Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.

Contoh Naskah Khutbah Idhul fitri 1441 H (1 Lembar).


Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Naskah Khutbah Idhul fitri 1441 H (1 Lembar) tentang Muhasabah Ditengah Covid 19.

Dengan kehadiran blog ini diharapkan bisa membantu dan memudahkan para khatib untuk mencari teks khutbah dengan cepat dan mudah serta praktis ditengah covid 19 ini sebagai persiapan pelaksanaan sholat idhul fitri secara berjama'ah bersama keluarga dirumah. Salah satunya yaitu Muhasabah Ditengah Covid 19.

Lihat...Khutbah Pertama

Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

Mari kita semua meningkatkan takwa kepada Allah SWT, yaitu dengan menjalankan semua perintahnya dan menjahui larangannya.

Pada hari kemenangan ini tak ada kata yang lebih indah, suci dan mulia yang patut kita ucapkan kecuali Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, “Barakallahu Fiikum", Semoga Allah menerima amalku dan amalmu”, “semoga Allah memberkahi kepada kalian”,

Dengan berakhirnya bulan Ramadhan yang suci dan mulia ini, kita bermohon kepada Allah agar musibah virus corona yang melanda dunia akan berakhir, karena sudah lima bulan negara kita bahkan dunia, diuji oleh Allah dengan mewabahnya virus corona, sampai sekarang belum juga berakhir.
Ini adalah ujian dan teguran bagi kita semua.

Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

Selanjutnya bagaimana cara agar virus corona cepat berakahir ?

Jawaban ada 2 cara: yaitu, cara Lahiriyah dan bathiniyah.

A. Secara lahiriyah
1. Jaga kebersihan lingkungan, seperti sering membersihkan lantai, meja, atau benda-benda lain di sekitar kita.

2. Sering mencuci tangan dengan sabun, jika di kawatirkan kita memegang benda yang tekena cairan orang terinfeksi.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian para ahli kedokteran. Maka kita sebagai umat islam jangan sampai batal wuduk, jika wuduk batal sunnat wuduk kembali walaupun bukan mau shalat, karena berwuduk mengikuti sunnah rasul akan memberantas jenis kuman dan virus.

Ditulis dalam buku Rasulullah sang dokter, yang ditulis oleh Prof.DR.Abdul Basith Muhammah Sayyid ada halaman 68.

Bahwa ada 11 macam virus akan mati jika kita berwuduk dengan cara ISTINSYAQ ( menghirup air melaui hitung) dan ISTINSYAR (Mengeluarkan dengan tangan kiri).

3. Usahakan memakai Masker dan sejenisnya karena virus ini masuk melelui tiga lobang, yaitu; hidung, mata, dan mulut.

4. Usahakan bila minum air selau dalam keadaan hangat, berkumur dengan air garam, banyak memakan vitamin E dan C.
Karena vitamin ini akan memperkuat daya tahan tubuh, yang sudah terinfeksi saja sudah banyak yang sudah sembuh , apa lagi yang belum terinfeksi.

5. Hindari berkerumunan apa lagi bersentuhan langsung, di khawtirkan orang yang tersentuh dengan kita, dia sedang teinfeksi, dan jaga jarak 1,5 m.
Logikanya jikalau 1,5 meter jika orang terinfeksi tersebut bersin atau batuk, maka cairan diperkirakan tidak akan sampai kepada orang disekitarnya.

Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

B. Secara Bathiniyah
1. Bertaubat atas segala dosa yang telah kita berbuat.
Kita yakin ini masih teguran Allah untuk kita. Allah memerintahkan kita untuk segera bertaubat, firman Allah SWT, dalam QS. At-Tahrim ayat 8:

Artinya: "Hai orang berimam bertaubatlah kalian kepada Allah , taubat yang sesungguhnya”.

Ada 4 cara kita bertaubat:
   1). Menyesal atas semua perbuatan yang telah dilakukan
   2). Berjanji kepada Allah tidak akan mengulangi perbuatan buruk tersebut
   3). Minta ampun kepada Allah atas semua dosa
   4). Menggantikan perbuatan buruk dengan perbuatan baik.

2. Banyak berzikir
"Hasbunallah wanikmal wakil" ucapakan sebanyak banyaknya.

3. Memakan makan yang halal dan thayibah

4. Ikuti himbauan ulama dan umara’ kita, karena kita yakin mereka membuat aturan untuk menyelamatkan kita dari serangan virus corona.
Perbanyak bersedekah karena sedekah dapat menolak bencana.

5. Berdoa dan bertawakkal kepada Allah.

Allahuakbar 3 X Walillahilhamd
Jama'ah idul fitri dirumah saja rahimakumullah

Demikianlah khutbah singkat pada kesempatan ini, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah puasa kita, bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan berikutnya serta semoga wabah Covid 19 ini cepat berlalu sehingga kita bisa melaksanakan sholat wajib dan sunnah lainnya di Masjid sebagaimana biasanya.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِاْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ. وَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Lihat...Khutbah Kedua

Share:

No comments:

Post a Comment

Jangan nyepam ya!

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi