Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal ini bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, harapannya akan lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya.

Berikut ini adalah Soal UMBN-BK Seni Budaya Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

A. Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Topeng Blantek
2. Ronggeng Topeng
3. Kuda Ronggeng
4. Muang Sangkal
5. Petik Pari

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk ragam karya seni rupa daerah Betawi ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 5 
Jawaban : A

2. Gagasan menciptakan karya seni muncul dari seniman itu sendiri dinamakan ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik 
Jawaban : A

3. Proses berkarya atau cara mewujudkan ide menjadi suatu karya yang menarik dan bernilai disebut ...
a. Ide
b. Kreativitas
c. Komposisi
d. Teknik dan wujud 
Jawaban : D

4. Jenis pabrik modern yang dibuat di pabrik menggunakan peralatan modern (mesin dalam jumlah besar termasuk dalam jenis pabrik ...
a. Tulis
b. Printing
c. Manual
d. Sablon 
Jawaban : B

5. Teralis, jendela, pagar besi, dan tangga besi dikerjakan dengan teknik ...
a. Patri
b. Cor
c. Las
d. Cetak 
Jawaban : C

6. Iklan, tabel, brosur dan buklet merupakan reklame yang diolah dengan teknik ....
a. Cetak sambung
b. Komputer
c. Membentuk
d. Tatah sungging 
Jawaban : B

7. Perhatikan gambar berikut ini ! 



Gambar tersebut dalam membatik disebut :
a. gawangan 
b. canting
c. cidok 
d. siwor 
Jawaban : B

8. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !



Lukisan tersebut tergolong : 
a. NATURALISME 
b. REALISME
c. SUREALISME
d. IMPRESIONISME 
Jawaban : B

9. Perhatikan gambar berikut ini !



Gambar tersebut menerapkan gelap terang dengan teknik :
a. arsir
b. dusel
c. blok
d. pointilis 
Jawaban : D

10. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna skunder :
a. merah, jingga, coklat
b. coklat, kuning, hijau. 
c. merah, kuning, biru 
d. hijau, ungu, jingga 
Jawaban : D

11. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna primer :
a. merah, jingga, coklat
b. hijau, ungu, jingga 
c. coklat, kuning, hijau.  
d. merah, kuning, biru 
Jawaban : D

12. Pada Tangga nada Diatonis, jarak nada antara 7 (si) ke 1’ (do) mempunyai interval :
a. ¼ 
b. ½ 
c. 1
d. 1 ½ 
Jawaban : B

13. Cara melukis dengan bahan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna yang tebal atau kental sehingga hasilnya tampak pekat atau menutup, termasuk teknik ...
a. Pointilis
b. Spray
c. Tempra
d. Plakat 
Jawaban : D

14. Hasil karya seni rupa yang hanya mementingkan keindahan saja disebut ...
a. Seni rupa
b. Seni patung
c. Seni murni
d. Seni pakai 
Jawaban : C

15. Bunyi nada yang harmonis merupakan keselarasan alam semesta. Mereka beranggapan bahwa musik adalah suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur merupakan kepercayaan bangsa ...
a. Cina
b. India
c. Arab
d. Indonesia 
Jawaban : A

16. Ciri khas dari orkes keroncong adalah pada alat musik ...
a. Drum
b. Piano
c. Bass
d. ukulele 
Jawaban : D

17. Musik India sudah ada kira-kira pada abad ...
a. Ke-20 SM
b. Ke-8 M
c. Ke-7 M
d. 12 SM 
Jawaban : A

18. Negara yang memiliki melodi lagu terdiri atas sejumlah variasi melodi (sekitar 52 variasi) adalah ...
a. Arab
b. Jepang
c. India
d. Cina 
Jawaban : A

19. Ketinggian nada disebut pula dengan ...
a. Akor
b. Ntoasi
c. Pitch
d. Interval 
Jawaban : C

20. Jenis pensil yang paling sesuai digunakan untuk menggambar seni adalah pensil yang berkode :
a. H 
b. HB 
c. B 
d. M 
Jawaban : A

21. Pensil yang paling hitam jika digoreskan dibawah ini adalah :
a. H 
b. HB
c. 2B 
d. 4B 
Jawaban : D

22. Pensil yang paling keras dibawah ini adalah :
a. H 
b. 2H 
c. 3H 
d. 4H 
Jawaban : D

23. Lilin dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar 
b. Membuat sket
c. Melindungi kain dari pewarna
d. Menutup gambar 
Jawaban : C

24. Canting dalam membatik digunakan untuk :
a. Membuat gambar
b. Membuat sket
c. Menuangkan lilin 
d. Menutup gambar 
Jawaban : C

25. Kompor dalam membatik digunakan untuk :
a. mengeringkan kain 
b. Menghangatkan badan
c. Mencairkan lilin 
d. menghaluskan kain 
Jawaban : C

26. Gawangan dalam membatik digunakan untuk :
a. membentang kain 
b. menghaluskan kain 
c. menahan panas kompor 
d. melipat lain 
Jawaban : A

27. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik disebut :
a. mbilas 
b. nggilas
c. mlorot 
d. nglorot 
Jawaban : C

28. Proses melarutkan / menghilangkan lilin dari kain dalam membatik, dilakukan dengan cara:
a. menjemur kain dibawah panas matahari secara langsung
b. membentang kain diatas panas kompor secara langsung
c. mencuci kain dengan sabun dengan diinjak – injak.
d. merebus kain dengan air yang mendidih 
Jawaban : D

29. Orang yang melakukan kegiatan mengenali, memilih dan menghargai suatu karya seni disebut :
a. apresiasi 
b. apresiatif
c. apresiator 
d. aseptor 
Jawaban : C

TABEL 3
1. Mencoba cetakan dan melihat hasilnya
2. Menyempurnakan cetakan
3. Mempersiapkan alat dan bahan cetak
4. Merendahkan bagian bahan karet sesuai desain
5. Membuat desain
6. Memberi gambar pada bahan karet sesuai desain
Perhatikan TABEL 3 !
30. Urutan proses membuat cetak tinggi yang benar, adalah :
a. 5,6,3,4,1 dan 2 
b. 5,3,6,1,4 dan 2
c. 5,3,6,4,1 dan 2 
d. 5,3,6,4,2 dan 1 
Jawaban : C

31. Pada cetak tinggi, desain yang dipindahkan kedalam bahan karet adalah desain yang :
a. positif  
b. negatif 
c. akhir 
d. gambar

32. gambar 8 



Perhatikan gambar 8 !
Gambar di samping disebut
a. illustrasi judul cerpen
b. illustrasi uang kertas
c. illustrasi cover / sampul
d. illustrasi bacaan 
Jawaban : B

33. Kegiatan membuat sesuatu lebih dari satu dengan bentuk yang mirip dan menggunakan acuan disebut :
a. meniru 
b. mencontoh
c. menggandakan 
d. mencetak 
Jawaban : A

34. Berikut ini adalah jenis cetak, kecuali
a. cetak rendah 
b. cetak sedang
c. cetak tinggi 
d. cetak tembus 
Jawaban : D

35. Bagian yang tinggi dari acuan adalah bagian yang memindahkan tinta / cat, maka disebut :
a. cetak rendah 
b. cetak sedang
c. cetak tinggi 
d. cetak tembus 
Jawaban : D

36. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Meja
2. botol
3. Kaleng minuman
4. Kardus
5. Batu bata
6. Pipa
7. Bolpoint

Yang termasuk benda bentuk silindris adalah ...
A. 1 – 3 – 4 dan 5
B. 2 – 3 – 4 dan 5
C. 2 – 3 – 6 dan 7
D. 2 – 3 – 5 dan 7  
Jawaban : C

37. Perhatikan logo PMI berikut. 



Logo PMI tersebut dikatakan simetris dan asimetris jika ....
a. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya asimetris, jika ditarik garis secara vertikal, maka ditemukan bentuknya simetris
b. menarik garis secara horizontal dan membagi bagian atas dan bawah tidak akan bersifat asimetris
c. Ditarik garis secara horizontal, maka ditemukan bentuknya simetris, jika ditarik garis secara vertikal menghasilkan nilai simetris
d. ditarik garis secara diagonal, akan tercipta sebuah obyek yang bentuknya tidak beraturan
Jawaban : C

38. Perhatikan prosedur berikut.
1. Pencucian dan pelembutan (ngeloyor/ngemplong)
2. Nyanthing/Mbatik
3. Nembok (menutup bagian pola)
4. Medel (pencelupan)
5. Ngerok/nggirang (menggerok dan mencuci)
6. Mbironi (menutup warna dan isen pola)
7. Nyoga (pencelupan kain ke dalam warna soga)
8. Ngolorot (Pelorodan, melepaskan seluruh malam)
9. Nyorek / Mola (pembuatan pola)
Urutan prosedur pembuatan batik tulis yang benar adalah ....
a. 1 – 3 – 2 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 9
b. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 7 - 9
c. 1 – 9 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8
d. 1 – 7 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 8 – 9 
Jawaban : C

39. Model/gambar/desain/tulisan yang digunakan untuk menuangkan dalam obyek sablon disebut ... 


a. Screen 
b. Film sablon
c. Meja sablon
d. Lampu neon 
Jawaban : B

40. Film yang mengangkat sinopsis dari buku novelnya, mengkutip “jangan rindu. Berat, kamu nggak akan kuat, biar aku saja” dan menceritakan tentang seorang perempuan yang bertemu di sebuah SMA di Bandung pada tahun 1990 adalah ....
a. Loetung Kasaroeng
b. Maipa Deapati
c. Silariang
d. Dilan

41. Film diperkenalkan pertama kali di Jakarta pada ...
a. 5 Desember 1900
b. 15 Desember 1990
c. 25 Desember 1990
d. 5 Desember 1980 
Jawaban : A

42. Penyajian musik yang terdiri dari lima orang disebut ....
a. Kwartet
b. Septet
c. Octet
d. Kuintet 
Jawaban : D

43. Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bagian alat musik itu sendiri disebut ...
a. Ideofon
b. Elektron
c. Membranofon
d. Elektrofon 
Jawaban : A

44. Teknik menenun di Bali dikenal dengan istilah ....
a. Nyuntik
b. Sulam
c. Nyongket
d. Tenun 
Jawaban : A

45. Urutan tangga nada pelog adalah ...
a. do re mi fa so la
b. do re mi sol la do’
c. do mi fa sol si do’
d. do mi so la si do’ 
Jawaban : C

46. bagian pelindung pada susunan organisasi peserta pameran biasanya dijabat oleh ...
a. guru kesenian
b. ketua kelas
c. wali kelas
d. kepala sekolah 
Jawaban : D

47. seni melukis tulisan Arab dengan pena disebut ...
a. seni kriya
b. kaligrafi
c. grafity
d. ilustrasi 
Jawaban : B

48. tarian yang ditarikan oleh seorang penari, baik penari putra maupun putri disebut ...
a. tari kelompok
b. tari tunggal
c. tari berpasangan
d. tari tradisional 
Jawaban : B

49. Gambar tersebut dinamakan ... 



a. Struktur panitia
b. Susunan panitia
c. susunan organisasi
d. struktur organisasi 
Jawaban : D

50. Dalam susunan kepanitiaan, bendahara adalah :
a. Orang bisa dijadikan sumber informasi, dimintai nasehat dan diajak diskusi.
b. Koordinator dari seluruh kegiatan.
c. 'Orang yang bertugas membuat tulisan-tulisan, surat- surat dan catatan tertentu.
d. Orang yang bertugas memegang keuangan kegiatan dan mecatat secara teliti dan terperinci dari pemasukkan dan pengeluaran uang kegiatan. 

Jawaban : D


Selain itu juga, dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini, admin menyiapkan beberapa administrasi pembelajaran kurikulum 2013 (K13), seperti perangkat buku kerja guru 1-4, administrasi guru, wali kelas, dan lain sebagainya.

Berikut daftar Pemesanan Buku Kerja Guru Perangkat Umum K13 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020:

1. Bahasa Indonesia
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

2. Bahasa Inggris
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

3. Bahasa Arab
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

4. Matematika
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

5. Ilmu Pengetahuan Alam
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

7. PPKn
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

8. TIK
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

9. Penjaskes
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

10. Seni Budaya dan Keterampilan
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

11. Prakarya
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

12. Bimbingan Konsling
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

13. Ke-NW-An
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

14. Ilmu Tajwid
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

15. Nahwu/Sharef
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

16. Faraid
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

17. Prakarya
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

18. Akhlakulil Banin 
  • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SMP/MTs

19. Ta'limul Muta'allim
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    20. Kimia
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    21. Sosiologi
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    22. Geografi
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK

    23. Sejarah
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK 

    24. Fisika
    • Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat MA/SMA/SMK 

    Tujuannya yaitu untuk membantu para guru dan siswa untuk mencari materi, perangkat dan informasi umum yang terbaru/terupdate setiap hari tanpa dibatasi ruang dan waktu karena bisa diakses secara online. 

    BERMINAT ?
    Klik Link Pemesanan 1
    Klik Link Pemesanan 2

    Demikian, semoga blog ini bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Aamiin ya mujibassailin.
    Share:

    Soal UMBN-BK PPKn Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


    Pada kesempatan ini kami berbagi Soal UMBN-BK PPKn Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

    Soal ini bisa digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, harapannya akan lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya.

    Berikut ini adalah Soal UMBN-BK PPKn Lengkap Jawabannya Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

    A. Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!

    1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
    (1) Mengutamakan musyawarah mufakat dalam membuat keputusan
    (2) Memiliki sikap patriotisme dan rasa kebangsaan yang tinggi
    (3) Menjunjung tinggi sikap dan fanatisme kedaerahan
    (4) Mengakui dan menghargai adanya perbedaan
    (5) Gigih dalam memperjuangkan ide/gagasannya
    Nilai-nilai semangat para perumus UUD NRI Tahun 1945 yang perlu di teladani saat ini ditunjukkan dalam pernyataan-pernyataan nomor....
    A. (1), (2), dan (3) 
    B. (1), (2), dan (4) 
    C. (2), (3), dan (5) 
    D. (3), (4), dan (5)
    Jawaban : B

    2. Perhatikan rumusan dasar negara yang diusulkan tokoh perumus dasar negara ! 
    (1) Kebangsaan
    (2) Internasionalisme
    (3) Mufakat atau Demokrasi
    (4) Peri Kemanusiaan
    (5) Keadilan Rakyat
    Rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Ir . Soekarno ditunjukkan oleh ….
    A. (1), (2) dan (3) 
    B. (1) , (3) dan (4) 
    C. (2) , (3) dan (4) 
    D. (3) , (4) dan (5) 
    Jawaban : B (No. 2 sebenarnya juga benar, internasionalisme = Peri kemanusiaan)

    3. Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara Indonesia. Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa…
    A. Pancasila menjadi pedoman dalam penyelenggaraan negara
    B. Pancasila menjadi pegangan dan petunjuk arah bagi seluruh masyarakat Indonesia
    C. Pancasila sebagai pedoman bagi bangsa Indonesia dalam memecahkan suatu persoalan
    D. Pancasila sebagai dasar untuk penyelenggaraan ketatanegaraan negara yang meliputi bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM 
    Jawaban : D

    4. Pada masa awal kemerdekaan ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan dasar yang lain. Upaya tersebut dilakukan melalui pemberontakan- pemberontakan, yang salah satunya bertujuan untuk mengganti Pancasila dengan paham komunis.
    Pemberontakan yang dimaksud adalah …..
    A. pemberontakan Partai Komunis Indonesia di Madiun yang dipimpin oleh Muso
    B. pemberontakan Republik Maluku Selatan yang dipimpin oleh CRS Soumokil
    C. Angkatan Perang Ratu Adil yang dipimpin oleh Raymond Westerling
    D. pemberontakan Partai Komunis Indonesia yang dipimpin oleh DN Aidit 
    Jawaban : A

    5. Demi persatuan dan kesatuan bangsa, ketika terjadi perbedaan pendapat tentang rumusan sila pertama pada Piagam Jakarta dalam sidang BPUPKI, jalan yang ditempuh para perumus dasar negara Indonesia pada saat itu adalah....
    A. memutuskan untuk mengganti rumusan sila pertama Pancasila
    B. mendiskusikan maksud dan tujuan sila pertama Pancasila
    C. memusyawarahkan makna keseluruhan sila pertama Pancasila
    D. menghilangkan sebagian kalimat dari sila pertama 
    Jawaban : A

    6. Nasionalisme dan patriotisme dibutuhkan bangsa Indonesia untuk menjaga kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa dan negara.
    Contoh sikap patriotisme yang dimiliki oleh warga negara, adalah ....
    A. seniman yang menghasilkan karya berciri khas Indonesia supaya laku keras di dunia internasional
    B. atlet yang berjuang dengan segenap jiwa dan raga untuk membela tanah airnya
    C. calon anggota DPR RI memenangkan Pemilu untuk partainya
    D. lebih menyukai produk dalam negeri daripada produk asing 
    Jawaban : D

    7. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga dalam kehidupan sehari- hari segala tingkah laku dan perbuatan kita harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Perilaku yang mencerminkan penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan masyarakat adalah….
    A. membina kerukunan hidup antar sesama umat seagama
    B. mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
    C. sanggup rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
    D. tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain 
    Jawaban : B

    8. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
    (1) Membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman
    (2) Mengembangkan lembaga Negara sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan masyarakat dan Negara
    (3) Memberlakukan peraturan perundang-undangan yang tidak bertentangan dengan nilai- nilai Pancasila
    (4) Menghargai hak asasi manusia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
    Contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai idiologi terbuka dalam bidang politik, adalah …..
    A. (1), (2), dan (3) 
    B. (1), (2), dan (4) 
    C. (1), (3), dan (4)
    D. (2), (3), dan (4) 
    Jawaban : A

    9. Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan.
    Penerapan Pancasila terkait dengan hal tersebut berfungsi sebagai ....
    A. dasar negara
    B. ideologi terbuka
    C. kepribadian bangsa
    D. pandangan hidup bangsa 
    Jawaban : A

    10. Dengan adanya musibah gempa di sejumlah daerah di tanah air, Andika sebagai ketua OSIS SMP “Kusumo“ mengumpulkan dana, pakaian layak pakai, dan makanan kering yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang mengalami musibah.
    Kegiatan Andika tersebut merupakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila yaitu...
    A. menghargai hak-hak orang lain
    B. saling mencintai sesama manusia
    C. mewujudkan keadilan masyarakat
    D. gemar melakukan kegiatan kemanusiaan 
    Jawaban : D

    11. Pancasila merupakan ideologi terbuka, yakni ideologi yang penerapan nilai- nilainya mampu mengikuti perkembangan zaman, bersifat dinamis, dan aktual, sehingga mampu mewarnai proses perkembangan masyarakatnya. Oleh sebab itu, para peserta didik sebagai generasi penerus perjuangan bangsa harus memiliki semangat dan tekat yag kuat umtuk terus menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila yang sesuai dengan dinamika perkembangan zaman, yaitu...
    A. pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer
    B. Siska membawakan tarian jawa klasik dengan gemulai
    C. warga desa Kolor mendirikan koperasi simpan pinjam
    D. kepala desa mengajak warganya bekerja bakti membersihkan lingkungan 
    Jawaban : A

    12. Anggota PPKI, akhirnya menyepakati rumusan sila pertama dengan menghilangkan tujuh kata, sehingga berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Kesepakatan ini dilatarbelakangi demi mewujudkan persatuan dan kesatuan.
    Komitmen berbangsa dan bernegara yang nampak dalam peristiwa tersebut dan harus dilaksanakan oleh generasi muda terhadap Pancasila adalah....
    A. mempelajari dan menghafalkan urutan bunyi sila-sila Pancasila yang benar 
    B. membandingkan antara Pancasila dalam pembukaan dengan piagam jakarta 
    C. mengamalkan nilai-nilai Pancasila agar terwujud persatuan dan kesatuan
    D. menghargai tokoh perumus yang telah menghasilkan ideologi yang disegani 
    Jawaban : C

    13. Pancasila berkedudukan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa setiap warga Indonesia harus mengimplementasikan nilai Pancasila melalui tingkah laku dan tutur kata dalam kehidupan sehari-hari.
    Dapat disimpulkan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah ....
    A. dasar pembentukan norma-norma hukum di Indonesia.
    B. kerangka acuan untuk membentuk karakter pribadi pancasilais
    C. arahan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan nasional
    D. pedoman DPR dalam membuat peraturan perundang-undangan 
    Jawaban : A

    14. Melaksanakan dan mempertahankan Pancasila merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan rakyat Indonesia. Karena melaksanakan Pancasila berarti mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jika ada yang ingin mengganti Pancasila berarti …..
    A. runtuhlah bangunan Negara Indonesia
    B. tanggung jawab kita untuk mempertahankannya
    C. perjuangan para pahlawan menjadi tidak berarti
    D. mudah bagi bangsa asing untuk kembali menjajah Indonesia 
    Jawaban : B

    15. Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945 hasil amandemen berbunyi “ kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar”, Apabila pasal tersebut tidak di amandemen kemungkinan yang akan terjadi adalah ....
    A. kekuasaan tertinggi berada di tangan Presiden dan wakil Presiden 
    B. struktur ketatanegaraan bertumpu pada kekuasaan tertinggi (MPR) 
    C. rakyat menjadi bagian pelaksana kebijakan lembaga eksekutif
    D. anggota-anggota MPR memiliki kekuasaan yang tidak terbatas
    Jawaban : B

    16. Naskah UUD 1945 dipersiapkan oleh BPUPKI pada sidang kedua tanggal 10-17 Juli 1945. Pada saat itu juga membahas hal-hal teknis tentang bentuk negara dan pemerintahan baru yang akan di bentuk.
    Berikut ini adalah fakta sejarah yang dilakukan BPUPKI selama masa persidangan tersebut, kecuali......
    A. Membentuk Panitia Kecil perancang UUD 
    B. Panitia Kecil mengesahkan UUD 1945
    C. Membentuk panitia penghalus bahasa
    D. Membentuk Panitia Hukum Dasar 
    Jawaban : A

    17. Sebagai negara hukum, segala aspek kehidupan dalam bidang kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan termasuk pemerintahan harus berdasarkan atas hukum yang sesuai dengan sistem hukum nasional.
    Jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan adalah ....
    A. UUD NRI tahun 1945, Ketetapan MPR, UU/PP pengganti UU, PP, Perpres, Perda Propinsi, Perda Kabupaten/Kota
    B. UUD NRI tahun 1945, Ketetapan MPR, UU/PP pengganti UU, PP, Perpres, Perda
    C. Ketetapan MPR, UUD NRI tahun 1945, UU/PP pengganti UU, PP, Perpres, Perda Propinsi, Perda Kabupaten/Kota kekuasaan Presiden akan bersifat turun temurun
    D. UUD NRI tahun 1945, Ketetapan MPR, Perpres, PP, UU/PP pengganti UU, Perda Propinsi, Perda Kabupaten/Kota
    Jawaban : A

    18. “Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia“ Hal ini merupakan pokok pikiran dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang didasarkan pada kesadaran bahwa manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat. Pernyataan diatas terdapat pada….
    A. pokok pikiran pertama
    B. pokok pikiran kedua
    C. pokok pikiran ketiga
    D. pokok pikiran keempat 
    Jawaban : B

    19. Negara yang berdaulat adalah negara yang mempunyai kekuasaan tertinggi atas suatu pemerintahan negara. Kekuasaan itu tetap ada sepanjang negara tetap berdiri, walaupun pemerintahannya berganti. Karena kedaulatan bersifat …..
    A. Asli
    B. Permanen
    C. Tunggal
    D. Tidak terbatas 
    Jawaban : B

    20. Keberadaan norma agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sangat penting, karena...
    A. menyadarkan umat manusia untuk hidup sederhana
    B. mendorong para pemeluk agama untuk hidup tenang
    C. mendorong pemeluk agama untuk mengembangkan sikap toleransi
    D. memberi semangat kepada para pemeluk agama agar rajin beribadah 
    Jawaban : D

    21. UUD NRI tahun 1945 mempunyai kedudukan dan fungsi sebagai hukum dasar tertinggi, oleh karena itu segala peraturan perundang-undangan di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan UUD NRI tahun 1945. Dalam hal ini merupakan konsekuensi dari fungsi UUD NRI 1945 sebagai .....
    A. Penentu hak dan kewajiban untuk mematuhi norma yang berlaku
    B. Alat penafsir bagi semua norma hukum yang berada dibawah UUD NRI 1945
    C. Pengatur tata cara secara teknis untuk menyusun norma hukum yang ada di bawahnya
    D. Alat kontrol terhadap norma hukum yang lebih rendah, sesuai atau bertentangan dengan ketentuan UUD NRI 1945 
    Jawaban : D

    22. Pemilihan umum merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat dan demokrasi. Peranan rakyat dalam mewujudkan kedaulatannya tidak hanya melaksanakan pemilu, tetapi dapat dilakukan dengan cara berperan aktif memberikan masukan, usulan, dan kritikan objektif kepada pemerintah serta mengawasi jalannya roda pemerintahan.
    Penyampaian suara dapat dilakukan melalui, cara-cara berikut ini, kecuali ....
    A. melalui media massa
    B. unjuk rasa secara bebas
    C. lembaga perwakilan rakyat
    D. penyampaian pendapat sesuai UU 
    Jawaban : B

    23. Perhatikan pernyataan ketua BPUPKI dalam sidang Perumusan UUD :  jadi rancangan ini sudahditerima semuanya, jadi saya ulangi , Undang undang ini kita terima dengan sebulat-bulatnya: bagaimanakah Tuan Tuan ? Untuk penyelesaiaannya saya minta dengan hormat .yang setuju yang menerima, berdiri...”...Dengan suara bulat diterima Undang Undang Dasar ini. Terima kasih

    Berdasarkan ilustrasi diatas , sikap ketua sidang BPUPKI mencerminkan pengamalan sila keempat dari Paancasila . Contoh perilaku yang dapat dilakukan oleh peserta didik sesuai dengan sila tersebut adalah….
    A. rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
    B. membantu penggalangan dana kemanusiaan
    C. mempersiapkan ruangan untuk pemilihan OSIS
    D. menjunjung tinggi hasil keputusan musyawatrah mufakat
    Jawaban : D

    24. Andi, seorang siswa yang rajin belajar. Andi berangkat ke sekolah pagi-pagi dengan penuh semangat. Seluruh tugas sekolah selalu dikerjakan oleh Andi sehingga Ia tidak pernah ditegur oleh guru. Pada akhir semester, nilai rapor pengetahuan Andi sangat baik dan nilai rapor sikap serta keterampilan Andi pun sangat baik. Orang tua Andi merasa bangga terhadap nilai yang telah diperolehnya. Prestasi yang diperoleh Andi karena ....
    A. merupakan siswa yang rajin belajar dan selalu taat pada peraturan sekolah
    B. selalu berangkat ke sekolah pagi-pagi dengan penuh semangat
    C. tidak pernah ditegur oleh guru di sekolah
    D. selalu ingin membanggakan orangtuanya 
    Jawaban : A

    25. Perhatikan nilai-nilai Pancasila berikut ini !
    (1) Kejujuran dalam mengambil keputusan bersama
    (2) Cinta bangsa dan tanah air
    (3) Perasaan senasib dan sepenanggungan
    (4) Rela berkorban demi bangsa dan negara
    (5) Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat
    Pokok pikiran pertama Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 menjabarkan sila ketiga Pancasila ditunjukkan pada nomer….
    A. (1), (2), dan(3) 
    B. (2), (3), dan (4) 
    C. (2), (3), dan (5) 
    D. (3), (4), dan (5) 
    Jawaban : B

    26. Pelaksanaan kedaulatan rakyat oleh lembaga Negara sesuai undang-undang, tidak bersifat mutlak atau tanpa batas. Sebagai warga Negara yang meyakini prinsip-prinsip kedaulatan Negara Republik Indonesia, sikap kita adalah …..
    A. menyerahkan urusan pemerintahan dan negara kepada presiden
    B. menyerahkan masalah politik kepada yang lain karena bisa membahayakan
    C. ikut serta dalam usaha menyukseskan pembangunan nasional sesuai dengan kemampuan kita
    D. menyerahkan pembangunan kepada presiden dan wakil-wakil rakyat yang dipilih melalui pemilu 
    Jawaban : C

    27. Hubungan antara Pancasila, Pembukaan UUD NRI tahun 1945, dan pasal pasal UUD NRI tahun 1945, seperti di bawah kecuali …
    A. ditetapkannya dasar negara Pancasila
    B. negara Indonesia ialah berbentuk republik
    C. kedaulatan berada di tangan rakyat
    D. keberadaan UUD lebih tinggi daripada Pancasila 
    Jawaban : D

    28. “Bahwa sesunggungnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.
    Salah satu alinea dalam kalimat pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tersebut mengandung makna bahwa.…
    A. segala bentuk penindasan terhadap manusia tidak dibenarkan
    B. bangsa Indonesia membenci Belanda dan Jepang yang telah menjajah
    C. kemerdekaan merupakan cikal bakal untuk menjadi negara yang sejahtera
    D. semua bangsa mengedepankan perdamaian dalam hubungan internasional 
    Jawaban : A

    29. Dalam melakukan amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945 terdapat beberapa kesepakatan dasar, diantaranya adalah tidak mengubah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Alasan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tidak boleh diamandemen, adalah...
    A. kedudukan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 lebih tinggi daripada pasal- pasalnya
    B. di dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 terkandung pokok kaidah negara fundamental
    C. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 merupakan hasil pemikiran para pendiri negara
    D. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 menggambarkan suasana kebathinan perjuangan Bangsa Indonesia 
    Jawaban : B

    30. Perhatikan beberapa nilai berikut !
    (1) Cinta bangsa dan tanah air
    (2) Persatuan
    (3) Sikap rela berkorban
    (4) Aktualisasi diri
    (5) Potensi
    Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah…
    A. (1), (2) dan (3) 
    B. (2), (3) dan(4) 
    C. (3), (4) dan (5) 
    D. (1), (4) dan (5) 
    Jawaban : A

    31. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
    (1) Perjuangan muncul kepada kaum terdidik setelah menyadari kondisi bangsanya
    (2) Perjuangan rakyat untuk mengusir Belanda masih bersifat kedaerahan
    (3) Perjuangan melawan penjajah Belanda dipimpin ulama dan kaum bangsawan
    (4) Perjuangan rakyat untuk mengusir Belanda belum terorganisasi secara modern
    Perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908, ditunjukkan nomor …..
    A. (1) dan (2) 
    B. (2) dan (3) 
    C. (2) dan (4) 
    D. (3) dan (4) 
    Jawaban : C

    32. Bila kerja sama antar umat beragama terwujud dengan baik, maka akan tercipta ...
    A. keseragaman agama
    B. perpaduan agama
    C. ketahanan nasional
    D. kedamaian lingkungan 
    Jawaban : A

    33. Perhatikan data di bawah ini:
    (1) Daerah Kesultanan Banten 
    (2) Daerah Kepulauan Riau
    (3) Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    (4) Nangro Aceh Darusalam
    (5) Daerah Istimewa Yogyakarta
    Dalam pasal 18A dan 18B dijelaskan bahwa negara Indonesia mengakui dan menghormati satuan daerah yang bersifat khusus, istimewa dan masyarakat hukum adat serta hak-hak tradisional. Daerah-daerah di Indonesia yang termasuk dalam karakteristik tersebut adalah,......
    A. (1), (2), dan (3) 
    B. (2), (3 ), dan (4) 
    C. (3), (4), dan (5) 
    D. (4), (5), dan (1) 
    Jawaban : C

    34. Dr. Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan organisasi ”Budi Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional.

    Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untuk membangkitkan semangat generasi muda saat ini adalah....
    A. Meyakinkan kepada generasi muda bahwa mereka adalah penerus dan pejuang bangsa
    B. Menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
    C. Berinterkasi dengan siapapun dengan menghilangkan perbedaan dan karakteristik kedaerahan
    D. Menyelenggarakan kegiatan terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayah Indonesia secara rutin 
    Jawaban : B

    35. Kerja sama telah menjadi akar budaya masyarakat Indonesia. Secara turun-menurun, kerjasama telah dilakukan dalam berbagai lingkungan masyarakat Indonesia.
    Contoh kerjasama yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah adalah....
    A. Peserta didik bersama-sama menghadiri rapat OSIS
    B. Melaksanakan kegiatan Jum’at bersih di lingkungan sekolah
    C. Mengadakan kegiatan dharmawisata spada saat liburan sekolah
    D. Andika mengerjakan tugas proyek kelompok lain 
    Jawaban : B

    36. Setiap lima tahun sekali dilaksanakan pemilihan umum, baik untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD. Partisipasi warga negara terhadap persitiwa tersebut yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional dapat ditunjukkan dengan cara....
    A. Menjadi juru kampanye bagi salah satu pasangan calon 
    B. Menghadiri setiap kegiatan kampanye salah satu calon 
    C. Mempercayakan pilihannya kepada wakil-wakil rakyat 
    D. Menggunakan hak pilih dalam pemilu sesuai hati nurani 
    Jawaban : D

    37. Kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara walaupun berbeda suku bangsa, adat istiadat, agama dan bahasa daerah merupakan salah satu pencerminan kepribadian luhur bangsa Indonesia.
    Perwujudan kerjasama atau gotong royong bagi pribadi memiliki makna ....
    A. kepuasan batin karena telah mampu berbagi untuk sesama
    B. melatih keterampilan sehingga akan bermanfaat dikemudian hari
    C. sebagai mahluk sosial akan selalu membutuhkan bantuan orang lain
    D. bersama kita susah, bersama kita senang dan selalu berbagi dengan orang lain 
    Jawaban : A

    38. Kemajuan teknologi memiliki dampak negative diantaranya munculnya sifat egois dan Individualisme, selain itu dalam hidup bermasyarakat generasi muda kurang memahami norma dan etika.
    Usulan gagasan yang tepat untuk membangkitkan semangat bela negara generasi muda terkait dengan ilustrasi tersebut adalah... .
    A. menghargai dan mengenang pengorbanan pahlawan
    B. memiliki sikap integritas yang tinggi terhadap asal usul
    C. menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
    D. menghidupkan karang taruna untuk pembinaan mental para pemuda 
    Jawaban : D

    39. Terorisme di Indonesia sering terjadi, seperti peristiwa pengeboman di Surabaya pada tahun 2018 yang masih segar dalam ingatan kita. Ironisnya aksi ini dilakukan oleh warga negara Indonesia sendiri. Fakta ini mengakibatkan banyak warga merasa cemas dan takut jika bepergian di lokasi yang ramai.
    Solusi agar aksi terorisme tidak terulang lagi adalah….
    A. Meminta semua warga Indonesia menghafal Pancasila
    B. Menumbuhkan jiwa Patriotisme rakyat Indonesia melalui pelatihan militer secara khusus
    C. Menyarankan semua warga negara Indonesia mengakui Pancasila sebagai ideologi negara
    D. Meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme melalui jalur pendidikan formal maupun non formal 
    Jawaban : D

    40. Keberagaman suku bangsa, agama, ras dan antar golongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga, meskipun berbeda-beda kita tetap merupakan satu kesatuan.
    Dampak positif keberagaman tersebut bagi bangsa Indonesia adalah....
    A. Mempermudah masyarakatnya dalam mewujudkan cita-cita nasional
    B. Menjadikan bangsa yang dihargai bangsa lain karena kemajemukannya
    C. Sebagai salah satu unsure yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme
    D. Menunjukkan luas dan kayanya unsur-unsur yang dimiliki bangsa Indonesia 
    Jawaban : B

    B. URAIAN
    41. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah! 
    Jawaban : Musyawarah pembentukan struktur kelas, rapat pelaksanaan lomba antar kelas, pemilihan ketua osis

    42. Seluruh wilayah NKRI merupakan satu kesatuan Pertahanan Keamanan,.Sishankamrata menyatakan bahwa seluruh daerah harus berperan serta dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI .
    Tulislah 4 (empat) peran daerah dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ! 
    Jawaban : 
    1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan pendapatan masyarakat. 
    2. Memajukan bangsa melalui inovasi dan kreativitas aparatur sipil negara di daerah. 
    3. Melaksanakan pembangunan nasional untuk meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, kesempatan dan kualitas pelayanan publik, dan daya saing daerah. 
    4. Mengembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis 

    43. Pada masa reformasi sekarang ini, penerapan Pancasila sebagai dasar Negara terus menghadapi berbagai tantangan. Penerapan Pancasila tidak lagi dihadapkan pada ancaman- ancaman pemberontakan yang ingin mengganti Pancasila sebagai dasar negara. Akan tetapi lebih dihadapkan kepada kondisi kehidupan masyarakat yang serba bebas. Kebebasan tersebut dapat memacu kreatifitas masyarakat, tetapi juga dapat mendatangkan dampak negatif yang merugikan.

    Uraikan3 (tiga) dampak negatif penerapan kebebasan tanpa batas di masa reformasi ! 

    Jawaban : 
    1. Timbul konflik di antara masyarakat yang merasa kehidupannya terusik. 
    2. Muncul opini publik (pendapat masyarakat) yang pro-kontra, salah kaprah, dan tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. 
    3. Penyerapan informasi yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 

    44. Pemerintah daerah Kabupaten/Kota memiliki kewenangan untuk menertibkan para pedagang kaki lima yang melakukan aktivitas perdagangan.

    Sebutkan 3 (tiga) ketaatan peraturan yang harus dipatuhi oleh pedagang kaki lima! 

    Jawaban : 
    1. Melakasanakan kegiatan usaha sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan Bupati/Walikota 
    2. Memelihara kebersihan, kesehatan, keindahan, ketertiban dan keamanan lingkungan tempat kegiatan usaha 
    3. Tidak mengganggu arus lalu lintas dan kepentingan umum Simak lebih lanjut di 

    45. Sebagai Bangsa Indonesia kita patut bersyukur kepada Tuhan YME, karena telah di karuniai berbagai macam suku bangsa, agama, ras, dan antar golongan. Hal ini tentu memiliki makna yang tersirat, yaitu agar di antara kita dapat saling mengenal, berfikir, dan menghargai perbedaan yang ada, sehingga dibutuhkan sikap toleransi dalam tata pergaulan. Bagaimana hubungan antara sikap toleransi dengan situasi harmonis dalam kehidupan masyarakat yang beragam?

    Jawaban : 
    Toleransi sendiri berarti perilaku saling menghargai dan menghormati. Seperti halnya ; menghargai pendapat orang lain, menghormati keyakinan beragama masing-masing. Oleh karena itu, dengan kita bersikaf toleransi, otomatis kita juga melakukan perbuatan menghargai perbedaan tersebut (tidak diskriminasi).
    Share:

    Hari/Tanggal

    ALIH BAHASA

    Daftar Isi