Pada kesempatan ini kami berbagi Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.
Soal ini bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, harapannya akan lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya.
Berikut ini adalah Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.
A. Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!
1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Topeng Blantek
2. Ronggeng Topeng
3. Kuda Ronggeng
4. Muang Sangkal
5. Petik Pari
Dari pernyataan tersebut, yang termasuk ragam karya seni rupa daerah Betawi ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 5
Jawaban : A
2. Gagasan menciptakan karya seni muncul dari seniman itu sendiri dinamakan ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik
Jawaban : A
3. Proses berkarya atau cara mewujudkan ide menjadi suatu karya yang menarik dan bernilai disebut ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik dan wujud
Jawaban : D
4. Jenis pabrik modern yang dibuat di pabrik menggunakan peralatan modern (mesin dalam jumlah besar termasuk dalam jenis pabrik ...
a. Tulis
b. Printing
c. Manual
d. Sablon
Jawaban : B
5. Teralis, jendela, pagar besi, dan tangga besi dikerjakan dengan teknik ...
a. Patri
b. Cor
c. Las
d. Cetak
Jawaban : C
6. Iklan, tabel, brosur dan buklet merupakan reklame yang diolah dengan teknik ....
a. Cetak sambung
b. Komputer
c. Membentuk
d. Tatah sungging
Jawaban : B
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Gambar tersebut dalam membatik disebut :
a. gawangan
b. canting
c. cidok
d. siwor
Jawaban : B
8. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
Lukisan tersebut tergolong :
a. NATURALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. IMPRESIONISME
Jawaban : B
9. Perhatikan gambar berikut ini !
Gambar tersebut menerapkan gelap terang dengan teknik :
a. arsir
b. dusel
c. blok
d. pointilis
Jawaban : D
10. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna skunder :
a. merah, jingga, coklat
b. coklat, kuning, hijau.
c. merah, kuning, biru
d. hijau, ungu, jingga
Jawaban : D
11. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna primer :
a. merah, jingga, coklat
b. hijau, ungu, jingga
c. coklat, kuning, hijau.
d. merah, kuning, biru
Jawaban : D
12. Pada Tangga nada Diatonis, jarak nada antara 7 (si) ke 1’ (do) mempunyai interval :
a. ¼
b. ½
c. 1
d. 1 ½
Jawaban : B
13. Cara melukis dengan bahan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna yang tebal atau kental sehingga hasilnya tampak pekat atau menutup, termasuk teknik ...
a. Pointilis
b. Spray
c. Tempra
d. Plakat
Jawaban : D
14. Hasil karya seni rupa yang hanya mementingkan keindahan saja disebut ...
a. Seni rupa
b. Seni patung
c. Seni murni
d. Seni pakai
Jawaban : C
15. Bunyi nada yang harmonis merupakan keselarasan alam semesta. Mereka beranggapan bahwa musik adalah suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur merupakan kepercayaan bangsa ...
