya belum cukup sebagai bekal bagi seorang pendidik yang profesional.

Oleh karena itu, seorang calon pendidik sebelum diterjunkan ke dunia pendidikan hendaknya dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan profesi, bakat dan kemampuan diri agar dalam melaksanakan tugasnya dapat berhasil seperti yang diharapkan.

Berdasarkan pernyataan di atas, sebagai mahasiswa FKIP Universitas Nahdlatul Watahan Mataram yaitu sebagai calon guru dan calon pendidik, maka harus melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK). 

Hal tersebut tidak hanya sebagai salah satu syarat mata kuliah wajib, namun juga sebagai salah satu kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dasar dalam rangka membentuk tenaga guru yang profesional.

Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan merupakan usaha untuk merealisasikan dan mengembangkan lebih lanjut teori–teori yang diperoleh di bangku kuliah. 

Secara teoritis mahasiswa sudah banyak mendapat teori di bangku kuliah namun kesemuanya itu belum dapat untuk dijadikan modal untuk menjadi guru yang profesional, untuk itu PPLK adalah suatu mata kuliah yang sangat membantu dan sangat diperlukan dalam tahap penyempurnaan untuk menjadi seorang tenaga guru yang profesional.

Untuk melengkapi kekurangan tersebut, maka mahasiswa calon pendidik diwajibkan untuk melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di sekolah – sekolah yang telah ditetapkan.

Dengan demikian diharapkan para mahasiswa calon guru setelah selesai praktek mempunyai bekal yang cukup untuk memasuki dunia kependidikan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai melalui program PPLK tersebut.

Demikian, semoga bermanfaat jadi refrensi untuk membuat laporan PPLK sebagai tanda sudah melaksanakan tugas Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di madrasah-madrasah yang telah ditetapkan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi