Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Prosedur Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Dalam menghadapi ujian Nasioanal nanti, kami berbagi Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Prosedur Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini dilengkapi jawaban sebagai persiapan dalam ujian nasional nantinya agar bisa menjawab soal dengan mudah.

Berikut Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Prosedur Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020:

1.  Cermatilah teks berikut.       
Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer

Teks di atas merupakan teks ....
A. laporan
B. eksposisi   
C. negosiasi   
D. prosedur     
E. anekdot

2. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.   
1)  Selain itu, keyboard ini dapat juga digunakan untuk desktop PC (personal 
computer) atau  laptop.
2) Dengan menggunakan teknologi sinar laser dan infra merah, keyboard ini
sangat berguna bagi setiap pengguna PDA.
3)  Sekarang telah lahir Virtual Laser Keyboard, keyboard canggih yang telah
lama ditunggu-tunggu. 

Urutan yang tepat paragraf prosedur  di atas adalah….

A. 1 – 2 – 3
B. 2 – 1 – 3                                                          
C. 3 – 2 – 1 
D. 3 – 1- 2                                                         
E. 2 – 3 – 1

3. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.         
(1) Setelah itu, diletakkan dalam sebuah wadah, diberi ragi dan terkadang diberi sedikit gula untuk mempermanis rasanya. 
(2) Selain dari beras ketan, tape tebuat dari singkong yang telah dikupas kemudian direbus.
(3)  Hal ini bertujuan agar terjadi fermentasi.
(4)  Pemberian ragi hendaknya rata.
(5)  Langkah terakhir menutup tape yang beragi dan diberi gula tadi dengan daun pisang serta penutup berupa kain hingga rapat. 
(6)  Setelah + 3 hari, singkong telah berubah menjadi tape yang enak rasanya dan siap disantap.
(7)  Selanjutnya tape diitutup selama + 3 hari dan tidak boleh dalam selang waktu tersebut, penutupnya dibuka.         

Urutan yang tepat paragraf prosedur di atas adalah….

A.   2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5 – 7                       
B.    2 – 1 -  3 – 6 – 7 - 5 – 4
C.    2 – 1 – 4 – 3 – 5 – 7 – 6
D.   2 – 1 – 4 – 5 – 3 – 7 – 6                       
E.    2 – 3 – 1 – 4 – 5 – 6 – 7

4. Perhatikan wacana berikut dengan cermat!
Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.

Kalimat yang menyatakan tujuan terdapat dalam kalimat berikut ….
A. Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor.
B.Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
C. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.
D. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran.
E. Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.

5. Simaklah teks prosedur berikut dengan cermat!
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok ke kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.

Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.  Pernyataan  tersebut merupakan kalimat ….
A. Imperatif
B. Interogatif
C. Deklaratif
D. Berita
E. Jawaban

6. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.

Partisipan dalam kalimat tersebut adalah ….
a. Melakukan pelanggaran
b. Pengendara, pihak berwajib
c. Akan menilangnya
d. Tentu pihak berwajib
e. Pengendara melakukan

7. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.
Verba “mengecek” dalam kalimat tersebut merupakan jenis ….
a. Verba material
b. Verba tingkah laku
c. Verba objektif
d. Verba preposisional
e. Verba nominal

8. Perhatikan  prosedur berikut dengan cermat!
    Langkah-langkah membuat hiasan bordir pakaian.
1) Tentukan motif sebagai model
2) Tentukan bagian pakaian yang akan dibordir.
3) Buatlah gambar model pada bagian pakaian yang akan dibordir.
4) Tentukan kombinasi warna benang bordir agar terlihat lebih indah
5) Bordirlah bagian tersebut setelah pakaian jadi.

Perbaikan prosedur kerja yang tidak logis yang tepat adalah ... .
A. Jadikan pakaian terlebih dahulu agar rapi.
B. Bordirlah bagian tersebut sebelum pakaian jadi.
C. Kombinasi hiasan bordir siap dikerjakan.
D. Model ditentukan setelah membuat pola pakaian.
E. Penentuan kombinasi warna bersamaan saat membuat motif.

9. Bacalah teks prosedur kompleks di bawah ini !
Di Indonesia masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Padahal dalam Undang Undang Lalu Lintas jika pengendara melakukan  pelanggaran, akan dikenakan  sanksi sesuai dengan kelengkapan surat yang dimiliki. Untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sangat mudah sekali, Anda dapat mengurus sendiri melalui kantor Samsat setempat.

Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi :
1. Siapkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga masing-masing dua lembar.
2. Daftarkan diri Anda pada Samsat setempat.
3. Isilah formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan.
4. Periksa kesehatan badan di tempat pemeriksaan.
5. Fotolah di tempat yang disediakan.
6. Laksanakan tes uji kendaraan.

Jika dinyatakan lulus uji kendaraan, Anda akan  memperoleh  tanda bukti untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kalimat 1, 2, dan 3 pada teks di atas merupakan struktur isi prosedur kompleks yang disebut

A. judul    
B. abstrak                                                                         
C. ciri bahasa                                    
D. daftar isi 
E. tahapan          

10. Jenis kalimat pada tahapan-tahapan prosedur di atas adalah kalimat ... .
A. interogatif             
C. deskriptif
B. imperatif     
D.   definitif 
E.   deklaratif

11. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
- Warga Negara Indonesia
- Berusia 17 tahun
- Membawa surat pengantar dari RT
- Foto kopi kartu keluarga

Bagian prosedur kompleks “Pembuatan KTP” di atas adalah ....
A. langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemohon
B. kegiatan yang harus dilakukan oleh pemohon
C. syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon
D. tujuan prosedur pembuatan KTP
E. ciri-ciri pembuatan KTP

12.  Perhatikan teks prosedur berikut ini!
Cara menggunakan sabun cuci deterjen bubuk:
(1) Larutkan 1 sendok takar deterjen bubuk ke dalam 10 liter air.
(2) Rendam cucian dalam larutan deterjen selama 30 menit.
(3) Kucek cucian seperlunya dalam larutan deterjen.
(4) Bilas atau kocok cucian sampai bersih.

Maksud yang sesuai dengan petunjuk prosedur tersebut adalah ...
A. Cucian direndam lebih dahulu dengan air 10 liter, lalu dibilas sampai bersih.
B. Cucian yang telah direndam 30 menit diberi deterjen 1 sendok, lalu dibilas.
C.  Deterjen yang sudah dilarutkan digunakan untuk merendam cucian selama 30 menit, dikucek seperlunya, lalu dibilas sampai bersih.
D.  Cucian dikucek di tempat lain dengan air bersih, lalu dimasukkan ke dalam larutan deterjen.
E. Bilaslah cucian dengan air rendaman lalu dikucek sampai bersih.

13. Perhatikan prosedur pengisian tinta printer berikut!
(1) Keluarkan katrid dari printer.
(2) Suntikkan 15–20 cc tinta ke dalam katrid
(3) Buka tutup botol tinta, dan pasang jarum penyuntiknya.
(4) Bersihkan kepala cetak (print head) menggunakan kertas tisu basah. Katrid siap untuk digunakan.
(5) Gunakan alat yang tersedia untuk mengangkat sumbat lubang katrid atau besarkan ukuran lubangnya

Urutan kalimat yang menjelaskan prosedur pengisian tinta printer adalah ….
A. (1), (5), (3), (2), (4)
B. (2), (4), (5), (3), (1)
C. (3), (2), (1), (4), (5)
D. (4), (5), (2), (1), (3)
E. (5), (1), (2), (3), (4)

14. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
(1) Kenali si petugas
(2) Pahami kesalahan Anda
(3) Pastikan tudahan pelanggaran

Kalimat prosedur kompleks di atas menggunakan kalimat …
A. deklaratif
B. imperative
C. interogatif
D. retoris
E. pasif

15. Bacalah paragraf di bawah ini!
Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.

Di atas adalah salah satu tahap pembuatan buku paspor. Dalam tahapan tersebut terdapat kegiatan yang termasuk prosedur adalah …
A. Wawancara, membayar paspor, tanda tangan paspor
B. Bayar dan menandatangani buku paspor
C. Wawancara, tanda tangan paspor, mencari informasi jadwal pengambilan
D. Membayar paspor, tanda tangan paspor, minta informasi jadwal pengambilan paspor
E. Wawancara, bayar dan tanda tangan paspor, memberi informasi jadwal pengambilan paspor

16. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Calon siswa mengisi formulir secara online
2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online
3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah
4) Calon siswa megikuti tes

Teks prosedur kompleks di atas adalah prosedur ....
A. pendaftaran sekolah
B. pendaftaran sekolah secara online
C. pendaftaran sekolah secara manual
D. pendaftaran anggota OSIS
E. pendaftaran anggota Pramuka

17. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Calon siswa mengisi formulir secara online
2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online
3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah
4) Calon siswa megikuti tes

Berdasarkan prosedur tersebut, pengumpulan berkas atau syarat-syarat terdapat pada tahap...
A. mengisi formulir secara online
B. mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online
C. melakukan verifikasi di sekolah
D. megikuti tes
E. pada saaat daftar ulang

Bacalah paragraf berikut dengan tepat! (untuk soal 18-19)
Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas!

18. Konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
a. Syarat
b. Temporal
c. Tujuan
d. Sebab
e. akibat

19. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM.
Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana. Kalimat sederhana tersebut adalah …
a. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK.
b. Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana.
c. Pelanggaran itu mengakibatkan kematian
d. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK.
e. Utamakanlah SIM  sebagai surat yang ditahan oleh Polantas!

20. Cermati petunjuk kerja berikut!
1) Aktifkan blender hingga buah lumat dan homogen.
2) Masukkan buah dan bahan pelengkapnya ke dalam blender.
3) Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus buah.
4) Hidangkan dengan dilengkapi garnis.
5) Tuangkan ke dalam gelas jus.
Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah ….
A. 1-2-3-4-5
B. 5-4-3-2-1
C. 3-2-1-5-4
D. 1-3-2-4-5
E. 2-4-1-3-5
21. Bacalah dengan saksama prosedur berikut.
1) Begitulah seterusnya.
2) Dalam pemanfaatanya, uap tidak seluruhnya dibuang.
3) Justru sebagian uap didinginkan kembali dengan menggunakan blower agar menjadi air dan disambung ke kolam.
4) Kemudian air yang di kolam itu akan disuntikkan kembali ke dalam batuan kedap.
5) Jadi, jelaslah bahwa pembangkit listrik panas bumi tidak mencemari lingkungan.
Urutan kalaimat yang tepat agar menjadi paragraph padu adalah….
A. 2, 3, 1, 4, dan 5
B. 2, 3, 4, 1, dan 5
C. 3, 1, 2, 4, dan 5
D. 3, 2, 4, 1, dan 5
E. 4, 1, 2, 3, dan 5

22. Bacalah dengan saksama kalimat-kalimat berikut ini!
1) Siapkan tiga pot plastik yang masing-masing diisi dengan pasir (A), kerikil (B), humus(C).
2) Siapkan tiga wadah larutan pupuk organik masing-masing 1 liter dosis yang sama. Satu wadah (pot B) di masukkan ke ember yang berisi larutan pupuk organik hingga akarnya terendam.
3) Lakukan penyiraman dua kali dalam seminggu selama empat minggu.
4) Tanamlah bibit tomat atau cabai yang sudah disediakan di ketiga pot tersebut.
5) Pengembangan tanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan cara Berikut.
6) Ambil tiga bibit pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
7) Siramkan larutan pupuk organik dari dua wadah yang tersisa ke dalam media pot A dan C.
Urutan kalimat yang benar agar menjadi prosedur sederhana adalah….
A. 5, 1, 6, 4, 2, 7, dan 3
B. 5, 1, 6, 4, 7, 2, dan 3
C. 5, 2, 1, 6, 4, 7, dan 3
D. 5, 6, 1, 3, 4, 2, dan 7
E. 5, 6, 4, 1, 2, 7, dan 3

Teks prosedur berikut ini merupakan acuan untuk menjawab soal nomor   23 s.d 30
APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA TERKENA TILANG?
Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.

Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!

Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.

Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.

Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!

Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
(Diadaptasi dari sumber samsat dan kepolisian)

23. Berikut ini adalah bukti bahwa teks tersebut adalah teks prosedur . . . .
A. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Hal yang dilakukan jika ditilang, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah dalam mengatasi masalah terkena tilang, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.

B. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Tujuan penulisan teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah-langkah dalam mencapai tujuan, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.

C. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Permasalahan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. Langkah-langkah dalam mengatasi permasalahan, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.

D. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Pokok pembicaraan dalam teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. langkah  yang mendukung pembicaraan teks, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.

E. Struktur penulisan teks tersebut terdiri:
1. Objek permasalahan teks, terdapat dalam paragraf kesatu
2. langkah-langkah menyelesaikan masalah, terdapat dalam paragraf kedua sampai keenam.

24. Berikut ini kalimat dalam teks di atas, yang tidak mengandung partisipan manusia secara umum, adalah . . . .
A. Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
B. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya.
C. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.
D. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas.
E. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas.

25.  Kalimat dalam teks di atas yang menunjukkan verba material adalah...
A.   Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.
B.   Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.
C. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
D. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya.
E.    Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya.

26. Kalimat dalam teks tersebut, yang menunjukkan verba tingkah laku adalah...
A. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
B. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur.
C. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
D. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
E. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak.

27. Kalimat dalam teks di atas yang menunjukkan konjungsi temporal adalah ...
A. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.
B. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan.
C. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah.
D. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan.
E. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya.

28. Konjungsi syarat dalam teks di atas adalah . . . .
A. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
B. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya.
C. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
D. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
E. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas.

29. Konjungsi yang menyatakan pilihan dapat ditunjukkan dalam paragraf ke...
A. satu, kalimat kelima
B. dua, kalimat keempat
C. tiga, kalimat ketiga
D. lima, kalimat kesatu
E. enam, kalimat kedua

30. Berikut ini yang termasuk kalimat imperatif dalam paragraf keenam  adalah...
A. Terima atau tolak tuduhan.
B. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru.
C. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil
D. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari.
E. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar

31. Dua minggu lalu, sekitar 200-an perempuan berkumpul di sekitar hotel terkenal. Mereka mengenakan “busana nasional”yang umumnya berupa kain sarung dari berbagai daerah dengan kebaya beragam bentuk. Begitu banyak perempuan berkumpul untuk memeriahkan hari jadi sebuah perkumpulan yang mendedikasikan kegiatan mereka untuk mempromosikan busana nusantara

Inti paragraf diatas adalah….
A. Mereka berkumpul di hotel untuk peragaan busana nasional.
B. Mereka berkumpul untuk mengadakan promosi pakaian daerah.
C. Mereka berkumpul dalam rangka ulang tahun organisasi.
D. Mereka berkumpul untuk menghadiri promosi mode busana nasional.
E. Mereka berkumpul untuk saling bersilaturahmi.

32. Cermatilah teks prosedur berikut dengan saksama!

CARA MEMBUAT BOTOL KACA

1.  Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
2.  Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
3.  Akhirnya, botol-botol itu siap untuk digunakan.
4.  Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
5.  Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional.
6.  Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
7.  Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
8.  Lalu, adonan kaca diproduksi.

Urutan teks prosedur yang tepat adalah . . .
A. 6-5-7-2-8-4-1-3
B. 6-5-8-2-4-7-1-3
C. 6-5-1-2-4-7-8-3
D. 6-5-2-8-7-1-4-3
E. 6-5-4-7-1-8-2-3

33. Bacalah Paragraf berikut!

(1) Meminjam buku di perpustakaan sekolah merupakan aktivitas yang rutin dilakukan para siswa. (2) Meminjam buku di perpustakaan sekolah perlu memperhatikan prosedur peminjaman agar buku yang Anda cari atau yang akan Anda pinjam dapat mudah ditemukan.

(1) Setelah masuk ruang perpustakaan, isilah daftar hadir lebih dahulu. (4) Setelah itu ikuti prosedur peminjaman buku. (5) Pertama, untuk mencari buku jangan langsung mencarinya di rak buku, tetapi carilah buku dalam katalog buku dahulu. (6) Dalam katolaog, Anda dapat menemukan kode buku. (7) Dengan menemukan kode buku, buku yang Anda cari dapat lebih mudah ditemukan. Kedua, ….

Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah pertama prosedur di atas (kalimat 3) adalah kalimat....
A. deklaratif                                                    D.    deskripsi
B. interogatif                                                   E.    imperatif (perintah)
C. Definisi

34.   Isi pokok teks prosedur kompleks di atas adalah ... .
A. Meminjam buku merupakan aktivitas rutin para siswa
B. Ada beberapa prosedur yang harus diikuti untuk meminjam buku di perpustakaan sekolah
C. Para siswa selalu meminjam buku di perpustakaan sekolah
D. Kode buku dapat mempermudah menemukan buku di perpustakaan sekolah
E. Untuk masuk ruang perpustakaan perlu mengisi daftar hadir lebih dahulu

Simaklah wacana berikut dengan saksama! (untuk soal 35-38)!

Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.
Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.

Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghomatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

35. Kutipan teks tersebut terdapat struktur …
a. Latar belakang
b.Tujuan
c. Langkah-langkah
d. Kesimpulan
e. Saran-saran

36. Penanda kebahasaan yang berupa partisipan dalam wacana tersebut adalah …
a. Kalian, mereka, membaca
b. Kalian, penonton, pakaian
c. Kalian,  penonton, pentas
d. Kalian, penonton, mereka
e. Mereka, kalian, membaca

37.  Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah …
a. Untuk memahami cara membaca puisi di atas pentas.
b. Untuk mengetahui cara membaca puisi dengan baik.
c. Untuk mengembangkan secara kreatif sebuah puisi.
d. Untuk meningkatkan potensi membaca puisi di pentas.
e. Untuk mengetahui teknik membaca puisi di atas pentas.

38. Judul yang relevan dalam teks prosedur yang terdapat dalam wacana tersebut adalah …
a. Teknik Membaca Puisi secara Kreatif
b. Teknik Membaca Puisi secaravEkspresif
c. Teknik Membaca Puisi Indah di Atas Pentas
d. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas

e. Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar
Teks ke-1
Prosedur berikut ini perlu Anda ikuti jika Anda menghadapi penilangan agar Anda tidak akan dirugikan . Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal.

Teks ke-2
Beberapa prosedur harus Anda ikuti untuk membuat SIM baru ini, agar Anda dapat mengurus SIM dengan hemat waktu dan biaya. Pemohon SIM harus melampirkan KTP asli yang sah, fotokopi KTP, surat keterangan dokter sehat jasmani dan rohani, dan SIM A dilengkapi hasil uji simulator. Setelah itu, pemohon akan masuk dalam tahap I dengan membayar biaya PNBP resi bank melalui ATM, mini ATM, atau teller bank.

39. Persamaan ciri bahasa yang digunakan dalam langkah-langkah dua teks prosedur di atas adalah ..

A. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat deklaratif.
B. Partisipan manusia yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu pronomina ‘Anda’.
C. Konjungsi temporal yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu konjungsi ‘pertama,...’
D. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat interogatif.
E. Jenis kalimat yang digunakan dalam langkah-langkah dalam dua teks prosedur di atas sama, yaitu kalimat imperative.

40. Kalimat “Pertama, kenali si petugas.” dalam teks di atas termasuk kalimat ... .
A.   interogatif                                                 D.    imperatif
B.   deklaratif                                                   E.    deskripsi
C.   Definisi

Kunci Jawaban Teks Prosedur

1. D

2. C

3. C

4. E

5. A

6. B

7. B

8. B

9. E

10. B

11. C

12. C

13. A

14. B

15. D

16. B

17. C

18. A

19. A

20. C

21. B

22. B

23. B

24. B

25. A

26. E

27. C

28. C

29. D

30. A

31. C

32. A

33. A

34. B

35. C

36. D

37. D

38. D

39. B

40. D


Demikian Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Prosedur Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020. Semoga bermanfaat.
Share:

Soal Ujian UNBK Bahasa Inggris Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini Soal Ujian UNBK Bahasa Inggris Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Read the following text to answer question number 1 to 3.
To : Students of SMP Bintang Kejora,

To celebrate school anniversary, we will hold a ceremony on Wednesday, 23 March and a choir competition right after the ceremony.
Each class may send one team consisting of 15 students for the competition. Three winning teams will be awarded cash prize and trophies.
For more info, meet Mrs. Andini.

Principal 
1. According to the text, 23 March is commemorated as ….
     A. Choir Day anniversary
     B. The school’s principal birthday
     C. The school anniversary
     D. Mr. Andini’s special day 

2. To whom should we meet to get the detailed information?
     A. The principal
     B. Ms. Andini
     C. The winning team
     D. The students of SMP Bintang Kejora  

3. “Three winning teams will be awarded cash prizes and trophies” The underlined word is closest in meaning to….
     A. Given
     B. Asked
     C. Covered
     D. Delivered 

Read the following text to answer questions number 4 and 5.
To: Rendy@gmail.com
From: Tyas@gmail.com
Subject: Re-visit plan

Hi Rendy,

I’m happy that you are coming next week.
By the way, you wrote ETA in your last email. I’m wondering what you mean. Could you explain it, please?
I’ll pick you up at the airport. Just give me details of your flight.

Cheers,

Tyas
4. What is the conclusion taken from the text?
     A. Tyas does not open Rendy’s email
     B. Rendy has given the details of his email
     C. He explains about ‘ETA’ in his email
     D. She will meet with Rendy at the airport 

5. How does Tyas feel to know that Rendy is coming?
     A. Sad
     B. Weak
     C. Joyful
     D. Curious 

Read the following text to answer question number 6 and 7.
This is a short message from Janet to Hanifah:

Sorry I can't go window shopping with you. We can go next time also with Nadia. I have to visit my aunt with my mother. 
6. Who will accompany Janet to her aunt's house?
     A. Hanifah
     B. Janet's mother
     C. Nadia
     D. Hanifah's mother  

7. The underlined phrase in "Sorry I can't go window shopping ..." The underlined word is closest in meaning to ....
     A. Looking at goods in shops without buying
     B. Looking for a window for your house
     C. Buying some windows from a shop
     D. Looking at your house's windows 

Read the following text to answer question number 8 and 9.
In the heart of downtown
IKONYO
Grand Hotel
“Where Comfort Begins”

Facilities :
– Fully air conditioned
– Spacious car park
– Theatres and shopping centres within a walking distance
– No charge for children under 5
– Family rate (conditions apply)
– Convention hall
– Traditional, Chinese and Western restaurants
– Airline ticketing offices

Jl. Jam Gadang 100-101, Padang, West Sumatera
Phone: (0751) 70801701
Website : www.IKONYO.com
8. Visitors will possibly choose IKONYO Grand Hotel because .…
     A. It gives them airline ticket discount
     B. It is the only hotel down town
     C. It is promoted on the internet
     D. It offer good facilities 

9. What is conclusion taken from the advertisement?
     A. There is a minimarket at the hotel
     B. Parents with small children should pay more
     C. We can hold a wedding party at IKONYO Hotel
     D. Certain food are available in the restaurants 

Read the following text to answer questions number 10 to 12.
Announcement

To all students of grade VIII. There will be a school holiday for two weeks. Please do a project of descriptive text in writing. It should be about any animal around your house. You can describe your own pet or your neighbour’s. Don’t forget to put the animal’s photo in your writing. You have to submit it on the first day of the second semester.

Mr. Hasan 
10. What is the announcement about?
     A. Semester holiday
     B. Neighbour’s pet
     C. Writing project
     D. Picture description  

11. What should the student do during their holiday?
     A. Doing project of descriptive text
     B. Describing the first day of semester
     C. Being away from school
     D. Taking pictures of a pet  

12. “You have to submit it on the first day…” What does the underlined word mean?
     A. Bring
     B. Collect
     C. Take
     D. Send 

Read the following text to answer questions number 13 and 14.
Friends and family
Join us to celebrate

Casey’s 15th Birthday

Saturday, 21 May 2016
05:00 p.m
123 Main Street Perth

Charlotte
RSVP to Lisa at 123-456-7891
13. When will Casey’s birthday be held?
     A. At night
     B. In the evening
     C. In the morning
     D. In the afternoon 

14. What can we conclude from the invitation?
     A. The invitation is written by Lisa
     B. For confirmation, we can contact Lisa
     C. Charlotte and Lisa are Casey’s cousins
     D. Lisa is the owner of the house at 123 main street Perth 

Read the following text to answer questions number 15 and 16.
To: Mr. Winfield
From: Andrew
Phone Number: +6242897640

Message
The monthly meeting is postponed due to the technical reason.
Further information will be conveyed soon.
Call him, when you are back.

Secretary,
15. Who delivered the message to Mr. Winfield?
     A. Andrew
     B. Mr. Winfield
     C. Andrew’s secretary
     D. The secretary of Mr. Winfield 

16.  From the text we know that Mr. Winfield will call Andrew back to .… of the meeting.
     A. Ask the place
     B. Fix the date
     C. Ask information about
     D. Clarify the postponement 

Read the following text to answer questions number 17 to 19.
Last weekend I and my classmates went to the countryside to have a picnic. Before leaving, we made some sandwiches for lunch. We left quite early to avoid the traffic jam.

After driving for two hours, we arrived at a very nice place. It was near a river with some big trees around it. The driver parked the car under the tree. Seeing the clear an cool water of the river, my friends and I decided to swim. After having lunch together, we went around the area to enjoy the scenery. We saw some beautiful birds and butterflies.

After walking for about an hour, we decided to return to the car and go home. Unfortunately, we cloud not start up the car. Finally after sometime, we cloud make the car start up by pushing it. We were happy although we felt a bit tired when we got home.
17. What is the main idea of the second paragraph?
     A. The writer made sandwiches for lunch
     B. The writer did some fun activities during their picnic
     C. After doing some activities, the writer went home by car
     D. Last weekend the writer prepared to have a picnic in the countryside  

18. Why did the writer and his friends decide to swim in the river?
     A. They felt hot after having lunch
     B. They felt tired after having a walk
     C. The water was cool and clear
     D. It was a tiring day  

19. Because of the trouble they had at the end of their picnic, they probably ....
     A. Got home a bit late
     B. Decided to swim again
     C. Had to spend the night there
     D. Decided not to have a picnic again  

Read the following text to answer questions number 20 to 23.
A cactus (plural: cacti) is any member of the plant family Cactaceae, native to the Americas. They are often used as ornamental plants, but some are also crop plants. Cacti are grown for protection of property from wild animals, as well as malty other uses.

Cacti are unusual and distinctive plants, which are adapted to extremely hot environments, showing a wide range of anatomical and physiological features which conserve water.

Cacti come in a wide range of shapes and sizes. Many cactus species are night blooming, as they are pollinated by nocturnal insects or small animals, principally moths and bats. Cacti range in size from small and globular to tall and columnar. 
20. Cacti can adapt to hot environments because their anatomical and physiological features ....
     A. Are unusual
     B. Are extreme
     C. Conserve water
     D. Have large sizes  

21. What does the third paragraph tell us about?
     A. The usage of cacti
     B. The habitat of cacti
     C. The advantages of cacti
     D. The characteristics of cacti 

22. The underlined word in "Many cactus species are night blooming, as ..." is closest in meaning to ....
     A. Performing
     B. Flowering
     C. Increasing
     D. Creating  

23. A cactus can be easily found in front of many houses because it is often used as a/an ... plant.
     A. Crop
     B. Wild
     C. Unusual
     D. Ornamental 

Read the following text to answer questions number 24 to 27.
How to Save a Wet Cell Phone

1) Take the phone out of the water as soon as possible.
2) After removing the phone from water, quickly gather some paper towels or soft cloths to lay the phone on while you remove the battery.
3) Remove all other accessories such as memory cards, and protective covers.
4) Dry your phone with soft cloths or a towel.
5) Place the phone in a bowl of uncooked rice overnight. The rice can absorb some remaining moisture from the phone.
6) Plug it into its charger. It is still does not work, take your cell phone to an authorized dealer.

24. How is the wet cell phone dried?
     A. By using soft cloths or a towel
     B. By plugging into its charger
     C. By removing memory cards
     D. By removing the battery 

25. What do we do after we lay the phone on paper towels or soft cloths?
     A. Place the phone in a bowl of uncooked rice overnight
     B. Remove all other accessories and protective cards
     C. Rub it with a cloth or a towel
     D. Plug it into its charger 

26. "Plug it into its charger." What does the underlined word refer to?
     A. The bowl
     B. The card
     C. The phone
     D. The substance 

27. The underlined word in "... quickly gather some paper towels or soft cloths ..." is closest in meaning to ....
     A. Downy
     B. Rough
     C. Thick
     D. Gentle 

Read the following text to answer questions number 28 to 30.
The Crow and The Oyster

A hungry crow saw an oyster on the beach ore day. He wanted to eat the tasty meat inside the shell,'so he tried to open the oyster.

First, he used his beak, but he could not open the shell. Then, he hit it with a stone, but the shell stayed tightly shut. He even jumped up and down on the oyster, but still he could not open it.

Another crow came by. He saw what the first crow was trying to do and said, "My friend, may I offer you some good advice? I suggest that you pick up the oyster in your beak, fly high into the air, and then drop the oyster onto the wide rock below. The oyster shell will break open and you will be able to have your meal."

The hungry crow thought that it was a very good idea. He picked up the oyster with his beak, and then he flew as high as he could. When he was sure that he was high enough, he dropped the oyster onto a wide rock far below.

The oyster shell broke wide open. However, the other crow was waiting nearby, and he reached the broken oyster first. He enjoyed a tasty meal, while the hungry crow had nothing to eat. 

28. How did the other crow trick the hungry crow?
     A. By giving a suggestion to drop the oyster onto the rock
     B. By telling that he was so hungry and needed some food
     C. By saying that he had a nice and strong beak
     D. By picking up the oyster with his beak 

29. Where did the crow drop the oyster?
     A. Onto the sand
     B. Near the water
     C. Near the beach
     D. Onto a wide rock 

30. What is the moral value of the story?
     A. Do not fly high on the sky
     B. It is not easy to fool anybody
     C. Always trust people who offer help
     D. Do not be fooled by people who offer help 

Read the following text to answer questions number 31 to 34.
The black widow spider is an extremely poisonous spider of North and South America. Only the female one is dangerous. The bite of the male is generally harmless. Although it is greatly feared, it is not aggressive and generally bites only to defend itself.

This kind of spider has long legs and smooth, black bodies. The female spider is about twice as big as the male. It has a round, shiny, black abdomen, with a distinctive mark shaped like an hourglass on the underside. The male spider is only about half as the long as females and has more slender body. It has four pairs of red dots along the sides of the abdomen. It is rarely seen and is harmless.

Black widow spiders primarily eat insect that they trap in their webs. They kill their prey by biting and then inserting their venom. Birds and other animals learn not to eat the spider by identifying hourglass mark on their body. The venom makes the animal sick but usually does not kill them.

31. What does the text mostly tell us about?
     A. The black widow spider's enemy
     B. The habitat of black widow spiders
     C. The black widow spider in general
     D. The danger of black widow spiders 

32. What happens when an animal eats a black widow spider?
     A. The animal will soon die because of the venom
     B. The animal will get sick because of the venom
     C. The spider shows hourglass mark on its body
     D. The animal will become more aggressive 

33. What is the main food of the black widow spider?
     A. Fish
     B. Birds
     C. Insects
     D. Reptiles 

34. The underlined word in "... as long as female and have more slender bodies." is closest in meaning to ....
     A. Huge
     B. Small
     C. Slim
     D. Thick 

Read the following text to answer questions number 35 to 37.
I'm so happy to have a close friend. She is my beloved classmate, Fafa. We've known each other since we were in grade 8. We were in the same class, and we still are in grade 9 until now.

Fafa is a very kind and friendly girl. She is always ready to help other people. Although she comes from a rich family, she never looks down on other people. She is very sociable and has a lot of friends. She can interact easily with people from different ages. Therefore, she is also popular among teachers and parents.

35. What is the text about?
     A. The writer's sister
     B. The writer's family
     C. The writer's deskmate
     D. The writer's best friend 

36. What is the main idea of paragraph two?
     A. Fafa has good characters
     B. Fafa comes from a rich family
     C. Fafa is an eighth grader student
     D. Fafa is popular among neighbors 

37. The underlined word in "she can interact easily with people ..." is closest in meaning to ....
     A. React
     B. Introduce
     C. Influence
     D. Communicate 

Read the following text to answer questions number 38 to 40.
Once upon a time, there was a kingdom in Java that was attacked by another kingdom. The king asked his Queen to save her life. Alas! In the middle of the jungle, the enemy killed all her guards. However, the Queen was lucky because she changed herself into a golden snail and survived.

One day, an old woman saw the snail and took it home. She looked after it. Whenever the old woman was not at home, the snail turned into a human being. She cooked and did the household chores. When the old woman got home, the Queen quickly changed into a snail again. It happened several times and made the old woman curious. One day, the old woman peeped and saw what was going on. She broke in, immediately. She asked, "Why did you change yourself into a snail?". The Queen told her what happened. The old woman was surprised to know that the snail was a Queen.

Later, from the head of the village they discovered that the king had won the battle and he was looking for his wife. Then the village head sent a message to the king telling him that his wife was safe.

Several days later, the King and his guards came for the queen. They thanked the villagers for their kindness and brought the old women to their palace.

38. What happened when the old woman found the snail?
     A. She reported it to the head of the village
     B. She helped it to find the queen's husband
     C. It helped cleaning and cooking in her house
     D. She brought it to her house and took care of it 

39. What does the second paragraph tell you about?
     A. The queen lived as a golden snail
     B. The enemy who attacked the kingdom
     C. The old woman who looked after a snail
     D. The king's guards who were killed by enemy 

40. In the end of the story, the old woman live in ....
     A. The king's palace
     B. A small village
     C. The village heads
     D. The middle of the jungle 

Read the following text to answer questions number 41 to 43.
Adult butterflies can only feed on ... (41) ... usually nectar. Their mouth parts are modified to enable them to drink, but they cannot chew solids. A proboscis, which functions ... (42) ... a drinking straw, stays curled up under the butterfly's chin until it finds a source of nectar or other liquid nutrition. It then opens the long, tubular structure and ... (43) ... up the nectar.
41.
     A. Fruits
     B. Mud
     C. Leaves
     D. Liquids 

42.
     A. For
     B. In
     C. At
     D. As 

43.
     A. Touches
     B. Drinks
     C. Brings
     D. Sets 

Read the following text to answer questions number 44 to 46.
Lying on a sofa, Risma laughed remembering what she experienced last holiday. On that ... (44) ... Risma and her classmate planned to climb a mountain. They agreed to meet at a bus stop in front of a big mall in the city. When she reached the bus stop, she could not find her friends. She saw no one in front of the bus except the driver. Risma wondered if she came too early. She ... (45) ... she was mistaken about the time. The driver then asked her to get on the bus.  ... (46) ... she got in, Risma was very surprised and embarrassed to know there were no one in the bus except her and the driver. As the bus left, she realized that she mistakenly came to a wrong bus stop.
44.
     A. Day
     B. Seat
     C. Sofa
     D. Bus 

45.
     A. Asked
     B. Thought
     C. Stated
     D. Cried 

46.
     A. As soon as
     B. In order
     C. So that
     D. If only 

47. Arrange the following words into a correct sentence !

When
1
in
2
came
3
a
4
were
5
stranger
6
sleeping
7
they
8
The correct arrangement is ....
     A. 1 – 8 – 3 – 1 – 4 – 6 – 5 – 7
     B. 1 – 3 – 2 – 8 – 5 – 7 – 4 – 8
     C. 8 – 5 – 7 – 1 – 4 – 6 – 3 – 2
     D. 8 – 5 – 1 – 4 – 3 – 6 – 2 – 7 

Arrange the following words into a correct sentence.
48.
1. Joko 2. but 3. go 4. doesn't 5. students 6. to 7. all 8. agree

The correct arrangement is ....
     A. 1 – 3 – 2 – 7 – 5 – 4 – 6 – 8
     B. 1 – 4 – 8 – 6 – 3 – 2 – 7 – 5
     C. 7 – 5 – 4 – 8 – 6 – 3 – 2 – 1
     D. 7 – 5 – 8 – 6 – 3 – 2 – 1 – 4 

Arrange the following sentences into a correct paragraph.
49. 1. Aim carefully at the pins at the end of the lane.
2. Cheer if you are happy with the score.
3. Finally, crouch down and roll the ball toward the pins.
4. Firstly, pick up the ball carefully with your thumb, middle and ring fingers.
5. Then take a step forward toward it.
6. Next, as you take the next two steps swing the ball behind you forward.
The correct arrangement is ....
     A. 1 – 4 – 5 – 6 – 2 – 3
     B. 1 – 4 – 5 – 6 – 3 – 2
     C. 4 – 1 – 5 – 6 – 2 – 3
     D. 4 – 1 – 5 – 6 – 3 – 2 

Arrange the following sentences into a correct paragraph.
50. 1. A subway is a train that runs underground.
2. People save a lot of money and time by using it.
3. Transportation is the way people travel from one place to another.
4. It is cheap and runs fast.
5. In big cities, many people use buses and subway to get around.
The correct arrangement is ....
     A. 3 – 1 – 5 – 4 – 2
     B. 3 – 5 – 1 – 2 – 4
     C. 5 – 1 – 2 – 4 – 3
     D. 5 – 2 – 1 – 4 – 3 

Lihat...Pembahasan prediksi soal 2 UNBK/UNKP.

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Cara Budidaya Ikan Nila yang Menghasilkan Puluhan Juta Rupian Perbulan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara detail Cara Budidaya Ikan Nila yang Menghasilkan Puluhan Juta Rupian Perbulan. 

Ada beberapa hal penting yang harus di lakukan dalam budidaya ikan nila yakni, teknik pengelolaan air, pemberian pakan, dan pengendalian penyakit pada ikan nila.


Berikut pembahasannya secara detail Cara Budidaya Ikan Nila yang Menghasilkan Puluhan Juta Rupian Perbulan:


A. Pengelolaan Air

Pengelolaan air merupakan hal yang paling penting untuk menjaga kualitas air. Kualiatas air bisa di lihat dari kandungan Oksigen dan pH air.

Jika kadar oksigen pada kolam ikan nila mulai menurun, maka dulur-dulur bisa memperderas sirkulasi air dengan memperbesar debit air pada kolam.

Dulur-dulur bisa memberikan Suplemen Organik Cair Spesialis Ikan GDM yang berfungsi untuk menjaga kualitas air, karena bakteri yang terkandung dalam SOC GDM dapat mengurai sisa pakan yang mengendap pada kolam, sehingga dapat menekan kadar amoniak dan gas H2S.

B. Pemberian Pakan Ikan Nila

Ikan nila hanya membutuhkan pakan sebanyak 3% dari berat tubuhnya setiap hari. Dulur-dulur dapat memberikan pakan pada ikan nila diwaktu pagi dan sore harinya.

Jangan lupa untuk mengukur berat badan ikan nila setiap dua minggu sekali, dengan menggunakan sampel acak beberapa ikan nila. Dengan mengukur berat badan ikan nila, maka dulur-dulur dapat menentukan jumlah pakan yang diberikan setiap harinya.

Cara perhitungan jumlah pakan ikan nila
Contoh :

Dalam satu kolam terdapat 2000 ekor dengan berat 8-10 gram/ekor. Maka rata rata bobot ikan nila yaitu (8+10) : 2 = 9 gram/ekor
Sehingga perhitungan pakan ikan nila yaitu 9 x 2000 x 3% = 540 gram atau 5,4kg per harinya.

C. Pengendalian hama dan penyakit pada ikan nila

Pemicu terjadinya serangan penyakit pada ikan nila yaitu, karena ketidakseimbangan antara ikan nila dengan agen penyakit serta lingkungan.

Berikut hama dan penyakit yang menyerang pada budidaya ikan nila, serta cara mengendalikan hama dan penyakit ini:

a. Hama Notonecta (bebeasan)

Hama ini menyerang benih ikan nila yang masih kecil. Cara membasmi hama notonecta :

Cara membasmi hama notonecta ini dengan menuangkan minyak tanah ke permukaan air kolam sebanyak 500 cc/100 m2 untuk menekan populasi notonecta. Karena minyak tanah memiliki sifat yang mengapung di air, dengan demikian hama notonecta ini tidak dapat mengambil oksigen dari udara bebas dan akhirnya hama ini akan mati.

Minyak tanah ini tidak berbahaya pada ikan, karena ikan nila umumnya berada di dalam air.

Setelah hama notonecta ini mati, maka masukan air baru kedalam kolam serta dulur-dulur dapat membuka pembuangan air. Sehingga hama notonecta yang mati dapat terbuang bersama dengan minyak tanah.

b. Larva cybister (ucrit)

Hama larva cybister  atau yang biasa dikenal dengan nama ucrit atau kumbang air ini lebih berbahaya jika di banding notonecta. Hama ini biasanya menyerang benih ikan nila

Hama ucrit ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang seperti ulat dengan ukuran 3-5cm, bewarna kehijauan, bergerak cepat, memiliki taring yang berfungsi untuk menjepit badan ikan dan merobek badan ikan.

Ucrit tumbuh baik pada lingkungan kolam yang mengandung material organik.

Cara Membasmi Hama Ucrit :

  • Menangkap hama ucrit secara manual dengan menggunakan alat tangkap berupa seser.
  • Atau bisa juga menggunakan minyak tanah, dengan cara menyemprotkan minyak tanah ke permukaan kolam. Setelah ucrit mati, maka gantilah air kolam dengan yang baru
c. Penyakit Trichodina sp.

Penyakit Trichodina sp. memiliki berbentuk seperti piring terbang. Trichodina sp. merupakan ektoparasit yang ikan nila pada bagian kulit dan insang. Penyakit ini berkembang biak dengan cara pembelahan yang berlangsung di tubuh inang, mudah berenang secara bebas, dapat melepaskan diri dari inang dan mampu hidup lebih dari dua hari tanpa inang.

Cara mengobati ikan yang terserang penyakit Trichodina sp. yaitu dengan cara merendam ikan nila yang sakit kedalam larutan garam (NaCl) 500-1000 mg/liter selama 24 jam.

d. Penyakit Bercak merah

Bercak merah biasanya di sebabkan bakteri Aeromonas. Ciri-ciri ikan nila yang terkena penyakit bercak merah yaitu adanya pendaraharan pada bagian tubuh yang terserang, sisik mengelupas, perut membusung, ada borok/luka, ikan terlihat lemah dan sering muncul pada permukaan kolam.

Penyakit bercak merah ini biasanya membuat peternak ikan nila merasa kuatir, karena dapat menyebabkan kematin massal pada ikan nila. Penyakit ini mudah menular pada ikan-ikan lain yang berada pada satu lokasi kolam.

Cara pengobatan ikan yang terserang penyakit bercak merah yaitu Penyakit bercak merah ini dapat diobati dengan menggunakan antibiotik. Ikan nila yang dipelihara dengan menggunakan kolam tanah atau beton, maka antibiotik ini dapat digunakan dengan cara ditebar di kolam ataupun juga dapat diberikan dengan dicampur pakan ikan nila.

Antibiotik yang ditebar di kolam yaitu berupa PK atau bisa juga menggunakan obat lain yang serupa. Antibiotik PK ini dijual di toko-toko pertanian atau toko akuarium. Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup ikuti dosis dan cara penggunaannya yang tertera pada botol.

Sedangkan Antibiotik yang dicampur dengan pakan ini beda lagi ya lur, dulur-dulur dapat menggunakan antibiotik oxytetracyclin. Dengan dosis 50mg/kg pakan ikan nila. Antibiotik dapat dicampurkan dengan pakan selama 7 hingga 10 hari sampai ikan terlihat sembuh. Antibiotik oxytetracyclin ini dapat diperoleh di apotek.

Demikian Cara Budidaya Ikan Nila yang Menghasilkan Puluhan Juta Rupian Perbulan. Semoga bermanfaat.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi