Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Materi Sejarah Kelas X: Bab I. Pengertian Dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah.


Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Ringkasan Materi Sejarah Kelas X: Bab I.  Pengertian Dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah.

BAB I.  PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH
1. PENGERTIAN SEJARAH

Istilah Sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syajaratun yang berarti Pohon. Penggunaan kata tersebut dalam konteks masa lalu mengacu pada pohon silsilah. 

Dalam hal ini arti sejarah itu hanya mengacu pada masalah asal usul atau keturunan seseorang. Kata Sejarah yang lebih dekat dengan pengertian, terkandung dalam bahasa Yunani yaitu Historia yang berarti Ilmu atau Orang pandai. 

Sedangkan dalam bahasa Inggris, History yaitu masa lampau umat manusia dan dalam bahasa Jerman, Geschichte yaitu sesuatu yang telah terjadi.
Beberapa definisi sejarah menurut para ahli :

1. JV. Briche, sejarah adalah : “ It is the record of what man has thought,said and done “.

2. Patrick Gardiner, mengatakan : “ History is the study of what human beings have done“.

3. Moh. Yamin, mengatakan bahwa : sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwayang dapat dibuktikan dengan kenyataan.

4. Koentowidjojo : Sejarah adalah rekonstruksi masa lalu tentang apa yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan dan dialami manusia

5. Sartono Kartidirdjo : Sejarah adalah berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lampau

6. Mohammad Ali : Sejarah adalah berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lampau

Kesimpulan: Sejarah merupakan rangkaian peristiwa masa lampau yang menyangkut kehidupan manusia setelah mengenal tulisan, sedangkan Ilmu Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk manusia pada masa lampau setelah mengenal tulisan.

2. SEJARAH SEBAGAI PERISTIWA, KISAH, ILMU DAN SENI

Sejarah sebagai peristiwa berarti bahwa kejadian itu pernah ada dan benar-benar terjadi serta bisa dibuktikan secara ilmiah. Sedangkan sejarah sebagai Kisah, selain peristiwa itu ada, juga bisa dikisahkan atau bisa diceritakan kembali. 

Sejarah sebagai ilmu bahwa sejarah menggunakan metode analitis yaitu hasilnya harus dapat diverifikasi dan dapat disetujui atau ditolak oleh para ahli. 

Sementara sejarah sebagai seni mengandung arti bahwa dalam penyajian dari hasil penyelidikan itu disusun dalam suatu rangka tertentu sehingga dapat menarik perhatian orang dan dapat mempengaruhi sikap jiwanya.

3. PERIODISASI DAN KRONOLOGI

Periodisasi adalah penentuan pemenggalan kurun waktu yang akan diteliti dan didasarkan pada alasan-alasan tertentu yang rasionall dan ilmiah yang erat kaitannya dengan permasalahan yang hendak diteliti. Periodisasi Sejarah Indonesia yang lazim dipakai adalah : 

1. Jaman Prasejarah, membicarakan kehidupan manusia purba sebelum adanya tulisan. 

2. Jaman Kuno, membicarakan masa perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha. 

3. Jaman modern, yang berlangsung sejak masa perkembangan islam di Indonesia hingga kini. Kronologi merupakan urutan waktu yang tersusun sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

4. KEGUNAAN SEJARAH

Secara sederhana, Louis Gotschalk membagi kegunaan sejarah dalam 4 bagian yaitu :

1. Rekreatif, artinya dengan membaca atau mempelajari sejarah, kita seolah-olah dibawa berpetualang menembus dimensi ruang dan waktu. Tanpa beranjak dari tempat, kita dibawa oleh sejarah untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa yang jauh dari kita yang mungkin saja kita tidak tahu tempatnya atau kita tidak pernah ikut menyaksikan kejadian tersebut.

2. Inspiratif, dalam hal ini suatu karya sejarah dapat memberikan inspirasi kepada para pembacanya atau yang mempelajarinya.

3. Instruktif, bermaksud memberikan pelajaran mengenai suatu keterampilan atau pengetahuan ( pengajaran ) tertentu misalnya pengetahuan tentang taktik perang.

4. Edukatif, berguna untuk mendapatkan kearifan dari masa lampau untuk melangkah ke masa depan. Contoh adanya slogan “jangan sekali-kali melupakan sejarah”. Menurut Travelyan belajar sejarah mempunyai 3 kegunaan antara lain : 

a. Ilmiah yaitu berupa pengumpulan fakta dan penyaringan bukti. 
b. Imajinatif yaitu menyeleksi dan mengkategorikan fakta yang telah dikumpulkan dan mengambil satu kesimpulan 
c. Sastra yaitu penyajian hasil ilmu dan daya angan dalam bentuk yang menarik.

Download juga:


Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN

Demikian Ringkasan Materi Sejarah Kelas X Semester 1 Tingkat MA/SMA/SMK, semoga bermanfaat.
    Share:

    Materi Sejarah Kelas X: Bab II Dasar-Dasar Penelitian Sejarah.


    Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Ringkasan Materi Sejarah  Kelas X:  Bab II  Dasar-Dasar  Penelitian  Sejarah.

    BAB II.  DASAR-DASAR  PENELITIAN  SEJARAH
    1. LANGKAH-LANGKAH DALAM PENELITIAN SEJARAH

    1. Heuristik Merupakan kegiatan yang berkaitan dengan upaya mencari dan menemukan data-data mentah yang sesuai dengan tujuan dari penelitian.

    2. Verifikasi Dalam hal ini, peneliti melakukan penyeleksian data yang ditemukannya melalui proses pengujian terhadap data-data tersebut, baik dari segi materi maupun isinya. 

    Setelah data tersebut telah teruji kebenarannya maka akan dinilai apakah data-data tersebut relevan/sesuai dengan permasalahan yang hendak ditulis. Data yang telah teruji kebenarannya akan menjadi fakta sejarah.

    3. Interpretasi Adalah proses penafsiran dan merangkaikan unsur-unsur yang telah diperoleh dari tahap-tahap sebelumnya dengan tujuan untuk memperoleh kumpulan fakta yang memiliki arti dan menjadi dasar argumentasi/pendapat dari penulis sejarah.

    4. Historiografi Yaitu proses penulisan sejarah yang bertolak dari fakta-fakta yang telah teruji kebenarannya.

    B. SUMBER, BUKTI DAN FAKTA SEJARAH

    1. SUMBER SEJARAH

    Louis Gotschalk membagi sumber sejarah menjadi dua bagian yaitu sumber Primer merupakan kesaksian dari seorang saksi dengan mata dan kepalanya sendiri. Dan Sumber Sekunder merupakan kesaksian dari siapapun yang bukan saksi pandangan mata atau yang tidak melihat secara langsung kejadian tersebut.

    Sementara itu Nugroho Notosusanto membagi sumber sejarah dalam 3 kategori yaitu : 
    a. Sumber Tertulis merupakan sumber yang diperoleh dari peninggalan tertulis seperti : Prasasti, Babad, Kronik, Dokumen, Arsip, Naskah dan Rekaman 

    b. Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari pelaku atau saksi dari suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau. 

    c. Sumber benda merupakan sumber yang diperoleh dari peninggalan purbakala seperti : candi, alat-alat, senjata, keraton, gua-gua dsb.

    2. BUKTI SEJARAH

    Merupakan segala peninggalan yang berkaitan dengan aktivitas manusia di masa lampau yang mungkin saja peninggalan itu masih dipergunakan oleh manusia pada masa kini. Contoh, istana kepresidenan dan teks proklamasi.

    3. FAKTA SEJARAH

    Merupakan data sejarah yang sudah diverifikasi dan diinterpretasikan oleh sejarawan kemudian dijadikan dalil, argumentasi atau dasar pemikiran untuk menulis sejarah.

    3. PRINSIP-PRINSIP DALAM PENELITIAN SEJARAH LISAN
    1. SUMBER BERITA DARI PELAKU SEJARAH

    Pelaku sejarah merupakan tokoh yang secara langsung mengalami suatu peristiwa yang terjadi namun perlu diingat bahwa keterangan para pelaku kadang bersifat subyektif karena keterangan tersebut benar menurut pelaku sendiri.

    2. SUMBER BERITA DARI SAKSI SEJARAH

    Saksi sejarah merupakan orang yang pernah melihat atau menyaksikan terjadinya suatu peristiwa dan bukan pelaku sejarah.

    3. TEMPAT PERISTIWA SEJARAH

    Untuk menentukan tempat atau lokasi peristiwa yang terjadi pada masa lampau diperlukan penafsiran-penafsiran yang matang, misalnya menentukan pusat pemerintahan Kerajaan Bima.

    4. LATAR BELAKANG MUNCULNYA PERISTIWA SEJARAH

    Latar belakang terjadinya suatu peristiwa menjadi penentu utama munculnya suatu peristiwa sejarah. Tanpa adanya latar belakang tidak mungkin terjadi peristiwa sejarah. Misalnya, terbunuhnya pangeran Frans Ferdinand menjadi latar belakang terjadinya Perang Dunia I.

    5. PENGARUH DAN AKIBAT DARI PERISTIWA SEJARAH

    Suatu peristiwa sejarah akan memberikan pengaruh dan akibat yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat jika peristiwa itu memang dicita-citakan oleh masyarakat yang bersangkutan, misalnya Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan peristiwa jatuh bangunnnya kabinet di Indonesia.

    Download juga:

    Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN
      Share:

      Materi Sejarah Kelas X: Bab III. Tradisi Sejarah Dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra Aksara Dan Masa Aksara.


      Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Materi Sejarah  Kelas X: Bab  III. Tradisi Sejarah Dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra Aksara Dan Masa Aksara.

      BAB  III. TRADISI SEJARAH DALAM MASYARAKAT INDONESIA MASA PRA AKSARA DAN MASA AKSARA

      A. TRADISI SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA MASA PRA AKSARA

      1. CARA MASYARAKAT MEWARISKAN MASA LALUNYA

      Dua cara untuk mewariskan masa lalu pada masyarakat yang belum mengenal tulisan ( Pra aksara ) yaitu :

      a. Melalui keluarga Keluarga memiliki peranan yang penting dalam proses pewarisan budaya masa lalu karena kesempatan berinteraksi dalam keluarga lebih besar sehingga memudahkan orang tua menanamkan ide-ide dan menyampaikan informasi mengenai tatacara berprilaku dan adat istiadat serta kebiasaan keluarga yang benar pada anak.

      b. Melalui Masyarakat Masyarakat secara langsung atau tidak langsung memiliki cara tersendiri dalam mewariskan masa lalunya yaitu, yaitu melalui adat istiadat, pertunjukan hiburan dan kepercayaan masyarakat.

      2. TRADISI SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA SEBELUM MENGENAL TULISAN

      a. Sistem kepercayaan 
      b. Sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial 
      c. Sistem mata pencaharian 
      d. Sistem peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi) 
      e. Sistem Bahasa 
      f. Sistem kesenian 
      g. Ilmu Pengetahuan

      3. JEJAK SEJARAH INDONESIA

      a. Folklore
      Folklore merupakan adat istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun dan tidak dibukukan. Folklore Lisan : bahasa rakyat, teka-teki, puisi, cerita rakyat, Nyanyian rakyat. Folklore bukan lisan : Arsitektur rakyat, kerajinan tangan, pakaian, obat-obatan tradisional, perhiasan dsb.

      b. Mitologi Ilmu Kesusasteraan tentang dongeng kehidupan para dewa dan mahluk halus dalam suatu kebudayaan juga menceritakan tentang asal usul alam semesta, manusia dan bangsa yang diungkap secara ghaib.

      c. Legenda Merupakan cerita rakyat pada masa lampau yang masih memiliki hubungan dengan peristiwa sejarah.

      d. Upacara Merupakan rangkaian kegiatan yang terikat oleh aturan tertentu berdasarkan adat istiadat dan agama ( kepercayaan ).

      e. Lagu daerah Merupakan lagu yang menggunakan bahasa daerah.

      B. TRADISI SEJARAH MASYARAKAT INDONESIA MASA AKSARA

      1. PERKEMBANGAN SEJARAH INDONESIA SETELAH MENGENAL TULISAN 

      a. Bidang politik ( Pemerintahan )
      Sebelum masuknya pengaruh Hindu-Budha sistem pemerintahan di Indonesia di pegang oleh kepala suku yang memerintah kelompok sukunya. 

      Setelah masuknya pengaruh Hindu-Budha maka pemerintahan kepala suku diubah menjadi pemerintahan yang berbentuk kerajaan yang dipegang oleh raja secara turun temurun.

      b. Bidang sosial
      Sebelum masuknya kebudayaan Hindu-Budha masyarakat Indonesia telah hidup teratur yang ditandai dengan kehidupan gotong royong.

      c. Bidang Budaya
      Sebelum orang-orang India datang ke Indonesia, masyarakat kita telah memiliki dasar kehidupan sendiri yang cukup tinggi ( kebudayaan asli ) dan terus berkembang secara terus menerus. 

      Setelah masuknya kebudayaan Hindu-Budha maka terjadilah perkembangan kebudayaan Indonesia seperti : 
      1. Tulisan Pallawa dan bahasa Sanskerta 
      2. Seni bangunan 
      3. Seni Rupa/lukis 
      4. Seni sastra 
      5. Kalender 

      d. Bidang Keagamaan Kepercayaan asli bangsa kita yaitu pemujaan terhadap Roh-roh leluhur/nenek moyang (Animisme) dan benda-benda (Dinamisme). 

      Setelah masuknya orang-orang India yang membawa kebudayaan Hindu dan Budha maka masyarakat kitapun mengenal agama tersebut tanpa menghilangkan kebudayaan aslinya.

      2. REKAMAN TERTULIS DALAM TRADISI SEJARAH

      a. Prasasti
      Merupakan rekaman tertulis yang menceritakan masa lampau yang pembuatannya berdasarkan perintah raja.

      b. Kitab
      Merupakan karya sastra para pujangga yang dijadikan petunjuk untuk menyingkap sebuah peristiwa sejarah yang muncul pada jaman Hindu Budha maupun Islam.

      c. Dokumen
      Merupakan surat berharga yang ditulis atau dicetak sehingga dapat dipakai untuk sebuah bukti atau keterangan.

      3. PERKEMBANGAN PENULISAN SEJARAH DI INDONESIA

      a. Masa Hindu – Budha dan islam
      Penulisan sejarah pada masa ini bersifat istana sentris yaitu berpusat pada keinginan dan kepentingan raja. Tujuannya agar generasi penerus mengetahui bahwa ada suatu peristiwa penting pada masa itu.

      b. Masa Kolonial
      Penulisan sejarah pada masa ini bertujuan untuk memperkokoh kekuasaan mereka di Indonesia dengan menyatakan bahwa status sosial mereka lebih tinggi dan setiap perlawanan rakyat Indonesia terhadap mereka dianggap sebagai pemberontak.

      c. Masa pergerakan Nasional
      Penulisan sejarah Pada masa ini bertujuan untuk membangkitkan semangat perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah 

      d. Masa Kemerdekaan Penulisan pada masa ini berorientasi pada masa depan bangsa dan Negara Indonesia yang telah berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

      Download juga:


      Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN
        Share:

        Tata Cara Sholat Idul Fitri Secara Berjama'ah Pasca Covid 19 Di Rumah


        Pada kesempatan ini kami berbagi Tata Cara Sholat Idul Fitri Secara Berjama'ah Pasca Covid 19 Di Rumah.

        Dengan kehadiran blog ini diharapkan bisa membantu dan memudahkan kita dalam pelaksanaan sholat idhul fitri secara berjama'ah bersama keluarga dirumah ditengah pandemi covid 19.

        Berikut Tata Cara Sholat Idul Fitri Secara Berjama'ah Pasca Covid 19 Di Rumah:

        1. Sebelum shalat, disunnahkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih.

        2. Shalat dimulai dengan menyeru "ash-shalâta jâmi'ah", tanpa azan dan iqamah.

        3. Memulai dengan niat sholat Idul Fitri, yang jika dilafalkan berbunyi: أُ َصِّيل ُسَّنًة لِعيِْد اْلِفْطر َرْكَعتَْي (َمأُْمْوًماإَماًما) للهتعالى

        "Aku berniat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi mak- mum/imam) karena Allah ta'ala."

        4. Membaca takbiratul ihram (الله أكبر) sambil mengangkat kedua tangan.

        5. Membaca doa iftitah.

        6. Membaca takbir sebanyak 7 kali (di luar takbiratul ihram) dan di antara tiap takbir itu dianjurkan membaca:

        سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

        7. Membaca surah al-Fatihah, diteruskan membaca surah yang pendek dari Al Quran.

        8. Ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya hingga berdiri lagi seperti shalat biasa.

        9. Pada rakaat kedua sebelum membaca al-Fatihah, disunnahkan takbir sebanyak 5 kali sambil mengangkat tangan, di luar takbir saat berdiri (takbir qiyam), dan di antara tiap takbir disunnahkan membaca:

        سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

        10. Membaca Surah al-Fatihah, diteruskan membaca surah yang pendek dari Al Quran.

        11. Ruku', sujud, dan seterusnya hingga salam.

        12. Setelah salam, disunnahkan mendengarkan khutbah Idul Fitri.
        Baca: Tata Cara Khutbah Idul Fitri Secara Berjama'ah Pasca Covid 19 Di Rumah.
        Demikian, semoga bermanfaat.
        Share:

        Contoh Naskah Khutbah Idhul fitri 1441 H (1 Lembar).


        Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Naskah Khutbah Idhul fitri 1441 H (1 Lembar) tentang Muhasabah Ditengah Covid 19.

        Dengan kehadiran blog ini diharapkan bisa membantu dan memudahkan para khatib untuk mencari teks khutbah dengan cepat dan mudah serta praktis ditengah covid 19 ini sebagai persiapan pelaksanaan sholat idhul fitri secara berjama'ah bersama keluarga dirumah. Salah satunya yaitu Muhasabah Ditengah Covid 19.

        Lihat...Khutbah Pertama

        Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
        Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

        Mari kita semua meningkatkan takwa kepada Allah SWT, yaitu dengan menjalankan semua perintahnya dan menjahui larangannya.

        Pada hari kemenangan ini tak ada kata yang lebih indah, suci dan mulia yang patut kita ucapkan kecuali Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, “Barakallahu Fiikum", Semoga Allah menerima amalku dan amalmu”, “semoga Allah memberkahi kepada kalian”,

        Dengan berakhirnya bulan Ramadhan yang suci dan mulia ini, kita bermohon kepada Allah agar musibah virus corona yang melanda dunia akan berakhir, karena sudah lima bulan negara kita bahkan dunia, diuji oleh Allah dengan mewabahnya virus corona, sampai sekarang belum juga berakhir.
        Ini adalah ujian dan teguran bagi kita semua.

        Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
        Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

        Selanjutnya bagaimana cara agar virus corona cepat berakahir ?

        Jawaban ada 2 cara: yaitu, cara Lahiriyah dan bathiniyah.

        A. Secara lahiriyah
        1. Jaga kebersihan lingkungan, seperti sering membersihkan lantai, meja, atau benda-benda lain di sekitar kita.

        2. Sering mencuci tangan dengan sabun, jika di kawatirkan kita memegang benda yang tekena cairan orang terinfeksi.

        Hal ini berdasarkan hasil penelitian para ahli kedokteran. Maka kita sebagai umat islam jangan sampai batal wuduk, jika wuduk batal sunnat wuduk kembali walaupun bukan mau shalat, karena berwuduk mengikuti sunnah rasul akan memberantas jenis kuman dan virus.

        Ditulis dalam buku Rasulullah sang dokter, yang ditulis oleh Prof.DR.Abdul Basith Muhammah Sayyid ada halaman 68.

        Bahwa ada 11 macam virus akan mati jika kita berwuduk dengan cara ISTINSYAQ ( menghirup air melaui hitung) dan ISTINSYAR (Mengeluarkan dengan tangan kiri).

        3. Usahakan memakai Masker dan sejenisnya karena virus ini masuk melelui tiga lobang, yaitu; hidung, mata, dan mulut.

        4. Usahakan bila minum air selau dalam keadaan hangat, berkumur dengan air garam, banyak memakan vitamin E dan C.
        Karena vitamin ini akan memperkuat daya tahan tubuh, yang sudah terinfeksi saja sudah banyak yang sudah sembuh , apa lagi yang belum terinfeksi.

        5. Hindari berkerumunan apa lagi bersentuhan langsung, di khawtirkan orang yang tersentuh dengan kita, dia sedang teinfeksi, dan jaga jarak 1,5 m.
        Logikanya jikalau 1,5 meter jika orang terinfeksi tersebut bersin atau batuk, maka cairan diperkirakan tidak akan sampai kepada orang disekitarnya.

        Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
        Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

        B. Secara Bathiniyah
        1. Bertaubat atas segala dosa yang telah kita berbuat.
        Kita yakin ini masih teguran Allah untuk kita. Allah memerintahkan kita untuk segera bertaubat, firman Allah SWT, dalam QS. At-Tahrim ayat 8:

        Artinya: "Hai orang berimam bertaubatlah kalian kepada Allah , taubat yang sesungguhnya”.

        Ada 4 cara kita bertaubat:
           1). Menyesal atas semua perbuatan yang telah dilakukan
           2). Berjanji kepada Allah tidak akan mengulangi perbuatan buruk tersebut
           3). Minta ampun kepada Allah atas semua dosa
           4). Menggantikan perbuatan buruk dengan perbuatan baik.

        2. Banyak berzikir
        "Hasbunallah wanikmal wakil" ucapakan sebanyak banyaknya.

        3. Memakan makan yang halal dan thayibah

        4. Ikuti himbauan ulama dan umara’ kita, karena kita yakin mereka membuat aturan untuk menyelamatkan kita dari serangan virus corona.
        Perbanyak bersedekah karena sedekah dapat menolak bencana.

        5. Berdoa dan bertawakkal kepada Allah.

        Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
        Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

        Demikianlah khutbah singkat pada kesempatan ini, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah puasa kita, bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan berikutnya serta semoga wabah Covid 19 ini cepat berlalu sehingga kita bisa melaksanakan sholat wajib dan sunnah lainnya di Masjid sebagaimana biasanya.

        بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِاْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ. وَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

        Lihat...Khutbah Kedua

        Share:

        Tata Cara Khutbah Idul Fitri Secara Berjama'ah Pasca Covid 19 Di Rumah.


        Pada kesempatan ini kami berbagi Tata Cara Khutbah Idul Fitri Secara Berjama'ah Pasca Covid 19 Di Rumah.

        Dengan kehadiran blog ini diharapkan bisa membantu dan memudahkan kita dalam pelaksanaan sholat idhul fitri secara berjama'ah bersama keluarga dirumah ditengah pandemi covid 19.

        Khutbah 'Id hukumnya sunnah yang merupakan kesempurnaan sholat Idul Fitri. Khutbah 'Id dilaksanakan dengan dua khutbah, dilaksanakan dengan berdiri dan di antara keduanya dipisahkan dengan duduk sejenak.

        Berikut Tata Cara Khutbah Idul Fitri Secara Berjama'ah Pasca Covid 19 Di Rumah:

        1. Khutbah pertama dilakukan dengan cara sebagai berikut:

          a. Membaca takbir sebanyak sembilan kali

          b. Memuji Allah dengan sekurang-kurangnya membaca الحمد لله

          c. Membaca shalawat nabi saw, antara lain dengan membaca اللهم صل على سيدنا محمد

          d. Berwasiat tentang takwa.

          e. Membaca ayat Al Quran

        2. Khutbah kedua dilakukan dengan cara sebagai berikut:

          a. Membaca takbir sebanyak tujuh kali

          b. Memuji Allah dengan sekurang-kurangnya membaca الحمد لله

          c. Shalawat nabi saw, antara lain dengan membaca اللهم صل على سيدنا محمد

          d. Berwasiat tentang takwa.   

          e. Mendoakan kaum muslimin.
        Lihat: Contoh Teks Khutbah Idhul fitri 1441 H (1 Lembar).
        Demikian, semoga bermanfaat.
        Share:

        Soal UMBN-BK IPA Lengkap Jawabannya K13 Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


        Pada kesempatan ini kami berbagi Soal UMBN-BK IPA Lengkap Jawabannya K13 Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

        Soal ini bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, harapannya akan lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya.

        Berikut ini adalah Soal UMBN-BK IPA Lengkap Jawabannya K13 Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

        Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!

        Soal Pilihan Ganda

        1. Perhatikan tabel besaran dan satuan berikut!

        Pasangan besaran pokok dan satuan dalam SI yang benar ditunjukkan nomor …. 
        A. (1), (2), dan (3)
        B. (1), (3), dan (4)
        C. (2), (4), dan (5)
        D. (3), (4), dan (5)
        Jawaban : C

        2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
        (1) Alkohol di tempat terbuka mudah menguap
        (2) Jika berada di tempat lembab, besi mudah berkarat
        (3) Bensin mudah terbakar
        (4) Kamper di ruang terbuka semakin menipis karena menjadi gas
        (5) Kayu mudah melapuk jika terkena air
        Yang termasuk sifat kimia adalah ….
        A. 1), 2) dan 3)
        B. 1), 3) dan 4)
        C. 2), 3) dan 4)
        D. 2), 3) dan 5)
        Jawaban : D

        3. Zat berikut yang termasuk pemanis buatan adalah ….
        A. sakarin dan aspartame
        B. antosianin dan sorbitol 
        C. benzoate dan siklamat
        D. sodium glutomat dan sakarin
        Jawaban : A

        4. Perhatikan lambang molekul berikut! 


        Lambang molekul senyawa ditunjukkan oleh gambar ….
        A. 1), 2), 3)
        B. 1), 3), 5)
        C. 2), 4), 5)
        D. 3), 4), 5)
        Jawaban : C

        5. Seorang siswa melakukan pengukuran seperti pada gambar. 


        Agar neraca dalam keadaan seimbang maka Massa anak timbangan P adalah . . ..
        A. 350 gram
        B. 250 gram
        C. 150 gram
        D. 50 gram
        Jawaban : B

        6. Perhatikan gambar berikut!

        Tinta berwarna dapat dipisahkan dengan metode pada gambar karena ....
        A. titik didih tinta dan pelarut berbeda
        B. setiap komponen warna tinta memiliki perbedaan pola pergerakan
        C. setiap komponen warna tinta mudah larut dalam pelarut
        D. pelarut dan setiap komponen warna tinta memiliki sifat kimia yang sama
        Jawaban : B

        7. Seorang siswa ingin menguji sifat larutan dari obat yang diminumnya. Setelah siswa tersebut melakukan pengujian diperoleh kesimpulan bahwa obat yang diminum siswa bersifat basa.
        Pernyataan yang mendukung kesimpulan siswa yaitu ....
        A. Kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan tidak terjadi perubahan warna kertas lakmus.
        B. Kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi gelembung gas pada obat tersebut
        C. Kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi perubahan warna kertas lakmus menjadi biru
        D. Kertas lakmus biru dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang berisi obat dan terjadi gelembung gas pada obat tersebut
        Jawaban : C

        8. Perhatikan gambar di bawah ini!

         Berdasarkan gambar di samping, kalor berpindah secara....
        A. Konduksi
        B. Konveksi
        C. Radiasi
        D. Evaporasi
        Jawaban : A

        9. Perhatikan beberapa fenomena alam berikut.
        (1) Mencairnya glasier
        (2) Terjadinya mutasi genetik
        (3) Kegagalan panen besar-besaran
        (4) Peningkatan pencemaran udara
        (5) Kenaikan suhu bumi secara signifikan
        (6) Timbulnya penyakit-penyakit baru
        Dampak pemanasan global ditunjukkan oleh pernyataan nomor…
        A. 1, 2, dan 3
        B. 1, 3, dan 5
        C. 2, 4, dan 6
        D. 4, 5, dan 6
        Jawaban : B

        10. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
        1. Merubah arah gerak benda
        2. Berubah wujud benda
        3. Merubah massa benda 
        4. Merubah bentuk benda
        5. Merubah kecepatan benda
        Dari pernyataan diatas yang merupakan pengaruh gaya pada sebuah benda adalah....
        A. 1, 2, dan 3
        B. 1, 2 dan 5
        C. 1, 3 dan 4
        D. 1, 4, dan 5
        Jawaban : D

        11. Tiga gaya segaris bekerja pada sebuah balok seperti pada gambar. Hukum 1 Newton terjadi pada balok....


        Jawaban : B

        12. Perhatikan gambar! 


        Tekanan hidrostatis terhadap A sebesar 8000 N/m2 dan tekanan hidrostatis terhadap B sebesar 6400 N/m2. Jika massa jenis air 1000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, selisih kedalaman A dan B adalah ....
        A. 0,10 m
        B. 0,16 m
        C. 0,64 m
        D. 0,80 m
        Jawaban : B

        13. Perhatikan grafik berikut ini ! 


        Es yang masanya 50 gram di panaskan dari -5°C menjadi air bersuhu 20°C . Jika kalor lebur es = 80 kal/gram, kalor jenis es = 0,5 kal/gram°C, kalor jenis air = 1 kal/gram°C, maka banyaknya kalor yang diperlukan pada proses A ke B adalah ..........
        A. 125 kalori
        B. 1.000 kalori
        C. 4.000 kalori
        D. 5.125 kalori
        Jawaban : A

        14. Perhatikan gambar tuas berikut! 


        Jika beban digeser 10 cm menjauhi titik tumpu, yang harus dilakukan agar tuas tetap seimbang adalah ....
        A. menggeser titik tumpu 10 cm mendekati beban
        B. menambah kuasa menjadi 300 N
        C. menggeser kuasa 25 cm menjauhi titik tumpu
        D. menggeser kuasa 25 cm mendekati titik tumpu
        Jawaban : C

        15. Grafik yang menunjukkan hubungan antara kecepatan dan waktu sebuah mobil yang sedang melaju tampak seperti gambar.


        Gerak mobil yang benar dari grafik tersebut adalah ....
        A. dari A ke B bergerak lurus dipercepat beraturan dan dari C ke D mobil diam
        B. dari A ke B bergerak lurus beraturan dan dari D ke E mobil bergerak dipercepat beraturan
        C. dari C ke D bergerak lurus dipercepat dan dari D ke E mobil bergerak diperlambat beratuan
        D. dari A ke B bergerak lurus dipercepat beraturan dan dari C ke D mobil bergerak lurus beraturan
        Jawaban : D

        16. Perhatikan pernyataan berikut.
        (1) Frekuensinya diperbesar
        (2) Periode diperbesar
        (3) Cepat rambat bunyi diperbesar
        (4) Amplitudonya diperbesar
        (5) Sumber bunyi berada di ruangan kecil. 
        (6) Terjadi resonansi
        Bunyi akan terdengar semakin kuat jika …
        A. 1 , 3, dan 5
        B. 1, 5, dan 6
        C. 2, 4, dan 5
        D. 4, 5, dan 6
        Jawaban : D

        17. Dua buah gabus berada di puncak-puncak gelombang air seperti tampak pada gambar berikut. 


        Kedua gabus itu bergerak naik turun sebanyak 10 kali dalam 4 detik. Cepat rambat gelombang tersebut adalah….
        A. 10 cm/s
        B. 25 cm/s
        C. 125 cm/s
        D. 250 cm/s
        Jawaban : C

        18. Perhatikan data transformator pada tabel berikut!


        Jawaban : D

        19. Benda terletak di depan cermin cekung seperti gambar, ternyata bayangan yang terbentuk bersifat nyata dan diperbesar 3 kali.


        Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin, maka bayangan yang dihasilkan sekarang bersifat ....
        A. nyata, terbalik, diperbesar
        B. nyata, terbalik, diperkecil
        C. nyata, terbalik, sama besar 
        D. maya, tegak, diperbesar
        Jawaban : C

        20. Terdapat bola konduktor P bermuatan negatif dan empat bola konduktor Q, R, S, T yang tidak diketahui muatannya. 


        Jika didekatkan bola P menarik Q dan menolak S. Sedangkan bola Q menolak R, dan bolaS menolak T. Jika bola P didekatkan dengan bola R dan T maka gaya yang akan terjadi berturut-turut adalah ....
        A. tarik menarik dan tolak menolak 
        B. tarik menarik dan tarik menarik
        C. tolak menolak dan tolak menolak
        D. tolak menolak dan tarik menarik
        Jawaban : A

        21. Perhatikan gejala alam di bawah ini!
        1) Pagi hari suhu lautan lebih tinggi dari pada suhu daratan
        2) Transpirasi tumbuhan lebih cepat pada suhu yang tinggi
        3) Air mengalir dari dataran tinggi ke dataran rendah
        4) Cahaya matahari mempengaruhi proses fotosintesis
        Berdasarkan penyataan di atas yang merupakan gejala alam abiotik adalah….
        A. 1 dan 2
        B. 1 dan 3
        C. 2 dan 3
        D. 2 dan 4
        Jawaban : B

        22. Perhatikan gambar berikut ini! 


        Gambar yang menunjukkan ciri makhluk hidup membutuhkan makan dan berkembangbiak adalah .…
        A. 1 dan 2
        B. 1 dan 4
        C. 2 dan 3
        D. 3 dan 4
        Jawaban : C

        23. Perhatikan gambar interaksi makluk hidup berikut! 


        Berdasarkan interaksi makluk hidup pada gambar di atas, berikut ini yang memiliki pola interaksi sama adalah…


        Jawaban : B

        24. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang menguji baku mutu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di 50-60 perusahaan secara acak setiap tahunnya. Hasilnya menunjukkan 20 persen perusahaan dinilai tidak memenuhi standar baku mutu pengolahan limbah cairnya. Hasil uji laboratorium air sungai di wilayah Singosari-Lawang serta Wagir–Pakis banyak yang tidak memenuhi chemical oxygen demand (COD) atau oksigen yang dibutuhkan dalam proses kimiawi makhluk hidup.
        Bagaimana kemungkinan kondisi organisme di wilayah tersebut?
        A. Sampah organik akan menumpuk karena jumlah bakteri pengurai menurun.
        B. Zooplankton akan meningkat karena jumlah ganggang meningkat.
        C. Produsen tumbuh pesat karena cukup mendapatkan oksigen. 
        D. Jumlah bakteri pengurai tidak berubah karena tidak memerlukan oksigen
        jawaban : A

        25. Perhatikan tabel jumlah penduduk di propinsi Jawa Timur dari tahun 2014 -2017 berikut:
        No
        Tahun
        Jumlah penduduk
        1
        2014
        38.610.000 jiwa
        2
        2015
        38.847.000 jiwa
        3
        2016
        39.075.000 jiwa
        4
        2017
        39.293.000 jiwa
        Sumber: BPS Provinsi Jatim
        Grafk yang menunjukkan hubungan kepadatan penduduk dengan kualitas air adalah…




        Jawaban : A

        26. Perhatikan skema jaring-jaring makanan pada ekosistem darat di bawah ini! 
        Apa yang terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut jika populasi tikus menurun akibat petani melakukan pembasmian?
        A. Populasi tumbuhan dan rubah meningkat.
        B. Populasi tumbuhan dan burung elang meningkat.
        C. Populasi tumbuhan meningkat dan katak menurun.
        D. Populasi burung pemakan biji-bijian meningkat dan laba-laba menurun.
        Jawaban : D

        27. Berbagai usaha manusia untuk mengurangi pencemaran lingkungan:
        1) Menjual sampah plastik kepada pemulung
        2) Memilih kulkas dan AC berlambang : 



        3) Memilih produk spray yang berlambang 


        4) Mengolah sampah organik menjadi kompos
        5) Menanam bunga di sekitar rumah
        6) Membawa bekal dengan kotak nasi ke sekolah
        Perubahan iklim akibat pemanasan global dapat dicegah melalui tindakan nomor…
        A. 1), 2) dan 3)
        B. 2), 3) dan 4)
        C. 2), 3) dan 5)
        D. 2), 3) dan 6)
        Jawaban : C

        28. Perhatikan gambar persendian berikut! 



        Pernyataan berikut yang benar terkait dengan gambar tersebut, adalah...
        A. tulang A diam dan tulang B berputar
        B. tulang A dan tulang B bergerak dua arah
        C. tulang A diam dan tulang B bergerak dua arah
        D. tulang A diam dan tulang B bergerak ke segala arah
        Jawaban : D

        29.   Berikut ini adalah beberapa contoh gerak pada tumbuhan.
                               Gerak Tumbuhan
        Jenis Gerak
        I.  Mengatupnya daun putri malu saat disentuh
        K.  Nasti
        II. Pecahnya kulit petai cina yang sudah kering
        L. Tropisme
        III. Gerak melilitnya sulur tanaman mentimun
        M. Higroskopis
        IV.  Pecahnya buah pacar air
        N. Taksis

        Pasangan antara gerak tumbuhan dengan jenis gerak yang sesuai adalah….
        A. I – L dan IV – N
        B. I – K dan III – L
        C. II – M dan III – N
        D. III – N dan IV – K
        Jawaban : B

        30. Perhatikan gambar irisan membujur ginjal berikut!

        Proses penyaringan darah terjadi pada bagian yang bernomor ….
        A. 1
        B. 2
        C. 3 
        D. 4
        Jawaban : A

