Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 nanti untuk SMP, SMAK, SMA, dan MA. Ujian sendiri setiap paketnya akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut.
Jadwal UNBK Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020, pada tingkat ini ujiannya akan dilaksanakan dari tanggal 20 - 23 April 2020. Mata pelajaran yang akan diujikan adalah bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan teori kejuruan.
Adapun rincian yang saya kutip adalah sebagai berikut :
- Membaca non sastra
- Membaca sastra
- Menulis terbatas
- Menyunting kata, kalimat, paragraf
- Menyunting ejaan dan tanda baca
Berikut Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia Lengkap Jawabannya Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020:
Pilihlah jawaban a, b, c, dan d yang kamu anggap paling tepat !
1. Bacalah Teks Berikut!
Tidur berhubungan dengan kualitas dan kuantitas morbiditas dan mortalitas. Menurut data epidemiologi tidur yang kurang dari 6 jam atau tidur yang lebih dari 9 jam per hari, erat hubungannya dengan peningkatan mortalitas.
Kualitas dan kuantitas tidur yang kurang pada anak dapat mengakibatkan terjadinya rasa kantuk yang berlebihan di siang hari dan penurunan tingkat atensi di siang hari. Gangguan pola tidur berupa pola tidur yang berlebihan dapat menimbulkan efek negatif pada performa di sekolah, fungsi kognitif, dan mood sehingga dapat menimbulkan konsekuensi serius lainnya seperti peningkatan angka kejadian kecelakaan mobil dan motor.
Makna kata atensi dalam teks tersebut adalah ….
A. keinginan
B. perhatian
C. konsentrasi
D. ingatan
Jawaban : B
2. Bacalah Petunjuk Berikut!
Beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang jalan.
1) Pilihlah jalan yang tidak terlalu ramai.
2) Jika bersama anak-anak atau orang tua, pegang tangannya.
3) Gunakan zebra cross jika ada.
4) Jangan menyeberang di tikungan jalan.
Kalimat tercetak miring tersebut memiliki makna ….
A. Penyeberang berjalan melewati zebra cross jika ada.
B. Penyeberang memakai zebra cross yang ada di jalan.
C. Penyeberang mematuhi peraturan dengan memakai zebra cross.
D. Penyeberang harus mencari zebra cross sebelum menyeberang jalan.
Jawaban : A
3. Bacalah Teks Berikut!
Dari hasil penelitian disebutkan bahwa berkurangnya waktu tidur dan jadwal tidur yang tidak teratur terkait erat dengan performa sekolah yang buruk pada remaja. Selain itu, pada penelitian sebelumnya terhadap siswa SMP didapatkan bahwa siswa yang mendapat peringkat akademik yang baik memiliki jadwal tidur yang lebih teratur dan waktu tidur yang lebih panjang dengan waktu tidur lebih awal dibandingkan dengan siswa dengan peringkat akademik yang lebih rendah. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat keterkaitan antara pola tidur atau bangun dan kemampuan persepsi mereka di sekolah dan mempengaruhi hasil peringkat akademik dan nilai ujian mereka.
Makna tersurat paragraf di atas adalah ….
A. Pola tidur tidak teratur, prestasi akademik baik.
B. Banyak tidur akan meningkatkan prestasi akademik.
C. Tidur teratur membantu meningkatkan prestasi akademik.
D. Sebelum mengemudikan mobil atau motor sopir harus tidur.
Jawaban : C
Bacalah kutipan teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 s.d. 5!
(1) Kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) merupakan salah satu tanaman kacang-kacangan penting di Asia Tenggara dan Asia Selatan . (2) Di Indonesia , tanaman ini menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah.(3) Urutan ketiga, baik mengenai luas areal penanaman dan produksinya maupun peranannya sebagai bahan makanan. (4)Tanaman ini merupakan tanaman semusim berumur pendek, lebih kurang 65 hari.
Kandungan yang terdapat dalam biji kacang hijau sebagai berikut. Biji kacang hijau mempunyai kandungan protein sebanyak 24,4%, lemak 1% dan karbohidrat 64,6% . Selain itu, menurut (Marzuki dan Soeprapto,2007), tanaman ini mengandung vitamin B l, vitamin A, dan C.
4. Kalimat utama paragraf pertama kutipan teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
Jawaban : A
5. Gagasan utama paragraf pertama kutipan teks no. 4 tersebut adalah .…
A. kacang hijau umurnya lebih kurang 65 hari
B. kacang hijau tanaman pendek
C. kandungan biji kacang hijau
D. kacang hijau tanaman kacang-kacangan
Jawaban : D
6. Bacalah Paragraf Berikut!
Kasus wabah difteri yang terjadi di penghujung tahun 2017 disebut sebagai kejadian luar biasa (KLB). Difteri yang terjadi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya karena pengidap difteri tidak hanya terjadi pada anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Dalam catatan, korban difteri paling muda berumur 3,5 tahun dan usia paling tua 45 tahun. Difteri bukanlah penyakit baru. Difteri sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan telah mewabah di banyak negara. Penyakit masa lalu ini muncul pada tahun 1920-an dan 1930-an.
Simpulan isi kutipan teks tersebut adalah ....
A. Wabah difteri menyerang usia anak-anak dan dewasa secara merata.
B. Difteri disebut juga penyakit masa lalu yang mewabah di banyak negara.
C. Difteri muncul jauh sebelum tahun 1920-an dan 1930-an.
D. Wabah difteri menyerang orang-orang usia lanjut.
Jawaban : A
7. Bacalah Paragraf Berikut!
Aesop terkenal di seluruh dunia karena cerita yang ditulisnya. Cerita tersebut biasanya mengisahkan binatang-binatang dengan nasihat. Cerita seperti ini biasa disebut fabel. Siapa sebenarnya Aesop, tidak ada yang tahu secara pasti. Menurut cerita, ia adalah seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno, sekitar tahun 620-560M.
Informasi yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ...
A. Aesop dikenal sebagai penulis cerita fabel yang produktif.
B. Aesop seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno.
C. Ceritanya berkisah tentang binatang dan tumbuhan.
D. Aesop terkenal di seluruh dunia karena ia hidup pada zaman Yunani Kuno.
Jawaban : B
8. Bacalah Teks Berikut!
Setiap manusia pastilah mempunyai cita-cita. Yang dimaksud cita-cita adalah tujuan atau harapan seseorang untuk mendapatkan sesuatu di masa depan akan tetapi belum ada kepastiannya. Cita-cita juga merupakan salah satu unsur dari pandangan hidup. Cita-cita setiap orang berbeda satu sama lain. Dengan adanya cita-cita, manusia mempunyai tujuan di dalam kehidupannya.
Semakin tinggi cita-cita semakin sulit untuk menggapainya. Untuk menggapainya manusia harus berjuang keras. Motivasi juga berperan penting untuk meraih cita-cita, tanpa motivasi akan sulit menggapai apa yang kita cita-citakan. Selain itu, pantang menyerah, percaya diri dan tanpa mengeluh adalah kunci dari keberhasilan dalam menggapai cita-cita kita.
Ringkasan isi teks tersebut adalah ….
A. Manusia pastilah mempunyai tujuan di dalam kehidupannya.
B. Manusia tanpa mengeluh untuk menggapai cita-cita.
C. Manusia harus berjuang keras untuk meraih cita-cita.
D. Motivasi berperan penting untuk meraih cita-cita.
Jawaban : C
9. Bacalah kalimat berikut!
Andini (20) tampak duduk sambil terus mengipasi bara arang agar tetap membakar daging sate di halaman samping gedung Agung Istana Kepresidenan, Yogyakarta, Minggu (4/3/2018).
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ….
A. Kata mengipasi seharusnya ditulis mengkipasi supaya sesuai dengan kaidah PUEBI.
B. Kata Istana seharusnya ditulis istana supaya sesuai dengan kaidah yang ditetapkan.
C. Kata Agung seharusnya ditulis agung karena bukan nama diri atau nama geografi.
D. Kata gedung seharusnya ditulis Gedung supaya sesuai kaidah PUEBI.
Jawaban : D
10. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!
Novel Laskar Pelangi ini memiliki gaya bahasa yang cukup menarik untuk dibaca. Selain itu, memberikan kenyamanan para pembaca saat menyimak setiap alur ceritanya. Kisahnya memberikan pelajaran yang patut diteladani, terutama dalam aspek moral dan sosial. Novel ini di dalam ceritanya juga menanamkan sikap selalu bersyukur atas apa yang ada dan diberikan oleh-Nya. Meski beberapa kata menggunakan bahasa daerah yang tidak semua orang mengerti, novel ini tetap memberikan wawasan bagi pembaca.
Keunggulan kutipan teks tersebut adalah ...
A. Rangkaian kalimat yang digunakan dalam resensi novel Laskar Pelangi terkesan menggurui pembaca.
B. Penggunaan bahasa santun dan kata-katanya bermakna lugas tidak membingungkan pembaca.
C. Pemilihan kata yang digunakan kurang menarik sehingga membuat pembaca menjadi bingung.
D. Kelebihan dan kekurangan resensi novel Laskar Pelangi, disampaikan dengan cara tidak konsisten.
11. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Karyamin mencoba berjalan lebih cepat meskipun kadang secara tiba-tiba banyak kunang-kunang menyerbu ke dalam rongga matanya. Setelah melintasi titian, Karyamin melihat sebutir buah jambu yang masak. Dia ingin memungutnya, tetapi urung karena buah itu terlihat bekas gigitan kampret. Dilihatnya juga buah salak berceceran di tanah sekitar pohonnya. Karyamin memungut sebuah, digigit, lalu dilemparkannya jauh-jauh. Lidahnya seakan terkena air tuba oleh rasa buah salak yang masih mentah. Dan, Karyamin terus berjalan. Telinganya mendenging ketika Karyamin harus menempuh sebuah tanjakan. Tetapi tak mengapa, karena di balik tanjakan itulah rumahnya.
(Senyum Karyamin, Ahmad Tohari)
Makna kata tercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut ....
A. berjatuhan
B. bergelimpangan
C. berguguran
D. berhamburan
12. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dulam Akhmad, salah seorang pekerja yang haus akan berita aktual. Ia pun semakin canggih dalam berkarya. Semua ia kerjakan atas perintah bos atau memang kebetulan ia mendapatkan berita lebih dulu dan disetujui dalam rapat.
Ia rajin memasuki pelosok-pelosok tempat yang bobrok. Didekatinya para fakir miskin, dibujukinya agar mau menceritakan kisah suka duka kehidupan mereka. Dulam selalu menjadi topik di antara koleganya. “ Pakar kemiskinan” julukannya. Ia mendapat berita yang baru dengan segar. Tulisannya enak dibaca karena ia pintar memberi bumbu yang lezat. Bos kantor senang korannya maju, iklan bertambah, semua orang ingin punya koran mereka.
Dikutip dari: Rayni Massardi, Pembunuh, Kompas, Jakarta, 2005
Informasi tersurat dalam teks cerpen tersebut adalah...
A. Dulam Akhmad membuat teman-temannya iri karena ia lebih disukai oleh bosnya.
B. Tulisan-tulisan Dulam Akhmad enak dibaca karena ia pintar memberi bumbu yang lezat pada tulisannya.
C. Dulam Akhmad menyukai tulisan yang mengupas kehidupan para fakir miskin.
D. Kehidupan para fakir miskin selalu dijadikan topik tulisan yang menarik pada koran yang diproduksi oleh kantor tempat Dulam Akhmad bekerja.
Jawaban : B
13. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Si paruh udang kembali melintas cepat dengan suara mencecet. Karyamin tak lagi membencinya karena sadar, burung yang demikian sibuk pasti sedang mencari makan buat anak-anaknya dalam sarang entah di mana. Karyamin membayangkan anak-anak si paruh udang sedang meringkuk lemah dalam sarang yang dibangun dalam tanah di sebuah tebing yang terlindung. Angin kembali bertiup. Daun-daun jati beterbangan dan beberapa di antaranya jatuh ke permukaan sungai. Daun-daun itu selalu saja bergerak menentang arus karena dorongan angin.
(Senyum Karyamin, Ahmad Tohari)
Kutipan teks cerpen di atas merupakan bagian alur ….
A. permasalahan
B. perkenalan
C. klimaks
D. peleraian
Jawaban : B
14. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Tiba-tiba langkahku terhenti di tempat yang banyak ditumbuhi pohon kamboja. Tempat yang sepi yang berada di perbatasan desa. Matahari sudah mulai beranjak ke barat. Tergerak hatiku untuk mengunjungi kakekku. Tanpa membawa apa-apa, aku langsung menuju ke sana. Aku duduk di sebelah batu yang bertuliskan nama kakekku. Karena aku tak membawa bunga, aku hanya membacakan doa untuk beliau.
Latar tempat dan waktu kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. di makam sore hari
B. di makam siang hari
C. di perbatasan desa sore hari
D. di perbatasan desa siang hari
Jawaban : A
15. Bacalah kutipan novel berikut!
Seekor burung malam melintas di atas rumah Eyang Mus sambil mencecet ketika Darsa membuka pintu lalu turun ke halaman. Masih di bawah tatapan Eyang Mus, Darsa berhenti dan termangu dalam keremangan sinar gemintang. Darsa tidak merasa pasti ke arah manakah dia akan melangkah. Pulang ke rumah untuk mendapatkan kehampaan yang amat menyakitkan hati atau kembali ke batu datar di tengah Kalirong untuk bersujud? Entahlah. Dan mungkin Darsa tak sepenuhnya sadar ketika langkahnya berbelok ke samping rumah Eyang Mus. Darsa membasuh kaki di kolam yang berdinding batu-batu kali lalu naik ke surau. Dalam surau kecil itulah dulu Darsa menghabiskan setiap malam masa kanak-kanaknya. Kini ia kembali bukan untuk ngaji seperti dulu melainkan untuk mencoba bercakap-cakap dengan kenyataan pahit yang sedang menghadang hidupnya.
(Bekisar Merah, Ahmad Tohari)
Sudut pandang pengarang pada kutipan novel tersebut adalah ….
A. orang pertama sebagai pelaku utama
B. orang pertama sebagai pelaku sampingan
C. orang ketiga serba tahu
D. orang ketiga sebagai pengamat
Jawaban : C
16. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Pagi-pagi sekali ia bangun dan pulang ke rumah sang ibu diantar sang nenek. Melihat ibu, ia mula-mula melihat nyala api yang besar di hadapan sang ibu. Sang anak gemetaran, dan ingin lari dari hadapan ibunya. Seketika ia merasakan ada bisik,
"Tinggalkan ibumu.la akan memarahi dan membencimu karena kamu lari dari rumah."
Melihat kegelisahan sang anak, Sang ibu pun menyaksikan nyala api di mata sang anak. Saat itu pula sang ibu tersenyum dan berkata, "Anak ibu, mari kita menggambar cahaya. Api yang keterlaluan dalam gambarmu, akan membuatmu jauh dari cahaya untuk sayang ibu. Ibu sayang kamu dan Tuhan sayang pada anak yang menyayangi ibunya, sehingga ia akan ditemani oleh cahaya-cahaya yang bagus, indah . . . ."
(Cahaya dan Nyala Api, Yusrizal K.W.)
Makna simbol pada kutipan teks cerpen di atas adalah ….
A. kehangatan
B. kesakitan
C. kesusahan
D. kemarahan
Jawaban : D
17. Bacalah kutipan cerita berikut!
“Boleh kami tahu nama Bapak siapa?” Tanya Laila sopan. “Apakah artinya sebuah nama?” Bapak itu menantangnya. “Mungkin... sebab tak ada yang abadi, Pak. Kemarin lahir, hari ini tumbuh dan esok punah. Satu-satunya yang bisa dikekalkan dan dikenangkan, hanyalah nama,” lanjutnya.
Bapak itu tersenyum sebelum akhirnya berlalu. Sayup terdengar ia berbisik sehalus desir angin.
Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Kenangan pahit dan manis teringat selamanya.
B. Perbuatan yang baik, hasilnya juga baik.
C. Jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan.
D. Jika ditanya oleh seseorang sebaiknya menjawab.
Jawaban : D
18. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
“Sudahlah, aku tahu apa yang ada dalam pikiranmu!” lelaki itu melotot, air mukanya berlipat. “Apakah kau ingin tahu mengapa aku selalu berdiri di jembatan ini setiap magrib?” lelaki aneh itu menatap wajahku. Aku yang penasaran dan memang ingin tahu langsung manggut-manggut mengiyakan.
“Aku adalah anak tunggal, tinggal bersama kedua orang tuaku. Keluarga kami begitu sempurna rasanya. Sampai ayahku meninggal karena kecelakaan di jembatan ini. Sejak itu ibuku seperti kehilangan kewarasannya. Dia selalu menagis setiap magrib. Aku tak sanggup untuk pulang ke rumah. Maka saat magrib aku akan berdiri di jembatan ini untuk menghilangkan rasa lelah dan resah di hatiku. Aku tak tahan mendengar tangisnya jadi aku akan meninggalkannya sampai habis salat isya karena jika habis salat isya Ibuku biasanya sudah tertidur.” Aku tergagap, menelan ludah, meyeka keringat di pelipis.
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Ayahnya meninggal karena kecelakaan di jembatan.
B. Kesedihan tokoh lelaki mendengar tangis ibunya.
C. Ibu si lelaki hilang kewarasannya.
D. Rasa penasaran tokoh aku dengan lelaki aneh.
Jawaban : A
19. Cermati kalimat berikut!
Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam letak geografis jumlah penduduk dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan katanya.
Penggunaan tanda baca untuk kalimat tersebut adalah ....
A. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
B. “Sumber daya ekonomi, terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
C. “Sumber daya ekonomi terkini, bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan?” katanya.
D. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan!” katanya.
20. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Ketika Tini esoknya mesti belanja lagi, toko itu kelihatan ramai. Semua buah tomat terjual habis. “Kali ini saya tidak bisa memberimu tomat. Besok saja, ya? Doakan dagangan saya laku, “ kata pemilik toko menghibur Tini.
Tini kemudian melempar belanjaannya. Dia tidak pulang ke rumah. Tini merasa semua orang mencuri tomatnya.
Di tengah sebuah jalan raya Tini berhenti. Ia melihat semua benda bergerak rama ke sana ke mari. Keasyikan yang rasanya belum pernah dialaminya.
Akibat konflik dalam kutipan di atas adalah ….
A. Tini menemukan keasyikan tersendiri di jalan raya.
B. Tini berhenti di jalan raya dan melihat lalu lintas sangat ramai.
C. Tini melempar belanjaannya dan tidak pulang ke rumah.
D. Pemilik toko didoakan agar dagangannya laku.
Jawaban : C
21. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teng ... teng ... teng ... teng ....
Jam dinding berdentang empat kali membangunkan aku dari tidur malamku yang nyenyak. Alhamdulillah, aku masih diberi kesempatan bangun kembali dan bersiap melaksanakan kegiatan rutin. Kusingkap selimut tebalku dan kulipat. Bergegas kuambil air wudu untuk segera bersujud menghadap Sang Khalik.
Di luar matahari semakin meninggi, hari cerah. Akankah ini perlambang cerahnya hari yang kujalani. Insyaallah.Kusiapkan semua keperluan anak-anak dan suami dengan baik agar mereka bisa menjalani hari dengan baik pula.
Teks 2
“Bu, ini nomor cantik untuk mobil kita!” kata Dea menyodorkan angka untuk nomor calon mobil impiannya.
“Wah, gak bisa Dea, nomor mobil nanti harus memiliki makna yang monumental. Mobil ini sebagai wujud rasa syukur keluarga kita atas kelulusan sertifikasi ayahmu. Karena itu, nomor plat pun harus bermakna menjurus ke arah itu,” kata Bu Dalijo memberi alasan kepada anaknya.
Memang, semenjak terbit Sertifikat Pendidik sebagai tanda keberhakan atas tunjangan sertifikasi Pak Dalijo, keluarga itu berencana memiliki sebuah mobil seperti halnya teman-teman seprofesi yang kini terlihat semakin perlente.
Pola pengembangan kedua cerita tersebut yang tepat adalah ….
A. menggambarkan tahap penyelesaian masalah (Teks 1), menggambarkan puncak masalah (Teks 2)
B. menggambarkan munculnya permasalahan (Teks 1), menggambarkan perkenalan tokoh
(Teks 2)
C. menggambarkan perkenalan tokoh (Teks 1), menggambarkan munculnya permasalahan (Teks 2)
D. menggambarkan puncak masalah (Teks 1), menggambarkan tahap penyelesaian masalah (Teks 2)
Jawaban C
22. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kutipan Cerpen 1
Aku tertawa. Ron tertawa. Ron bangkit, masuk ke dalam kamar, menyetel lagi lagu Slank keras-keras, menirukan suara Kaka, vokalis Slank. Ron berdiri dan berjoget, aku mengkutinya.
Hujan membekap suara kami dengan deras air dan siur angin.
Kutipan cerpen 2
Ia tidak menjawab. Matanya melotot. Lantas membuang muka. Ada bus kota datang. Bus tingkat dari jauh sudah kelihatan miring ke kiri. Perempuan itu seperti mau beranjak., tapi tidak jadi. Tingkat atas penuh penumpang. Di bawah apalagi. Penumpang sampai berdesak di tangga. Kedua pintu bisa dipenuhi dengan orang-orang yang bergelantungan. Kernetnya berteriak menyerukan nama-nama tempat tujuan dengan lantang. Orang-orang masuk menyelusup masuk saling berdesakan.
Perbandingan penggunaan bahasa cerpen berikut adalah ….
A. menggunakan istilah (cerpen 1), menggunakan ungkapan (cerpen 2)
B. menggunakan ungkapan (cerpen 1), menggunakan majas (cerpen 2)
C. menggunakan majas (cerpen 1), menggunakan istilah (cerpen 2)
D. menggunakan majas (cerpen 1), menggunakan ungkapan (cerpen 2)
Jawaban : D
23. Cermati kutipan teks berikut!
(1) “Tentu saja, Nona. Semua mobil keluaran terbaru memiliki fitur itu.” Jawaban yang sama. (2) “Bagus. Sekarang kamu terbang, aku memerintahkanmu!” (3) “Nona, aku harus memperingatkanmu. Memaksa mobil taksi untuk terbang adalah tindakan pelanggaran protokoler keselamatan penumpang. (4) “Baiklah, kalau begitu aku ikuti kemauanmu,” jawab Nona. (5) Nona pun tak jadi memaksa taksi untuk terbang.
Bukti watak tokoh Nona penurut pada kutipan cerita tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Jawaban : D
24. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Peluru itu menembus salah satu bagian tubuh Oki. Tapi ia tidak jatuh. Ia masih terus menempel, melilit tiang bendera.
Dor!
Tangan Oki lemah memeluk.
Dor!
Oki terus melilit tiang. Tetapi bom itu lepas dari pegangannya. Dengan diselimuti oleh bendera, bom itu melayang ke bawah. Sepuluh, atau seribu, kalau tidak berjuta-juta tangan yang menadah berebutan hendak menjemput barang yang jatuh itu.
Oki masih sempat mendengar ledakan yang dahsyat. Ia masih dapat membayangkan tangan-tangan itu lepas dari tubuh pemiliknya, terlempar ke udara sambil menyerakkan darah. Ia masih bisa melihat seratus, seribu atau berjuta-juta orang kehilangan tangan. Tangan anaknya, tangan istrinya, tangan tetangganya, tangan begitu banyak orang terlempar tepat mengenai mukanya. Ia mengaduh.
Kalau boleh memilih lagi ia tidak akan menjamah bom itu. Akan ia biarkan saja tergolek di tempat tidurnya sebagai bencana atau mimpi buruk. Ia tidak tahu dari mana asalnya, siapa telah mengaturnya. Dan yang lebih penting ia tidak usah merasa mempunyai kewajiban apa-apa. Apalagi secara diam-diam menaruh harapan untuk menyelamatkan orang banyak.
Sambil tersiksa oleh akibat perbuatannya, Oki mati perlahan-lahan. Tubuhnya bagai sekerat dendeng, tetap tergantung di tiang bendera itu, sampai sekarang.
Kalau Boleh Memilih, Putu Wijaya)
Komentar terhadap isi cerpen di atas adalah ….
A. Setiap melakukan sesuatu hendaklah berpikir terlebih dahulu supaya tidak menyesal kemudian.
B. Isi cerpen itu tidak baik untuk ditiru, kita hendaknya tidak mudah terpengaruh orang lain.
C. Pemilihan latar pada kutipan cerpen tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya di pasar .
D. Akhir cerpen tersebut tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata.
Jawaban : A
25. Bacalah kutipan teks berikut!
Dari penelitian medis, memang terdapat beberapa kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak yang dapat diandalkan untuk membasmi kanker. Penelitian lebih lanjut mengenai daun sirsak masih terus dikembangkan dan menjadi salah satu yang paling ditunggu dalam dunia medis. [...] Namun harus diperhatikan cara yang benar untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai obat agar memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh manusia.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ...
A. Manfaat daun sirsak untuk kanker masih dalam perdebatan yang sangat panjang.
B. Belum ada yang membuktikan daun sirsak bermanfaat mengobati kanker.
C. Secara garis besar, penyakit kanker sampai saat ini sulit disembuhkan.
D. Beberapa pasien mencoba daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
Jawaban : D
26. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […]
(4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A. Kupas bagian kulitnya!
B. Biarkan sekitar 10 menit!
C. Tempelkan pada kulit yang luka!
D. Lepaskan dari luka bila sudah sembuh!
Jawaban : A
27. Bacalah kutipan puisi berikut!
Lihat...!
Sungai yang dulu mengalir deras
Kini tampak kecil dan surut
[....]
Pepohonan yang mulanya hijau dan teduh
Dan lihatlah
Tanah semakin tandus
Kalimat bermajas sesuai dengan kutipan puisi di atas adalah ….
A. Mulai menguning dan merenggang
B. Mulai merintih dan menangis.
C. Berwarna kuning dan mengering.
D. Menjadi kering dan tiada air.
Jawaban : B
28. Perhatikan kutipan pantun berikut!
Cempedak matang di luar pagar
Tarik galah tolong julurkan
[ … ]
[ … ]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. Saya tak pandai bernyanyi
Sembarang lagu saya nyanyikan
B. Kalau utang harus dibayar
Jangan sampai di bawa mati
C. Saya siswa yang baru belajar
Kalau salah tolong tunjukkan
D. Kamu jangan suka melempar
nanti buahnya jatuh terkapar
Jawaban : C
29. Bacalah kalimat berikut!
Berita yang yang disaijkan itu tidak sesuai dengan realita.
Kata realita pada kalimat tersebut dapat diganti dengan kata ….
A. harapan
B. bukti
C. kenyataan
D. pernyataan
Jawaban : C
30. Cermati kalimat berikut!
Doni bermain layang-layang.
Kalimat berpola sama dengan kalimat tersebut adalah ….
A. Genta menanam pohon mangga.
B. Ibu berbelanja sayuran.
C. Pokja biopori membuat lubang biopori.
D. Ani membuat baju daur ulang.
Jawaban : B
31. Cermati kalimat berikut!
Para pemimpin pada hari Jum’at (8/12) terus melakukan konsultasi intensip untuk mencari bentuk reaksi kolektif.
Perbaikan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
Jawaban : C
32. Bacalah kutipan wawancara berikut!
Pewawancara : “Gigi berlubang, gusi berdarah, dan plak pada gigi apa penyebabnya, Dok?
Narasumber : “Ketiga masalah kesehatan gigi tersebut intinya berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi atau menyikat secara asal-asalan.”
Pewawancara : “Untuk menggosok gigi yang baik itu, waktunya kapan aja, Dok?
Narasumber : “Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada saat malam dan pagi hari.”
Pewawancara : “Terus bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar?”
Narasumber : “Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.”
Narasi yang sesuai dengan kutipan wawancara tersebut adalah ...
A. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin tidak gosok gigi atau mengikat gigi asal-asalan. Waktu yang baik mengosok gigi yaitu pada malam hari dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.
B. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Dengan demikian gigi akan tetap bersih dan terawat.
C. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada saat malam dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Jika hal tersebut dilakukan maka kita akan terhindar dari sakit gigi.
D. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Bisa juga kita cuma menyikat asal-asalan. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada saat malam dan pagi hari. Oleh sebab itu, mari kita jaga kesehatan gigi kita dengan menjaga kebersihan gigi, tidak lupa menyikat gigi sehari dua kali, dan bila ada gangguan pada gigi segeralah pergi ke dokter gigi.
Jawaban : A
33. Cermati kalimat berikut!
Pada bulan Februari Ayu melakukan transaksi melalui Bank Jaya sejumlah 5 milyar.
Kesalahan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. Februari
B. transaksi
C. Bank Jaya
D. milyar
Jawaban : D
34. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Rekreasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk mencari hiburan, atau sekadar untuk melepaskan lelah setelah giat bekerja. (2) Kegiatan rekreasi merupakan bagian yang tidak penting dalam kehidupan manusia. (3) Dengan melakukan rekreasi manusia dapat memperoleh kembali keseimbangan fisik, mental, dan emosiaonal. (4) Keseimbangan itu sangat penting agar mampu melaksanakan pekerjaan atau rutinitas dalam kehidupan.
Kesalahan penggunaan kalimat pada teks di atas ditunjukkan nomor ….
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
Jawaban : A
35. Bacalah kalimat berikut!
Kerja sama ekonomi antarnegara dapat menjadi cara menarik bagi para [ … ] untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ….
A. fasilitator
B. investor
C. induktor
D. konduktor
Jawaban : B
36. Cermati paragraf berikut!
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan [. . .] timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakup benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan [. . .] biak, seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati, antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika [. ..] dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat sehat, aman, tenteram, lahir, dan batin.
Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. menghubungi, perkembangan, memelihara
B. berhubungan, mengembangkan, memelihara
C. menghubungi, berkembang, terpelihara
D. berhubungan, berkembang, terpelihara
Jawaban : D
37. Bacalah kutipan teks berikut!!
(1) Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, menutup pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal 2018. (2) Langkah tersebut sebagai tindakan rutin yang dilakukan setiap tahun. (3) Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (4) Selama itu, akan dilakukan perbaikan jalur-jalur pendakian hingga kegiatan penghijauan/konservasi.
Perbaikan kalimat (3) pada kutipan teks tersebut adalah ...
A. Penutupan tersebut mulai 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018.
B. Pendaki yang tetap naik saat masa penutupan dikenakan sanksi.
C. Pendaki yang tetap ingin mendaki harus izin terlebih dahulu.
D. Pendaki bisa menghubungi pos Gunung Prau terdekat.
Jawaban : A
38. Bacalah kalimat berikut!~
Wali kelas berkata, “Semua siswa harap membawa alat-alat tulis: pulpen, pensil, dan penghapus untuk persiapan ujian.”
Alasan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A. tanta titik (.) seharusnya tanda seru (!)
B. tanda petik dua (“…”) seharusnya dihilangkan
C. tanda titik koma (;) seharusnya tanda koma (,)
D. tanda titik koma (;) seharusnya tanda titik dua (:)
Jawaban : D
39. Bacalah kalimat berikut!
Kwalitas barang buatan dalam negeri tidak perlu diragukan lagi.
Penggunaan ejaan yang salah pada kalimat tersebut adalah ….
A. negeri
B. buatan
C. kwalitas
D. diragukan
Jawaban : C
40. Bacalah kalimat berikut!
1. Dia tertawa keras saat adiknya melucu.
2. Ujian sudah dekat; dia belum belajar dengan serius.
3. Rina, sedang menyelesaikan pekerjaan rumahnya di kamar.
4. Ayah mengajakku ke rumah nenek, tetapi aku punya acara lain.
Penggunaan tanda baca yang salah pada kalimat tersebut adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1) dan (4)
Jawaban : B
Lihat juga...Soal Prediksi Terbaru UAMBN-BK Fikih Tingkat SMP/MTs
Download juga link Qur'an Hadist dibawah ini:
Download juga:
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 6 Semester 1 dan 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 5 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 5 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 4 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 4 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 2 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 2 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 1 Semester 2 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
- Perangkat Pembelajaran K-13 Revisi 2018 Kelas 1 Semester 1 Tingkat SD/MI TP. 2019/2020.
Selain itu juga, dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini, admin menyiapkan beberapa administrasi pembelajaran kurikulum 2013 (K13), seperti perangkat buku kerja guru 1-4, administrasi guru, wali kelas, dan lain sebagainya.
Berikut daftar Pemesanan Buku Kerja Guru Perangkat Umum K13 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020:
1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Inggris
3. Bahasa Arab
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. PPKn
8. TIK
9. Penjaskes
10. Seni Budaya dan Keterampilan
11. Prakarya
12. Bimbingan Konsling
13. Ke-NW-An
14. Ilmu Tajwid
15. Nahwu/Sharef
16. Faraid
17. Prakarya
18. Akhlakulil Banin
19. Ta'limul Muta'allim
20. Kimia
21. Sosiologi
22. Geografi
23. Sejarah
24. Fisika
Berikut daftar Pemesanan Buku Kerja Guru Perangkat Umum K13 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020:
1. Bahasa Indonesia
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
2. Bahasa Inggris
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
3. Bahasa Arab
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
4. Matematika
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
5. Ilmu Pengetahuan Alam
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
7. PPKn
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
8. TIK
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
9. Penjaskes
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
10. Seni Budaya dan Keterampilan
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
11. Prakarya
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
12. Bimbingan Konsling
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
13. Ke-NW-An
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
14. Ilmu Tajwid
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
15. Nahwu/Sharef
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
16. Faraid
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
17. Prakarya
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
18. Akhlakulil Banin
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
19. Ta'limul Muta'allim
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
20. Kimia
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
21. Sosiologi
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
22. Geografi
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
23. Sejarah
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
24. Fisika
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
Tujuannya yaitu untuk membantu para guru dan siswa untuk mencari materi, perangkat dan informasi umum yang terbaru/terupdate setiap hari tanpa dibatasi ruang dan waktu karena bisa diakses secara online.
BERMINAT ?
Klik Link Pemesanan 1 Klik Link Pemesanan 2 |
Demikian, semoga blog ini bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Aamiin ya mujibassailin.
No comments:
Post a Comment
Jangan nyepam ya!