Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Soal UNBK Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020.


Dalam menghadapi ujian Nasioanal nanti, kami berbagi Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini dilengkapi jawaban sebagai persiapan dalam ujian nasional nantinya agar bisa menjawab soal dengan mudah.

Berikut ini Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Bacalah kutipan cerita berikut!
Diana Nastiti. Gadis hitam manis yang pendiam. Rumah hanya dua ratus meter dari rumah Ema. Ibu Diana seorang guru SMA dan ayahnya seorang dosen. Sewaktu kecil dulu Ema dan Diana suka main bersama. Namun, sejak SMP, mereka tidak lagi dekat. Namun begitu, setiap kabar Diana masih selalu Ema ikuti. Bahkan, tingkah dan gayanya karena sejak dulu da ingin “seperti” Diana.
“Lihat Diana, dia anak rajin, tekun...” selalu seperti itu kalimat yang  Ema dapat dari ibunya. Kalimat yang membuatnya merasa dipaksa untuk berhadapn dengan cermin cekung dan bayangannya tampak begitu kecil.

Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Ema merasa bersaing dengan Diana
B. rasa cemburu Ema terhadap prestasi Diana
C. Ibu Ema yang menginginkan Ema seperti Diana
D. Ema harus berprestasi seperti Diana

2. Setiap hari Pak Parjan membersihkan lingkungan SMP Harapan . Kebersihan lingkungan sekolah selalu terjaga. Semua ruang, termasuk kelas, selalu bersih. Para wali kelas tidak mengetahui hal itu. [...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Di SMP Harapan Parjan bertugas dengan baik tak pernah pamer.
B. Mereka berharap agar semua siswa selalu menjaga kebersihan kelasnya.
C. Itu terswujud karena Parjan bekerja dengan baik dan tidak banyak bicara.
D. Mereka mengira kebersihan itu berkat kerja siswa yang dibimbingnya.

3. Perhatikan kalimat berikut!
Bu Rudi amat sangat ingin sekali pergi ke Musium Angkut, Malang.

Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut adalah ....
A. Bu Rudi ingin pergi sekali ke Museum Angkut, Malang.
B. Bu Rudi amat sangat ingin pergi ke Museum Angkut, Malang.
C. Bu Rudi sangat ingin sekali pergi ke Museum Angkut, Malang.
D. Bu Rudi sangat ingin sekali pergi ke Museum Angkut, Malang.

4. Bacalah teks berikut!
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI akan mendirikan rumah budaya Indonesia di delapan negara yang dianggap strategis di dunia. Delapan negara tersebut di antaranya Amerika, Belanda, dan Prancis. Rumah budaya ini memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat dunia.

Rumah budaya tersebut semakin menegaskan Indonesia sebagai satu-satunya tempat bagi dunia dalam membangun dialog kebudayaan. Rumah budaya juga memberi dampak citra positif kehidupan budaya Indonesia pada masyarakat di negara-negara yang dipandang strategis tersebut.

Ringkasan teks tersebut adalah ....
A. Rumah budaya akan didirikan oleh Kemdikbud RI sebagai tempat bagi dunia untuk berdialog mengenai kebudayaan.
B. Kemdikbud RI akan memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada masyarakat di negara-negara yang dipandang strategis.
C. Kemdikbud akan mendirikan rumah budaya di delapan negara yang menegaskan Indonesia satu-satunya tempat membangun dialog kebudayaan.
D. Rumah budaya akan didirikan sebagai sarana untuk membari dampak citra positif kebudayaan Indonesia kepada masyarakat dunia.

5. Perhatikan teks berikut!
Kami ingin menghadiri pertunjukan konser Aliandro di senayan Jakarta. [...] hujan turun sangat deras [...] pertunjukan itu dibatalkan.
A. sehingga, maka
B. hingga, karena
C. karena, maka
D. namun, sehingga

6. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Danta menyandar di kursi sambil menguap. Malam tadi ia terlambat tidur karena harus merampungkan sebuah tulisan yang dipesan sebuah majalah. Ia memajamkan matanya hingga pelayan datang dan meletakkan minuman yang dipesan di depannya. Begitu pelayan pergi ia meneguk sari jeruk segar itu hingga setengah gelas.

Penggunaan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat adalah ....
A. Saya menyandar di kursi sambil menguap. Malam tadi kami terlambat tidur karena harus merampungkan sebuah tulisan yang dipesan sebuah majalah. Saya memajamkan mata hingga pelayan datang dan meletakkan minuman yang kupesan di depanku. Begitu pelayan pergi saya meneguk sari jeruk segar itu hingga setengah gelas.

B. Saya menyandar di kursi sambil menguap. Malam tadi saya terlambat tidur karena harus merampungkan sebuah tulisan yang dipesan sebuah majalah. Saya memajamkan mataku hingga pelayan datang dan meletakkan minuman yang kupesan di depanku. Begitu pelayan pergi saya meneguk sari jeruk segar itu hingga setengah gelas.

C. Aku menyandar di kursi sambil menguap. Malam tadi aku terlambat tidur karena harus merampungkan sebuah tulisan yang dipesan sebuah majalah. Mereka memajamkan mataku hingga pelayan datang dan meletakkan minuman yang kupesan di depanku. Begitu pelayan pergi kumeneguk sari jeruk segar itu hingga setengah gelas.

D. Saya menyandar di kursi sambil menguap. Malam tadi saya terlambat tidur karena harus merampungkan sebuah tulisan yang dipesan sebuah majalah. Saya memajamkan matanya hingga pelayan datang dan meletakkan minuman yang kupesan di depanku. Begitu pergi saya meneguk sari jeruk segar itu hingga setengah gelas.

7. Bacalah kutipan cerita berikut!
“Iya, Pak. Apa yang Bang Ikhlas omongin itu bener. Bapak berhenti aja. Mas Rombli malah mengajak Bapak tinggal bersama kami,” kali ini putrinya, Siti Fatimah, memberi jalan keluar.

Pernyataan yang sesuai dengan dialog pada kutipan cerita di adalah ...
A. Seorang putri membujuk bapak untuk berhenti bekerja.
B. Seorang Bapak dibujuk putirnya untuk berhenti bekerja.
C. Seorang Bapak diberikan jalan keluar oleh Fatimah putrinya.
D. Seorang Bapak diberikan jalan keluar masalah oleh anak-anaknya.

8. Bacalah kutipan cerita berikut!
Pada siang hari akhir musim gugur tampak satu keluarga semut yang bekerja keras sepanjang musim panas. Keluarga semuat bekerja sama mengumpulkan makanan. Mereka suka bekerja sama mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah mereka kumpulkan selama musim panas. Saat itu seekor belalang yang kelaparan dengan sebuah biola di tangannya datang. Belalang tersebut memohon agar keluarga semut memberikan sedikit makanan untuk dirinya.

Kebiasaan keluarga semut pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. bekerja keras
B. bekerja serabutan
C. bermain biola
D. bermalas-malasan


Download juga:


Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN

Demikian Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020, semoga bermanfaat.
Share:

Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang para guru tanpa tanda jasa, salam kepada rekan-rekan guru MTs NW Boro'Tumbuh semoga ilmu yang kita ajarkan bernilai ibadah dan amal jariyah yang terus mengalir hingga akhir masa. 

Pada kesempatan ini, kami berbagi Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

Lihat juga...Contoh Terbaru Bentuk Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Kurikulum 2013.

Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Lihat juga...Contoh Format RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami berbagi Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:
  1. Analisis Kompetensi
  2. Analisis Alokasi Waktu
  3. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
  4. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
  5. Format Penentuan KKM
  6. Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD
  7. Program Tahunan
  8. Program Semester
  9. KI-KD
  10. KKM
  11. RPP
  12. Silabus 
  13. Format penilaian, dan lainnya.
Berikut Kumpulan Perangkat Agama K13 Kelas 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 :

1. Bahasa Indonesia
  • Kelas 9

2. Bahasa Inggris
  • Kelas 9

3. Bahasa Arab
  • Kelas 9

4. Matematika
  • Kelas 9

5. Ilmu Pengetahuan Alam
  • Kelas 9

      6. Ilmu Pengetahuan Sosial
      • Kelas 9

      7. PPKn
      • Kelas 9

      8. Penjaskes
      • Kelas 9

      9. Seni Budaya dan Keterampilan
      • Kelas 9

      10. Prakarya
      • Kelas 9

      11. Informatika
      • Kelas 9
      Berminat? 

      Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat filenyanya, silahkan langsung menghubungi admin via WA : 081997666360.


      Download juga:

      Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN


      Demikian, semoga aplikasi ini bermanfaat di dunia Pendidikan Indonesia.
      Share:

      Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


      Selamat datang para guru tanpa tanda jasa, salam kepada rekan-rekan guru MTs NW Boro'Tumbuh semoga ilmu yang kita ajarkan bernilai ibadah dan amal jariyah yang terus mengalir hingga akhir masa. 

      Pada kesempatan ini, kami berbagi Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

      Lihat juga...Contoh Terbaru Bentuk Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Kurikulum 2013.

      Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

      Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

      Lihat juga...Contoh Format RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

      Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami berbagi Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:
      1. Analisis Kompetensi
      2. Analisis Alokasi Waktu
      3. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
      4. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
      5. Format Penentuan KKM
      6. Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD
      7. Program Tahunan
      8. Program Semester
      9. KI-KD
      10. KKM
      11. RPP
      12. Silabus 
      13. Format penilaian, dan lainnya.
      Berikut Kumpulan Perangkat Agama K13 Kelas 8 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 :

      1. Bahasa Indonesia
      • Kelas 8

      2. Bahasa Inggris
      • Kelas 8

      3. Bahasa Arab
      • Kelas 8

      4. Matematika
      • Kelas 8

      5. Ilmu Pengetahuan Alam
      • Kelas 8

          6. Ilmu Pengetahuan Sosial
          • Kelas 8

          7. PPKn
          • Kelas 8

          8. Penjaskes
          • Kelas 8

          9. Seni Budaya dan Keterampilan
          • Kelas 8

          10. Prakarya
          • Kelas 8

          11. Informatika
          • Kelas 8
          Berminat? 

          Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat filenyanya, silahkan langsung menghubungi admin via WA : 081997666360.


          Download juga:

          Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN


          Demikian, semoga aplikasi ini bermanfaat di dunia Pendidikan Indonesia.
          Share:

          Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


          Selamat datang para guru tanpa tanda jasa, salam kepada rekan-rekan guru MTs NW Boro'Tumbuh semoga ilmu yang kita ajarkan bernilai ibadah dan amal jariyah yang terus mengalir hingga akhir masa. 

          Pada kesempatan ini, kami berbagi Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

          Lihat juga...Contoh Terbaru Bentuk Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Kurikulum 2013.

          Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

          Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

          Lihat juga...Contoh Format RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

          Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami berbagi Kumpulan Perangkat Umum K13 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari:
          1. Analisis Kompetensi
          2. Analisis Alokasi Waktu
          3. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
          4. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
          5. Format Penentuan KKM
          6. Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD
          7. Program Tahunan
          8. Program Semester
          9. KI-KD
          10. KKM
          11. RPP
          12. Silabus 
          13. Format penilaian, dan lainnya.
          Berikut Kumpulan Perangkat Agama K13 Kelas 7 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020 :

          1. Bahasa Indonesia
          • Kelas VII

          2. Bahasa Inggris
          • Kelas VII

          3. Bahasa Arab
          • Kelas VII

          4. Matematika
          • Kelas VII

          5. Ilmu Pengetahuan Alam
          • Kelas VII

              6. Ilmu Pengetahuan Sosial
              • Kelas VII

              7. PPKn
              • Kelas VII

              8. Penjaskes
              • Kelas VII

              9. Seni Budaya dan Keterampilan
              • Kelas VII

              10. Prakarya
              • Kelas VII

              11. Informatika
              • Kelas VII
              Berminat? 

              Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat filenyanya, silahkan langsung menghubungi admin via WA : 081997666360.


              Download juga:

              Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN


              Demikian, semoga aplikasi ini bermanfaat di dunia Pendidikan Indonesia.
              Share:

              Cara Mengevaluasi Tingkat Ketakwaan di Tahun Baru Islam.


              Tahun baru Hijriyah kerap dijadikan momentum untuk mengevaluasi diri. Berbagai harapan untuk dapat menjalani tahun baru yang lebih baik tentu juga menjadi harapan seluruh umat Islam.

              Bagaimana seharusnya umat Islam merayakan Tahun Baru Islam?

              Perayaan Tahun Baru Hijriyah jangan dirayakan seperti merayakan tahun baru Masehi. Tahun baru Hijriyah sebaiknya diisi dengan kegiatan kegiatan positif atau hal lain yang bisa membantu kita mengevaluasi diri serta mempermudah kita menyusun rencana hidup yang lebih baik pada tahun berikutnya, baik target dunia maupun akhirat. Agar keduanya dapat berjalan selaras dan seimbang.

              Apa cara terbaik merayakan Tahun Baru Islam?

              Menyambut 1 Muharram itu cukup dengan mengadakan pengajian, diskusi, seminar keagamaan, muhasabah atau evaluasi, baik itu evaluasi terhadap umat, bangsa, maupun personal. Jika didasarkan pada Alquran, hal pertama yang perlu dievaluasi adalah takwa dan ditutup dengan takwa pula. Jadi, bukan hanya karier, harta, jabatan, atau urusan duniawi lain yang perlu dievalusi, justru yang terpenting adalah evaluasi ketakwaan.

              Bagaimana cara mengevaluasi tingkat ketakwaan?

              Evaluasi ketakwaan bisa dilihat dari tiga aspek, yaitu iman, Islam, dan ihsan. Pertama, tinggi rendahnya keimanan dapat dilihat dari sisi tauhid, seperti memastikan tidak adanya perbuatan syirik, suuzan, atau kemusyrikan yang dilakukan pada tahun sebelumnya.

              Kedua, evaluasi tentang Islam. Islam intinya adalah rukun Islam, seperti tentang shalat yang dikerjakan selama ini sudah tertib atau belum? Jika sudah tertib, istiqamah berjamaah atau tidak? Lalu, bisakah memaknai shalat itu bagi kehidupan?

              Itu semua harus dipastikan untuk mengetahui tingkat keislaman. Karena orang yang dapat melaksanakan shalat dengan baik, tentu jauh dari perbuatan keji dan mungkar. 

              Jika seseorang masih melakukan kemungkaran, dapat dipastikan shalatnya belum efektif dan belum berpengaruh dalam kehidupannya.

              Ketiga, evaluasi tentang ihsan, yaitu akhlak, baik akhlak pribadi, sosial, maupun akhlak di ruang umum. Akhlak pribadi dilihat dari kebiasaan seseorang, apakah sudah sesuai ajaran Islam atau belum.

              Selanjutnya adalah akhlak publik, yaitu mengevaluasi perilaku saat berada di tempat umum, seperti jalan raya, ruang-ruang umum, baik saat antre, buang sampah, maupun bertegur sapa.

              Terakhir, akhlak sosial. Ini penting agar seseorang mampu mengetahui akhlaknya bagi sesama, baik kepada orang miskin, anak telantar, yatim, dll.

              Menurut saya, itu yang paling substantif dievaluasi. Intinya adalah ketakwaan sangat perlu dievaluasi untuk menyambut tahun baru Islam.

              Bagaimana mendorong perkembangan Islam pada era globalisasi seperti saat ini?

              Saat ini zaman memang sangat modern, bahkan banyak orang memutuskan berhijrah dengan cara yang lebih modern, salah satunya melalui media sosial. Maka dari itu, para mubaligh dan aktivis dakwah sangat perlu memanfaatkan keberadaan media untuk berdakwah.

              Jadi, tidak perlu mencela atau berburuk sangka bahwa anak zaman sekarang malas pergi ke masjid atau malas mendengarkan ceramah agama karena mereka sangat mungkin belajar agama melalui media sosial.

              Bagaimana cara memastikan dakwah melalui media sosial tetap searah dengan ajaran Alquran dan sunah?

              Jalur dakwah di media sosial memang tidak ada kontrolnya. Jadi, sulit untuk membatasi materi yang disampaikan. Jika ketemu topik ceramah di media sosial yang sesuai dengan Alquran dan sunah dan mengajak pada Islam yang damai, ya itu alhamdulillah. 

              Namun, tetap ada kemungkinan dakwah yang didengar di media sosial itu juga mengandung muatan yang menyimpang atau mungkin mengarah pada hal negatif.

              Maka dari itu, media sosial perlu diisi oleh topik dakwah yang baik karena memang generasi saat ini lebih akrab dengan media sosial. Para mubaligh dan dai juga disarankan dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah berdakwah.

              Walaupun perlu diakui bahwa saat seseorang belajar melalui media sosial, maka tujuan dakwah, topik ceramah, dan sesi diskusi, tidak akan mudah didapat seperti halnya mengikuti pengajian langsung di masjid.

              Demikian, semoga bermanfaat.
              Share:

              Contoh Format RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.


              Selamat datang para pendidik, semoga bisa banyak memberikan kontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. 

              Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Format RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Versi 2021.

              Dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran baru 2019/2020 ini, seorang guru atau pendidik dituntut harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

              Berkaitan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. 

              Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. 

              Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. 

              “Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.

              SIARAN PERS Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”


              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

              Satuan Pendidikan : ......................
              Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia
              Tahun Pelajaran : 2019/2020
              Kelas/Semester : VII/Ganjil
              Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)


              A. Tujuan Pembelajaran

              Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengevaluasi informasi dalam artikel dan menyusun opini dalam bentuk artikel dengan kritis, bekerja sama, dan komunikatif selama proses pembelajaran.


              B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
              1. Peserta didik mencermati tujuan pembelajaran.
              2. Peserta didik membaca teks artikel dan mencari tahu permasalahan (berkaitan dengan jenis informasi) yang terdapat dalam teks tersebut.
              3. Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan fakta dan opini dalam teks artikel.
              4. Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis mengevaluasi informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel.
              5. Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil evaluasi terhadap informasi dalam teks artikel dan menyusun opini dalam bentuk teks artikel. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam  bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain. 
              6. Peserta melakukan evaluasi dalam bentuk curah pendapat juga refleksi terhadap kegiatan evaluasi informasi dan penyusunan opini dalam bentuk teks artikel yang telah mereka lakukan.
              7. Pendidik melaksanakan penilaian terhadap pembelajaran.

              C. Penilaian

              1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
              2. Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang mengevaluasi informasi dalam teks artikel.
              3. Keterampilan: Produk hasil menyusun opini dalam bentuk teks artikel.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Bortum, 2 Januari 2020

              Mengetahui
              Kepala MTs NW Boro' Tumbuh           Guru Mata Pelajaran  



              ___________                                  _____________
              Share:

              Hari/Tanggal

              ALIH BAHASA

              Daftar Isi