Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Unduh KI dan KD Prakarya Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA.

Selamat  datang di situs Kampung KB Tumbuh Jaya, Pada kesempatan ini kami berbagi KI dan KD Prakarya Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA sebagai acuan dalam menyusun RPP dan silabus tingkat MA/SMA. 

Fungsi Kompetensi Inti (KI) yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar (KD) antar Mapel pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada Mapel yang sama pada kelas yang berbeda.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) dalam pedoman ini menggunakan notasi:
  • KI-1 untuk KI sikap spiritual
  • KI-2 untuk KI sikap sosial
  • KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep)
  • KI-4 untuk KI keterampilan
Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Aspek sikap dibentuk melalui aktivitas yang dapat berupa menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan apa yang ia ketahui.

Sementara aspek pengetahuan dapat dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Sedangkan aspek keterampilan dapat diperoleh antara lain melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.

Untuk lebih jelasnya, silahkan didownload pada link berikut !

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.


Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360. 

Share:

Unduh KI dan KD Seni Budaya Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA.

 

Selamat datang di situs Kampung KB Tumbuh Jaya, Pada kesempatan ini kami berbagi KI dan KD Seni Budaya Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA sebagai acuan dalam menyusun RPP dan silabus tingkat MA/SMA. 

Fungsi Kompetensi Inti (KI) yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar (KD) antar Mapel pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada Mapel yang sama pada kelas yang berbeda.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) dalam pedoman ini menggunakan notasi:
  • KI-1 untuk KI sikap spiritual
  • KI-2 untuk KI sikap sosial
  • KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep)
  • KI-4 untuk KI keterampilan
Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Aspek sikap dibentuk melalui aktivitas yang dapat berupa menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan apa yang ia ketahui.

Sementara aspek pengetahuan dapat dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Sedangkan aspek keterampilan dapat diperoleh antara lain melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.

Untuk lebih jelasnya, silahkan didownload pada link berikut !

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.


Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360. 

Share:

Unduh KI dan KD Sosiologi Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA.


Selamat datang di situs Kampung KB Tumbuh Jaya, Pada kesempatan ini kami berbagi KI dan KD Sosiologi Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA sebagai acuan dalam menyusun RPP dan silabus tingkat MA/SMA. 

Fungsi Kompetensi Inti (KI) yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar (KD) antar Mapel pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada Mapel yang sama pada kelas yang berbeda.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) dalam pedoman ini menggunakan notasi:
  • KI-1 untuk KI sikap spiritual
  • KI-2 untuk KI sikap sosial
  • KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep)
  • KI-4 untuk KI keterampilan
Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Aspek sikap dibentuk melalui aktivitas yang dapat berupa menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan apa yang ia ketahui.

Sementara aspek pengetahuan dapat dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Sedangkan aspek keterampilan dapat diperoleh antara lain melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.

Untuk lebih jelasnya, silahkan didownload pada link berikut !

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.


Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360. 

Share:

Unduh KI dan KD Biologi Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA.


Selamat datang di situs Kampung KB Tumbuh Jaya, Pada kesempatan ini kami berbagi KI dan KD Biologi Kelas 10, 11 dan 12 Tingkat MA/SMA sebagai acuan dalam menyusun RPP dan silabus tingkat MA/SMA. 

Fungsi Kompetensi Inti (KI) yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar (KD) antar Mapel pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada Mapel yang sama pada kelas yang berbeda.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) dalam pedoman ini menggunakan notasi:
  • KI-1 untuk KI sikap spiritual
  • KI-2 untuk KI sikap sosial
  • KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep)
  • KI-4 untuk KI keterampilan
Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Aspek sikap dibentuk melalui aktivitas yang dapat berupa menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan apa yang ia ketahui.

Sementara aspek pengetahuan dapat dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Sedangkan aspek keterampilan dapat diperoleh antara lain melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.

Untuk lebih jelasnya, silahkan didownload pada link berikut !

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.


Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360. 

Share:

Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas 1 SD/MI Lengkap Kunci Jawabanya.

Pada kesempatan ini, kami berbagi Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas 1 SD/MI  Lengkap Kunci Jawabanya.

Tujuannya sebagai persiapan dalam menghadapi ujian pada semester yang akan datang.

Berikut Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas 1 SD/MI  Lengkap Kunci Jawabanya:

A. Pilihan Ganda

Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. al fatihah artinya . . . .

a.  pembukaan 

b.  permulaan 

c.  penutup


2.    الحمد لله    lafal tersebut dibaca . . . .

a.  maliki   

b.  alhamdu 

c.  iyyaka


3.  Ihdina               lanjutan dari lafal tersebut adalah . . . .

a.   nastan'inu

b.   iyyaaka   

c.   ssirooto


4. surah al fatihah ayat pertama berbunyi . . . .

a.  arrohmanir rohim

b.  iyya kana’budu

c.  bismillahirrohmanir rohim


5. adanya langit ,bumi beserta isinya adalah bukti adanya . . . .

a. nabi 

b. Allah SWT. 

c. malaikat.


6. Rukun iman ada . . . .

a. 6 

b. 5   

c. 4


7. iman artinya . . . .

a.  percaya 

b.  bohong 

c.  ingkar


8. iman kepada malaikat adalah rukun iman ke . . . .

a.  2 

b.  3   

c.  4


9. salah satu perilaku jujur adalah apabila berjanji  . . . .

a.  dibohongi 

b.  ditepati 

c.  pergi


10. siap menanngung akibat perbuatan dan melaksanakan kewajiban adalah arti dari . . . .

a.  jujur 

b.  tanggung jawab 

c.  disiplin


11.  gambar di bawah menunjukkan perilaku . . . .(Mandi Basah)

a.  disiplin 

b.  jujur 

c.  hidup bersih


12. hidup bersih akan menjauhkan kita dari . . . .

a.  makan 

b.  kotor 

c.  penyakit


13. disiplin artinya . . . .

a.  melanggar peraturan

b.  mentaati peraturan

c. sering terlambat


14. salah satu contoh perilaku disiplin adalah . . . .

a.  solat karena diperintah

b.  solat diakhir waktu

c.  solat tepat waktu


15. salah satu keuntungan hidup disiplin adalah . . . .

a.  disayang Alloh SWT

b.  dibenci teman 

c.  menjadi bodoh


16. salah satu contoh benda najis adalah . . . .

a.  bangkai 

b.  batu 

c.  daun


17. jika pakaian terkena najis harus di . . . .

a.  buang 

b.  sucikan 

c.  setrika


18. apabila tidak ada air boleh bersuci dengan . . . .

a.  kapas 

b.  plastik 

c.  tisu


19. alat untuk tayamum adalah . . . .

a.  kertas 

b.  debu 

c.  batu


20. tisualat bersuci pada gambar tersebut adalah . . . .

a.  kayu

b.  tisu   

c.  daun


21. rukun islam ada . . . .

a.  7 

b.  6   

c.  5


22.Islam berarti . . . .

a. percaya 

b. pokok 

c. selamat


23. rukun islam ke tiga adalah . . . .

a. zakat 

b. solat 

c. puasa


24. ibadah haji adalah rukun islam ke . . . .

a. 4 

b. 5   

c. 6


25. solat berarti . . . .

a. berdoa 

b.  pokok 

c.  dasar


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. surah al fatihah ayat ke tiga berbunyi . . . .

2. lanjutan dari lafal iyyakana’budu waiyya ka   . . . .

3. Alam yang indah, diciptakan oleh . . . .

4. rukun iman yang ke 1 adalah iman kepada . . . .

5. jujur artinya berkata . . . .

6. salah satu contoh perilaku tanggung jawab adalah . . . .

7. toharah artinya . . . .

8. mandi menggunakan . . . .

9. syahadat artinya . . . .

10. solat fardhu sehari semalam ada . . . . waktu


Kunci Jawaban

A. Pilihan  Ganda

1. a

2. b

3. c

4. c

5. b

6. a

7. a

8. a

9. b

10. b

11. c

12. c

13. b

14. c

15. a

16. a

17. b

18. c

19. b

20. b

21. c

22. c

23. a

24. b

25. a


B. Isian

1. arrohmanir rohim

2. nasta’in

3. allah

4. allah

5. apa adanya

6. mengerjakan  PR/tugas, selesai bermain merapikan kembali mainannya, sebagai siswa belajar dengan rajin, dll

7. bersuci dari hadas dan najis

8. air

9. persyaksian

10. 5

Share:

Tata Cara Seleksi PPDB Tahun Pelajaran 2021/2021.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Tata Cara Seleksi PPDB Tahun Pelajaran 2021/2021. 

Tujuannya sebagai panduan dalam melaksanakan PPDB pada tahun pelajaran baru yang akan datang.

Berikut Tata Cara Seleksi PPDB Tahun Pelajaran 2021/2021:

1. Raudhatul Athfal
a. Seleksi calon peserta didik baru pada RA mempertimbangkan Criteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan:
1) Usia; dan
2) Jarak tempat tinggal ke Raudhatul Athfal.


2. Madrasah Ibtidaiyah
a. Penerimaan peserta didik kelas 1 (satu) MI menitikberatkan pada aspek perkembangan anak dan tidak didasarkan pada hasil tes kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau bentuk tes ahademiR lainnya sebagai persyaratan penerimaan peserta didik baru.;

b. Penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) MI mempertimbangkan Criteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar sebagai berikut:
1) Usia;
2) Jarak tempat tinggal madrasah;

c. Dalam hal jumlah calon peserta didik melebihi daya tampung satuan pendidikan, maka pemilihan peserta didik MI berdasarkan pada usia calon peserta didik dengan prioritas  dari  yang  paling tua;

d. Jika usia calon peserta didik sebagaimana dimaksud di atas  sama, maka penentuan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang paling dekat dengan satuan pendidikan;

e. Jika usia dan/ atau jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan satuan pendidikan sebagaimana dimaksud sama, maka peserta didik yang mendaftar lebih awal diprioritaskan.


3. Madrasah Tsanawiyah
Seleksi calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) MTs mempertimbangkan Criteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar sebagai berikut:
a. Usia;

b. Hasil seleksi yang diselenggarakan masing-masing satuan pendidikan. Dengan catatan tetap memperhatikan kesempatan calon siswa yang berkebutuhan khusus untuk mendapatkan perhatian sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan untuk melayani siswa berkebutuhan khusus.

c. Prestasi di bidang akademik yang dibuktikan dengan perolehan medali emas, perak, perunggu pada KSM, MYRES, KSN, KSN Tk. Kabupaten, KSN  Tk.  Propinsi, dan kompetisi sejenisnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lainnya, LIPI, dan Perguruan Tinggi Terakreditasi dalam atau luar negeri;

d. Prestasi di bidang non-akademik yang dibuktikan dengan perolehan medali emas, perak, perunggu pada AKSIOMA atau ajang kompetisi sejenis lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lainnya, Pemerintah Daerah, dan lembaga profesional lainnya;


4. Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan
Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) MA mempertimbangkan Criteria dengan urutan prioritas sesuai daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar sebagai berikut:
a. Usia;

b. Hasil seleksi yang diselenggarakan masing-masing satuan pendidikan. Dengan catatan tetap memperhatikan kesempatan calon siswa yang berkebutuhan khusus untuk mendapatkan perhatian sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan untuk melayani siswa berkebutuhan khusus.
 
c. Prestasi di bidang akademik dibuktikan dengan perolehan medali  emas, peraR, perunggu pada KSM, MYRES, KSN, KSN Tk. Kabupaten, KSN Tk. Propinsi, dan kompetisi sejenisnya yang diselenggarakan  oleh  Kementerian   Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian lainnya, LIPI, dam Perguruan Tinggi Terakreditasi dalam atau luar negeri; dan

d. Prestasi di bidang non-akademik yang dibuktikan dengan perolehan medali emas, perak, perunggu pada AKSIOMA atau ajang kompetisi sejenis lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lainnya, Pemerintah Daerah, dan lembaga profesional lainnya.

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.

Share:

Download Juknis PPDB Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Juknis PPDB Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penerimaan Peserta Didik Baru, yang selanjutnya disingkat PPDB adalah penerimaan peserta didik baru pada RA dan Madrasah.

Dalam rangka meningkatkan akses pendidikan Islam yang bermutu, perlu memberikan  kesempatan kepada anak-anak usia sekolah untuk melanjutkan pendidikanriya pada Raudhatul Athfa1,Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,  pendidikan  agama  pada satuan pendidikan umum, dan pendidikan  keagamaan”.  Madrasah adalah salah satu jenis pendidikan umum yang mempunyai kekhasan agama Islam dalam binaan Menteri Agama. 

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru merupakan layanan pendidikan guna memenuhi hak-had dasar warga negara untuk memperoleh pendidikan  yang bermutu dan berkeadilan dengan menerapkan  asas  objektif, akuntabel, transparan dan tanpa deskriminatif sehingga mendorong peningkatan arses layanan pendidikan yang bermutu. 

Dalam rangka terus membantu peningkatan akses dan mutu serta relevansi pendidikan, pada tahun pelajaran 2021 / 2022 Kementerian Agama berkomitmen memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan yang bermutu di madrasah, yaitu Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsariawiyah, Madrasah Aliyah, baik negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, untuk memberikan panduan penerimaan peserta didik baru pada madrasah, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menetapkan Petunjuk Teknis pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Adapun tujuan Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/ 2022 bertujuan untuk:

1. Menjamin penerimaan peserta didik baru di  madrasah  RA,  MI, MTs, MA/ MAK berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa  diskriminasi  sehingga  mendorong  peningkatan  akses layanan pendidikan yang berkeadilan.

2. Memberikan pedoman bagi Kepala Madrasah RA, Kepala MI, MTs,
MA/ MAK), orang tua siswa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan  lainnya   dalam   rangka   pelaksanaan   penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Selanjutnya, Ruang lingkup Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru ini meliputi tata cara penerimaan pada:
1. Raudlatul Athfal
2. Madrasah Ibtidaiyah
3. Madrasah Tsanawiyah
4. Madrasah Aliyah dan
5. Madrasah Aliyah Kejuruan

Untuk lebih jelasnya, silahkan didownload pada link dibawah ini !

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.

Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi