Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Instrumen Penilaian Soal IPA Kelas 5 Tngkat SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Instrumen Penilaian Soal IPA Kelas 5 Tngkat SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pembelajaran tingkat satuan pendidikan merupakan wujud pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengacu pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan sistam yang terdiri dari beberapa unsur yang sistematis yaitu masukan, proses dan keluaran atau hasil. 

Evaluasi masukan pembelajaran menekankan pada evaluasi karakterisitik peserta didik, kelengkapan dan keadaan sarana dan prasarana pembelajaran, karakterisitik dan kesiapan pendidik, kurikulum dan materi pembelajaran, strategi pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran, serta keadaan lingkungan dimana pembelajaran berlangsung. Penilaian berbasis kompetensi merupakan teknik evaluasi yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran di sekolah.

Evaluasi proses pembelajaran menekankan pada evaluasi pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pembelajar meliputi keefektifan stratategi pembelajaran yang dilaksanakan, keefektifan media pembelajaran, cara mengajar yang dilaksanakan dan minat, sikap, serta cara belajar peserta didik. 

Evaluasi pembelajaran atau evaluasi hasil belajar antara lain menggunakan instrument-instrument evaluasi dapat berupa tes dan nontes untuk melakukan pengukuran hasil belajar sebagai prestasi belajar, dalam hal ini penguasaan kompetensi oleh setiap peserta didik.

Sebuah Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Hendaknya memenuhi syarat sebelum di gunakan untuk mengevaluasi atau mengadakan penilaian agar terhindar dari kesalahan dan hasil yang tidak valid (tidak sesuai kenyataan sebenarnya). 

Alat evaluasi yang kurang baik dapat mengakibatkan hasil penilaian menjadi bias atau tidak sesuainya hasil penilaian dengan kenyataan yang sebenarnya, seperti contoh anak yang pintar dinilai tidak mampu atau sebaliknya. 

Jika terjadi demikian perlu ditanyakan apakah persyaratan instrumen yang digunakan menilai sudah sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan instrumen.

Berikut Contoh Instrumen Penilaian Soal IPA Kelas 5 Tngkat SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020 :

Sekolah                   :  MI NW No. 1 Boro’Tumbuh  
Mata Pelajaran         :  Ilmu Pengetahuan Alam 
Kelas / Semester      : V/I (Satu)                       
Tahun Pelajaran       : 2019/2020
Standar Kompetensi : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Kompetensi Dasar   : Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Indikator                 :  

  1. Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia
  2. Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia 
  3. Menyebutkan alat pernapasan pada manusia 
  4. Menggambar alat pernapasan dan mendemonstrasikan cara kerjanya 
  5. Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman
  6. Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
  7. ………….dst.

Berilah tanda silang (X) pada jawaban a, b, c atau d yang kamu anggap paling  benar !

1. Kita bernapas menghirup...
a. Oksigen 
b. Hemoglobin
c. Karbon dioksida
d. Uap air

2. Hidung merupakan salah satu alat pernapasan yang berfungsi...
a. Sebagai tempat penyaringan udara
b. Sebagai tempat keluar masuknya udara
c. Untuk saluran udara pernapasan
d. Untuk menyerap oksigen

3. Rambut hidung dan selaput lendir berguna untuk...
a. Menyaring udara yang masuk
b. Mengikat oksigen
c. Membasahi pangkal tenggorok
d. Mengeluarkan kotoran

4. Ujung bronkiolus yang merupakan kantong berdinding tipis disebut...
a. Bronkus
b. Alveolus
c. Trakhea
d. Batang tenggorok

5. Pertukaran udara pernapasan pada manusia berlangsung pada...
a. Trakhea
b. Laring
c. Alveolus
d. Faring

6. Saat menarik napas, udara masuk rongga hidung dan selanjutnya menuju...
a. Kerongkongan – bronkus – bronkiolus – alveolus
b. Tenggorokan – cabang batang tenggorok – alveolus
c. Cabang batang tenggorok – kerongkongan – alveolus
d. Kerongkongan – cabang kerongkongan - alveolus

7. Pada saat terjadi pertukaran udara pernapasan terjadi pula...
a. Oksigen diikat Hb untuk diedarkan keseluruh sel tubuh
b. Karbon dioksida diikat Hb untuk diedarkan keseluruh tubuh
c. Oksigen dilepaskan oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh
d. Karbon dioksida diikat oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh

8. Berikut ini yang tidak termasuk alat pernapasan adalah...
a. Paru – paru
b. Keronkongan
c. Lubang hidung
d. Tenggorokan

9. Contoh penyakit yang mengganggu alat pernapasan adalah...
a. Pusing
b. Diare
c. Asma
d. Mual

10. Bernapas melalui hidung lebih baik dari pada melalui mulut karena...
a. Lubang hidung mengarah kebawah
b. Mulut digunakan untuk makan
c. Kotoran udara disaring hidung
d. Udara dapat masuk lebih banyak melalui hidung

11. Ketika udara masuk, keadaan paru-paru adalah...
a. Tegang
b. Mengecil
c. Kendur
d. Tidak berubah

12. Alat pernapasan dapat terganggu, gangguan ini dapat disebabkan oleh...
a. Makanan tidak sehat
b. Karbon dioksida
c. Oksigen
d. Udara tercemar

13. Sapi bernapas menggunakan...
a. Paru-paru
b. Trakhea
c. Insang 
d. Kulit

14. Peredaran oksigen keseluruh tubuh yang tidak melalui pembuluh darah terjadi pada...
a. Katak
b. Cacing
c. Kura-kura
d. Belalang

15. Pundi-pundi udara merupakan alat pernapasan...
a. Lebah
b. Burung
c. Belalang
d. Ikan

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi