Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Perbedaan Surat Resmi Dan Tidak Resmi dan Contohnya.


Selamat datang, pada kesempatan ini kami berbagi contoh surat yang sering kita terima dan antar kepada orang lain. 

surat undangan adalah sebuah tulisan di dalam kertas yang memuat ajakan kepada orang lain baik perorangan maupun kelompok untuk menghadiri kegiatan tertentu.

Surat undangan dapat berupa surat resmi maupun tidak resmi. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dan digunakan untuk keperluan yang tidak sama. Berikut contoh surat undangan resmi dan tidak resmi:

Secara keseluruhan, fungsi surat undangan resmi dan tidak resmi adalah sama, yakni untuk mengundang seseorang atau instansi dalam sebuah acara. Meski begitu di antara keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Hal ini bisa dilihat dari contoh surat undangan resmi dan tidak resmi yang memiliki format berbeda dalam penulisannya.

Secara umum, terdapat sedikitnya lima poin pembeda antara surat undangan resmi dan tidak resmi yang bisa dijadikan pedoman untuk menulis surat undangan. Bagian-bagian pembeda yang terdapat pada surat undangan resmi dan tidak resmi dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Segi Tata Bahasa Undangan
Dari segi bahasa, surat resmi menggunakan padanan kata yang baku sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dalam bahasa Indonesia.

Sementara untuk surat undangan tidak resmi, penggunaan bahasa pergaulan sehari-hari yang simpel dan lekat dengan masyarakat sering diterapkan. Akan tetapi tidak jarang juga surat undangan tidak resmi menggunakan bahasa formal seperti undangan pernikahan.

2. Gaya Bahasa Penyampaian Isi Surat Undangan
Penyampaian isi surat undangan resmi tidak berbelit-belit dan langsung pada pokok yang dituju. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat pembaca memahami maksud dan tujuan surat undangan tersebut diberikan.

Sementara surat undangan tidak resmi sering menyelipkan kata kiasan, ungkapan, dan doa selamat sehingga penyampaian isi surat undangan tidak langsung tepat sasaran.

3. Struktur Surat Undangan
Selain menggunakan tata bahasa yang baku, surat undangan resmi juga memiliki struktur yang telah ditentukan dan memiliki sistematika jelas dalam membuatnya.

Dimulai dari kop, tanggal, nomor surat, alamat yang dituju, salam, kalimat pembuka, isi dan penutup. Sementara di dalam surat undangan tidak resmi tidak terlalu mementingkan struktur dan sistematika dalam penulisannya.

4. Tujuan Pembuatan Surat Undangan
Surat undangan resmi biasanya mengundang seseorang atau instansi untuk membahas hal yang bersifat penting. Bisa berupa rapat, seminar, maupun pertemuan penting yang memang harus diikuti.

Sementara surat undangan tidak resmi dibuat bertujuan untuk mengundang seseorang menghadiri acara yang lebih bersifat pribadi.

5. Pemakaian Atribut Pada Surat Undangan
Surat undangan resmi menggunakan atribut seperti logo instansi ataupun organisasi yang wajib dicantumkan. Atribut lain yang tidak boleh tinggal adalah cap atau stempel sebagai penanda surat tersebut resmi dan benar dikeluarkan oleh pihak yang bersangkutan.

Penggunaan atribut sangat jarang terdapat pada surat undangan tidak resmi, hal ini dikarenakan surat undangan tidak resmi bersifat bebas dan tidak mengikat.

Berikut contoh surat resmi dan tidak resmi;
  1. Surat Tugas MGMP
  2. Surat Tugas PLPG
  3. Pendaftaran Akreditasi
  4. Surat Permakluman Pengeluaran Penamatan
  5. Surat Keterangan Pindah
  6. Surat Rekomendasi Sensus Ekonomi
  7. Surat Musyawarah Persiapan Pemberkasan
  8. Surat Mandat Cuti Bersalin
  9. Surat Perintah Tugas
  10. Surat Rapat Pembagian Tugas Semester Genap
  11. Berita Acara  Rapat Pembagian Tugas Semester Genap
  12. Daftar Hadir Rapat Pembagian Tugas Semester Genap
Untuk lebih jelasnya, silahkan didownload. Klik....Surat Resmi dan Tidak resmi

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Contoh Surat Undangan Maulid Nabi besar Muhammad SAW.

Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi contoh surat undangan yang sering digunakan dalam perayaan hari besar Islam seperti Maulid Nabi besar Muhammad SAW.

Surat undangan ini adalah salah satu arsip kami disaat menjadi panitia pada perayaan hari besar Islam yaitu Maulid Nabi besar Muhammad SAW 1439 H di Masjid Jami' Al Hidayah Dasan Tumbuh Desa Tumbuh Mulia kecamatan Suralaga Lombok Timur.

Contoh surat undangan ini terdiri dari dua jenis yaitu surat undangan untuk Tuan Guru dan surat untuk tamu undangan umum. Penasaran? berikut contohnya.


Untuk lebih jelasnya Jenis surat undangan, silahkan di download dibawah ini!
  1. Surat undangan untuk Tuan Guru....Download
  2. Surat undangan untuk masyarakat....Download
Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Apa Jadinya Kalau Ujian Nasional Ditiadakan? Tidak Seperti 5 Negara Maju Ini.


Selamat datang warga kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami bidang pendidikan tidak henti-hentinya memberikan informasi tentang pendidikan di negara kita pada umumnya dan di Kabupaten Lombok Timur pada khususnya.

Pernah tidak mendengar ujian nasional? Sepertinya tidak asing lagi di telinga kita. Kita maklumi bahwa ujian nasional itu dilaksanakan sebagai tolak ukur dalam mengetahui keberhasilan para pendidik terhadap siswa selama duduk di kelas akhir bangku pendidikan. 

Apa jadinya kalau ujian nasional ditiadakan di negara kita? Pasti pikiran kita, pendidikan di Indonesia "semau gue" istilah zaman sekarang. Tetapi, beda dengan negara dibawah ini. Penasaran? Mari dibaca sampai selesai, semoga menambah wawasan kita tentang ujian nasional.

Berikut 5 Negara maju tanpa melaksanakan Ujian Nasional;

1. Finlandia

Finlandia sebagai negara dengan system pendidikan termaju di dunia tidak mengenal yang namanya Ujian Nasional. Evaluasi mutu pendidikan sepenuhnya dipercayakan kepada para guru sehingga negara berkewajiban melatih dan mendidik guru guru agar bisa melaksanakan evaluasi yang berkualitas. 

Setiap akhir semester siswa menerima laporan pendidikan berdasarkan evaluasi yang sifatnya personal dengan tidak membandingkan atau melabel para siswa dengan peringkat juara seperti yang telahmenjadi tradisi pendidikan kita. Mereka sangat meyakini bahwa setiap individu adalah unik dan memiliki kemampuan yang berbeda beda.

Di Finlandia profesi guru adalah profesi yangpaling terhormat. Dokter justru berada dibawah peringkat guru.

2. Amerika

Amerika yang terdiri dari banyak negara bagian ternyata tidak pernah menyelenggarakan UN atau ujian negara secara nasional.

Walaupun ada ujian yang diselenggarakan oleh masing-masing state (negara bagian), namun tidak semua sekolah diwajibkan mengikuti ujian negara bagian. Tiap negara bagian juga mempunyai materi ujian-masing masing.

Sekolah-sekolah tetap boleh menyelenggarakan ujian sendiri dan menentukan kelulusannya sendiri.

Semua lulusan, baik lulusan yang disenggarakan oleh sekolahnya sendiri atau lulus ujian yang diselenggarakan negara bagian, tetap boleh mengikuti ujian mauk ke college ataupun universitas asal memenuhi persyaratan dan lulus tes masuk.

Logika pendidikan yang digunakan yaitu: Kualitas pendidikan ditentukan oleh individu masing-masing kelulusan. Walau pun Si A lulusan dari SMA pinggiran yang tidak terkenal, kalau dia lulus tes masuk ke Universitas Harvard, maka dia pun akan diterima di universitas tersebut. Jadi masalah kualitas ditentukan oleh individu (individual quality).

Berpendapat bahwa nasionalisasi ujian sekolah tidak bisa memberi kreativitas guru. Sekolah tidak bisa menciptakan strategi belajar sesuai dengan perbedaan kondisi sosial, ekonomi, budaya, serta kemajuan teknologi. Sistem pendidikan top down oriented, tak bisa menjawab masalah yang ada di daerah-daerah berbeda.

3. Jerman

Jerman tidak mengenal ujian nasional. Kebijaksanaan yang diutamakan adalah membantu setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal, yaitu dengan:

(1) menyediakan guru yang profesional, yang seluruh waktunya dicurahkan untuk menjadi pendidik;
(2) menyediakan fasilitas sekolah yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan penuh kegembiraan dengan fasilitas olahraga dan ruang bermain yang memadai dan ruang kerja guru;
(3) menyediakan media pembelajaran yang kaya, yang memungkinkan peserta didik dapat secara terus-menerus belajar melalui membaca buku wajib, buku rujukan, dan buku bacaan, (termasuk novel), serta kelengkapan laboratorium dan perpustakaan yang memungkinkan peserta didik belajar sampai tingkatan menikmati belajar;
(4) evaluasi yang terus-menerus, komprehensif dan obyektif.Melalui model pembelajaran yang seperti inilah, yaitu peserta didik setiap saat dinilai tingkah lakunya, kesungguhan belajarnya, hasil belajarnya, kemampuan intelektual, partisipasinya dalam belajar yang menjadikan sekolah di Jerman mampu menghasilkan rakyat yang beretos kerja tinggi, peduli mutu, dan gemar belajar.

Mereka setiap hari belajar selalu mendapat tugas dari semua mata pelajaran yang proses maupun hasilnya dinilai dan nilai-nilai ini memengaruhi nilai akhir semester dan seterusnya.

4. Kanada

Di Kanada tidak ada Ujian Nasional karena dianggap tak bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di negara ini. Untuk kontrol kualitas di Kanada terdapat penjaminan mutu pendidikan yang kontrolnya sangat kuat. Lembaga penjamin mutu ini benar-benar bekerja secara ketat dari pendidikan dasar hingga menengah. Sehinga murid yang akan masuk ke perguruan tinggi cukup dengan raport terakhir.

Di Kanada, perguruan tinggi tidak sulit lagi untuk menerima murid dari mana pun sekolahnya. Karena standar sekolah di sana sudah sesuai dengan standar perguruan tinggi yang akan dimasuki setiap lulusan sekolah.

Kebalikan dengan di Indonesia, perguruan tinggi banyak yang tidak percaya dengan lulusan sekolah menengah. Saling tidak percaya standar ini yang menyebabkan pemborosan keuangan negara karena harus menyelenggarakan UN dan ujian mandiri.

5. Australia

Di Negara Australia ini, ujian nasional tidak dilaksanakan bahkan tidak dikenal sama sekali, melainkan ujian state. Ujian ini tidak menentukan lulus tidaknya para peserta didik, namun untuk menentukan kemana siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan. Berapa pun nilai yang didapatkan oleh siswa dari ujian tersebut tetap dinyatakan lulus. Nilai nol pun tetap dinyatakan lulus, namun kelulusan tersebut tidak ada gunanya. Berarti siswa tersebut akan sangat sulit untuk melanjutkan pendidikannya.

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Masyarakat Tumbuh Mulia Diharapkan Tenang dan Tidak Terpengaruh Oleh Isu Hoak Gempa Susulan (Aftershock).


Blog kampung KB "Tumbuh Jaya" hadir lagi, pada kesempan ini kami dari bidang perlindungan akan memberikan informasi tentang gempa kemarin.

Gempa bumi tektonik m5,8 mengguncang kabupaten lombok timur, tidak berpotensi tsunami

Kabupaten Lombok Timur diguncang gempa bumi tektonik pada hari Minggu (17/3) sekitar pukul 14.07.26 WIB.. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,4.  Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,47 LS dan 116,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km arah utara Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 19 km. Dua menit kemudian pada pukul 14.09.19 WIB terjadi gempa bumi susulan dengan M=5,1 pada 8,51 LS dan 116,49 BT dengan kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di sekitar Gunung Rinjani. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran turun (normal fault).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Lombok Utara IV MMI, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram, dan Sumbawa III-IV MMI; Karangasem III-IV MMI, Denpasar III MMI, dan Kuta III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.


Baca juga...Tembok Pembatas MI dan Oven Tembakau Milik Warga Dasan Kulur Roboh Kena Gempa.

Hingga pukul 14.54 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya tiga aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.*

Mataram, 17 Maret 2019Kepala Stasiun Geofisika MataramAgus Riyanto

Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT.
Share:

Pelaku Penembakan di Masjid New Zealand Ditangkap dan Diadili.


Blog kampung KB "TUmbuh Jaya" hadir lagi untuk memberikan informasi terbaru tentang Pelaku Penembakan di Masjid New Zealand Ditangkap dan Diadili.


Pelaku Penembakan di Masjid New Zealand Ditangkap dan Diadili

Pelaku kasus penembakan di masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru (New Zealand) langsung diadili. Dia didakwa dengan tuduhan pembunuhan.

Dilansir dari AFP, Sabtu (16/3/2019), Brenton Tarrant, yang berusia 28 tahun muncul di pengadilan pasca dirinya ditangkap karena menembaki para jemaah masjid.

Dia terlihat mengenakan borgol dan pakaian tahanan berwarna putih. Eks instruktur kebugaran kelahiran Australia itu duduk tanpa ekspresi saat hakim membacakan tuduhan kepadanya.

Dia juga disebut tidak meminta jaminan dan ditahan sampai pengadilan berikutnya dijadwalkan pada 5 April.

Hingga saat ini, menurut KBRI Wellington, ada 49 orang tewas, terdiri atas 41 orang di Masjid Al Noor, 7 orang di Masjid Linwood, dan seorang lagi tewas saat dirawat di RS pascapenembakan. Selain itu, ada puluhan orang yang masih dirawat di rumah sakit akibat peristiwa itu.

Di antara korban luka, terdapat dua orang WNI yang merupakan ayah-anak bernama, Zulfirmansyah dan Mohammad Rais. Ada juga seorang WNI bernama Muhammad Abdul Hamid yang masih dinyatakan hilang.

"Dari 6 WNI yang diketahui berada di Masjid Al Noor pada saat kejadian penembakan hari ini, 5 orang telah melaporkan ke KBRI Wellington dalam keadaan sehat dan selamat. Sementara 1 orang atas nama Muhammad Abdul Hamid belum diketahui keberadaannya," ujar KBRI Wellington dalam keterangan tertulisnya berdasarkan update per pukul 23.30 waktu setempat, Jumat (15/3).

"Sementara dari Masjid Linwood, KBRI Wellington menerima bahwa terdapat 2 WNI, seorang ayah dan anaknya, yang tertembak. Kondisi sang ayah atas nama Zulfirmansyah masih kritis dan dirawat di ICU RS Christchurch Public Hospital. Sementara anaknya dalam keadaan yang lebih stabil," sambung keterangan tersebut.

Warga kampung KB "Tumbuh Jaya" berharap semoga kejadian tersebut tidak terjadi lagi. Dengan adanya kampung KB ini bisa memberantas terorisme di dunia ini.
Share:

Kampung KB "Tumbuh Jaya" Ikut Berduka Atas Penembakan di Masjid New Zeland.


Selamat datang warga Tumbuh Mulia di blog Kampung KB "TUmbuh Jaya". Pada kesempatan ini, kami bidang perlindungan berbagi berita duka cita yang menimpa Umat Muslim di New Zeland Selandia Baru.

Atas kejadiaan penembakan brutal kemarin, Kampung KB "Tumbuh Jaya" ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga saudara kita yang meninggal mati dalam khusnul khotimah (syahid) dan pelakunya segera di "shoot" saja. Berikut kronologis kejadiannya.

Video brutal penembakan  dalam masjid Christchurch muncul ke public. Terlihat seorang pria bersenjata melepaskan tembakan dengan senapan semiotomatis, menembak puluhan orang di dalam pada jarak dekat.

News.com.au telah memverifikasi rekaman berdurasi 17 menit tersebut. Rekaman berasal  langsung dari GoPro yang melekat pada penembak.

Rekaman dimulai dengan seorang pria, yang mengidentifikasi dirinya di Twitter sebagai orang Australia berusia 28 tahun bernama Brenton Tarrant, dengan sarung tangan tanpa jari berwarna coklat yang mengemudi melalui jalan-jalan Christchurch menuju masjid.

Video POV memperlihatkan dia memarkir mobil di sudut, keluar dari belakang gedung dan membuka bagasi mobil memperlihatkan dua senapan hitam yang ditutupi tulisan putih, wadah bensin dan tas yang bertuliskan “PROUDLY KIWI AS”.



Pria itu yang digambarkan oleh para saksi di tempat kejadian adalah pendek dan mengenakan seragam militer dengan santai berjalan ke pintu masuk ketika orang-orang berdiri di jalan.

Dia menembakkan setidaknya sembilan tembakan ke arah orang-orang yang berdiri di ambang pintu, beberapa dari mereka melompat keluar dari jalan, sebelum menyerbu melalui pintu depan, menembaki siapa pun yang dilihatnya tanpa pandang bulu.

Pria bersenjata itu kemudian berjalan melewati setidaknya satu tubuh korban di lantai dan sepatu tertinggal di pintu depan masjid dan tampaknya mengisi kembali senjatanya.

Beberapa orang merunduk untuk berlindung karena kecepatan putaran yang ditembakkan semakin intensif. Video menyedihkan menunjukkan dia membunuh secara terencana saat dia berjalan masuk dan keluar dari kamar dalam upaya nyata untuk memastikan semua orang di dalam mati.

Ketika dia meninggalkan masjid dan berjalan kembali ke gerbang depan, dia menembakkan tembakan senjata ke atas dan ke bawah jalan.

Saksi mata mengatakan kepada Radio NZ bahwa pria itu tidak pernah berbicara sepatah kata pun ketika dia melepaskan tembakan, menewaskan setidaknya satu anak, berusia lima tahun.


Baca juga...Pelaku Penembakan di Masjid New Zealand Ditangkap dan Diadili.


Mereka berkata bahwa mereka tidak memiliki kesempatan untuk menangani pria itu ketika orang-orang berserakan dan berusaha bersembunyi.

Polisi sejak itu menangkap empat orang sehubungan dengan penembakan mematikan yang menewaskan sedikitnya 30 orang.

Polisi mengatakan ketiga pria dan satu wanita itu kini ditahan dan mereka melucuti sejumlah alat peledak yang terpasang pada sebuah kendaraan.

Demikian, semoga pelakunya dihukum sesuai dengan UU yang berlaku disana.
Share:

Dokumentasi Pertemuan Pokja Kampung KB "Tumbuh Jaya" Dengan Tim Kampung KB Tingkat Kabupaten.


Tumbuh Mulia_Selamat datang warga Tumbuh Mulia di blog kampung KB "Tumbuh Jaya", semoga kita dalam keadaan sehat sehingga bisa melaksakan semua program sesuai dengan jabatan masing-masing.

Blog kampung KB ini hadir lagi untuk memberikan berbagai informasi yang terupdate kaitannya dengan program-program yang sudah berjalan di kampung KB "Tumbuh Jaya" sebagai solusi dari segala permasalahan yang ada di masyarakat desa Tumbuh Mulia. Seperti dibidang keagamaan, pendidikan, kesehatan reproduksi, ekonomi, sosial budaya, kasih sayang, perlindungan dan lingkungan. 

Salah satu langkah untuk menyelasaikan masalah-masalah dibidang tersebut, kampung KB "Tumbuh Jaya" sering melakukan penyuluhan berupa kegiatan-kegiatan di lapangan untuk memberi perubahan yang signifikan demi majunya kampung KB "Tumbuh Jaya" seperti melakukan pertemuan dengan tim kampung KB Kabupaten Lombok Timur (Selasa, 12/3).

Pertemuan tersebut dilaksanakan di rumah "Jamur Tiram" milik Bapak Akhiruddin, M.Pd, salah satu warga yang sudah viral di mensos karena pernah di survey langsung oleh Tim Selaparang TV. 

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Kepala UPTD P3AKB Kecamatan Suralaga. Ada pun tema pembahasannya yaitu evaluasi terhadap program-program yang sudah berjalan sesuai dengan bidang masing-masing sebagai tahap untuk memajukan kampung KB "Tumbuh Jaya" di masyarakat.

Disela pertemuan tersebut, pemilik rumah jamur tiram juga ikut berbagi ilmu tentang cara budidaya jamur tiram yang baik dan praktis. Mulai dari proses pembuatan, perawatan, panen hingga pemasaran. Ternyata bisnis jamur tiram ini, omsetnya sangat menjanjikan dan menggiurkan.  

Berikut hasil dokumentasi yang berhasil diabadikan oleh tim kameramen kampung KB disaat pertemuan di rumah Jamur Tiram:
















Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi