Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, harapannya akan lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya.

Berikut ini adalah Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

A. Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Topeng Blantek
2. Ronggeng Topeng
3. Kuda Ronggeng
4. Muang Sangkal
5. Petik Pari

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk ragam karya seni rupa daerah Betawi ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 5 
Jawaban : A

2. Gagasan menciptakan karya seni muncul dari seniman itu sendiri dinamakan ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik 
Jawaban : A

3. Proses berkarya atau cara mewujudkan ide menjadi suatu karya yang menarik dan bernilai disebut ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik dan wujud 
Jawaban : D

4. Jenis pabrik modern yang dibuat di pabrik menggunakan peralatan modern (mesin dalam jumlah besar termasuk dalam jenis pabrik ...
a. Tulis
b. Printing
c. Manual
d. Sablon 
Jawaban : B

5. Teralis, jendela, pagar besi, dan tangga besi dikerjakan dengan teknik ...
a. Patri
b. Cor
c. Las
d. Cetak 
Jawaban : C

6. Iklan, tabel, brosur dan buklet merupakan reklame yang diolah dengan teknik ....
a. Cetak sambung
b. Komputer
c. Membentuk
d. Tatah sungging 
Jawaban : B

7. Perhatikan gambar berikut ini ! 



Gambar tersebut dalam membatik disebut :
a. gawangan 
b. canting
c. cidok 
d. siwor 
Jawaban : B

8. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !



Lukisan tersebut tergolong : 
a. NATURALISME 
b. REALISME
c. SUREALISME
d. IMPRESIONISME 
Jawaban : B

9. Perhatikan gambar berikut ini !



Gambar tersebut menerapkan gelap terang dengan teknik :
a. arsir
b. dusel
c. blok
d. pointilis 
Jawaban : D

10. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna skunder :
a. merah, jingga, coklat
b. coklat, kuning, hijau. 
c. merah, kuning, biru 
d. hijau, ungu, jingga 
Jawaban : D

11. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna primer :
a. merah, jingga, coklat
b. hijau, ungu, jingga 
c. coklat, kuning, hijau.  
d. merah, kuning, biru 
Jawaban : D

12. Pada Tangga nada Diatonis, jarak nada antara 7 (si) ke 1’ (do) mempunyai interval :
a. ¼ 
b. ½ 
c. 1
d. 1 ½ 
Jawaban : B

13. Cara melukis dengan bahan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna yang tebal atau kental sehingga hasilnya tampak pekat atau menutup, termasuk teknik ...
a. Pointilis
b. Spray
c. Tempra
d. Plakat 
Jawaban : D

14. Hasil karya seni rupa yang hanya mementingkan keindahan saja disebut ...
a. Seni rupa
b. Seni patung
c. Seni murni
d. Seni pakai 
Jawaban : C

15. Bunyi nada yang harmonis merupakan keselarasan alam semesta. Mereka beranggapan bahwa musik adalah suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur merupakan kepercayaan bangsa ...
a. Cina
b. India
c. Arab
d. Indonesia 
Jawaban : A

16. Ciri khas dari orkes keroncong adalah pada alat musik ...
a. Drum
b. Piano
c. Bass
d. ukulele 
Jawaban : D

17. Musik India sudah ada kira-kira pada abad ...
a. Ke-20 SM
b. Ke-8 M
c. Ke-7 M
d. 12 SM 
Jawaban : A

18. Negara yang memiliki melodi lagu terdiri atas sejumlah variasi melodi (sekitar 52 variasi) adalah ...
a. Arab
b. Jepang
c. India
d. Cina 
Jawaban : A

19. Ketinggian nada disebut pula dengan ...
a. Akor
b. Ntoasi
c. Pitch
d. Interval 
Jawaban : C

20. Jenis pensil yang paling sesuai digunakan untuk menggambar seni adalah pensil yang berkode :
a. H 
b. HB 
c. B 
d. M 
Jawaban : A

21. Pensil yang paling hitam jika digoreskan dibawah ini adalah :
a. H 
b. HB
c. 2B 
d. 4B 
Jawaban : D

22. Pensil yang paling keras dibawah ini adalah :
a. H 
b. 2H 
c. 3H 
d. 4H 
Jawaban : D

23. Lilin dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar 
b. Membuat sket
c. Melindungi kain dari pewarna
d. Menutup gambar 
Jawaban : C

24. Canting dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar
b. Membuat sket
c. Menuangkan lilin 
d. Menutup gambar 
Jawaban : C

25. Kompor dalam membatik digunakan untuk :
a. mengeringkan kain 
b. Menghangatkan badan
c. Mencairkan lilin 
d. menghaluskan kain 
Jawaban : C

26. Gawangan dalam membatik digunakan untuk :
a. membentang kain 
b. menghaluskan kain 
c. menahan panas kompor 
d. melipat lain 
Jawaban : A

27. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik disebut :
a. mbilas 
b. nggilas
c. mlorot 
d. nglorot 
Jawaban : C

28. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik, dilakukan dengan cara:
a. menjemur kain dibawah panas matahari secara langsung
b. membentang kain diatas panas kompor secara langsung
c. mencuci kain dengan sabun dengan diinjak – injak.
d. merebus kain dengan air yang mendidih 
Jawaban : D

29. Orang yang melakukan kegiatan mengenali, memilih dan menghargai suatu karya seni disebut :
a. apresiasi 
b. apresiatif
c. apresiator 
d. aseptor 
Jawaban : C

TABEL 3
1. Mencoba cetakan dan melihat hasilnya
2. Menyempurnakan cetakan
3. Mempersiapkan alat dan bahan cetak
4. Merendahkan bagian bahan karet sesuai desain
5. Membuat desain
6. Memberi gambar pada bahan karet sesuai desain
Perhatikan TABEL 3 !
30. Urutan proses membuat cetak tinggi yang benar, adalah :
a. 5,6,3,4,1 dan 2 
b. 5,3,6,1,4 dan 2
c. 5,3,6,4,1 dan 2 
d. 5,3,6,4,2 dan 1 
Jawaban : C

31. Pada cetak tinggi, desain yang dipindahkan kedalam bahan karet adalah desain yang :
a. positif  
b. negatif 
c. akhir 
d. gambar

32. gambar 8 



Perhatikan gambar 8 !
Gambar di samping disebut
a. illustrasi judul cerpen
b. illustrasi uang kertas
c. illustrasi cover / sampul
d. illustrasi bacaan 
Jawaban : B

33. Kegiatan membuat sesuatu lebih dari satu dengan bentuk yang mirip dan menggunakan acuan disebut :
a. meniru 
b. mencontoh
c. menggandakan 
d. mencetak 
Jawaban : A

34. Berikut ini adalah jenis cetak, kecuali
a. cetak rendah 
b. cetak sedang
c. cetak tinggi 
d. cetak tembus 
Jawaban : D

35. Bagian yang tinggi dari acuan adalah bagian yang memindahkan tinta / cat, maka disebut :
a. cetak rendah 
b. cetak sedang
c. cetak tinggi 
d. cetak tembus 
Jawaban : D

36. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Meja
2. botol
3. Kaleng minuman
4. Kardus
5. Batu bata
6. Pipa
7. Bolpoint

Yang termasuk benda bentuk silindris adalah ...
A. 1 – 3 – 4 dan 5
B. 2 – 3 – 4 dan 5
C. 2 – 3 – 6 dan 7
D. 2 – 3 – 5 dan 7  
Jawaban : C

37. Perhatikan logo PMI berikut. 



Logo PMI tersebut dikatakan simetris dan asimetris jika ....
a. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya asimetris, jika ditarik garis secara vertikal, maka ditemukan bentuknya simetris
b. menarik garis secara horizontal dan membagi bagian atas dan bawah tidak akan bersifat asimetris
c. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya simetris, jika ditarik garis secara vertikal menghasilkan nilai simetris
d. ditarik garis secara diagonal, akan tercipta sebuah obyek yang bentuknya tidak beraturan
Jawaban : C

38. Perhatikan prosedur berikut.
1. Pencucian dan pelembutan (ngeloyor/ngemplong)
2. Nyanthing/Mbatik
3. Nembok (menutup bagian pola)
4. Medel (pencelupan)
5. Ngerok/nggirang (menggerok dan mencuci)
6. Mbironi (menutup warna dan isen pola)
7. Nyoga (pencelupan kain ke dalam warna soga)
8. Ngolorot (Pelorodan, melepaskan seluruh malam)
9. Nyorek / Mola (pembuatan pola)
Urutan prosedur pembuatan batik tulis yang benar adalah ....
a. 1 – 3 – 2 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 9
b. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 7 - 9
c. 1 – 9 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8
d. 1 – 7 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 8 – 9 
Jawaban : C

39. Model/gambar/desain/tulisan yang digunakan untuk menuangkan dalam obyek sablon disebut ... 


a. Screen 
b. Film sablon
c. Meja sablon
d. Lampu neon 
Jawaban : B

40. Film yang mengangkat sinopsis dari buku novelnya, mengkutip “jangan rindu. Berat, kamu nggak akan kuat, biar aku saja” dan menceritakan tentang seorang perempuan yang bertemu di sebuah SMA di Bandung pada tahun 1990 adalah ....
a. Loetung Kasaroeng
b. Maipa Deapati
c. Silariang
d. Dilan

41. Film diperkenalkan pertama kali di Jakarta pada ...
a. 5 Desember 1900
b. 15 Desember 1990
c. 25 Desember 1990
d. 5 Desember 1980 
Jawaban : A

42. Penyajian musik yang terdiri dari lima orang disebut ....
a. Kwartet
b. Septet
c. Octet
d. Kuintet 
Jawaban : D

43. Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bagian alat musik itu sendiri disebut ...
a. Ideofon
b. Elektron
c. Membranofon
d. Elektrofon 
Jawaban : A

44. Teknik menenun di Bali dikenal dengan istilah ....
a. Nyuntik
b. Sulam
c. Nyongket
d. Tenun 
Jawaban : A

45. Urutan tangga nada pelog adalah ...
a. do re mi fa so la
b. do re mi sol la do’
c. do mi fa sol si do’
d. do mi so la si do’ 
Jawaban : C

46. bagian pelindung pada susunan organisasi peserta pameran biasanya dijabat oleh ...
a. guru kesenian
b. ketua kelas
c. wali kelas
d. kepala sekolah 
Jawaban : D

47. seni melukis tulisan Arab dengan pena disebut ...
a. seni kriya
b. kaligrafi
c. grafity
d. ilustrasi 
Jawaban : B

48. tarian yang ditarikan oleh seorang penari, baik penari putra maupun putri disebut ...
a. tari kelompok
b. tari tunggal
c. tari berpasangan
d. tari tradisional 
Jawaban : B

49. Gambar tersebut dinamakan ... 



a. Struktur panitia
b. Susunan panitia
c. susunan organisasi
d. struktur organisasi 
Jawaban : D

50. Dalam susunan kepanitiaan, bendahara adalah :
a. Orang bisa dijadikan sumber informasi, dimintai nasehat dan diajak diskusi.
b. Koordinator dari seluruh kegiatan.
c. 'Orang yang bertugas membuat tulisan-tulisan, surat- surat dan catatan tertentu.
d. Orang yang bertugas memegang keuangan kegiatan dan mecatat secara teliti dan terperinci dari pemasukkan dan pengeluaran uang kegiatan. 

Jawaban : D


Selain itu juga, dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini, admin menyiapkan beberapa administrasi pembelajaran kurikulum 2013 (K13), seperti perangkat buku kerja guru 1-4, administrasi guru, wali kelas, dan lain sebagainya.

Berikut daftar Pemesanan Buku Kerja Guru Perangkat Umum K13 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Bahasa Indonesia
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

2. Bahasa Inggris
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

3. Bahasa Arab
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

4. Matematika
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

5. Ilmu Pengetahuan Alam
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

7. PPKn
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

8. TIK
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

9. Penjaskes
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

10. Seni Budaya dan Keterampilan
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

11. Prakarya
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

12. Bimbingan Konsling
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

13. Ke-NW-An
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

14. Ilmu Tajwid
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

15. Nahwu/Sharef
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

16. Faraid
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

17. Prakarya
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

18. Akhlakulil Banin 
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs

19. Ta'limul Muta'allim
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    20. Kimia
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    21. Sosiologi
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    22. Geografi
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    23. Sejarah
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK 

    24. Fisika
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK 

    Tujuannya yaitu untuk membantu para guru dan siswa untuk mencari materi, perangkat dan informasi umum yang terbaru/terupdate setiap hari tanpa dibatasi ruang dan waktu karena bisa diakses secara online. 

    BERMINAT ?
    Klik Link Pemesanan 1
    Klik Link Pemesanan 2

    Demikian, semoga blog ini bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Aamiin ya mujibassailin.
    Share:

    No comments:

    Post a Comment

    Jangan nyepam ya!

    Hari/Tanggal

    ALIH BAHASA

    Daftar Isi