Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Kultum Ramadhan Tentang Amalan-Amalan Sunnat Dalam Puasa.


Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Kultum Ramadhan Tentang Amalan-Amalan Sunnat Dalam Puasa.

Kultum ini sangat cocok sekali digunakan pada bulan suci Ramadhan sebagai kajian Islam sebelum atau sesudah melaksanakan sholat tarawih dan sesudah sholat shubuh. 

Tujuannya yaitu sebagai refrensi kultum pada bulan suci Ramadhan yang sangat praktis dan simple bagi para santri dan santriwati.

Berikut contoh kultum Ramadhan versi Kampung KB "Tumbuh Jaya" yang berjudul, 
Amalan-Amalan Sunnat Dalam Puasa
Assalamu'alaikum.Wr.Wb.

Tinggal menunggu beberapa hari kita akan menyambut bulan suci ramadhan, dan seengganya kita semua harus menyiapan amalan-amalan supaya puasa pada bulan ramadhan ini kita banyak berkah dan hasil yang sangat baik.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang amalan sunah dalam puasa, dan semoga amalan ini bisa kita laksanakan dengan baik dan tekun supaya pahalanya terus mengalir dan berlimpah. Apa saja amalan-amalan sunat dalam puasa itu, yuk selengkapnya kita bahas:

1. Makan Sahur Secukupnya Dan Mengakhirkanya.
Sebaiknya makan sahurnya jangan terlalu cepat( awal) ingat, semakin dekat pelaksanaan makan sahur ke waktu subuh adalah semakin afdhal. yang penting tidak terburu-buru ( tergesa-gesa).

2. Menyegerakan Berbuka Setelah Waktunya Tiba.
Dari sahal bin sa'ad Ra, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "manusia akan selalu baik selama mereka menyegerakan berbuka puasa ".(HR.Muttafaq'Alaih).

3. Bedo'a Menjelang Berbuka.
Perbanyaklah berdo'a menjelang waktu berbuka puasa. ingat, waktu-waktu itu adalah waktu diijabah (dikabulkan)nya do'a.

4. Berbuka Dengan Sesuatu, Sekalipun Dengan Sebutir Kurma Atau Seteguk Air Putih.
Pada saat berbuka puasa, perut sebaiknya, diisi secara bertahap. mulai dari makanan dan minuman yang ringan-ringan hingga yang berat-berat. karena itu dimulai dengan kurma, kolak atau beberapa teguk air putih.

5. Mengisi Dan Mengoptimalkan Waktu Dengan Hal-hal Yang Bermanfaat.
Sebaiknya buatlah jadwal kegiatan harian. sehingga setiap har anda punya gambaran tentang apa-apa saja yang harus dikerjakan dan diselesaikan, tentu dengan mempertimbangkan faktor skala prioritasnya.

semoga postingan mengenai Amalan-Amalan Sunnat Dalam Puasa, bisa bermanfaat dan berpaedah untuk sahabat pembaca semuanya. sekian dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi