Pada semester genap ini, para siswa khususnya kelas 9 jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsnawiyah (SMP/MTs) harus mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) 2020.
BSNP menetapkan kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs di seluruh Indonesia.
Ujian Nasional (UN) akan kembali diselenggarakan pada tahun pelajaran 2019/2020.
Ujian Nasional menjadi alat evaluasi pendidikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang dilaksanakan secara nasional.
Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan, akan tetapi hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan.
Tujuan Ujian Nasional
Tujuan penyelenggaraan Ujian Nasional merupakan amanah dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Di dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Selain itu, tujuan lain dari pelaksanaan Ujian Nasional adalah sebagai berikut:
Ujian Nasional (UN) akan kembali diselenggarakan pada tahun pelajaran 2019/2020.
Ujian Nasional menjadi alat evaluasi pendidikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang dilaksanakan secara nasional.
Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan, akan tetapi hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan.
Tujuan Ujian Nasional
Tujuan penyelenggaraan Ujian Nasional merupakan amanah dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Di dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Selain itu, tujuan lain dari pelaksanaan Ujian Nasional adalah sebagai berikut:
- Sebagai bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
- Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
- Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
- Untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
- Untuk mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
- Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.
Sebagai upaya menghadapai Ujian Nasional, maka perlu dipahami dulu tentang kisi-kisi Ujian Nasional sebagai rambu-rambu soal yang akan diujikan.
Paket naskah soal Ujian Nasional adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional.
Kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun.
Paket naskah soal Ujian Nasional adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional.
Kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun.
Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.
Sebuah kisi-kisi soal ujian yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional.
Selain itu, materi hendaknya dapat dibuat menjadi soal yang baik dan komponen-komponennya dapat diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.
Oleh karena itu, berikut penjelasan Kisi-kisi UN Bahasa Inggris Tingkat SMP/MTs Tahun 2020:
- Bahasa Inggris
1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi.
Lingkup materi:
- Fungsi sosial: siswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.
- Struktur teks: siswa dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks, plot, alur pikiran.
- Unsur kebahasaan: siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, referensi makna.
2. Pada level kognitif aplikasi, siswa membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan.
Lingkup materi:
- Fungsi sosial: siswa dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.
- Struktur teks: siswa dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, dan alur pikiran.
- Unsur kebahasaan: siswa dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, dan referensi makna.
3. Pada level kognitif penalaran, siswa menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan dan menganalisis.
Lingkup materi :
- Fungsi sosial: siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.
- Struktur teks: siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, dan alur pikiran.
- Unsur kebahasaan: siswa dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, kalimat, frasa, ungkapan simpulan, referensi makna.
Untuk lebih jelasnya, silahkan download Kisi-kisi Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs Tahun 2020 dibawah ini: