Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Kisi-kisi UN Bahasa Inggris Tingkat SMP/MTs Tahun 2020.


Pada semester genap ini, para siswa khususnya kelas 9 jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsnawiyah (SMP/MTs) harus mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) 2020. 

BSNP menetapkan kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs di seluruh Indonesia. 

Ujian Nasional (UN) akan kembali diselenggarakan pada tahun pelajaran 2019/2020.

Ujian Nasional menjadi alat evaluasi pendidikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang dilaksanakan secara nasional.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan, akan tetapi hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan.

Tujuan Ujian Nasional

Tujuan penyelenggaraan Ujian Nasional merupakan amanah dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Di dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Selain itu, tujuan lain dari pelaksanaan Ujian Nasional adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  3. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  4. Untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  5. Untuk mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  6. Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.

Sebagai upaya menghadapai Ujian Nasional, maka perlu dipahami dulu tentang kisi-kisi Ujian Nasional sebagai rambu-rambu soal yang akan diujikan.

Paket naskah soal Ujian Nasional adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional.

Kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun.



Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal ujian yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional.

Selain itu, materi hendaknya dapat dibuat menjadi soal yang baik dan komponen-komponennya dapat diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Oleh karena itu, berikut penjelasan Kisi-kisi UN Bahasa Inggris Tingkat SMP/MTs Tahun 2020:

  • Bahasa Inggris
1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi.

Lingkup materi:
  • Fungsi sosial: siswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan. 
  • Struktur teks: siswa dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks, plot, alur pikiran. 
  • Unsur kebahasaan: siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, referensi makna.

2. Pada level kognitif aplikasi, siswa membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan.

Lingkup materi:
  • Fungsi sosial: siswa dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan. 
  • Struktur teks: siswa dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, dan alur pikiran. 
  • Unsur kebahasaan: siswa dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, dan referensi makna.

3. Pada level kognitif penalaran, siswa menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan dan menganalisis.

Lingkup materi :
  • Fungsi sosial: siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan. 
  • Struktur teks: siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, dan alur pikiran. 
  • Unsur kebahasaan: siswa dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini; persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, kalimat, frasa, ungkapan simpulan, referensi makna.


Untuk lebih jelasnya, silahkan download Kisi-kisi Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs Tahun 2020 dibawah ini:
  1. Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia...Download
  2. Kisi-kisi UN Bahasa Inggris...Download
  3. Kisi-kisi UN Matematika...Download
  4. Kisi-kisi UN IPA...Download
  5. Format Kisi-kisi dan Penulisan Soal...Download 
Share:

Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun 2020.


Pada semester genap ini, para siswa khususnya kelas 9 jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsnawiyah (SMP/MTs) harus mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) 2020. 

BSNP menetapkan kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs di seluruh Indonesia. 

Ujian Nasional (UN) akan kembali diselenggarakan pada tahun pelajaran 2019/2020.

Ujian Nasional menjadi alat evaluasi pendidikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang dilaksanakan secara nasional.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan, akan tetapi hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan.

Tujuan Ujian Nasional

Tujuan penyelenggaraan Ujian Nasional merupakan amanah dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Di dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Selain itu, tujuan lain dari pelaksanaan Ujian Nasional adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  3. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  4. Untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  5. Untuk mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  6. Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.

Sebagai upaya menghadapai Ujian Nasional, maka perlu dipahami dulu tentang kisi-kisi Ujian Nasional sebagai rambu-rambu soal yang akan diujikan.

Paket naskah soal Ujian Nasional adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional.

Kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun.


Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.


Sebuah kisi-kisi soal ujian yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional.



Selain itu, materi hendaknya dapat dibuat menjadi soal yang baik dan komponen-komponennya dapat diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Oleh karena itu, berikut penjelasan Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun 2020:

  • Bahasa Indonesia 
1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi, menentukan, dan memaknai. 

Lingkup materi:
  • Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan makna kata/kalimat pada teks, informasi tersurat teks dan menentukan bagian teks. 
  • Membaca sastra: siswa dapat menentukan maka kata dan maksa tersurat dalam cerpen dan fabel, juga menentukan bagian cerpen. 
  • Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat.
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menunjukkan kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah. 
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.

2. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus bisa menunjukkan bukti, menyimpulkan, menemukan ide, menginterpretasi, menggunakan, menyusun. 

Lingkup materi:
  • Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks, dan meringkas isi teks. 
  • Membaca sastra: siswa dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel, menyimpulkan sebab/akibat konflik. 
  • Menulis terbatas: siswa dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi paragraf dengan kalimat, melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain). 
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah, dan menggunakan konjungsi dalam kalimat. 
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menggunakan ejaan dan tanda baca.


3. Pada level kognitif penalaran, siswa harus mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), menanggapi, dan memvariasi. 

Lingkup materi :
  • Membaca nonsastra: siswa dapat membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks, menilai keunggulan/kelemahan teks, dan mengomentari isi teks. 
  • Membaca sastra: siswa dapat membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel, membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel, menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen/tabel, mengomentari unsur intrinsik karya sastra. 
  • Menulis terbatas: siswa dapat memvariasikan kata dan kalimat, menulis dengan ilustrasi tertentu, dan mengubah teks ke bentuk lain. 
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf, menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf. 
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan, memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca, menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan download Kisi-kisi Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs Tahun 2020 dibawah ini:
  1. Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia...Download
  2. Kisi-kisi UN Bahasa Inggris...Download
  3. Kisi-kisi UN Matematika...Download
  4. Kisi-kisi UN IPA...Download
  5. Format Kisi-kisi dan Penulisan Soal...Download
Share:

Admin II Blog Kampung KB Tumbuh Jaya.


Biografi Admin

Suriani, Q.H., S.Pd, lahir pada tanggal 31 Desember 1989 di Karang Asem, Desa Gunung Rajak, Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Jenjang Pendidikan yaitu MI NW Dasan Tengak, MTs NW Gunung Rajak, dan MA Mu'allimin NW Gunung Rajak sekaligus alumni disana. 

Kemudian melanjutkan study secara merangkap di Perguruan Tinggi yaitu MDQH NW Anjani Lombok Timur Angkatan 45 dan Kampus II UNW Mataram Anjani Lombok Timur, Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika dan selasai pada tanggal 31 Desember 2011.

Catatan:
Bagi kalian yang membutuhkan materi, perangkat, administrasi guru, bank soal ujian, informasi dan lain sebagainya silahkan menghubungi admin di:
  • Email:kampungkbtumbuhmulia@gmail.com  
  • Facebook:Habiby Qolby
  • WhatsApp:081807086003
Demikian, semoga bermanfaat dalam perkembangan Desa Tumbuh Mulia.
Share:

Kisi-kisi USBN dan UN Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang kepada para pendidik sedunia, salam ta’zim dan perjuangan. Semoga kita selalu diberikan kesehatan untuk persiapan mencerdaskan anak bangsa melalui kisi-kisi semester sebagai pedoman bagi seorang guru untuk persiapan ujian bagi peserta didiknya. 

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. 

Terkait dengan pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis POS USBN dan UN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.

Kisi-kisi  USBN dan UN  dapat diunduh di halaman:

Download juga:

Share:

Kisi-kisi Informatika/TIK Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang kepada para pendidik sedunia, salam ta’zim dan perjuangan. Semoga kita selalu diberikan kesehatan untuk persiapan mencerdaskan anak bangsa melalui kisi-kisi semester sebagai pedoman bagi seorang guru untuk persiapan ujian bagi peserta didiknya.

Kisi-kisi Informatika/TIK Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020

Kisi-kisi ini sebagai persiapan dalam dalam melaksanakan ujian semester genap tahun pelajaran pelajaran 2019/2020. 

Salah satu tujuannya yaitu sebagai refrensi tolak ukur atas materi yang sudah kita ajarkan kepada peserta didik.

Oleh karena itu, kami berbagi Kisi-kisi Informatika/TIK Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download pilihan link kisi-kisi Informatika/TIK dibawah ini: 

Catatan:
Kisi-kisi diatas adalah contoh kisi-sisi semester genap tahun pelajaran 2018/2019, tetapi isinya 95% sama dengan kisi-sisi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 nanti.
Share:

Kisi-kisi PPKn Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang kepada para pendidik sedunia, salam ta’zim dan perjuangan. Semoga kita selalu diberikan kesehatan untuk persiapan mencerdaskan anak bangsa melalui kisi-kisi semester sebagai pedoman bagi seorang guru untuk persiapan ujian bagi peserta didiknya.

Kisi-kisi PPKn Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020

Kisi-kisi ini sebagai persiapan dalam dalam melaksanakan ujian semester genap tahun pelajaran pelajaran 2019/2020. 

Salah satu tujuannya yaitu sebagai refrensi tolak ukur atas materi yang sudah kita ajarkan kepada peserta didik.

Oleh karena itu, kami berbagi Kisi-kisi PPKn Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download pilihan link kisi-kisi PPKn dibawah ini: 

Catatan:
Kisi-kisi diatas adalah contoh kisi-sisi semester genap tahun pelajaran 2018/2019, tetapi isinya 95% sama dengan kisi-sisi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 nanti.
Share:

Kisi-kisi IPS Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang kepada para pendidik sedunia, salam ta’zim dan perjuangan. Semoga kita selalu diberikan kesehatan untuk persiapan mencerdaskan anak bangsa melalui kisi-kisi semester sebagai pedoman bagi seorang guru untuk persiapan ujian bagi peserta didiknya.

Kisi-kisi IPS Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020

Kisi-kisi ini sebagai persiapan dalam dalam melaksanakan ujian semester genap tahun pelajaran pelajaran 2019/2020. 

Salah satu tujuannya yaitu sebagai refrensi tolak ukur atas materi yang sudah kita ajarkan kepada peserta didik.

Oleh karena itu, kami berbagi Kisi-kisi IPS Kelas 8 Semester Genap Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download pilihan link kisi-kisi IPS dibawah ini: 

Catatan:
Kisi-kisi diatas adalah contoh kisi-sisi semester genap tahun pelajaran 2018/2019, tetapi isinya 95% sama dengan kisi-sisi semester genap tahun pelajaran 2019/2020 nanti.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi