Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

 

Pada kesempan ini kami berbagi Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Matematika Kelas 7, 8 dan 9_Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka ini meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, dan bentuk yang lain.

Jadi, kita sebagai pendidik bisa memakai model-model perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar bisa langsung digunakan pendidik untuk mengajar ataupun juga selaku rujukan ataupun inspirasi dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Maka dengan adanya perangkat ajar, seorang pendidik diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang terus menjadi bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan serta kebutuhan peserta didik.

Perangkat ajar CP, ATP, Modul Ajar, KKTP, Buku Bahan Ajar dan Bonus lainnya tingkat MTs/SMP ini meliputi mata pelajaran:

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab
  4. Pendidikan Pancasila
  5. Matematika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Informatika
  9. Seni Budaya
  10. Prakarya

Matematika merupakan ilmu atau pengetahuan tentang belajaratau berpikir logis yang sangat dibutuhkan manusia untuk hidupyang mendasari perkembangan teknologi modern. Matematikamempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu danmemajukan daya pikir manusia. Matematika dipandang sebagaimateri pembelajaran yang harus dipahami sekaligus sebagai alatkonseptual untuk mengonstruksi dan merekonstruksi materitersebut, mengasah, dan melatih kecakapan berpikir yangdibutuhkan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.

Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan peserta didikdalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif.Kompetensi tersebut diperlukan agar pembelajar memilikikemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasiuntuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, penuhdengan ketidakpastian, dan bersifat kompetitif.

Mata Pelajaran Matematika membekali peserta didik tentang cara berpikir, bernalar, dan berlogika melalui aktivitas mental tertentu yang membentuk alur berpikir berkesinambungan dan berujung pada pembentukan alur pemahaman terhadap materi pembelajaran matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi, relasi, masalah, dan solusi matematis tertentu yang bersifat formal-universal. 

Proses mental tersebut dapat memperkuat disposisi peserta didik untuk merasakan makna dan manfaat matematika dan belajar matematika serta nilai- nilai moral dalam belajar Mata Pelajaran Matematika, meliputi kebebasan, kemahiran, penaksiran, keakuratan, kesistematisan, kerasionalan, kesabaran, kemandirian, kedisiplinan, ketekunan, ketangguhan, kepercayaandiri, keterbukaan pikiran, dan kreativitas. 

Dengan demikian relevansinya dengan profil pelajar Pancasila, Mata PelajaranMatematika ditujukan untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik. Adapunmateri pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di setiapAljabar, Pengukuran, Geometri, Analisis Data dan Peluang, danKalkulus (sebagai pilihan untuk kelas XI dan XII).

Adapun perangkat CP, ATP, Modul Ajar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya yang kami bagikan meliputi: 

  1. Capaian Pembelajaran, Unduh
  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  3. Modul Ajar
  4. Program Semester
  5. Program Tahunan
  6. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
  7. Buku Bahan Ajar (Guru dan Siswa)
  8. Bonus-bonus:
  • Regulasi kurikulum merdeka
  • Dokumetasi kurikulum merdeka
  • Struktur kurikulum merdeka
  • Model profil pelajar pancasila
  • panduan KOSP SMP
  • Kalender pendidikan
  • Aplikasi raport
Untuk lebih lengkapnya, silahkan menghubungi admin via WhatsApp: 081997666360
Share:

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar IPA Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

 

Pada kesempan ini kami berbagi Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar IPA Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar IPA Kelas 7, 8 dan 9_Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka ini meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, dan bentuk yang lain.

Jadi, kita sebagai pendidik bisa memakai model-model perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar bisa langsung digunakan pendidik untuk mengajar ataupun juga selaku rujukan ataupun inspirasi dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Maka dengan adanya perangkat ajar, seorang pendidik diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang terus menjadi bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan serta kebutuhan peserta didik.

Perangkat ajar CP, ATP, Modul Ajar, KKTP, Buku Bahan Ajar dan Bonus lainnya tingkat MTs/SMP ini meliputi mata pelajaran:

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab
  4. Pendidikan Pancasila
  5. Matematika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Informatika
  9. Seni Budaya
  10. Prakarya

Ilmu pengetahuan (sains) merupakan sebuah sistem pengetahuan tentang dunia fisik serta fenomena terkait yang memerlukan observasi tanpa bias serta eksperimentasi yang sistematis (Gregersen, 2020). Ilmu pengetahuan berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Apa yang diketahui sebagai sebuah kebenaran ilmiah pada masa lampau mungkin mengalami pergeseran pada masa kini ataupun masa depan. Jadi, ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan perlu terus dikembangkan untuk mengungkap kebenaran dan memanfaatkannya untuk kehidupan.

Adapun perangkat CP, ATP, Modul Ajar IPA Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya yang kami bagikan meliputi: 

  1. Capaian Pembelajaran, Unduh
  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  3. Modul Ajar
  4. Program Semester
  5. Program Tahunan
  6. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
  7. Buku Bahan Ajar (Guru dan Siswa)
  8. Bonus-bonus:
  • Regulasi kurikulum merdeka
  • Dokumetasi kurikulum merdeka
  • Struktur kurikulum merdeka
  • Model profil pelajar pancasila
  • panduan KOSP SMP
  • Kalender pendidikan
  • Aplikasi raport
Untuk lebih lengkapnya, silahkan menghubungi admin via WhatsApp: 081997666360
Share:

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar IPS Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

 

Pada kesempan ini kami berbagi Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar IPS Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar IPS Kelas 7, 8 dan 9_Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka ini meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, dan bentuk yang lain.

Jadi, kita sebagai pendidik bisa memakai model-model perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar bisa langsung digunakan pendidik untuk mengajar ataupun juga selaku rujukan ataupun inspirasi dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Maka dengan adanya perangkat ajar, seorang pendidik diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang terus menjadi bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan serta kebutuhan peserta didik.

Perangkat ajar CP, ATP, Modul Ajar, KKTP, Buku Bahan Ajar dan Bonus lainnya tingkat MTs/SMP ini meliputi mata pelajaran:

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab
  4. Pendidikan Pancasila
  5. Matematika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Informatika
  9. Seni Budaya
  10. Prakarya

Indonesia merupakan bangsa dengan sumber daya manusia yang besar dan sumber daya alam yang melimpah, kaya dengan budaya, suku bangsa, bahasa, serta terdiri dari berbagai agama dan kepercayaan. Secara geografis letak Indonesia sangat strategis, sehingga menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang sangat diperhitungkan secara geopolitik dalam kancah internasional.

Indonesia di tahun-tahun mendatang akan mengalami bonus demografi, yaitu jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Keadaan ini membutuhkan solusi rasional serta terukur secara ilmiah, sehingga bonus demografi akan menjadi sumber kekuatan bangsa. Sumber daya manusia Indonesia terutama yang berusia produktif perlu memiliki kemampuan- kemampuan yang mendukungnya berkontribusi di masyarakat. Indonesia perlu menghasilkan sumber daya manusia yang mampu mengelola dan menjaga sumber daya alam untuk kesejahteraan bangsa berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan prinsip keadilan sosial. 

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran penting dalam hal ini. Akan tetapi, selama ini proses pembelajaran IPS lebih menekankan kepada  dimensi pengetahuan. Kurang  perhatian kepada dimensi keterampilan berpikir. Oleh karena itu dalam pembelajaran dengan paradigma baru diharapkan dimensi keterampilan berpikir lebih digali. Dengan pendekatan pembelajaran keterampilan proses yang berpusat pada peserta didik. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran penting dalam hal ini. Dengan  pendekatan  pembelajaran  inkuiri  yang  berpusat  pada peserta didik, Pendidikan IPS menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan   terkait   kehidupan  masyarakat dengan lingkungannya. 

Termasuk di dalamnya membangun komitmen  dan  kesadaran  terhadap  nilai-nilai sosial dan kemanusiaan yang akan menjadi modal untuk berkolaborasi dalam masyarakat yang majemuk, baik di tingkat lokal, nasional maupun global dengan tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa. Pendidikan IPS merupakan perpaduan cabang-cabang ilmu-ilmu sosial dan  humaniora termasuk di dalamnya agama, filsafat, dan pendidikan. IPS juga dapat mengambil aspek-aspek tertentu dan ilmu-ilmu kealaman serta teknologi.

Tujuan pembelajaran IPS adalah agar peserta didik memiliki kemampuan   untuk memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat serta memiliki keterampilan penting di tengah perkembangan dunia untuk bisa  berkontribusi menciptakan kondisi kehidupan yang lebih baik. Secara rinci tujuan pelajaran IPS adalah:

  • Memahami dan menganalisis konsep-konsep yang berkaitan dengan pola  dan persebaran keruangan, interaksi   sosial, pemenuhan kebutuhan, dan    kesejarahan    perkembangan kehidupan masyarakat;
  • Memiliki keterampilan dalam berpikir kritis, berkomunikasi, berkreativitas, dan berkolaborasi dalam kerangka perkembangan teknologi terkini;
  • Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan dan lingkungan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara sehingga mampu merefleksikan peran diri di tengah lingkungan sosialnya.
  • Menunjukkan hasil pemahaman konsep pengetahuan dan pengasahan keterampilannya dengan membuat   karya   atau melakukan aksi sosial.

Adapun perangkat CP, ATP, Modul Ajar IPS Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya yang kami bagikan meliputi: 

  1. Capaian Pembelajaran, Unduh
  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  3. Modul Ajar
  4. Program Semester
  5. Program Tahunan
  6. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
  7. Buku Bahan Ajar (Guru dan Siswa)
  8. Bonus-bonus:
  • Regulasi kurikulum merdeka
  • Dokumetasi kurikulum merdeka
  • Struktur kurikulum merdeka
  • Model profil pelajar pancasila
  • panduan KOSP SMP
  • Kalender pendidikan
  • Aplikasi raport
Untuk lebih lengkapnya, silahkan menghubungi admin via WhatsApp: 081997666360
Share:

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Pendidikan Pancasila (PPKn) Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

 

Pada kesempan ini kami berbagi Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Pendidikan Pancasila (PPKn) Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Pendidikan Pancasila (PPKn) Kelas 7, 8 dan 9_Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka ini meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, dan bentuk yang lain.

Jadi, kita sebagai pendidik bisa memakai model-model perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar bisa langsung digunakan pendidik untuk mengajar ataupun juga selaku rujukan ataupun inspirasi dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Maka dengan adanya perangkat ajar, seorang pendidik diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang terus menjadi bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan serta kebutuhan peserta didik.

Perangkat ajar CP, ATP, Modul Ajar, KKTP, Buku Bahan Ajar dan Bonus lainnya tingkat MTs/SMP ini meliputi mata pelajaran:

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab
  4. Pendidikan Pancasila
  5. Matematika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Informatika
  9. Seni Budaya
  10. Prakarya

Pada fase ini, peserta didik mampu:Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dankedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidupbangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara;memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegaradari masa ke masa; mengidentifikasi hubungan Pancasila denganUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari;dan mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandanganhidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global denganmenggunakan sudut pandang Pancasila.

Memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memahamiUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945sebagai sumber hukum tertinggi; memahami bentuk pemerintahanyang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia;memahami peraturan perundang-undangan dan tata urutannya;dan mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkanhak dan kewajiban warga negara.

Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras danantargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dan mampumenerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatukenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, danmenanggapi secara proporsional terhadap kondisi yang ada dilingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada dimasyarakat; memahami urgensi pelestarian nilai tradisi, kearifanlokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi,kearifan lokal dan budaya; dan menumbuhkan sikap tanggungjawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktiknilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global.

Mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalamkonteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; menjaga keutuhanwilayah NKRI; menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasarioleh nilai-nilai Pancasila serta menunjukkan contoh serta praktikkemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaaninformasi; mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia,kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaganegara, hubungan negara dengan warga negara baik dibidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanandan keamanan; dan menyusun laporan singkat tentang sistempemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, danhubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negaradengan warga negara.

Adapun perangkat CP, ATP, Modul Ajar Pendidikan Pancasila (PPKn) Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya yang kami bagikan meliputi: 

  1. Capaian Pembelajaran, Unduh
  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  3. Modul Ajar
  4. Program Semester
  5. Program Tahunan
  6. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
  7. Buku Bahan Ajar (Guru dan Siswa)
  8. Bonus-bonus:
  • Regulasi kurikulum merdeka
  • Dokumetasi kurikulum merdeka
  • Struktur kurikulum merdeka
  • Model profil pelajar pancasila
  • panduan KOSP SMP
  • Kalender pendidikan
  • Aplikasi raport
Untuk lebih lengkapnya, silahkan menghubungi admin via WhatsApp: 081997666360
Share:

Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

 

Pada kesempan ini kami berbagi Link Unduh CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya.

Unduh CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia_Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal dasar untuk belajar dan  bekerja  karena  berfokus  pada  kemampuan  literasi  (berbahasa dan berpikir). Kemampuan literasi menjadi indikator kemajuan dan perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri peserta didik sebagai komunikator, pemikir kritis-kreatif-imajinatif dan warga negara Indonesia yang menguasai literasi digital dan informasional. Pembelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan literasi dalam semua peristiwa komunikasi yang mendukung keberhasilan dalam pendidikan dan dunia kerja.

Mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  membentuk  keterampilan berbahasa reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan keterampilan berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menulis). Kompetensi berbahasa ini berdasar pada tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung untuk mengembangkan kompetensi peserta didik, yaitu bahasa (mengembangkan kompetensi kebahasaan), sastra (kemampuan memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan mencipta karya sastra); dan berpikir (kritis, kreatif, dan imajinatif). Pengembangan kompetensi berbahasa, bersastra, dan berpikir diharapkan membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan literasi tinggi dan berkarakter Pancasila.

1. Mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup kemampuan reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan kemampuan produktif (berbicara dan mempresentasikan, menulis).

2. Mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan berbasis genre melalui pemanfaatan beragam tipe teks dan teks multimodal (lisan, tulis, visual, audio, audiovisual). Model pembelajaran menggunakan pedagogi genre, yaitu: penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction); serta kegiatan yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, dan imajinatif dalam proses pembelajaran.

3. Mata pelajaran Bahasa Indonesia dibelajarkan untuk meningkatkan:

a. kecakapan  hidup  peserta  didik  dalam  mengelola  diri  dan lingkungan;

b. kesadaran dan kepedulian peserta didik terhadap lingkunganalam, sosial, dan budaya.

Kaitannya dengan CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia, maka perangkat ajar ataupun perangkat pembelajaran ialah beberapa bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang hendak digunakan dalam pembelajaran.

Jadi, perangkat pembelajaran merupakan sekumpulan media ataupun fasilitas yang digunakan oleh guru serta siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Oleh karena itu, perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka ialah bermacam bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya menggapai Profil Pelajar Pancasila serta Capaian Pembelajaran (CP).

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka bisa meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, dan bentuk yang lain.

Jadi, kita sebagai pendidik bisa memakai model-model perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar bisa langsung digunakan pendidik untuk mengajar ataupun juga selaku rujukan ataupun inspirasi dalam merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Maka dengan adanya perangkat ajar, seorang pendidik diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang terus menjadi bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan serta kebutuhan peserta didik.

Perangkat ajar CP, ATP, Modul Ajar, KKTP, Buku Bahan Ajar dan Bonus lainnya tingkat MTs/SMP ini meliputi mata pelajaran:

  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris
  3. Bahasa Arab
  4. Pendidikan Pancasila
  5. Matematika
  6. IPA
  7. IPS
  8. Informatika
  9. Seni Budaya
  10. Prakarya

Adapun perangkat CP, ATP, Modul Ajar Bahasa Indonesia  Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap Bonusnya yang kami bagikan meliputi: 

  1. Capaian Pembelajaran, Unduh
  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  3. Modul Ajar
  4. Program Semester
  5. Program Tahunan
  6. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
  7. Buku Bahan Ajar (Guru dan Siswa)
  8. Bonus-bonus:
  • Regulasi kurikulum merdeka
  • Dokumetasi kurikulum merdeka
  • Struktur kurikulum merdeka
  • Model profil pelajar pancasila
  • panduan KOSP SMP
  • Kalender pendidikan
  • Aplikasi raport
Untuk lebih lengkapnya, silahkan menghubungi admin via WhatsApp: 081997666360
Share:

The Generic Structure of Sangkuriang (Paragraph 1-5)

 

Pada kesempatan ini berbagi The Generic Structure of Sangkuriang (Paragraph 1-5). 

Cerita rakyat Sangkuriang adalah salah satu legenda yang berawal dari Jawa Barat. Cerita rakyat ini berkaitan dengan legenda Tangkuban Perahu, salah satu gunung berapi aktif di Jawa Barat.

The Generic Structure of Sangkuriang (Paragraph 1-5)

1. Orientation

Dayang Sumbi was a beautiful and kind hearted princess, but sometimes she was very lazy. Her hobby was weaving cloth. One day her weaving tool fell. Tumang, a male dog, came to bring her tool back to her. As she had promised, she married him. Tuman was actually a man who had been cursed by a witch to become a dog. But sometimes I could turn back to a normal man. Dayang Sumbi and Tumang got one son. His name was Sangkuriang. He did not know that Tumang was his father because he was a dog whenever he was with him. Tumang always accompanied Sangkuriang whenever he went hunting in the woods.  

2. Complications

When he was twelve years old, Dayang Sumbi asked Sangkuriang to bring her deer's heart. But after many days in the woods, he could not find a deer. He did not want to disappoint his mother, so he killed Tumang and brought his heart home and gave it to his mother. Because of her love to Tumang, Dayang Sumbi knew, it was his heart not a deer's heart. She got very angry at Sangkuriang. She hit him with a piece of wood on his forehead and told him to go away. Badly wounded, Sangkuriang left her and the village.

One day Sangkuriang went back to his village. He was big and strong. There he met a beautiful young woman. He fell in love with her at first sight. He did not know that she was Dayang Sumbi. She could never get older because she was granted eternal youth by the gods

One day he approached Dayang Sumbi to propose her. Dayang Sumbi saw the bad scar on his forehead. She soon realized that he was her own son, Sangkuriang. She told him the truth again and again but he would not believe her. She was thinking hard to find a way not to marry him. Then she got an idea. She gave him a task which she thought was impossible for him to do. She asked him to make her a lake and a boat in one night. She did not know Sangkuriang had genies to help him to do the task.

3. Resolution

By dawn both the lake and the boat were almost done. Dayang Sumbi got very worried. She was thinking hard again to find a way to fail him. Then she had an idea. She asked the people in the village to burn the woods in the east, so that the light made all the cocks in the village crow. The genies thought that the morning was almost broken. They ran away as fast they could, leaving the boat unfinished. Knowing Dayang Sumbi cheated him, Sangkuriang got very angry. He kicked the boat so hard that it went upside down. It is now known as Mount Tangkuban Perahu.

Artinya:

Struktur Generik Sangkuriang

1. Orientasi

Dayang Sumbi adalah seorang putri yang cantik dan baik hati, tapi terkadang dia sangat malas. Hobinya adalah menenun kain. Suatu hari alat tenunnya jatuh. Tumang, seekor anjing jantan, datang untuk membawa alatnya kembali padanya. Seperti yang dia janjikan, dia menikah dengannya. Tuman sebenarnya adalah laki-laki yang dikutuk oleh laki-laki menjadi anjing. Tapi terkadang saya bisa kembali menjadi pria normal. Dayang Sumbi dan Tumang memiliki seorang putra. Namanya Sangkuriang. Dia tidak tahu bahwa Tumang adalah ayahnya karena dia adalah seekor anjing setiap kali bersamanya. Tumang selalu menemani Sangkuriang setiap kali pergi berburu di hutan.

2. Komplikasi

Saat berusia dua belas tahun, Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membawakan jantung rusa miliknya. Tapi setelah berhari-hari di hutan, dia tidak bisa menemukan seekor rusa. Dia tidak ingin mengecewakan ibunya, jadi dia membunuh Tumang dan membawa pulang hatinya dan memberikannya kepada ibunya. Karena cintanya pada Tumang, Dayang Sumbi tahu, itu hatinya bukan hati rusa. Dia menjadi sangat marah pada Sangkuriang. Dia memukulnya dengan sepotong kayu di dahinya dan menyuruhnya pergi. Terluka parah, Sangkuriang meninggalkan dia dan desanya.

Suatu hari Sangkuriang kembali ke desanya. Dia besar dan kuat. Di sana dia bertemu dengan seorang wanita muda yang cantik. Dia jatuh cinta padanya pada pandangan pertama. Dia tidak tahu bahwa dia adalah Dayang Sumbi. Dia tidak pernah bisa menjadi lebih tua karena dia diberikan pemuda abadi oleh para dewa

Suatu hari dia mendekati Dayang Sumbi untuk melamarnya. Dayang Sumbi melihat bekas luka dikeningnya. Dia segera menyadari bahwa dia adalah putranya sendiri, Sangkuriang. Dia mengatakan yang sebenarnya berulang kali tetapi dia tidak akan mempercayainya. Dia berpikir keras untuk menemukan cara agar tidak menikah dengannya. Lalu dia mendapat ide. Dia memberinya tugas yang menurutnya tidak mungkin dia lakukan. Dia memintanya untuk membuatkan dia danau dan perahu dalam satu malam. Dia tidak tahu Sangkuriang punya jin untuk membantunya melakukan tugas itu.

3. Resolusi

Saat fajar, danau dan perahu hampir selesai. Dayang Sumbi menjadi sangat khawatir. Dia berpikir keras lagi untuk menemukan cara untuk menggagalkannya. Lalu dia punya ide. Dia meminta orang-orang di desa untuk membakar hutan di timur, agar cahaya membuat semua ayam di desa berkokok. Para jin mengira pagi sudah hampir pecah. Mereka lari secepat mungkin, meninggalkan perahu yang belum selesai. Mengetahui bahwa Dayang Sumbi menipu dia, Sangkuriang menjadi sangat marah. Dia menendang perahu itu begitu keras hingga perahu itu terbalik. Sekarang dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

PEMBAHASAN:

Narrative is a text that aims to entertain and interest the reader by presenting a story or event that has a problem that causes conflict and at the end of the story there is a resolution or a happy or even sad ending.

The Generic Structure of narrative text

  • Orientation: background story, explaining the people involved in the story, when and where the story happened
  • Complications: when problems arise in the story
  • Resolution: the crisis or problem is resolved, for better or worse.
Share:

Soal PPPK Guru TK/PAUD Tahun 2022 Lengkap Jawaban.


Unduh Soal PPPK Guru TK/PAUD Tahun 2022 Lengkap Jawaban

Soal PPPK Guru TK/PAUD Tahun 2022_Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.    

Bagi Pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi I dapat memilih kembali formasi dalam instansi kewenangan yang sama. Adapun Seleksi kompetensi II dapat diikuti oleh: 

a. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I; 

b. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi I; 

c. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik; dan 

d. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek.  

Berikut Unduh Soal PPPK Guru TK/PAUD Tahun 2022, Unduh

NEW INFO Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung channel ini dengan cara like, subscribe, comment dan share.



Pada kesempatan ini juga, kami berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 pelajaran agama dan umum tingkat pendidikan sebagai persiapan dalam menghadapi semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi