Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

100 Soal PAS/PAT Bahasa Indonesia Lengkap Jawaban Kelas X Tingkat MA/SMA Tahun Pelajaran 2019/2020 (Part 1).


Selamat datang para pendidik, semoga tetap spirit dalam menyiapkan soal Penilaian Akhir Semester (PAS).

Pada kesempatan ini saya akan berbagi 100 Soal PAS/PAT Bahasa Indonesia Lengkap Jawaban Kelas X Tingkat MA/SMA Tahun Pelajaran 2019/2020.

Berikut ini Soal PAS/PAT Bahasa Indonesia Kelas X Tingkat MA/SMA Tahun Pelajaran 2019/2020 (sambungan no. 51-10):

Pilihlah Jawaban a, b, c, dan d Yang Kamu Anggap Paling Tepat !

51. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Makin bernas bulir padi, makin merunduk tangkainya.
(2) Makin ia berwawasan, makin ia merendahkan hati seperti merunduknya setangkai padi yang berbulir bernas.
(3) Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi akan seperti padi.
(4) Begitu pula manusia yang berilmu dan berpendidikan tinggi.
(5) Setangkai padi yang mulai berisi akan merunduk.
Susunan kalimat-kalimat di atas yang tepat sehingga membentuk sebuah paragraf argumentatif adalah....
a. (1)-(3)-(5)-(2)-(4)
b. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
c. (3)-(5)-(1)-(4)-(2)
d. (4)-(2)-(1)-(5)-(3)
e. (5)-(1)-(2)-(4)-(3)
Jawaban: c

52. Tujuan seorang penulis menggunakan tabel dalam tulisannya adalah untuk ....
a. menerangkan bahwa kejadian benar-benar ada
b. membuktikan bahwa peristiwa benar-benar terjadi
c. meyakini pendapatnya secara lebih jelas dan terperinci
d. menggambarkan suatu keadaan sebagaimana yang benar-benar terjadi
e. memengaruhi pembaca agar menyetujui pendapat yang dikemukakannya
Jawaban: d

53.  Mendengarkan kata-kata anak penggembala itu, Landorundum lalu mengaku dan berkata, “Akulah yang sebenarnya mengambil buah menggamu dan terserah kepadamu hukuman apa yang harus kujalani.”
Berdarkan penggalan kutipan di atas, dapat disimpulkan bahwa watak Landorundum adalah ....
a. jantan
b. sombong
c. pengecut
d. terus terang
e. tanggung jawab
Jawaban: a

54. Bentuk ringkasan masih mempertahankan adanya ....
a. urutan bab dan subbab
b. daftar isi dan sudut pandang
c. sudut pandang dan bahasa
d. perbandingan isi dan kerangka
e. urutan isi, sudut pandang, dan perbandingan
Jawaban: e

55.Sebuah karangan dibagi atas paragraf-paragraf. Dalam membentuk suatu paragraf diperlukan suatu syarat. Syarat-syarat paragraf yang baik adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. kalimat disusun secara logis
b. tidak boleh ada kalimat sumbang
c. bahasa yang digunakan harus efektif dan formal
d. menggunakan kata-kata yang bermakna denotatif
e. kalimat-kalimatnya dibuat panjang sehingga melelahkan pembaca
Jawaban: e

56. Berikut ini yang bukan merupakan penggambaran tokoh secara tidak langsung adalah ....
a. cara berdandan
b. cara berpakaian
c. pelukisan bentuk lahir
d. pelukisan aksi tokoh lain
e. pelukisan jalan pikiran dan perasaan
Jawaban: c

57. Kopi bubuk olahan pabrik memang lebih memikat. Pengemasannya lebih rapi dan sangat tertutup. Adapun kopi bubuk hasil olahan tangan dikemas dalam plastik yang tidak didesain dan hanya “disegel” dengan klip staples. Dengan tampilan yang  berbeda itu, kecenderungan banyak orang lebih memilih kopi bubuk dalam kemasan yang rapi dan menarik. Padahal dari segi rasa, banyak orang berpendapat justru hasil pengolahan secara tradisional itulah yang lebih nikmat.
Pernyataan yang berupa fakta terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
Jawaban: a

58. Berikut kalimat yang merupakan sebuah opini adalah ....
a. Pemilik rumah produksi lebih suka memakai tenaga lulusan SLTA.
b. Soal kreativitas hanya dipermasalahkan oleh sekelompok individu.
c. Pemirsa pada umumnya menerima apa pun yang disajikan oleh stasiun televisi.
d. Dalam kultur dan semangat gotong royong, sinema televisi Indonesia terus tumbuh.
e. Jika kecenderungan ini berlangsung terus, sinetron nasional sulit memperoleh apresiasi dari masyarakat.
Jawaban: e

59. Seruling di pasir ipis merdu
    Antara gundukan pohon pina
    Tembaga menggema di dua kaki
Citraan pendengaran pada penggalan puisi di atas terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. pertama dan kedua
e. kedua dan ketiga
Jawaban: c

60. Berikut merupakan kriteria puisi yang baik, kecuali ....
a. memakai ragam bahasa sastra
b. menggunakan kata-kata konotatif
c. penggunaan gaya bahasa parelelisme
d. banyak menggunakan perulangan bunyi
e. menggunakan jumlah kata yang berbeda dalam baris-barisnya
Jawaban: e

61. Latar tempat cerita di atas adalah ....
a. awan
b. bumi
c. bulan
d. planet
e. angkasa
Jawaban: b

62. Cerita di atas merupakan cerita rakyat berjenis ....
a. mite
b. sage
c. fabel
d. legenda
e. hikayat
Jawaban: c

63. Berdasarkan penggalan cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa sifat tokoh Naga Merah adalah....
a. suka memerhatikan nasib kawan-kawannya
b. ceroboh dan tidak bertanggung jawab terhadap tindakannya
c. senang melihat kawannya menderta karena perbuatannya
d. sombong dan suka memamerkan kekuatannya di hadapan kawan-kawannya
e. merasa senang jika mengetahui kawan-kawanya mendapat kecelakaan
Jawaban: b

64.  Masuknya globalisasi dalam semua segi, baik media, ekonomi, politik, maupun sistem pemikiran, membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Hubungan antarmanusia mulai teralienasi, ada keterasingan. Ayah dan ibu mulai bekerja, sementara masyarakat pun sibuk dengan urusannya sendiri. Tanggung jawab pendidikan bagi anak-anak tidak lagi bertumpu pada keluarga, masyarakat, dan sekolah. Anak-anak pun luar biasa perkembangannya. Sekolah bukan lagi sekedar tempat belajar sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi yang diperoleh dengan kurikulum lain.
Berikut merupakan informasi yang terdapat dalam paragraf di atas, kecuali ....
a. Globalisasi membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern.
b. Globalisasi mengakibatkan hubungan antarmanusia mulai teralienasi.
c. Globalisasi tidak mengakibatkan keterasingan manusia dalam keluarga maupun masyarakat.
d. Tanggung jawab pendidikan anak-anak bertumpu pada diri mereka masing-masing.
e. Sekolah bukan lagi sekedar menjadi tempat belajar sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi.
Jawaban: c

65. Gunung tinggi diliputi awan
 Berteduh langit malam hari
Terdengar kampung memanggil
 Rasakan hancur tulang berulang
Penggalan puisi di atas menggambarkan ....
a. kerinduan yang mendalam pada kampung halaman
b. keindahan gunung yang puncaknya selalu berawan
c. perkampungan yang dipayungi awan biru yang indah
d. keindahan gunung yang menjulang tinggi
e. seakan kampung halaman memanggilnya
Jawaban: a

66.  Jalan Surabaya sudah dikenal turis mancanegara. Simaklah buku-buku panduan mengenai pariwisata Indonesia terbitan luar negeri, pasti nama jalan Surabaya di dalamnya. Tak heran jika banyak wisman menjadikannya sebagai salah satu daerah tujuan wisata selama di Jakarta.
Informasi berikut terdapat pada paragraf di atas, kecuali ....
a. Jalan Surabaya merupakan satu-satunya daerah tujuan wisata selama di Jakarta.
b. Turis mancanegara telah mengenal Jalan Surabaya.
c. Jalan Surabaya tercantum dalam buku panduan wisata terbitan luar negeri.
d. Jalan Surabaya merupakan daerah tujuan wisata yang ada di Jakarta.
e. Jalan Surabaya terkenal sampai ke luar negeri.
Jawaban: a

67. Seorang pakar mendapat tugas untuk berceramah di depan para mahasiswa di bidang ilmu yang dimiliki. Ia berusaha agar ceramahnya nanti dapat sistematis dan tidak terpancang pada teks.
Metode pidato yang paling tepat digunakan oleh pakar tersebut adalah ....
a. impromptu
b. menghafal
c. naskah
d. ekstemporan
e. serta-merta
Jawaban: d

68. Berikut ini merupakan ciri-ciri karya sastra Melayu klasik, kecuali ....
a. anonim
b. istana sentris
c. bersifat pralogis
d. masyarakat sentris
e. berkembang secara statis
Jawaban: d

69. Pertanyaan mengenai sastra Melayu klasik di bawah ini yang tidak tepat adalah ....
a. Aspek kebahasaan dalam sastra Melayu klasik tidak banyak dicampuri oleh kosakata Eropa.
b. Semua sastra Melayu klasik sudah jelas terikh dan pengarangnya.
c. Karya sastra Melayu klasik berupa hasil terjemahan.
d. Karya sastra Melayu klasik dipengaruhi oleh sastra Hindu.
e. Sastra Melayu klasik bersifat pralogis.
Jawaban: b

70. Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan dapat dilihat dari sikap apatis dalam diri mereka. Di mana-mana kita lihat coret-coretan yang mereka torehkan di tembok-tembok pagar, dinding rumah, dinding sekolah, jembatan, papan nama, dan bagian papan penunjuk arah bus kota. Belum lagi kurangnya kepedulian mereka dalam menciptakan lingkungan bebas dari sampah. Padahal mereka sudah diimbau bahkan diberikan penyuluhan, baik di sekolah maupun di lingkungan mereka.
Wacana di atas termasuk jenis karangan ....
a. persuasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. eskposisi
e. narasi
Jawaban: c

71. Kalimat penutup pidato yang tepat adalah ....
a. Terima kasih atas perhatian Anda, jangan sampai lupa jasa-jasa para pahlawan.
b. Akhirnya saya tutup dengan harapan semua pidato saya ini bermanfaat bagi kita semua.
c. Saya mengajak Saudara untuk mengikuti jejak para pahlawan kita terdahulu.
d. Demikian pidato saya, semoga kita dapat meneladani dan meneruskan perjuangan para pahlawan.
e. Akhirnya saya menghimbau Saudara agar terus mengenang jasa-jasa para pahlawan.
Jawaban: d

72. Kali pertama saya menangani bedah epilepsi pada 19 Juli 1999. Waktu itu saya masih mendampingi, sementara yang mengoperasi adalah guru saya dari Jepang, Profesor Arita.
Pernyataan yang tepat untuk jawaban hasil wawancara di atas adalah ....
a. Apa rencana Anda selanjutnya?
b. Kapan Anda mulai mengoperasi penyandang epilepsi?
c. Kapan Anda mulai menangani bidang bedah epilepsi?
d. Bagaimana Anda mensosialisasikan bedah epilepsi?
e. Bagaimana akhirnya Anda bisa diterima dan diakui?
Jawaban: c

73. Berikut merupakan tujuan dalam wawancara, kecuali ....
a. mendapatkan data
b. mendapatkan informasi
c. memperoleh dukungan
d. mendapatkan konfirmasi
e. memperoleh imajinasi
Jawaban: e

74. Ketika anak perempuannya yang bernama Nining sudah dapat berbicara sedikit-sedikit, Mbok Sutiya menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan sedikit pengetahuannya di bidang bahasa dan kesopanan. “Nduk, kalau lewat di hadapan para ndoro atau orang tua, kita harus membungkukkan tubuh. Ibu jari tangan kanan menunjuk ke muka,” katanya mengajarkan anaknya begitu.
....
Petikan cerita di atas mengandung nilai moral bahwa ....
a. seorang anak harus mempunyai nama
b. pemberian nama pada anak setelah dapat berbicara
c. menurut adat Jawa, kalau lewat di depan orang yang dituakan harus membungkukan badan
d. anak perempuan lahir harus mempunyai nama
e. ibu jari tangan kanan menunjuk ke muka tanda kedewasaan
Jawaban: c

75.   Emas untuk Indonesia
Semua kekuatan dikerahkan
Semangat berkobar-kobar
Usaha pun tak pernah padam
Untuk menjadi seorang pahlawan
Bangga rasanya ....
Medali emas terkalung di dada
Lagu Indonesia Raya pun membahana
Mengiringi kibaran bendera
Merah putih berjaya
Kupersembahkan untukmu Indonesiaku
Kuingin buktikan pada dunia
Indonesia bukan negara biasa
     Karya: Rochmawati
Puisi di atas menceritakan tentang seorang ....
a. guru
b. dokter
c. pahlawan
d. olahragawan
e. onspektur upacara
Jawaban: d

76. Baik Tammy maupun Widodo mulai menyadari bahwa kedua amat terkejut. Impian masing-masing telah buyar, mereka hanya bisa menangis dan selamat tinggal kemelaratan. Kedatangan Tuan Wahyono membangunkan mereka dengan kata-kata yang sedemikian datar dan dingin, sehingga Widodo merasa beku seketika.
Unsur intrinsik yang mennjol dalam penggalan cerpen di atas adalah ....
a. plot
b. latar
c. tema
d. amanat
e. penokohan
Jawaban: e

77. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Paragraf persuasif bertujuan untuk menjelaskan gagasan penulis tentang suatu objek.
(2) Paragraf narasi bertujuan untuk menggambarkan tentang suatu objek.
(3) Paragraf argumentasi bertujuan untuk meyakinkan pembaca.
(4) Paragraf eksposisi bertujuan untuk mendorong dan memengaruhi pembaca.
(5) Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan tentang suatu subjek.
Pernyataan yang tepat terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e

78. Ketika memperingati Hari Kesehatan dan Gizi di sekolah, pidato mengenai “Manfaat Mutu Makanan yang Bergizi” disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan.
Kalimat pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ....
a. Para siswa yang saya cintai, yang tepat menjaga makanan agar kita selalu sehat.
b. Para siswa yang berbahagia, dalam rangka memperingati mutu makanan yang bergizi, kita perlu mengadakan serasehan.
c. Anak-anak sekolah, marilah kita menjaga makanan. Kita sebaiknya makan makanan yang bergizi agar selalu sehat dan pintar.
d. Agar tubuh kita menjadi sehat, maka akan saya sampaikan pidato mengenai manfaat mutu makanan bergizi pada hari ini.
e. Para hadirin sekalian, di hari yang berbahagia ini, perkenalkanlah saya menjelaskan kepada hadirin mengenai mutu makanan yang bergizi
Jawaban: e

79. (1) Menentukan pokok-pokok yang akan ditanyakan.
(2) Melaksanakan wawancara dengan narasumber.
(3) Membuat daftar wawancara.
(4) Membuat laporan wawancara.
(5) Menuliskan hasil wawancara.
Urutan yang tepat dalam melaksanakan wawancara adalah ....
a. (1), (2), (3), (4), dan (5)
b. (1), (3), (2), (5), dan (4)
c. (1), (3), (4), (2), dan (5)
d. (1), (5), (4), (3), dan (2)
e. (3), (1), (2), (4), dan (5)
Jawaban: b

80. Perhatikan tahapan alur berikut!
(1) Penyelesaian
(2) antiklimaks
(3) klimaks
(4) pengenalan
(5) konflik
Urutan tahap alur dalam cerpen yang tepat adalah ....
a. (1), (2), (3), (4), dan (5)
b. (2), (3), (4), (5), dan (1)
c. (3), (4), (2), (5), dan (1)
d. (4), (5), (3), (2), dan (1)
e. (5), (3), (2), (4), dan (1)
Jawaban: d

81. Jenis pengembangan teks eksposisi yang rinciannya tergolong dalam suatu objek ke dalam bagian-bagian itu disebut jenis pengembangan ….
a. definisi
b. verifikasi
c. klasifikasi
d. aktualisasi
e. analisis

82. Sebuah karangan yang mengandung informasi atau pengetahuan disebut ….
a. karangan teks eksposisi
b. karangan teks ilmiah
c. karangan teks skripsi
d. karangan teks penelitian

83. Sebuah kata ganti orang yang dapat digunakan terutama pada saat pernyataan pendapat pribadi diungkapkan disebut ….
a. leksikal
b. klasikal
c.konjungsi
d. pronomina

84. Dalam jenis karangan teks eksposisi, terdapat jenis yang memiliki pengertian sebagai pemapar atau penjelas dari defini suatu topik tertentu disebut ….
a. teks eksposisi proses
b. teks eksposisi definisi
c. teks eksposisi laporan
d. teks eksposisi ilustrasi

85. Berikut ini adalah struktur lain yang ada dalam teks laporan observasi, kecuali …
a. definisi pembuka
b. definisi umum
c. definisi penutup
d. definisi bagian

86. Tujuan dari teks laporan obeservasi adalah …
a. Menemukan teknik atau cara terbaru
b. sebagai bahan penelitian ilmiah
c. mencari sampel masalah
d. jawaban a, b dan c benar semua

87. Jenis-jenis kalimat yang biasa digunakan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. kalimat deskripsi
b. kalimat simple
c. kalimat kompleks
d. kalimat tanya

88. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Air yang berasal dari laut dan tumbuhan dapat diuapkan oleh sinar matahari. Setelah diuapkan, hasil uapan tersebut akan naik keatas sehingga terjadinya penggumpalan uap air yang biasa disebut awan. Kemudia awan akan menurunkan air hujan dengan bantuan angin. Air yang turun kemudian akan diresap oleh tanah, sehingga sebagian ada yang menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang terus dengan cara yang sama.

Teks diatas adalah merupakan contoh dari teks ….
a. teks deskripsi
b. teks laporan ilmiah
c. teks laporan observasi
d. teks laporan eksposisi

89. Salah satu fungsi dari hasil teks laporan obeservasi adalah ….
a. merupakan pembukaan awal untuk mencari informasi
b. bukan sumber informasi utama
c. merupakan bahan untuk pendokumentasian
d. merupakan hasil analisis dari teks laporan

90. Informasi yang dihadirkan dari hasil observasi dan analisis secara sistematis adalah ….
a. teks observasi
b. teks definisi
c. teks kesimpulan
d. teks hasil laporan

91. Dalam pembuatan teks laporan, kita harus memperhatikan salah satunya tentang aspek kebahasaan, seperti dalam penggunaan ….
a. kelas kata
b. kalimat
c. hubungan antarkalimat
d. hubungan antarparagraf

92. Salah satu tujuan seorang penulis menggunakan tabel dalam tulisannya yaitu ….
a. sebagai penerang bahwa kejadian benar-benar ada
b. sebagai penguat atas bukti bahwa peristiwa benar-benar terjadi
c. sebagai bahan untuk bisa meyakinkan suatu pendapat
d. sebagai gambaran suatu keadaan sebagaimana yang benar-benar terjadi

93. Teks eksposisi dapat kita jumpai pada media-media salah satunya yaitu ….
a. televisi
b. koran
c. radio
d. handphone

94. Arti sifat opsional dalam teks eksposisi mengandung arti ….
a. wajib ada dalam suatu teks eksposisi
b. tidak wajib ada dalam suatu teks ekspoisi
c. boleh ada dan boleh juga tidak ada dalam suatu teks eksposisi
d. topik dalam teks boleh menyerupai ringkasan materi

95. Bagaimana penegasan penulis pada bab epilog dalam sebuah teks eksposisi ….
a.  sama
b. samar-samar
c. jelas
d. berbeda

96. Jenis pengembangan dalam sebuah teks eksposisi yang menjelaskan persamaan dan perbedaan dari suatu objek disebut jenis pengembangan....
a. analisis
b. definisi
c. klasifikasi
d. perbandingan
e. modifikasi
Jawaban: d

97. Berikut merupakan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan teks eksposisi yang benar, kecuali....
a. menentukan tema
b. menentukan data-data pendukung yang sesuai dengan tema
c. menciptakan kerangka karangan
d. menyimpulkan dengan langkah yang benar
e. membuatkan kerangka menjadi suatu karangan yang utuh
Jawaban: d

98. Di bawah ini merupakan pola pengembangan paragraf eksposisi, kecuali....
a. pengembangan secara eksploitasi
b. pengembangan secara analogi
c. pengembangan dengan contoh
d. pengembangan dengan lantaran akibat
e. pengembangan secara generalisasi
Jawaban: a

99. Perhatikan teks berikut!
Proses mencar ilmu yang baik yaitu mencar ilmu dengan berkesinabungan. Penyerapan suatu konsep dengan bertahap sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Dengan melaksanakan mencar ilmu secara teratur maka otak akan menyerap dengan mudah, lantaran otak seseorang mempunyai keterbatasan. Belajar dilakukan bertahap biar sanggup dicerna olah otak manusia. Pemaparan teks di atas merupakan pola pengembangan teks eksposisi berdasarkan.
a. contoh
b. sebab-akibat
c. analogi
d. generalisasi
e. eksploitasi
Jawaban: c

100. Perhatikan teks berikut!
Dari 2.000 anak usia sekolah di Desa Sukamaju Kecamatan Sukacita diketahui bahwa ada 15 anak yang bersekolah melanjutkan ke jenjang SMA, ada 25 anak yang berhasil melanjutkan ke tingkat SMP, 500 berhasil lulus SD, yang lain tidak final sekolah dasar. Hal itu sanggup dikatakan bahwa rata-rata anak usia sekolahdi Desa Sukamaju berpendidikan rendah. Pemaparan teks di atas merupakan pola pengembangan teks eksposisi....
a. contoh
b. sebab-akibat
c. analogi
d. generalisai
e. eksploitasi
Jawaban: d

Essay:

51. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menuliskan kembali inti sari buku nonfiksi!
Jawaban:
Langkah-langkah untuk menuliskan kembali inti sari sebuah buku nonfiksi, antara lain sebagai berikut.
a. Bacalah buku secara intensif dan cermat. Jika perlu ulangi sampai benar-benar paham.
b. Identifikasi/tentukan bagian-bagian yang penting, seperti gagasan utama dan ide-ide penting dari penulis.
c. Susunlah reproduksi tulisan menjadi bentuk tulisan baru yang lebih singkat.
d. Periksa dan edit untuk merapikan parafrasa yang telah dibuat.

52. Jelaskan perbedaan antara buku biografi dan buku pendamping!
Jawaban:
a. Buku biografi
Buku biografi adalah buku yang berisi riwayat hidup seseorang. Buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami seseorang. Tentu buku biografi ditulis agar dapat menginspirasi pembacanya. Oleh karena itu, buku biografi ditulis berdasarkan kelebihan atau keunggulan tokohnya.
b. Buku pendamping
Buku pendamping adalah buku yang berfungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama.

53. Sebutkan berbagai kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah laporan hasil observasi dapat dikatakan ideal!
Jawaban:
Sebuah laporan hasil observasi dapat dikatakan ideal, jika memenuhi kriteria berikut:
a. Memiliki struktur teks yang lengkap.
b. Memanfaatkan konjungsi atau kata penghubung yang tepat.
c. Pengelompokan kata dilakukan berdasarkan kriteria tertentu.
d. Memfungsikan kelompok kata dan jenis kata yang sesuai keperluan.

54. Sebutkan ciri-ciri dari teks eksposisi
Jawaban:
Ciri-ciri dari teks eksposisi, antara lain sebagai berikut.
a. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
b. Gaya informasi yang mengajak.
c. Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
d. Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca.
e. Fakta dipakai sebagai alat konstribusi dan alat konkretisasi.

55. Bagaimana cara mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot?
Jawaban: Evaluasi struktur isi dalam teks anekdot, antara lain mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap), apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain, apakah urutannya sudah betul, apakah ada paragraf yang menyimpang, apakah ada paragraf yang susah dimengerti, apakah ada paragraf yang kalimatnya tidak urut, apakah ada paragraf yang kalimatnya menyimpang dan harus dibuang, dan sebagainya.

56. Bagaimana kriteria teks anekdot yang baik?
Jawaban: Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki unsur lucu/jengkel/konyol, memiliki pesan moral sebagai pencerahan, dan strukturnya jelas.

57. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen!
Jawaban:
Untuk dapat mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen perlu dipahami langkah-langkahnya, antara lain sebagai berikut.
a. Meringkas atau membuat sinopsis sebuah penggalan hikayat.
b. Mendaftar konflik-konflik antartokoh dalam penggalan hikayat.
c. Memilih konflik yang menarik.
d. Mengembangkan pilihan konflik menjadi cerpen.

58. Mengapa hikayat dapat dikembangkan menjadi sebuah cerpen?
Jawaban: Sebenarnya hikayat dapat dikembangkan menjadi sebuah cerpen, karena keduanya berbentuk prosa, perbedaan keduanya lebih cenderung pada unsur alur dan gaya bahasa yang digunakan. Gaya bahasa hikayat cenderung monoton dan klise yang dapat diubah menjadi cerpen dengan gaya bahasa lebih menarik dan disesuaikan dengan kondisi saat ini.

59. Buku-buku nonfiksi ini memiliki penggemar tersendiri yang membutuhkannya. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
Jawaban: Buku nonfiksi lebih populer dikalangan pembaca yang tidak terlalu memiliki hobi membaca, karena mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan.

60. Mengapa teks laporan hasil observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit?
JavaBean: Hal ini dilakukan agar pembaca bisa dengan mudah memahami hasil laporan observasi yang disajikan dan menghindari kesalahpahaman.

Demikian Soal PAS/PAT Bahasa Indonesia Kelas X Tingkat MA/SMA Tahun Pelajaran 2019/2020, semoga bermanfaat.
Share:

100 Soal PAS/PAT Bahasa Indonesia Lengkap Jawaban Kelas X Tingkat MA/SMA Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang para pendidik, semoga tetap spirit dalam menyiapkan soal Penilaian Akhir Semester (PAS).

Pada kesempatan ini saya akan berbagi 100 Soal PAS/PAT Bahasa Indonesia Lengkap Jawaban Kelas X Tingkat MA/SMA Tahun Pelajaran 2019/2020.

Berikut ini Soal PAS/PAT Bahasa Indonesia Kelas X Tingkat MA/SMA Tahun Pelajaran 2019/2020:

Pilihlah Jawaban a, b, c, dan d Yang Kamu Anggap Paling Tepat !
1. Saat akan membuat teks hasil observasi, terlebih dahulu perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teks observasi, seperti….
a. mengetahui objek dengan baik
b. menilai objek secara keseluruhan
c. mengamati objek yang akan diobservasi
d. melakukan penelitian terhadap objek
e. meneliti objek dengan sesama
Jawaban: c

2. Berkaitan dengan aspek kebahasaan, dalam pembuatan teks laporan hasil observasi ini harus memperhatikan penggunaan bahasa. Salah satunya memperhatikan penggunaan….
a. kelas kata
b. paragraf
c. hubungan antarkalimat
d. hubungan antarparagraf
e. keterkaitan antara kata satu dengan lainnya
Jawaban: a

3. Informasi yang dihadirkan dalam teks laporan adalah hasil dari observasi dan analisis secara….
a. tersusun baik
b. sistematis
c. terprosedur
d. terealisasi
e. terarah dan terencana
Jawaban: b

4. Kegiatan interprestasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang ada dalam sebuah….
a. teks
b. teks deskripsi
c. teks narasi
d. teks argumentasi
e. teks laporan
Jawaban: e

5. Berikut ini termasuk fungsi dari teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
b. memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, kepustusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan
c. merupakan sumber informasi
d. merupakan bahan untuk pendokumentasian
e. merupakan hasil analisis dari teks laporan
Jawaban: e

6. Berikut ini termasuk jenis-jenis kalimat yang biasa digunakan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. kalimat tanya
b. kalimat simple
c. kalimat kompleks
d. kalimat definisi
e. kalimat deskripsi
Jawaban: a

7. Salah satu sifat yang harus dimiliki teks laporan hasil observasi adalah sifat informatif, artinya….
a. teks laporan hasil observasi sesuai dengan kenyataan
b. teks laporan hasil observasi sesuai fakta
c. teks laporan hasil observasi dapat dikomunikasikan dengan siapa pun
d. teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa
e. teks laporan hasil observasi menggunakan bahasa ilmiah
Jawaban: d

8. Perhatikan teks berikut!
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan tersebut adalah….
a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
b. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam.
d. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam.
e. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
Jawaban: a

9. Perhatikan contoh teks eksposisi berikut!
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Isi teks tersebut adalah siklus….
a. peresapan air
b. penggumpalan awan
c. penyinaran matahari
d. terjadinya hujan
e. terjadinya laut
Jawaban: d

10. Perhatikan teks berikut!
Pemerintah akan memberi bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakan. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 Juta. Warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapatkan bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dan pengawasan dari pihak LSM.
Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi….
a. proses
b. klasifikasi
c. ilustrasi
d. perbandingan
e. laporan
Jawaban: b

11. Perhatikan teks berikut!
Metode cara belajar yang baik adalah belajar secara rutin dan teratur. Penyerapan suatu konsep dengan sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Kalau melakukan aktifvitas belajar dengan kuantitas tinggi dalam suatu waktu bisa dipastikan banyak konsep yang tidak terserap oleh otak kita. Hal itu sama dengan mengisikan air ke dalam botol. Pengisian harus dilakukan sedikit demi sedikit agar air dapat masuk secara optimal. Jika kita langsung menuangkan air dalam jumlah banyak, pasti banyak juga air yang tumpah dan tidak masuk ke dalam botol.
Teks tersebut termasuk pola pengembangan teks eksposisi….
a. analogi
b. contoh
c. sebab-akibat
d. akibat-sebab
e. generalisasi
Jawaban: a

12. Perhatikan teks anekdot berikut!
Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
Pada teks tersebut yang termasuk struktur koda adalah….
a. Seorang tua tengah mengembalakan keledainya di padang rumput.
b. Tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh.
c. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan.
d. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua.
e. Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
Jawaban: e

13. Berikut ini termasuk mengevaluasi unsur kebahasaan dalam teks anekdot, kecuali....
a. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai dengan laras dan sifatnya.
b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain.
c. Mempertanyakan apakah ejaannya betul atau sudah sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia.
d. Mempertanyakan apakah struktur kalimat-kalimatnya sesuai dengan kaidah.
e. Mempertanyakan apakah ada kalimat yang efektif atau tidak baku, apakah ada kalimat yang kurang santun.
Jawaban: b

14. Makna yang terkandung atau tersembunyi merupakan pengertian dari…
a. makna
b. makna tersirat
c. makna tersurat
d. teks
e. struktur teks
Jawaban: b

15. Hikayat biasanya memiliki amanat yang mutlak, yaitu pelajaran mengenai perjuangan, kejujuran, dan budi luhur lainnya, serta ditulis secara….
a. eksplisit
b. implisit
c. tersurat
d. tersirat
e. terbuka
Jawaban: a

16. Gaya bahasa adalah cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta….
a. kebaikan dari tokoh
b. keindahan dari unsur kebahasaan
c. kebaikan dari isi hikayat
d. kesan bagi si pembaca
e. penyampaian yang baik
Jawaban: d

17. Keterangan tempat, waktu, dan suasana yang mendasari sebuah cerita. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….
a. latar
b. setting
c. alur
d. penokohan
e. sudut pandang
Jawaban: a

18. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk….
a. cerita
b. buku
c. kisah hidup
d. novel dan cerpen
e. kisah realita manusia
Jawaban: d

19. Buku-buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan….
a. kenyataan
b. opini publik
c. pendapat para pakar buku
d. masukan dari pebisnis
e. motivator
Jawaban: a

20. Buku motivasi sering ditulis oleh….
a. seseorang
b. pengarang
c. penulis
d. motivator
e. penyair
Jawaban: d

21. Dalam membuat karangan eksposisi, penulis, harus mengetahui perincian tentang suatu topic yang harus dibahas, kemudian membagi perincian tersebut berdasarkan….
a. urutannya
b. urutan kronologinya
c. urutan waktu
d. tempat kejadian
e. peristiwa yang abadi
Jawaban: b

22. Teks berikut yang termasuk dalam jenis teks eksposisi berita adalah….
a. Kebijakan pemerintah sering kali menyusahkan rakyat kecil. Misalnya, kenaikan harga BBM sangat meresahkan rakyat menengah ke bawah. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti in akan menuntun rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya.
b. Para penjual makanan mengeluh atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikan harga makanan yang mereka jual.
c. Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, di mana tajam ke bawah, namun tumpul ke atas. Pencuri handal diancam hukuman penjara 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang Negara hanya dihukum 1 tahun penjara.
d. Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, plastik pembungkus makanan dan botol. Kemudian sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun dan lain-lain.
e. Temulawak adalah tumbuhan herbal yang berasal dari Indonesia. Habitat tanaman ini berada di hutan tropis. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah secara baik. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin dan zat tepung. Tumbuhan ini mempuanyai berbagai manfaat dalam hal mencegah anemia, meningkatkan kerja ginjal, mencegah kangker, dan lain-lain.
Jawaban: b

23. Suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan sesuatu hal. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari….
a. eksposisi proses
b. eksposisi klasifikasi
c. eksposisi pertentangan
d. eksposisi definsi
e. eksposisi ilustrasi
Jawaban: d

24. Perhatikan teks berikut!
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap, atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.

Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi….
a. teks
b. analisis
c. berita
d. perbandingan
e. proses
Jawaban: b

25. Teks eksposisi itu sendiri bisa disaksikan di beberapa media massa, seperti….
a. koran
b. televisi
c. radio
d. siaran langsung
e. internet
Jawaban: a

26. Salah satu contoh pola pengembangan teks eksposisi adalah analogi. Yang dimaksud teks analogi adalah….
a. memaparkan sesuatu dengan jelas
b. menjelaskan tata cara melakukan sesuatu
c. menguraikan maksud dan tujuan
d. menilai penyajian teks eksposisi
e. memaparkan sesuatu dengan menggunakan penyamaan atau perbandingan agar lebih jelas
Jawaban: e

27. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….
a. ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum
b. suatu fakta
c. realita kehidupan
d. opini dari para tokoh
e. kehidupan tokoh penting
Jawaban: a

28. Salah satu tujuan dibuatnya teks anekdot adalah untuk….
a. mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya
b. menghibur pembacanya
c. menghilangkan stres
d. refresing dari berbagai aktivitas
e. mengetahui kehidupan manusia sesungguhnya
Jawaban: b

29. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….
a. bersifat menghibur
b. mengungkapkan kebenaran yang lebih umum
c. bersifat mengejek seseorang
d. terilhami dari kejadian nyata
e. bersifat sindiran alami
Jawaban: c

30. Perhatikan teks berikut!
Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.

Makna tersirat dari teks tersebut adalah….
a. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau amis
b. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri, tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri
c. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola, tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.
d. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan penyakit.
e. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan yang cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.
Jawaban: c

31. Berikut ini termasuk cara memperoleh bahan-bahan refrensi untuk teks anekdot, kecuali….
a. koran
b. internet
c. lawakan
d. observasi
e. imajinasi
Jawaban: e

32. Kegiatan mengoreksi teks yang sudah dibuat berdasarkan kesesuaian isi dengan topic, kaidah, dan bahasa. Hal ini termasuk salah satu langkah dalam….
a. merevisi teks anekdot
b. menyunting teks anekdot
c. pengendapan ide teks anekdot
d. memberi judul teks anekdot
e. menentukan tema teks anekdot
Jawaban: b

33. Kalimat berikut yang temasuk unsur lucu/konyol/jengkel dari teks anekdot adalah….
a. Katakanlah hal kebenaran
b. Perhatikan kehidupan orang miskin
c. kesenangan sesaat akan menghancurkan masa depan
d. Di sebuah desa, tinggalah seorang ibu dan anaknya
e. Ibu yang memuji tindakan anaknya yang salah
Jawaban: e

34. Perhatikan kalimat berikut!
Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulauan asap di dapur.
Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian….
a. abstraksi
b. orientasi
c. krisis
d. reaksi
e. koda
Jawaban: a

35. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut!
Pada malam jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah kebetulan disana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.

Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah….
a. Pada malam jumat, sejumlah politisi melakukan ”blusukan” ke daerah-daerah banjir.
b. Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama).
c. Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.
d. Kebetulan disana banyak wartawan meliput.
e. Darman makin semangat menyerahkan bingkisan.
Jawaban: a

36. Salah satu ciri hikayat adalah anonim, yang berati….
a. mempunyai logika tersendiri yang tidak sama dengan logika umum, ada juga yang menyebut fantastis
b. mengunakan bahasa yang diulang-ulang
c. pengarangnya tidak dikenal
d. meneruskan budaya/tradisi/kebiasaan yang dianggap baik
e. menceritakan tokoh yang berkaitan dengan kehidupan istana/kerajaan
Jawaban: c

37. Pengarang membawa pembaca ke dunia khayal atau imajinasi yang serba indah.
Pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri hikayat yang berati….
a. anonim
b. bersifat pralogis
c. menggunakan bahasa klise
d. istana sentris
e. magis
Jawaban: e

38. Hikayat termasuk dalam jenis karya sastra yang usianya beratus-ratus tahun lamanya. Untuk pertama kalinya, karya ini berkembang ditengah masyarakat….
a. bangsa Eropa
b. bangsa Persia
c. bangsa Mesir
d. Bangsa Arab
e. bangsa Yunani kuno
Jawaban: d

39. Hikayat diyakini sebagai cerita rekaan yang hampir menyerupai …. masa lalu.
a. cerita fiktif
b. dongeng
c. cerita rekaan
d. cerita rakyat
e. fabel
Jawaban: b

40. Jika dilihat berdasarkan nilai historisnya, dalam sastra Melayu (hikayat) dapat dikelompokan dalam tiga jenis. Salah satunya adalah….
a. hikayat berunsur Hindu-Islam
b. Hikayat melayu Asli
c. Hikayat Hang Tuah
d. Hikayat Si Miskin
e. Hikayat Indera Bangsawan
Jawaban: a

41. Hikayat bersifat istana sentris, banyak menggunakan gaya bahasa klise, dan alurnya mudah ditebak sehingga cenderung monoton. Hal ini berbeda dengan karya sastra baru seperti cerpen yang memiliki….
a. gaya bahasa bebas
b. alur lebih dinamis
c. gaya bahasa teratur
d. alur mengikuti aturan
e. gaya bahasa bebas dan alur lebih dinamis
Jawaban: e

42. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen, kecuali….
a. menilai hikayat yang sudah diubah menjadi cerpen
b. meringkas atau membuat sinopsis sebuah penggalan hikayat
c. mendaftar konflik-konflik antartokoh dalam penggalan hikayat
d. memilih konflik yang menarik
e. mengembangkan pilihan konflik menjadi cerpen
Jawaban: a

43. Karangan fiksi merupakan karangan yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan….
a. kenyataan hidup
b. kemampuan pengarang dalam membuat cerita
c. khayalan atau imajinasi seseorang
d. ide pokok pengarang
e. aktualisasi pengarang terhadap cerita
Jawaban: c

44. Biasanya, buku-buku nonfiksi dibuat oleh …. di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.
a. professional
b. tokoh terkemuka
c. tokoh idola
d. penulis
e. pengarang
Jawaban: a

45. Novel merupakan kisah atau cerita fiksi dalam bentuk tulisan/kata-kata dan memiliki….
a. struktur teks
b. unsur kebahasaan
c. penilaian dari pembaca
d. unsur intrinsik dan ekstrinsik
e. berbagai unsur karya sastra
Jawaban: d

46. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan saat menuliskan kembali inti sari sebuah buku nonfiksi, kecuali….


a. membaca buku secara intensif dan cermat
b. membuat kalimat yang mudah dipahami
c. mengidentifikasikan/menentukan bagian-bagian penting
d. menyusun reproduksi tulisan menjadi bentuk tulisan baru yang lebih singkat
e. memeriksa dan mengedit untuk merapikan parafrasa yang telah dibuat
Jawaban: b

47. Bahasa buku nonfiksi bersifat …. dan menunjukan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.
a. kausatif
b. afektif
c. denotative
d. objektif
e. subjektif
Jawaban: c

48. Dalam novel, biasanya unsur-unsur intrinsik digunakan untuk memudahkan pembacanya untuk….
a. mengubah novel
b. membandingkan dua novel yang berbeda
c. menelaah novel
d. menganalisis novel
e. mengabstraksi novel
Jawaban: d

49. Dalam sebuah karya sastra harus terdapat tema. Tema dalam sebuah novel, biasanya menyangkut berbagai permasalahan dalam….
a. kehidupan manusia
b. kehidupan sehari-hari
c. hubungan antar sesama
d. kaitan antara makhluk hidup
e. kehidupan makhluk hidup di bumi
Jawaban: a

50. Perhatikan petikan novel tersebut!
Chiang Si Ku atau sembahyang rebut diadakan setiap tahun. Sebuah acara semarak dimana seluruh warga Tionghoa berkumpul. Tak jarang anak-anaknya yang merantau pulang kampung untuk acara ini. Banyak hiburan lain ditempelkan pada ritual keagamaan ini, misalnya panjat pinang, komidi putar, dan orkes melayu, sehingga menarik minat setiap orang untuk berkunjung. Dengan demikian ajang ini dapat disebut sebagai media tempat empat komponen utama subetnik di kampung kami: orang Tionghoa, orang Melayu, orang pulang bersarung, dan orang sawang berkumpul (Hirata, 2005 : 259).
Nilai yang terkandung dari petikan novel berjudul Laskar Pelangi di atas adalah….
a. nilai kehidupan
b. nilai kerukunan
c. nilai kemanusiaan
d. nilai kepedulian
e. nilai politik
Jawaban: b

Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi