Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bentuk buku kerja guru yang terdiri dari:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Adapun Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari:

1. Qur'an Hadist
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

2. Aqidah Akhlak
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

3. Sejarah Kebudayaan Islam
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

4. Fiqih
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.
Download juga:

Demikian Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Share:

Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bentuk buku kerja guru yang terdiri dari:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Adapun Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:

1. Qur'an Hadist
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

2. Aqidah Akhlak
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

3. Sejarah Kebudayaan Islam
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

4. Fiqih
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.
Download juga:

Demikian Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Share:

Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, berikut Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam bentuk buku kerja guru yang terdiri dari:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Kaper
  2. Daftar Isi
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Adapun Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:

1. Qur'an Hadist
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

2. Aqidah Akhlak
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

3. Sejarah Kebudayaan Islam
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.

4. Fiqih
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Analisis Program Semester
  • KI-KD
  • KKM
  • RPP
  • Silabus 
  • Format penilaian, dan lainnya.
Download juga:

Demikian Perangkat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kurikulum 2013 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.
Share:

Hasil Rapat BSNP Bahwa Mapel UN Tidak Diujikan di USBN.


Info Ujian_Beban harus menghadapi banyak ujian sebelum kelulusan tidak akan lagi dihadapi siswa. Sebab, ada perubahan signifikan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2020. Yakni, tidak mengujikan kembali di ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk mata pelajaran yang sudah diujikan di UN.

Kabar perubahan tersebut diungkapkan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kemenag Rohmat Mulyana. Dia mengaku baru saja mengikuti rapat bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). ”Memang betul ada pedoman dan perubahan signifikan,” jelasnya di sela-sela paparan penyelenggaraan Gelar Pentas PAI di kantor Kemenag kemarin (2/10).

BSNP merupakan otoritas penyelenggara UN. Menurut Rohmat, dalam rapat tersebut dikaji skema baru. Yakni, mapel yang sudah diujikan di UN tidak perlu diujikan di USBN.

Anggota BSNP Doni Koesoema membenarkan bahwa ada rencana baru dalam UN 2020. ”Tapi, ini belum final. Masih kami kaji,” katanya tadi malam.

Pertimbangan modifikasi UN dan USBN itu adalah mengurangi beban siswa. Khususnya siswa kelas XII SMA sederajat. Namun, BSNP tetap menjaga kualitas lulusan siswa sesuai standar yang telah ditetapkan.

Doni menuturkan, anak kelas XII SMA itu mengikuti sekurang-kurangnya empat ujian yang hampir berdekatan. Mulai ujian akhir semester genap, disusul ujian sekolah, USBN, dan UN.
Share:

Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Dalam menghadapi ujian Nasioanal nanti, kami berbagi Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini dilengkapi jawaban sebagai persiapan dalam ujian nasional nantinya agar bisa menjawab soal dengan mudah.

Berikut Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020:

Pilihan Ganda
1. Bacalah teks berikut.
Arus urbanisasi yang kian meningkat perlu mendapat perhatian yang serius dari aparat pemerintah. Oleh sebab itu, diharapkan seluruh masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi guna menekan arus urbanisasi yang kian meningkat. Berbagai masalah kini bermunculan akibat arus urbanisasi yang sulit dihentikan.
Kota-kota semakin padat. Secara otomatis tempat tinggal menjadi kurang memadai. Lapangan kerja menjadi berkurang sehingga tidak mustahil bila banyak terjadi kasus kriminalitas demi sesuap nasi. Kesehatan menjadi menurun karena lingkungan yang kumuh, dan semakin banyaknya pencemaran. Hal-hal semacam itu tentunya sangat mengganggu jalannya pembangunan.

Berikut ini adalah kesimpulan dari informasi yang disajikan pada paragraf di atas, kecuali ....

(A) Arus Urbanisasi mengakibatkan lapangan kerja di kota menjadi berkurang.
(B) Urbanisasi menyebabkan padatnya penduduk.
(C) Pemerintah sangat memperhatikan arus urbanisasi yang kian meningkat.
(D) Banyaknya kasus kriminalitas juga diakibatkan tingginya urbanisasi.
(E) Padatnya penduduk kota lingkungan menjadi kumuh dan kesehatan masyarakat menurun.

Bacalah kutipan teks eksplanasi  berikut ini untuk menjawab soal nomor 2 s.d. 5 ! 
(1) Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). (2) Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. (3) Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. (4) Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir. (5) Baik banjir yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, perlu diwaspadai dan diatasi.

2. Pernyataan umum dalam paragraf di atas terletak  pada kalimat nomor ... .
A.1        
B. 2                   
C. 3                        
D. 4                                   
E. 5

3. Urutan peristiwa sebab akibat dalam paragraf  tersebut   adalah ... .
A. 1, 2, 3         
B. 1, 3, 5                 
C. 3, 4, 5        
D. 2, 3, 5              
E. 2, 3, 4

4. Jenis kalimat yang digunakan dalam kalimat nomor 1 paragraf di  atas adalah...
A. kalimat definisi     
B. kalimat interogatif 
C. kalimat imperatif 
D. kalimat kompleks 
E. kalimat deskriptif

5. Ciri bahasa yang dipakai dalam kalimat (5) dalam teks paragraf di atas adalah ...
A.  Menggunakan istilah asing dan berupa klausa simpleks
B.  Menggunakan konjungsi dan verba relasional
C.  Menggunakan verba material dan berupa kalimat definisi
D.  Menggunakan konjungsi sebab akibat dan berupa klausa kompleks
E.  Menggunakan verba relasional dan istilah asing

6. Bacalah teks berikut.
Gempa es adalah  gempa yang terjadi di daerah Antartika akibat adanya gletser. Seorang peneliti mempelajari bagaimana gletser membuat gempa es di Antartika. Gempa es tersebut disebabkan oleh gravitasi dan gelombang pasang-surut. Gaya gravitasi menyebabkan aliran Es Whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi menimbulkan daratan es pecah dengan lebar sekitar 96.5 km dan panjang sekitar 482 km ke arah Laut Ross. Gelombang dan pasang mendorong lempeng Es Ross, menghantam gletser yang turun. Gletser terhenti. Saat gelombang surut, es tiba-tiba maju dengan gerakan yang setara dengan gempa berkekuatan 7 pada skala Richter.

Teks di atas memiliki struktur….
A. Pernyataan umum ^ aspek yang dilaporkan
B. Tujuan ^ langkah-langkah
C. Orientasi ^ krisis ^ reaksi ^ koda
D. Pernyataan umum ^ urutan sebab-akibat
E. Pernyataan umum ^ argumentasi ^ reorientasi

7. Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung. Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut.

Topik teks di atas adalah….
A. Fenomena gunung es
B. Proses terjadinya gunung es
C. Pecahan gletser
D. Air tawar membantu terjadinya es
E. Gunung es tidak terlihat dari atas

8. Perhatikan langkah membuat teks eksplanasi Berikut.
1. Menentukan topik   3. Membuat kerangka karangan
2. Menyusun tulisan    4. Menyunting tulisan

Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalah….
A. 1-2-3-4                  
B. 4-3-1-2            
C. 1-3-2-4               
D. 2-3- 4-1       
E.  2-3-1-4

9. Kalimat pernyataan umum yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kekeringan yaitu….
A. Bencana kekeringan sudah terjadi di mana  mana.
B. Kekeringan menyebabkan kebakaran.
C. Kekeringan diakibatkan ketiadaannya air dalam waktu yang lama
D. Cuaca yang kering sangat buruk untuk kesehatan.
E. Kekeringan merupakan salah satu fenomena alam ketika musim kering terjadi dalam waktu  yang cukup lama.

10. Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Banjir disebabkan oleh alam dan manusia.
2. Curah hujan merupakan faktor dari alam.
3. Perubahan tata guna lahan merupakan faktor manusia.
4. Erosi dan kerusakan bangunan merupakan faktor dari manusia.
Pernyataan di atas yang benar adalah ….
A. 1,2,3           
B. 1 dan 3       
C. 2 dan 4       
D. 4 saja             
E. 1,2,3,4     

Pilihlah jawaban yang paling benar!
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑13)
(1) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. (2) Peristiwa tersebut tidak hanya penting diketahui oleh rakyat Indonesia sendiri, tetapi juga harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. (3) Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang.

11. Cuplikan di atas mengenalkan fenomena ....
A. peristiwa proklamasi sebagai peristiwa bersejarah
B. bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka
C. pentingnya dunia mengenal peristiwa proklamasi
D. Soekarno Hatta sebagai tokoh proklamator Indonesia
E. para pejuang berhasil memrpoklamasikan kemerdekaan Indonesia

12. Paragraf di atas disusun dengan pola ….
A. kausalitas                          
B. generalisasi                                     
C. spesialisasi
D. kronologis
E. komparasi

13. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu dan konjungsi penyebaban dalam cuplikan di atas dinyatakan dengan nomor ….
A. (1)                                       
B. (2)                                       
C. (3)
D. (1) dan (2)
E. (2) dan (3)

(Cuplikan teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 14‑15)
Presiden Sukarno beserta rombongan memasuki lapangan . Presiden melakukan pidato dan bendera Merah Putih pun dikibarkan. Untuk menghindari insiden dengan tentara Jepang, Bung Karno hanya menyampaikan sedikit pesan kepada rakyat agar tetap percaya kepada pimpinan. Masyarakat kembali ke tempat mereka masing-masing dengan tertib dan tenang.

14. Teks di atas menjelaskan peristiwa ….
A. Pidato Presiden Sukarno di lapangan
B. penyambutan Presiden Sukarno
C. perlawanan rakyat terhadap Jepang
D. ketertiban dan ketenangan masyarakat
E. hubungan baik pemimpin dengan rakyatnya

15. Keterangan cara dinyatakan dalam kalimat ….
A. pertama                              
B. kedua                                  
C. ketiga
D. keempat
E. pertama dan keempat

16. Berikut ini yang tidak termasuk kalimat yang menggunakan keterangan waktu ...
A. Pada usia dua minggu, embrio manusia merupakan sebuah cakram pipih.
B. Pada bulan ketiga, bentuk manusia telah terwujud.
C. Pada tahap ini, embrio disebut fetus.
D. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata timbul.
E. Lemak ditimbun di bawah kulit sehingga perlahan-lahan menghilangkan keriput pada kulit.

(Kedua cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 17‑18)
Teks I

Masuknya pengaruh India ke Indonesia diketahui sejak abad ke-4 Masehi, yaitu dengan ditemukannya tulisan (prasasti) di Kalimantan Timur. Prasasti-prasasti itu ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Tradisi tulis-menulis itu tentunya membutuhkan pengetahuan tinggi dan pada waktu itu kebiasaan tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Kaum Brahmana merupakan kasta atau golongan yang tertinggi di kalangan orang-orang Hindu.

Teks II
Pengaruh dari pemakaian NAPZA sangat berbeda untuk setiap orang. Hal tersebut tergantung berapa banyak yang ia gunakan, cara pemakaian, kondisi badan, serta faktor lainnya. Adapun pengaruh jangka pendek yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.

17. Perbedaan kedua cuplikan teks di atas adalah ….
A. teks I prosedural kompleks, Teks II eksplanasi kompleks
B. teks I berpola kronologis, teks II berpola kausalitas
C. teks I bertema sejarah, teks II bertema kesehatan
D. teks I menggunakan keterangan cara, teks II menggunakan keterangan waktu
E. teks I menggunakan konjungsi, teks II tidak menggunakan konjungsi

18. Persamaan kedua cuplikan teks tersebut adalah ....
A. sama-sama berkategori genre faktual
B. sama-sama berpola kronologis
C. sama-sama menjelaskan suatu proses
D. sama-sama merupakan bagian dari teks eksplanasi
E. sama-sama menggunakan kata ganti persona

(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 19‑20)
Penggunaan yang dimulai dengan coba-coba kemudian menjadi ketergantungan (adiksi) baik fsik (bila tidak dipenuhi timbul rasa sakit) maupun psikis (rasa rindu yang dalam untuk menggunakannya) mengakibatkan overdosis dan terjadinya gejala putus obat pada penghentian penggunaan. Terjadinya ketergantungan melalui proses, pada awalnya menggunakan kembali untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

19. Persamaan teks di atas dengan cerpen adalah ....
A. sama-sama memiliki tema
B. sama-sama memiliki latar
C. sama-sama memiliki jalan cerita
D. sama-sama menggunakan sudut pandang
E. sama-sama menggunakan fakta

20. Konjungsi yang bermakna kronologis dinyatakan dengan kata ….
A. yang
B. pada
C. kemudian
D. untuk
E. maupun

Soal Uraian
1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!

2. Peristiwa banjir merupakan salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertema banjir. Kembangkan tulisanmu dengan menggunakan pola sebab akibat atau hubungan kausalitas.

3. Analislah kebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda buat yang meliputi kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan kata penghubung dan kausalitas.


Berikut ini Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi, semoga bisa membantu dalam menjawab soal.

Pilihan Ganda

1. C
2. A
3. E
4. A
5. B
6. D
7. B
8. C
9. E
10. A
11. A
12. A
13. C
14. E
15. D
16. E
17. C
18. D
19. C
20. C

Uraian
1. Struktur teks eksplanasi

Teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.

b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa:

1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.