a. Cina
b. India
c. Arab
d. Indonesia
Jawaban : A
16. Ciri khas dari orkes keroncong adalah pada alat musik ...
a. Drum
b. Piano
c. Bass
d. ukulele
Jawaban : D
17. Musik India sudah ada kira-kira pada abad ...
a. Ke-20 SM
b. Ke-8 M
c. Ke-7 M
d. 12 SM
Jawaban : A
18. Negara yang memiliki melodi lagu terdiri atas sejumlah variasi melodi (sekitar 52 variasi) adalah ...
a. Arab
b. Jepang
c. India
d. Cina
Jawaban : A
19. Ketinggian nada disebut pula dengan ...
a. Akor
b. Ntoasi
c. Pitch
d. Interval
Jawaban : C
20. Jenis pensil yang paling sesuai digunakan untuk menggambar seni adalah pensil yang berkode :
a. H
b. HB
c. B
d. M
Jawaban : A
21. Pensil yang paling hitam jika digoreskan dibawah ini adalah :
a. H
b. HB
c. 2B
d. 4B
Jawaban : D
22. Pensil yang paling keras dibawah ini adalah :
a. H
b. 2H
c. 3H
d. 4H
Jawaban : D
23. Lilin dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar
b. Membuat sket
c. Melindungi kain dari pewarna
d. Menutup gambar
Jawaban : C
24. Canting dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar
b. Membuat sket
c. Menuangkan lilin
d. Menutup gambar
Jawaban : C
25. Kompor dalam membatik digunakan untuk :
a. mengeringkan kain
b. Menghangatkan badan
c. Mencairkan lilin
d. menghaluskan kain
Jawaban : C
26. Gawangan dalam membatik digunakan untuk :
a. membentang kain
b. menghaluskan kain
c. menahan panas kompor
d. melipat lain
Jawaban : A
27. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik disebut :
a. mbilas
b. nggilas
c. mlorot
d. nglorot
Jawaban : C
28. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik, dilakukan dengan cara:
a. menjemur kain dibawah panas matahari secara langsung
b. membentang kain diatas panas kompor secara langsung
c. mencuci kain dengan sabun dengan diinjak – injak.
d. merebus kain dengan air yang mendidih
Jawaban : D
29. Orang yang melakukan kegiatan mengenali, memilih dan menghargai suatu karya seni disebut :
a. apresiasi
b. apresiatif
c. apresiator
d. aseptor
Jawaban : C
TABEL 3
1. Mencoba cetakan dan melihat hasilnya
2. Menyempurnakan cetakan
3. Mempersiapkan alat dan bahan cetak
4. Merendahkan bagian bahan karet sesuai desain
5. Membuat desain
6. Memberi gambar pada bahan karet sesuai desain
Perhatikan TABEL 3 !
30. Urutan proses membuat cetak tinggi yang benar, adalah :
a. 5,6,3,4,1 dan 2
b. 5,3,6,1,4 dan 2
c. 5,3,6,4,1 dan 2
d. 5,3,6,4,2 dan 1
Jawaban : C
31. Pada cetak tinggi, desain yang dipindahkan kedalam bahan karet adalah desain yang :
a. positif
b. negatif
c. akhir
d. gambar
32. gambar 8
Perhatikan gambar 8 !
Gambar di samping disebut
a. illustrasi judul cerpen
b. illustrasi uang kertas
c. illustrasi cover / sampul
d. illustrasi bacaan
Jawaban : B
33. Kegiatan membuat sesuatu lebih dari satu dengan bentuk yang mirip dan menggunakan acuan disebut :
a. meniru
b. mencontoh
c. menggandakan
d. mencetak
Jawaban : A
34. Berikut ini adalah jenis cetak, kecuali
a. cetak rendah
b. cetak sedang
c. cetak tinggi
d. cetak tembus
Jawaban : D
35. Bagian yang tinggi dari acuan adalah bagian yang memindahkan tinta / cat, maka disebut :
a. cetak rendah
b. cetak sedang
c. cetak tinggi
d. cetak tembus
Jawaban : D
36. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Meja
2. botol
3. Kaleng minuman
4. Kardus
5. Batu bata
6. Pipa
7. Bolpoint
Yang termasuk benda bentuk silindris adalah ...
A. 1 – 3 – 4 dan 5
B. 2 – 3 – 4 dan 5
C. 2 – 3 – 6 dan 7
D. 2 – 3 – 5 dan 7
Jawaban : C
37. Perhatikan logo PMI berikut.
Logo PMI tersebut dikatakan simetris dan asimetris jika ....
a. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya asimetris, jika ditarik garis secara vertikal, maka ditemukan bentuknya simetris
b. menarik garis secara horizontal dan membagi bagian atas dan bawah tidak akan bersifat asimetris
c. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya simetris, jika ditarik garis secara vertikal menghasilkan nilai simetris
d. ditarik garis secara diagonal, akan tercipta sebuah obyek yang bentuknya tidak beraturan
Jawaban : C
38. Perhatikan prosedur berikut.
1. Pencucian dan pelembutan (ngeloyor/ngemplong)
2. Nyanthing/Mbatik
3. Nembok (menutup bagian pola)
4. Medel (pencelupan)
5. Ngerok/nggirang (menggerok dan mencuci)
6. Mbironi (menutup warna dan isen pola)
7. Nyoga (pencelupan kain ke dalam warna soga)
8. Ngolorot (Pelorodan, melepaskan seluruh malam)
9. Nyorek / Mola (pembuatan pola)
Urutan prosedur pembuatan batik tulis yang benar adalah ....
a. 1 – 3 – 2 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 9
b. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 7 - 9
c. 1 – 9 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8
d. 1 – 7 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 8 – 9
Jawaban : C
39. Model/gambar/desain/tulisan yang digunakan untuk menuangkan dalam obyek sablon disebut ...
a. Screen
b. Film sablon
c. Meja sablon
d. Lampu neon
Jawaban : B
40. Film yang mengangkat sinopsis dari buku novelnya, mengkutip “jangan rindu. Berat, kamu nggak akan kuat, biar aku saja” dan menceritakan tentang seorang perempuan yang bertemu di sebuah SMA di Bandung pada tahun 1990 adalah ....
a. Loetung Kasaroeng
b. Maipa Deapati
c. Silariang
d. Dilan
41. Film diperkenalkan pertama kali di Jakarta pada ...
a. 5 Desember 1900
b. 15 Desember 1990
c. 25 Desember 1990
d. 5 Desember 1980
Jawaban : A
42. Penyajian musik yang terdiri dari lima orang disebut ....
a. Kwartet
b. Septet
c. Octet
d. Kuintet
Jawaban : D
43. Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bagian alat musik itu sendiri disebut ...
a. Ideofon
b. Elektron
c. Membranofon
d. Elektrofon
Jawaban : A
44. Teknik menenun di Bali dikenal dengan istilah ....
a. Nyuntik
b. Sulam
c. Nyongket
d. Tenun
Jawaban : A
45. Urutan tangga nada pelog adalah ...
a. do re mi fa so la
b. do re mi sol la do’
c. do mi fa sol si do’
d. do mi so la si do’
Jawaban : C
46. bagian pelindung pada susunan organisasi peserta pameran biasanya dijabat oleh ...
a. guru kesenian
b. ketua kelas
c. wali kelas
d. kepala sekolah
Jawaban : D
47. seni melukis tulisan Arab dengan pena disebut ...
a. seni kriya
b. kaligrafi
c. grafity
d. ilustrasi
Jawaban : B
48. tarian yang ditarikan oleh seorang penari, baik penari putra maupun putri disebut ...
a. tari kelompok
b. tari tunggal
c. tari berpasangan
d. tari tradisional
Jawaban : B
49. Gambar tersebut dinamakan ...
a. Struktur panitia
b. Susunan panitia
c. susunan organisasi
d. struktur organisasi
Jawaban : D
50. Dalam susunan kepanitiaan, bendahara adalah :
a. Orang bisa dijadikan sumber informasi, dimintai nasehat dan diajak diskusi.
b. Koordinator dari seluruh kegiatan.
c. 'Orang yang bertugas membuat tulisan-tulisan, surat- surat dan catatan tertentu.
d. Orang yang bertugas memegang keuangan kegiatan dan mecatat secara teliti dan terperinci dari pemasukkan dan pengeluaran uang kegiatan.
Jawaban : D
Tujuannya yaitu untuk membantu para guru dan siswa untuk mencari materi, perangkat dan informasi umum yang terbaru/terupdate setiap hari tanpa dibatasi ruang dan waktu karena bisa diakses secara online.
1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Topeng Blantek
2. Ronggeng Topeng
3. Kuda Ronggeng
4. Muang Sangkal
5. Petik Pari
Dari pernyataan tersebut, yang termasuk ragam karya seni rupa daerah Betawi ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 5
Jawaban : A
2. Gagasan menciptakan karya seni muncul dari seniman itu sendiri dinamakan ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik
Jawaban : A
3. Proses berkarya atau cara mewujudkan ide menjadi suatu karya yang menarik dan bernilai disebut ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik dan wujud
Jawaban : D
4. Jenis pabrik modern yang dibuat di pabrik menggunakan peralatan modern (mesin dalam jumlah besar termasuk dalam jenis pabrik ...
a. Tulis
b. Printing
c. Manual
d. Sablon
Jawaban : B
5. Teralis, jendela, pagar besi, dan tangga besi dikerjakan dengan teknik ...
a. Patri
b. Cor
c. Las
d. Cetak
Jawaban : C
6. Iklan, tabel, brosur dan buklet merupakan reklame yang diolah dengan teknik ....
a. Cetak sambung
b. Komputer
c. Membentuk
d. Tatah sungging
Jawaban : B
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Gambar tersebut dalam membatik disebut :
a. gawangan
b. canting
c. cidok
d. siwor
Jawaban : B
8. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
Lukisan tersebut tergolong :
a. NATURALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. IMPRESIONISME
Jawaban : B
9. Perhatikan gambar berikut ini !
Gambar tersebut menerapkan gelap terang dengan teknik :
a. arsir
b. dusel
c. blok
d. pointilis
Jawaban : D
10. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna skunder :
a. merah, jingga, coklat
b. coklat, kuning, hijau.
c. merah, kuning, biru
d. hijau, ungu, jingga
Jawaban : D
11. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna primer :
a. merah, jingga, coklat
b. hijau, ungu, jingga
c. coklat, kuning, hijau.
d. merah, kuning, biru
Jawaban : D
12. Pada Tangga nada Diatonis, jarak nada antara 7 (si) ke 1’ (do) mempunyai interval :
a. ¼
b. ½
c. 1
d. 1 ½
Jawaban : B
13. Cara melukis dengan bahan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna yang tebal atau kental sehingga hasilnya tampak pekat atau menutup, termasuk teknik ...
a. Pointilis
b. Spray
c. Tempra
d. Plakat
Jawaban : D
14. Hasil karya seni rupa yang hanya mementingkan keindahan saja disebut ...
a. Seni rupa
b. Seni patung
c. Seni murni
d. Seni pakai
Jawaban : C
15. Bunyi nada yang harmonis merupakan keselarasan alam semesta. Mereka beranggapan bahwa musik adalah suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur merupakan kepercayaan bangsa ...
a. Cina
b. India
c. Arab
d. Indonesia
Jawaban : A
16. Ciri khas dari orkes keroncong adalah pada alat musik ...
a. Drum
b. Piano
c. Bass
d. ukulele
Jawaban : D
17. Musik India sudah ada kira-kira pada abad ...
a. Ke-20 SM
b. Ke-8 M
c. Ke-7 M
d. 12 SM
Jawaban : A
18. Negara yang memiliki melodi lagu terdiri atas sejumlah variasi melodi (sekitar 52 variasi) adalah ...
a. Arab
b. Jepang
c. India
d. Cina
Jawaban : A
19. Ketinggian nada disebut pula dengan ...
a. Akor
b. Ntoasi
c. Pitch
d. Interval
Jawaban : C
20. Jenis pensil yang paling sesuai digunakan untuk menggambar seni adalah pensil yang berkode :
a. H
b. HB
c. B
d. M
Jawaban : A
21. Pensil yang paling hitam jika digoreskan dibawah ini adalah :
a. H
b. HB
c. 2B
d. 4B
Jawaban : D
22. Pensil yang paling keras dibawah ini adalah :
a. H
b. 2H
c. 3H
d. 4H
Jawaban : D
23. Lilin dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar
b. Membuat sket
c. Melindungi kain dari pewarna
d. Menutup gambar
Jawaban : C
24. Canting dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar
b. Membuat sket
c. Menuangkan lilin
d. Menutup gambar
Jawaban : C
25. Kompor dalam membatik digunakan untuk :
a. mengeringkan kain
b. Menghangatkan badan
c. Mencairkan lilin
d. menghaluskan kain
Jawaban : C
26. Gawangan dalam membatik digunakan untuk :
a. membentang kain
b. menghaluskan kain
c. menahan panas kompor
d. melipat lain
Jawaban : A
27. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik disebut :
a. mbilas
b. nggilas
c. mlorot
d. nglorot
Jawaban : C
28. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik, dilakukan dengan cara:
a. menjemur kain dibawah panas matahari secara langsung
b. membentang kain diatas panas kompor secara langsung
c. mencuci kain dengan sabun dengan diinjak – injak.
d. merebus kain dengan air yang mendidih
Jawaban : D
29. Orang yang melakukan kegiatan mengenali, memilih dan menghargai suatu karya seni disebut :
a. apresiasi
b. apresiatif
c. apresiator
d. aseptor
Jawaban : C
TABEL 3
1. Mencoba cetakan dan melihat hasilnya
2. Menyempurnakan cetakan
3. Mempersiapkan alat dan bahan cetak
4. Merendahkan bagian bahan karet sesuai desain
5. Membuat desain
6. Memberi gambar pada bahan karet sesuai desain
Perhatikan TABEL 3 !
30. Urutan proses membuat cetak tinggi yang benar, adalah :
a. 5,6,3,4,1 dan 2
b. 5,3,6,1,4 dan 2
c. 5,3,6,4,1 dan 2
d. 5,3,6,4,2 dan 1
Jawaban : C
31. Pada cetak tinggi, desain yang dipindahkan kedalam bahan karet adalah desain yang :
a. positif
b. negatif
c. akhir
d. gambar
32. gambar 8
Perhatikan gambar 8 !
Gambar di samping disebut
a. illustrasi judul cerpen
b. illustrasi uang kertas
c. illustrasi cover / sampul
d. illustrasi bacaan
Jawaban : B
33. Kegiatan membuat sesuatu lebih dari satu dengan bentuk yang mirip dan menggunakan acuan disebut :
a. meniru
b. mencontoh
c. menggandakan
d. mencetak
Jawaban : A
34. Berikut ini adalah jenis cetak, kecuali
a. cetak rendah
b. cetak sedang
c. cetak tinggi
d. cetak tembus
Jawaban : D
35. Bagian yang tinggi dari acuan adalah bagian yang memindahkan tinta / cat, maka disebut :
a. cetak rendah
b. cetak sedang
c. cetak tinggi
d. cetak tembus
Jawaban : D
36. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Meja
2. botol
3. Kaleng minuman
4. Kardus
5. Batu bata
6. Pipa
7. Bolpoint
Yang termasuk benda bentuk silindris adalah ...
A. 1 – 3 – 4 dan 5
B. 2 – 3 – 4 dan 5
C. 2 – 3 – 6 dan 7
D. 2 – 3 – 5 dan 7
Jawaban : C
37. Perhatikan logo PMI berikut.
Logo PMI tersebut dikatakan simetris dan asimetris jika ....
a. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya asimetris, jika ditarik garis secara vertikal, maka ditemukan bentuknya simetris
b. menarik garis secara horizontal dan membagi bagian atas dan bawah tidak akan bersifat asimetris
c. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya simetris, jika ditarik garis secara vertikal menghasilkan nilai simetris
d. ditarik garis secara diagonal, akan tercipta sebuah obyek yang bentuknya tidak beraturan
Jawaban : C
38. Perhatikan prosedur berikut.
1. Pencucian dan pelembutan (ngeloyor/ngemplong)
2. Nyanthing/Mbatik
3. Nembok (menutup bagian pola)
4. Medel (pencelupan)
5. Ngerok/nggirang (menggerok dan mencuci)
6. Mbironi (menutup warna dan isen pola)
7. Nyoga (pencelupan kain ke dalam warna soga)
8. Ngolorot (Pelorodan, melepaskan seluruh malam)
9. Nyorek / Mola (pembuatan pola)
Urutan prosedur pembuatan batik tulis yang benar adalah ....
a. 1 – 3 – 2 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 9
b. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 7 - 9
c. 1 – 9 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8
d. 1 – 7 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 8 – 9
Jawaban : C
39. Model/gambar/desain/tulisan yang digunakan untuk menuangkan dalam obyek sablon disebut ...
a. Screen
b. Film sablon
c. Meja sablon
d. Lampu neon
Jawaban : B
40. Film yang mengangkat sinopsis dari buku novelnya, mengkutip “jangan rindu. Berat, kamu nggak akan kuat, biar aku saja” dan menceritakan tentang seorang perempuan yang bertemu di sebuah SMA di Bandung pada tahun 1990 adalah ....
a. Loetung Kasaroeng
b. Maipa Deapati
c. Silariang
d. Dilan
41. Film diperkenalkan pertama kali di Jakarta pada ...
a. 5 Desember 1900
b. 15 Desember 1990
c. 25 Desember 1990
d. 5 Desember 1980
Jawaban : A
42. Penyajian musik yang terdiri dari lima orang disebut ....
a. Kwartet
b. Septet
c. Octet
d. Kuintet
Jawaban : D
43. Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bagian alat musik itu sendiri disebut ...
a. Ideofon
b. Elektron
c. Membranofon
d. Elektrofon
Jawaban : A
44. Teknik menenun di Bali dikenal dengan istilah ....
a. Nyuntik
b. Sulam
c. Nyongket
d. Tenun
Jawaban : A
45. Urutan tangga nada pelog adalah ...
a. do re mi fa so la
b. do re mi sol la do’
c. do mi fa sol si do’
d. do mi so la si do’
Jawaban : C
46. bagian pelindung pada susunan organisasi peserta pameran biasanya dijabat oleh ...
a. guru kesenian
b. ketua kelas
c. wali kelas
d. kepala sekolah
Jawaban : D
47. seni melukis tulisan Arab dengan pena disebut ...
a. seni kriya
b. kaligrafi
c. grafity
d. ilustrasi
Jawaban : B
48. tarian yang ditarikan oleh seorang penari, baik penari putra maupun putri disebut ...
a. tari kelompok
b. tari tunggal
c. tari berpasangan
d. tari tradisional
Jawaban : B
49. Gambar tersebut dinamakan ...
a. Struktur panitia
b. Susunan panitia
c. susunan organisasi
d. struktur organisasi
Jawaban : D
50. Dalam susunan kepanitiaan, bendahara adalah :
a. Orang bisa dijadikan sumber informasi, dimintai nasehat dan diajak diskusi.
b. Koordinator dari seluruh kegiatan.
c. 'Orang yang bertugas membuat tulisan-tulisan, surat- surat dan catatan tertentu.
d. Orang yang bertugas memegang keuangan kegiatan dan mecatat secara teliti dan terperinci dari pemasukkan dan pengeluaran uang kegiatan.
Jawaban : D
Selain itu juga, dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini, admin menyiapkan beberapa administrasi pembelajaran kurikulum 2013 (K13), seperti perangkat buku kerja guru 1-4, administrasi guru, wali kelas, dan lain sebagainya.
Berikut daftar Pemesanan Buku Kerja Guru Perangkat Umum K13 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020:
1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Inggris
3. Bahasa Arab
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. PPKn
8. TIK
9. Penjaskes
10. Seni Budaya dan Keterampilan
11. Prakarya
12. Bimbingan Konsling
13. Ke-NW-An
14. Ilmu Tajwid
15. Nahwu/Sharef
16. Faraid
17. Prakarya
18. Akhlakulil Banin
19. Ta'limul Muta'allim
20. Kimia
21. Sosiologi
22. Geografi
23. Sejarah
24. Fisika
Berikut daftar Pemesanan Buku Kerja Guru Perangkat Umum K13 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020:
1. Bahasa Indonesia
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
2. Bahasa Inggris
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
3. Bahasa Arab
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
4. Matematika
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
5. Ilmu Pengetahuan Alam
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
7. PPKn
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
8. TIK
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
9. Penjaskes
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
10. Seni Budaya dan Keterampilan
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
11. Prakarya
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
12. Bimbingan Konsling
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
13. Ke-NW-An
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
14. Ilmu Tajwid
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
15. Nahwu/Sharef
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
16. Faraid
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
17. Prakarya
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
18. Akhlakulil Banin
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
19. Ta'limul Muta'allim
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
20. Kimia
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
21. Sosiologi
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
22. Geografi
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
23. Sejarah
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
24. Fisika
- Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK
Tujuannya yaitu untuk membantu para guru dan siswa untuk mencari materi, perangkat dan informasi umum yang terbaru/terupdate setiap hari tanpa dibatasi ruang dan waktu karena bisa diakses secara online.
BERMINAT ?
Klik Link Pemesanan 1 Klik Link Pemesanan 2 |
Demikian, semoga blog ini bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Aamiin ya mujibassailin.