        31. Pehatikan data hasil pecobaan uji makanan, berikut!


        Berdasarkan hasil percobaan di atas, maka kesimpulan yang benar adalah....
        A. P dan Q mengandung glukosa, P dan W mengandung amilum,
        B. P dan Q mengandung amilum, P dan W mengandung protein
        C. P dan W mengandung protein, Q dan W mengandung glukosa 
        D. P dan W mengandung amilum, Q dan W mengandung glukosa
        Jawaban : B

        32.  Perhatikan gambar peredaran darah berikut!

        Peredaran darah yang darahnya kaya akan CO2  adalah ….
        A. 1-2-4-5-6
        B. 4-5-6-7-8
        C. 9-10-11-1
        D. 10-11-1-2
        Jawaban : D

        33. Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut ini.
        (1) Otot antar tulang rusuk kontraksi
        (2) Otot antar tulang rusuk relaksasi
        (3) Otot diafragma kontraksi
        (4) Otot diafragma relaksasi
        (5) Rongga dada mengecil
        (6) Rongga dada membesar
        Peristiwa yang terjadi saat ekspirasi pernafasan dada adalah ….
        A. (1) dan (6)
        B. (2) dan (5)
        C. (3) dan (5)
        D. (4) dan (6)
        Jawaban : B

        34. Hasil uji glukosa terhadap urin pasien adalah 250 mg/dl. Jika kadar normal glukosa dalam urin adalah < 140 mg/dl, maka sistem organ yang terganggu pada pasien tersebut adalah ….
        A. pencernaan dan ekskresi
        B. pencernaan dan hormon
        C. hormon dan ekskresi
        D. ekskresi dan respirasi
        Jawaban : D

        35. Di kabupaten Wonosobo hasil pertanian singkong melimpah, sehingga perlu sentuhan bioteknologi yang tepat untuk menghindari ketidakbermanfaatan dari singkong tersebut. Produk dari penerapan bioteknologi untuk hasil pertanian tersebut adalah ....
        A. tepung singkong
        B. tape singkong
        C. keripik singkong
        D. kue singkong
        Jawaban : B

        Soal Uraian

        36. Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut.

        Dari hasil pengukuran seperti pada gambar (a) dan (b), hitunglah massa jenis benda tersebut!
        Pembahasan : 
        Diket : v = 85 ml - 60 ml = 25 ml = 25 cm3
                   m = 67,5 gram
        Ditanya : ρ
        Jawab : ρ = m/v
                         = 67,5 gram / 25 cm3 
                         = 2,7 gram/ cm3

        37 Sebuah benda dikenai gaya seperti pada gambar di bawah ini.

        Berdasarkan gambar di atas hitunglah besarnya usaha yang dilakukan oleh gaya untuk memindahkan benda!
        Pembahasan : 
        Diket : F1 = 80 N
                   F2 = 40 N
                    S = 500 cm = 5 m
        Ditanya : W
        Jawab : W = ( F1 - F2 ) x S
                         = ( 80 N – 40 N ) x 5 m 
                         = 40 N x 5 m = 200 J

        38. Pak Hasan berusia 45 tahun memiliki lensa mata yang sudah terlalu memipih sehingga tidak bisa melihat dengan jelas benda-benda pada jarak tertentu seperti mata normal.
        Berdasarkan ilustrasi di atas cacat mata apakah yang dialami oleh pak Hasan dan bagaimana cara mengatasi cacat mata tersebut agar pak Hasan dapat melihat seperti mata normal ?
        Jawaban :
        *penderita hipermetropi
        *ditolong dengan kacamata berlensa cembung



        39. Perhatikan gambar percobaan fotosintesis berikut!

        Setelah dilakukan pengamatan terhadap banyak sedikitnya gelembung udara yang terbentuk, diperoleh data pada tabel berikut ini. 


        Pertanyaan: 
        a. Pada gambar B dan C digunakan cahaya lampu. Sifat cahaya apa yang terjadi ketika lampu digunakan pada percobaan tersebut?
        b. Apakah yang dapat dibuktikan melalui percobaan tersebut?
        c. Berdasarkan hasil pengamatan, gelembung udara yang terbentuk pada tabung reaksi adalah ....
        d. Jelaskan simpulan dari percobaan tersebut!
        e. Pada tumbuhan dalam percobaan tersebut terjadi reaksi kimia sebagai berikut:



        Manakah molekul unsur dan molekul senyawa pada zat hasil reaksi?
        Jawaban :
        a, beda intensitasnya
        b. fotosintesis membutuhkan cahaya
        c. Oksigen
        d. Semakin besar intensitas cahaya semakin banyak Oksigeb yang dihasilkan
        e. Unsur = 6O2
        senyawa = 6CO2 . 6H2O , C6H12O6

        40. Persilangan tanaman mangga berbuah manis kecil (MMKK) dengan tanaman mangga berbuah masam besar(mmkk) menghasilkan F1 tanaman mangga berbuah manis kecil. Jika F1 disilangkan sesamanya akan menghasilkan F2.
        a. Bagaimana genotif dan fenotif F1?
        b. Jika biji yang dihasilkan pada F2 adalah 32 buah dan semua biji ditanam maka tanaman yang menghasilkan buah unggul (mangga manis besar) berjumlah.…
        Jawaban : 
        a. genotif F1 = MmKk
        b. fenotif F1 = Manis kecil b. mangga manis besar= 3/16 X 32 = 6


        Download juga:

        Link...BANK SOAL UJIAN TAHUN 2019 SEMUA TINGKAT PENDIDIKAN

        Demikian, semoga bermanfaat.
        Share:

        Hari/Tanggal

        ALIH BAHASA

        Daftar Isi