2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.

Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan interpretasi.

2. Contoh teks eksplanasi

Proses Terjadinya Banjir

Banjir adalah peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan dan dapat menyebabkan kerusakan fisik pada daratan tersebut dan dapat membuat kerugian sosial dan ekonomi pada lingkungan sekitar yang terkena banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara nonilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.

Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk ke permukaan tanah mengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bancana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.

Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir. Jadi bila manusia bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang mendatangi manusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.

3. Analisis kebahasaan teks eksplanasi
a. Banyak menggunakan kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya.
Contoh: hujan lokal, propagasi limpasan

b. Banyak menggunakan konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
    Konjungsi kausaltias, antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.
Contoh kalimat: Secara non ilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.

c. Banyak menggunakan kata bermakna denotative.

Contoh
Banjir : peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan
Hujan : titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan

d. Banyak menggunakan kata kerja pasif. Seperti kata disebabkan, terkena, dan sebagainya.

Contoh kalimat: Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. 

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksposisi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Dalam menghadapi ujian Nasioanal nanti, kami berbagi Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksposisi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini dilengkapi jawaban sebagai persiapan dalam ujian nasional nantinya agar bisa menjawab soal dengan mudah.

Berikut Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksposisi Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020:
PILIHAN GANDA
1. Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajar tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5).

Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah….
A. Tari Remo Masih Diminati Anak-anak
B. Tari Remo sebagai Seni Budaya Jawa Timur
C. Festival Budaya di Surabaya
D. Ikon Budaya Jawa Timur
E. Belajar Tari Remo

2. Perhatikan teks eksposisi berikut!
Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai karena Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini. Akan tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yang sama. Ada banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di seluruh wilayah Polandia.  Data-data tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka.

Pronomina yang digunakan dalam teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali….
A. Anda                     
B. saya       
C. mereka              
D. kita             
E. warga

3. Di bawah ini kalimat yang mampu digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….

A. Selain konflik, salah satu sebab yang dapat memicu perang adalah kebutuhan akan sumber daya alam.
B. Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup Jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
C. Candi merupakan bangunan peribadatan pada masa purba yang merupakan peninggalan Hindu-Budha.
D. D.N. Aidit adalah pemimpin PKI pada saat terjadi peristiwa Gerakan 30 September.
E. Menurut para pakar geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.

4. Perhatikan teks eksposisi berikut!

(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku. (2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa Indonesia. (4) Dalam banyak hal, struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5) Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6) Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat. (7) Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama. (8) Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya.

Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….

A. 1, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 2, 5, dan 6
E. 2, 7, dan 8

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 5 dan 6

Air sangat penting bagi tubuh kita. Anjuran agar kita minum air sedikitnya 8 gelas sehari atau sekitar dua hingga dua setengah liter air benar-benar harus kita lakukan. Apabila asupan air mencukupi, hal ini dapat membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai anjuran juga akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan hati.

5. Abstraksi yang sesuai dengan kutipan teks eksposisi di atas adalah ...

A. Air didistribusikan tubuh kita. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu mencegah penyakit ginjal dan hati.
B. Air sangat penting bagi tubuh kita. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh serta mencegah penyakit ginjal dan hati.
C. Air sangat penting bagi tubuh kita karena air dapat membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh dan mencegah penyakit ginjal dan hati.
D. Tubuh kita perlu air dan nutrisi. Oleh karena itu, kita perlu minum 8 gelas sehari agar nutrisi ke seluruh tubuh dapat didistribusikan
E. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh. Sehingga, penyakit ginjal dan hati pun dapat dihindari.

6. Salah satu kutipan bentuk dialog yang sesuai dengan teks eksposisi di atas adalah ..
A. Siswa: Berapa liter tubuh kita memerlukan air?
Penyuluh kesehatan: kurang lebih tiga liter sehari
B. Siswa: Bagaimana cara memasak air yang benar?
Penyuluh kesehatan: Air dipanaskan sampai benar-benar mendidih.
C. Siswa: Apakah air yang kita minum harus berupa air putih saja?
Penyuluh kesehatan: Kita memerlukan 8 gelas air putih dalam sehari. Tetapi, selain itu kita juga dapat minum minuman lain, seperti teh, kopi, dan sebagainya.
D. Siswa: Mengapa air sangat penting bagi tubuh kita?
Penyuluh kesehatan: karena air membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut.
E. Siswa: Mengapa tubuh kita membutuhkan air?
Penyuluh kesehatan: karena air dapat membuang racun dari hasil metabolisme tubuh kita.

7. Perhatikan teks berikut!

Bahasa Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.

Kata hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….
A. yang                      
B. selain itu                 
C. bahkan                    
D. dan             
E. jadi

8. Beberapa pohon tanaman di halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk. Apa sebabnya? Ternyata tanaman tidak mendapat sinar matahari, karena terhalang oleh pohon kayu besar yang ditanam di pinggir jalan.

Gagasan utama paragraf di atas adalah …
A. Beberapa pohon tanaman halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain.
B. Beberapa pohon tanaman tidak mau berbunga.
C. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk.
D. Tanaman tidak mendapat sinar matahari.
E. Tanaman terhalang oleh kayu besar.
9. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Tenaga kerja yang menjadi andalan pada masa pembangunan ini adalah tenaga kerja yang memiliki profesionalisme, mandiri, dan kreatif. Namun, kenyataannya perbandingan penawaran tenaga kerja lebih besar daripada lapangan kerja yang tersedia. Seharusnya sejak pendidikan formal di SD, anak didik sudah diarahkan…

Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf di atas adalah…
A. ke arah yang lebih baik lagi
B. untuk menjadi manusia terampil, ahli di bidangnya, dan mampu menciptakan lapangan kerja baru, sehingga mereka menjadi manusia mandiri
C. untuk masuk ke sekolah yang jenjang pendidikannnya lebih terarah
D. untuk menjadi calon tenaga kerja yang bersedia ditempatkan di dalam dan luar negeri
E. untuk menjadi pekerja yang tidak materialistis

10. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Budaya jalan pintas adalah manifestasi etos kerja yang kurang baik.
(2) Seseorang yang memiliki etos kerja yang baik selalu mempunyai kemauan yang kuat untuk menghasilkan yang terbaik dalam pekerjaannya.
(3) Ada orang yang memiliki etos kerja yang baik dan ada pula yang kurang baik.
(4) Sebaliknya, orang yang memiliki etos kerja yang kurang baik selalu mempunyai keinginan untuk mencari jalan termudah dalam melaksanakan suatu Pekerjaan.
Keempat kalimat di atas dapat disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan…

A. 3 – 2 – 4 – 1
B. 2 – 3 – 1 – 4
C. 4 – 2 – 3 – 1
D. 1 – 4 – 3 – 2
E. 2 – 4 – 3 – 1

11. Bacalah dengan saksama paragraf rumpang berikut ini!

Terakhir, profesionalisme sumber daya manusia sangat penting. Kerja intelejen harus jernih, objektif, dan akurat. Lembaga intelejen harus terbebas dari afiliasi partai politik agar bisa netral. …

Kalimat penutup yang berisi ajakan dan penekanan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…

A.Marilah kita usahakan agar badan intelejen tersebut kita jaga kenetralitasannya.
B. Oleh karena itu, sistem rekruitmen harus diubah, termasuk pola pembinaan dan pendidikan.
C. Tentu saja sistem pembinaan dan pola pendidikan intelejen harus bebas dari pengaruh politik.
D. Harapan kita, intelejen harus bisa bekerja secara maksimal.
E. Dengan demikian, lembaga intelejen kita lebih profesional.

Bacalah wacana berikut dengan cermat!

12. Pemakaian batubara di negara kita hingga saat ini masih terbatas hanya pada PLTU dan pabrik semen. Teknologi pengolahan dan kualitas batubara yang dimiliki bisa dikatakan masih rendah. Selain itu, masalah dana juga sangat terbatas. Di negara-negara maju, batubara sudah bisa diolah menjadi sumber energi. Di samping itu, dengan teknologi tinggi, batubara sudah bisa menghasilkan bahan baku industri kimia berupa gas sintetis.

Berikut ini yang bukan merupakan rincian gagasan yang dikemukakan pada wacana di atas adalah…..

A. teknologi pengolahan batubara masih rendah
B. kualitas batubara masih rendah
C. batubara menjadi sumber energi
D. batubara bahan baku industri kimia
E. pemakaian batubara masih terbatas

13. Salah satu kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa nasional. Kedudukan ini dimiliki sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Kedudukan ini dimungkinkan oleh kenyataan bahasa Melayu yang mendasari bahasa Indonesia telah menjadi lingua franca selama berabad-abad di seluruh tanah air kita. Hal ini ditunjang oleh faktor tidak terjadinya persaingan antarbahasa daerah yang satu dengan bahasa daerah lainnya.

Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan …
(A) analogi          
(B) definisi          
(C) kausal
(D) induksi
(E) deduksi

14. Bila istilah “wiraswasta” diterima sebagai terjemahan enterpreneur atau sebagai pengganti kata usahawan, maka hendaknya istilah wiraswasta tidak hanya berarti usahawan, juga memiliki watak wira dan swasta. Jadi, seorang wiraswasta adalah seorang usahawan yang mampu berusaha dalam bidang ekonomi/niaga secara tepat guna, juga berwatak merdeka lahir batin serta berbudi luhur.

Paragraf di atas menggunakan pola pengembangan ….

(A) analogi          (D) sebab-akibat
(B) deduksi         (E) klasifikasi
(C) definisi

15. Bacalah paragraf berikut dengan baik!

1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berlangsung sangat cepat. Perkembangan juga terasa dalam bidang telekomunikasi. 2) Telepon bukan lagi barang mewah. 3) Bahkan telepon genggam pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, karena komunikasi dan informasi merupakan hal yang diperlukan oleh setiap individu. 4)  Bahkan, mungkin kini sudah menjadi kebutuhan primer.  ...               

Kalimat yang paling tepat untuk simpulan teks eksposisi tersebut adalah…

A. Dengan demikian jelaslah, betapa besar peranan teknologi komunikasi dalam kehidupan.
B. Hal itu menandakan bahwa perkembangan teknologi akan maju.
C. Oleh karena itu, manfaatkanlah perkembangan teknologi dengan baik.
D. Hal itu membuat kinerja telekomunikasi perlu ditingkatkan.
E. Sehingga teknologi komunikasi menjadi dunia usaha yang diminati.

16. Tesis atau pernyataan pendapat umum dalam kutipan teks tersebut adalah ...

A. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berlangsung sangat cepat.
B. Perkembangan juga terasa dalam bidang telekomunikasi.
C. Telepon bukan lagi barang mewah.
D. Bahkan telepon genggam pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, karena komunikasi dan informasi merupakan hal yang diperlukan oleh setiap individu.
E. Bahkan, mungkin kini sudah menjadi kebutuhan primer.

17. Kalimat utama : Merokok dapat mengganggu kesehatan.
Kalimat penjelas:
(1) Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk dan merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung.
(2) Asap rokok dapat menjadi polutan bagi manusia dan lingkungan sekitarnya.
(3) Cukai terbesar untuk pendapatan negara adalah dari produksi rokok.
(4) Kebiasaan merokok bukan saja merugikan perokok, melainkan juga bagi orang di sekitarnya.
(5) Para pengusaha rokok terus bersaing untuk dapat memproduksi rokok yang bebas dari polutan.

Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat utama teks eksposisi adalah ...
A. (l) dan (3)
B. (2) dan (4) 
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)         

18. 1) Merokok berbahaya bagi semua orang. 2) Asap rokok yang kita hirup mengandung racun yang berbahaya. 3) Banyak penyakit yang ditimbulkan asap rokok, misalnya asma atau paru-paru. 4) Asap rokok, merusak tubuh kita secara tidak langsung. 5) Oleh karena itu, kita harus menghindari rokok.

Penegasan dari tesis kutipan teks eksposisi di atas adalah pada kalimat ....
A. 1      
B. 2     
C. 3                
D. 4                
E. 5

19. Isi argumentasi dari teks eksposisi di atas adalah ...
A. Rokok berbahaya bagi semua orang
B. asap rokok mengadung racun dan menyebabkan penyakit
C. rokok beracun bagi semua orang
D. kita harus menghindari rokok
E. Rokok menyebabkan asap beracun

20. Bacalah teks berikut dengan saksama

(1) Sebagai teks hasil produksi budaya, teks sejarah membutuhkan tiga hal: tesis, antitesis, dan  sintesis. (2) Lihatlah bagaimana banyak sejarawan muncul untuk mengkritisi dan menolak anggapan orde baru mengenai peristiwa G 30 S dan bagaimana Sokarno dipaksa untuk lengser dengan menyalahgunakan Supersemar. (3) Sebuah teks sejarah sejatinya terbuka dalam menerima kritik dan koreksi. (4) Apa yang kita anggap benar pada masa lalu belum tentu bertahan hingga masa sekarang. (5) Itu semua adalah bentuk kritik dan koreksi terhadap konstruksi sejarah yang ada.

Teks eksposisi di atas tidaklah padu. Agar menjadi teks eksposisi yang baik, susunan yang tepat adalah….

A. 3-1-5-2-4
B. 3-1-4-5-2 
C. 3-1-2-4-5
D. 3-1-4-2-5 
E.  3-1-5-4-2

21. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!

1) Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar. 2) misalnya, dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal penting yang ditemui dalam belajar.
3) Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak.
4)  Komitmen secara mental bisa dilakukan dengan mengaitkankan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru.
5)  Dengan demikian, komitmen adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.

Ringkasan dari kutipan teks eksposisi tersebut adalah ... .
A. Komitmen secara fisik dan mental adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.
B.  Memproses informasi yang didapat seseorang merupakan salah satu proses pembelajaran yang harus didasari oleh komitmen.
C.  Pembelajaran, yaitu melibatkan upaya untuk menyukai apa yang kita pelajari serta mencatat hal penting dengan dasar komitmen tertentu.
D.  Proses belajar dapat mengaitkan informasi baru yang diterima dengan pengalaman selama dalam pembelajaran.
E. Berusaha mencari materi pelajaran sendiri merupakan cara untuk menyukseskan pembelajaran yang dilakukan seseorang.

22. Perhatikan tesis berikut!

Bersikap kritis dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kalimat yang tepat sebagai argumen yang mendukung tesis di atas adalah….
A. Perlunya standardisasi pemakaian bahasa karena bahasa yang baik adalah bahasa yang konsisten dengan aturan yang telah dibuat.
B. Benar salahnya bahasa bukanlah hal yang maha penting menurut Kridalaksana.
C. Sulit menerapkan aturan dan kaidah berbahasa dalam keseharian.
D.Balai Bahasa tidak gencar dalam menyosialisasikan kaidah kebahasaan kepada masyarakat.
E. Pembelajaran bahasa di sekolah selama ini tidak terfokus pada masalah tata bahasa.

1) Banyak alasan orang tidak hobi atau tidak suka membaca. 2) Mereka mengganggap kegiatan membaca itu merupakan kegiatan yang menyita waktu sehingga membosankan. 3) Yang paling parah lagi, ada yang mengatakan membaca kurang bermanfaat bagi dirinya. 4) Selain membaca, kegiatan menulis juga jarang dilakukan oleh para pelajar. 5) Banyak juga yang berpendapat membaca juga menimbulkan kejenuhan.

23. Kalimat yang tidak mendukung ide pokok paragraf eksposisi di atas adalah ..
A. kalimat ke-1
B. kalimat ke-2                        
C. kalimat ke-3                        
D. kalimat ke-4
E. kalimat ke-5

24. (1) Dapat pula dikemukakan bahwa dalam paragraf yang kohesif tidak terdapat kalimat yang saling bertentangan. (2) Kohesif bermakna kepaduan. (3) Paragraf yang kohesif adalah paragraf yang hubungan antarkalimatnya padu atau berjalinan erat. (4) Kepaduan itu ditandai dengan terciptanya saling mendukung antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. (5) Lebih jelas lagi dapat dikatakan bahwa paragaraf yang kohesif ditandai dengan tidak terjadinya saling mengingkari antara kalimat satu dengan kalimat lainnya.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu apabila disusun dengan urutan…
A. (2), (3), (5), (4), (1)
B. (1), (3), (5), (4), (2)
C. (5), (3), (2), (4), (1)
D. (2), (4), (5), (3), (1)
E. (2), (3), (4), (5), (1)

25. Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar, misalnya dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal yang penting ditemui dalam belajar. Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak. Komitmen secara mental dapat dilakukan dengan mengaitkan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru. Dengan demikian, komitmein adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran. 

Arti kata “komitmen” dalam kutipan tersebut adalah….
A. kekuatan dalam menghadapi tantangan
B. kesukaan dalam mengerjakan sesuatu
C. cara yang dilakukan dalam pekerjaan
D. pikiran yang dianggap sangat tepat
E. perjanjian untuk melakukan sesuatu

26. Bacalah teks berikut dengan saksama!

(1)  Remaja Indonesia memiliki resiko tinggi terhadap paru kronis karena akibat rokok.  (2) Resiko tersebut disebabkan murahnya harga rokok di Indonesia. (3) Sebagai perbandingan, di Indonesia harga satu bungkus rokok enam ribu rupiah, sedangkan di Singapura mencapai SGD 11 (sekitar 60 ribu rupiah). (4) Rokok sangat terjangkau bagi para remaja yang umumnya belum bekerja. (5)  Lebih lanjut hasil riset menemukan bahwa di Indonesia berkembang pola merokok pada remaja dan kaun wanita. (6) Demikian juga rokok hadir dalam kemasan dan merk yang bervariasi.

Penulisan kata yang salah dalam paragraf di atas terdapat pada kata  ... .
A.  remaja seharusnya para remaja
B.  rokok seharusnya merokok
C.  resiko seharusnya risiko
D.  riset seharusnya reacet
E.  kronis seharusnya keronis

27. Bacalah teks berikut dengan saksama!

…. Bila kita tertarik dengan bahan yang kita baca, biasanya kita baca dengan pelan. Misalnya kita membaca untuk keperluan ujian. Dengan sengaja kita coba memahami sebanyak mungkin bahan yang kita baca itu. Sebaliknya bila kita tidak begitu tertarik dengan bacaan itu, kita hanya membacanya dengan cepat dan selayang pandang. Hasilnya hanya sebagian kecil saja dari bacaan itu yang kita ingat.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi awal paragraf eksposisi tersebut adaalah ….

A. Buku bacaan banyak memberikan informasi yang penting.
B. Bacaan populer berbeda dengan bacaan ilmiah.
C. Cara membaca dan tujuan membaca sangat erat hubungannya.
D. Membaca intensif berbeda dengan membaca ekstensif.
E. Teknik membaca cepat sangat diperlukan dalam memahami bacaan

28. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.

Isi teks eksposisi di atas adalah….
A. Indonesia memilik beragam rempah
B. Kencur bisa digunakan sebagai obat batuk
C. Kencur salah satu rempah
D. Jeruk nipis, jahe, dan madu harus dicampur kencur
E. Kencur adalah bumbu dapur yang berkhasiat

Bacalah kutipan teks eksposisi ini untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!

Banyak alasan orang tidak hobi atau tidak suka membaca. Mereka mengganggap kegiatan membaca

itu merupakan kegiatan yang menyita waktu sehingga membosankan. Yang paling parah lagi, ada yang mengatakan membaca kurang bermanfaat bagi dirinya. Ada pula yang berpandapat kalau orang hobi membaca akan menjadikannya ia pemalas karena waktu dihabiskan hanya untuk membaca. Banyak juga yang berpendapat membaca juga menimbulkan kejenuhan.

29. Ide pokok paragraf eksposisi tersebut adalah ....
A. pendapat tentang membaca
B.  memahami tujuan membaca
C. waktu tersedia untuk membaca.
D. alasan tidak hobi membaca
E. kejenuhan dalam membaca

30. Berdasarkan struktur isinya, kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian dari ....
A. tesis
B. argumen 
C. urutan peristiwa
D. kesimpulan   
E. antithesis

SOAL URAIAN
1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksposisi!
2. Permasalahan lingkungan sangat beragam dan kompleks. Tulislah teks eksposisi bertema permasalahan lingkungan.
3. Analislah kebahasaan teks eksposisi yang telah Anda buat yang meliputi kata teknis/istilah, kata sifat, afiksasi, dan kalimat verba.


KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA

1. B

2. E

3. A

4. C

5. B

6. D

7. E

8. B

9. B

10. A

11. A

12. C

13. E

14. C

15. A

16. A

17. B

18. E

19. B

20. C

21. A

22. A

23. D

24. E

25. E

26. C

27. C

28. E

29. D

30. B


KUNCI JAWABAN SOAL URAIAN

1. Struktur teks eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang dibangun oleh pendapat atau opini. Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi (a) tesis atau penyataan pendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang.

Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian pembuka dalam teks eksposisi. Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.

Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus mampu mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara.

Bagian terakhir adalah penegasan ulang, yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.


2. Contoh teks eksposisi bertema lingkungan
Pembangunan dan Bencana Lingkungan
Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan. Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi kebutuhan manusia saat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.

Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di Negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia.

Pada tahun 2005 - 2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.

Bencana alam lain yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

3. Analisis kebahasaan teks eksposisi

A. Banyak Mengunakan istilah.

Contoh
1. polusi: pencemaran
2. habitat a. Tempat tinggal khas bagi seseorang atau kelompok masyarakat. b. Bio tempat hidup organisme tertentu; tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan); lingkungan kehidupan asli. c. Geo tempat kediaman atau kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia dengan kondisi tertentu pada permukaan bumi.

B. Banyak menggunakan kata sifat.

Contoh
Serius: a. Sungguh-sungguh; b. gawat, genting (karena menghadapi bahaya, risiko, akibat, dan sebagainya yang mungkin terjadi).

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi