Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Soal UMBN-BK Matematika Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, harapannya akan lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya.

Berikut ini adalah Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

A. Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!

1. Hasil dari (40 × 35) – ((–75) : (–15)) adalah ....
A. 1.405
B. 1.395
C. –1.395
D. –1.405
Jawaban : B

2. Hasil dari 5 2/7 - 2 1/4 : 3 1/2 adalah
A. 4 9/14
B. 4 4/14
C. 3 9/14
D. 3 3/14
Jawaban : A

3. Besarnya uang RiniRp4000 ,sedangkan uang Tuti Rp 2000 lebihnya dari uang Rini.Perbandingan uang Rini dan Tuti adalah ….
A. 4 : 5
B. 3 : 4
C. 2 : 3 
D. 2 : 1
Jawaban : C

4. Hasil dari adalah ….
A. 81
B. 27
C. 9
D. 3
Jawaban : A

5. Perhatikan gambar berikut !

Banyak persegi satu-satuan pada pola yang ke15 adalah ....
A. 45
B. 30  
C.28 
D.24
Jawaban : B

6. Pak Alim menjual telepon genggam seharga Rp 2.250.000,00 dan mengalami kerugian sebesar 10%. Harga beli telepon genggam tersebut adalah...
a. Rp 475.000,00
b. Rp 2.350.000,00
c. Rp 2.500.000,00
d. Rp 2.625.000,00
Jawaban : C

7. Sebuah panti asuhan memiliki persediaan beras yang cukup untuk 20 orang selama 15 hari. Jika penghuni panti asuhan bertambah 5 orang, persediaan beras akan habis dalam waktu …..
A. 8 hari
B. 10 hari
C. 12 hari
D. 20 hari
Jawaban : C

8. Ibu akan membagikan sejumlah uang kepada lima anaknya. Uang yang akan dibagikan terdiri dari lembaran dua ribuan. Banyak uang yang dibagikan ke masing – masing anak membentuk barisan geometri. Jika dua anak terakhir berturut turut memperoleh 8 lembar dan 4 lembar, total uang yang dibagikan ibu adalah …
A. Rp 300.000,00
B. Rp 248.000,00
C. Rp 144.000,00 
D. Rp 124.000,00
Jawaban : B

9. Himpunan penyelesaian dari 2x + 3 21 + 4x dengan x Î bilangan bulat adalah …
A. {-12, -11, -10, -9, ...}
B. {-9,-8,-7,-6,..}
C. {...,-15, - 14, -13,-12}
D. {...,-12,-11,-10,-9}
Jawaban : B

10. Diketahui
P = {x | x 13, x bilangan prima },
Q = {x| 3 x 13, x bilangan ganjil}.
P Q adalah ….
A. {3, 5, 7}
B. {5, 7, 11}
C. {3, 5, 7, 9, 11} 
D. {3, 5, 7, 11, 13}
Jawaban : D

11. Perhatikan gambar diagram panah di Bawah! 


Relasi dari A ke B adalah
A. lebih dari
B. faktor dari
C. kurang dari
D. satu kurangnya dari
Jawaban : D

12. Perhatikan gambar! 

Persamaan garis c pada gam bar adalah ..
A. y + 2x + 16 = 0
B. y + 2x+8 = 0
C. x+2y + 16 = 0
D. x – 2y – 16 = 0
Jawaban : A

13. Diketahui A= - 2x + 3 dan B =3x – 5 . Nilai dari 2A – B adalah ….
A. – 7x +11 
B. – 7x + 1
C. – x + 11
D. – x +1
Jawaban : A

14. Penyelesaian dari sistem persamaan 2x – y = 8 dan 3x + 2y = 5 adalah x=a dan y= b. Nilai dari 3a – b adalah ….
A. -11
B. -7
C. 7
D. 11
Jawaban : D

15. Suatu kelas terdapat 32 siswa, setelah didata ada 4 siswa tidak gemar Matematika dan IPA, 8 siswa gemar Matematika dan IPA. Jika banyak siswa gemar IPA dua kali lipat banyak siswa yang gemar Matematika, maka banyak siswa yang hanya gemar IPA adalah ….
A. 4 siswa
B. 8 siswa
C. 16 siswa
D. 24 siswa
Jawaban : C

16.Diketahui fungsi f(x) linear. Jika fungsi f(3x + 2) = 6x + 10,nilai f(–5) adalah ....
A. –20
B. –4
C. 16
D. 19
Jawaban : B

17. Perhatikan persamaan garis berikut!
i) y = 2x + 8
ii) y = -3x – 10
iii) 4x – 2y = 8I
iv) 2x + 6y = 12
Pasangan garis yang sejajar adalah ....
A. I dan III
B. I dan IV
C. II dan III
D. III dan IV
Jawaban : A

18. Perhatikan gambar!

Besar ÐABD = ….
A. 122°
B. 125°
C. 132° 
D. 165°
Jawaban : C

19. Banyaknya rusuk suatu prisma tegak yang alasnya segilima beraturan adalah …. buah
A. 18
B. 15
C. 12
D. 10
Jawaban : B

20. Segitiga ADB dan DABC pada gambar adalah segitiga siku-siku. 

Perhatikan pernyataan berikut!
(i) AD bersesuaian dengan BC.
(ii) AD bersesuaian dengan AB.
(iii) BD bersesuaian dengan BC.
(iv) BD bersesuaian dengan AB.
Pernyataan yang benar adalah ....
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii) 
D. (ii) dan (iv)
Jawaban : D

21. Perhatikan gambar dan pernyataan berikut.

(I) b2 = c2– a2 
(II) b2 = a2 – c2
(III) b2 = a2 + c2
(IV) a2 =b2 – c2
Pernyataan yang benar adalah….
A. (I) dan (II)
B. (I) dan (III)
C. (I) dan (IV) 
D. (III) dan (IV)
Jawaban : D

22. Luas sebuah persegi panjang 165 cm2. Jika ukuran panjangnya 15 cm, keliling persegi panjang tersebut adalah ....
A. 26 cm
B. 30 cm
C. 52 cm 
D. 56 cm
Jawaban : C

23.  Perhatikan gambar! 

Jika diketahui besar ÐAOB=100O, maka besar sudut ÐACD adalah ….
A. 40o
B. 45o 
C. 50o 
D. 80o
Jawaban : A

24. Randi akan membuat sebuah taman seperti tampak pada gambar yang diarsir. 

Jika biaya membuat tepi taman Rp150.000,00 per meter, biaya yang diperlukan untuk membuat tepi taman tersebut adalah .... 
A. Rp315.000,00
B. Rp420.000,00
C. Rp735.000,00 
D. Rp750.000,00
Jawaban : D

25. Diketahui limas tegak dengan alas berbentuk persegi.Jika keliling alas 48 cm dan tinggi limas 8 cm, luas permukaan limas adalah ....
A. 60 cm2
B. 384 cm2
C. 483 cm2
D. 843 cm2
Jawaban : B

26. Perhatikan bangun gabungan kerucut dan tabung berikut. 

Diketahui jari- jari tabung 7 cm dan tingginya 10 cm. Volum bangun gabungan tersebut ( p = adalah …… 
A. 2.464 cm3 
B. 2.564 cm3 
C. 2.672 cm3 
D. 2.772 cm3 
Jawaban : A

27. Median dan modus dari 70, 100, 60, 50, 70, 90, 80, 70, 100, 110, 80, 40 berturut-turut adalah …
A. 65 dan 70
B. 70 dan 70
C. 75 dan 70 
D. 80 dan 80
Jawaban : C

28. Sebuah dadu dilempar dua kali, banyaknya titik sampel mucul mata dadu kembar adalah ….
A. 6
B. 12
C. 24
D. 36
Jawaban : A

29. Diagram lingkaran dibawah ini menunjukkan data hasil pertanian di desa “Tanimaju” tahun 2018

Jika banyak jagung yang dihasilkan 40 ton,banyak kacang yang dihasilkan adalah….
A. 10 ton 
C. 25 ton 
B. 20 ton 
D.30 ton
Jawaban : D

30. Sebuah kotak berisi 12 bola bernomor 1 sampai 12. Jika diambil dua bola sekaligus secara acak, peluang terambilnya 2 bola bernomor ganjil adalah ....
A. 30/66
B. 45/132
C. 15/66
D. 15/132
Jawaban : D

B. Soal Uraian

31. Pada kompetisi tes matematika yang terdiri 30 soal, diberi aturan penilaian sebagai berikut:
setiap jawaban yang benar mendapat nilai 3, 
setiap jawaban yang salah mendapat nilai –1, 
dan soal yang tidak dijawab tidak mendapatkan nilai (nilai 0) 
Mawarina pada saat tes menjawab dengan benar 24 soal dan tidak menjawab 2 soal. Berapakah nilai tes matematika Mawarina? Tuliskan langkah penyelesaiannya!
Jawaban : 
Nilai Mawarina :
Menjawab Benar : 24 x 3  = 72
Menjawab Salah : 4 x (-1) = -4
Tidak Menjawab :    2 x 0  = 0    +
Jumlah 62
Jadi nilai yang diperoleh Mawarina adalah 62

32. Jumlah uang ayah adalah 5 kali jumlah uang ibu. Jika uang ayah lebih banyak 800.000,00 dari uang ibu, berapakah uang ayah ?
Jawaban : 
Misal : uang ayah = a
              Uang ibu = b
a = 5b …..1)
a = b + 800.000 …..2)
5b = b + 800.000
5b – b = 800.000
4b = 800.000
b = 200.000
Uang ayah adalah 5 x 200.000,00
= Rp. 1.000.000,00


33. Diketahui panjang sisi segitiga siku-siku adalah (2x+ 2) cm, (3x – 2) cm, dan (x + 4) cm. jika kelilingnya 76 cm, berapakah luas segitiga siku-siku tersebut ?
Jawaban : 
(2x + 6) + (3x – 2) + (x + 4) = 80
6x + 8 = 80
6x = 72
x = 12
Panjang sisi segitiga siku-siku adalah :
2x + 6 = 2 x 12 + 6 = 30 cm
3x – 2 = 3 x 12 – 2 = 34 cm
x + 4 = 12 + 4 = 16 cm
Luas segitiga siku-siku adalah 


34. Perhatikan gambar !
Tentukan:
a. Panjang BC 
b. Panjang BD
Jawaban :
a) BC = 10 cm
b) BD = 26 cm

35. Nilai rata-rata ulangan IPA dari sekelompok siswa yang terdiri dari 20 anak adalah 60. Jika ditambah dengan sejumlah anak yang memiliki nilai rata-rata 70, maka nilai rata-ratanya menjadi 62. Berapakah banyaknya tambahan siswa dalam kelompok itu ?
Jawaban :


Selain itu juga, dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini, admin menyiapkan beberapa administrasi pembelajaran kurikulum 2013 (K13), seperti perangkat buku kerja guru 1-4, administrasi guru, wali kelas, dan lain sebagainya.

Berikut daftar Pemesanan Buku Kerja Guru Perangkat Umum K13 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Bahasa Indonesia
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

2. Bahasa Inggris
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

3. Bahasa Arab
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

4. Matematika
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

5. Ilmu Pengetahuan Alam
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

7. PPKn
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

8. TIK
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

9. Penjaskes
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

10. Seni Budaya dan Keterampilan
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

11. Prakarya
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

12. Bimbingan Konsling
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

13. Ke-NW-An
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

14. Ilmu Tajwid
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

15. Nahwu/Sharef
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

16. Faraid
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

17. Prakarya
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

18. Akhlakulil Banin 
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs

19. Ta'limul Muta'allim
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    20. Kimia
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    21. Sosiologi
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    22. Geografi
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    23. Sejarah
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK 

    24. Fisika
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK.

    Tujuannya yaitu untuk membantu para guru dan siswa untuk mencari materi, perangkat dan informasi umum yang terbaru/terupdate setiap hari tanpa dibatasi ruang dan waktu karena bisa diakses secara online. 

    BERMINAT ?
    Klik Link Pemesanan 1
    Klik Link Pemesanan 2


    Demikian, semoga blog ini bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Aamiin ya mujibassailin.
    Share:

    No comments:

    Post a Comment

    Jangan nyepam ya!

    Hari/Tanggal

    ALIH BAHASA

    Daftar Isi