Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan.

Berikut ini penjelasan Bab 6 Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan.

BAB 6 : Ulasan tentang Karya Kita

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentag kualitas karya sastra.
  2. menelaah, struktur, kebahasaan dan isi teks ulasan.
  3. menceritakan kembali teks ulasantentang kualitas karya.
  4. menulis tanggapan tentang kualitas karya.

A. Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan

Ulasan adalah menceritakan kembali apa yang telah dibaca, ditonton ataupun yang diketahuinya.

Tentu saja teks ulasan ini lebih ringkas dari teks sebelumnya. Sehingga ulasan memiliki ciri lebih singkat, ringkas dan padat.


B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan

Di dalam menjelaskan kembali sutau teks tentunya dipengaruhi oleh subtektifitas.

Oleh sebab itu dalam teks ulasan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kekurangan teks ulasan mungkin terjadi pada struktur tekas yang tidak lengkap. Terdapat pula isinya tidak jelas. Namun memiliki kelebihandi aspek lainnya


C. Menelaah Struktur dan Kaidah Ulasan

Struktur teks ulasan terdiri atas bagian-bagian misalnya odentitas karya, orientasi, sinopsis, analisis dan evaluasi.

Terkadang di dalam teks ulasn terdapat rekomendasi berupa saran-saran kepada pembaca.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi.

Berikut ini penjelasan Bab 5 Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi.

BAB 5 : Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi teks ekplanasi berupa paparan kejadian fenomena alam/sosial.
  2. menelaah isi teks ekplanasi paparan kejadian fenomena alam/sosial.
  3. meringkas isi teks eksplanasi.
  4. menyajikan informasi suatu fenomena secara lisan dan tulisan.

A. Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplansai adalah teks yang disajikan dari peristiwa yang terjadi di lingkungan kita.

Misalnya gempa bumi, banjir, bencana alam. Dapat juga peristiwa yang tekait dengan masalah sosial budaya, politik dan ekonomi.

Ciri teks eksplansi terdiri atas paragraf-paragraf. Di mana setiap paragraf mengusung sebuah topik. Sedangkan kalimat-kalmatnya berupa pada paragraf tersebut berupa fakta.


B. Meringkas Teks Ekspanasi

Dalam menringkas teks eksplansi diawali dengan pemahaman terhadap gagasan pokok setiap paragraf.

Kemudian memadukangagasan pokok di setiap paragraf menjadi teks baru yang lebih ringkas.


C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi

Menurut isinya teks eskplanasi menjelaskan suatu proses kejadian, baik terkait dengan alam, soail maupun pbudaya.

Berasarkan strukturnya, teks ekplanasi diawali dengan pengenalan fenomena, rangkaian peristiwa sampai ulasan.

Sedangkan kaidah kebahasaannya menggunakan konjungsi:
a. kausalitas, misalnya sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.
b. kronologis, misalnya kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

Juga menggunakan kata benda yang merujuk pada fenomena. Selain itu kadang menggunakan kata teknis sesuai dengan topik.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8: Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi.

Berikut ini penjelasan Bab 4 Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi.


BAB 4 : Indahnya Berpuisi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi unsur pembangun teks puisi.
  2. menelaah unsur pembangun teks puisi.
  3. menyimpulkan makan puisi yang diperdengarkan.
  4. menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi.

A. Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindhan kata.

Teks puisi memiliki unsur-unsur seperti majas dan irama, penggunaan kata-kata konotasi.

Selain itu kata-kata berlambang dan pengimajinasian dalam puisi juga menjadi unsur dari puisi.


B. Menyimpulkan Isi Puisi

Untuk dapat menyimpulkan isis puisi, kita harus perhatikan isipuisi secara mendalam.

Dengan mendalami isi puisi dapat diketahui jenis puisinya. Apakah termasuk puisi naratif, deskriptif ataukah puisi lirik.


C. Memilah Unsur-Unsur Pembangun Puisi

Di dalam puisi terdapat unsur fisiknya, yaitu majas, kata-kata konotasi, dan kata berlambang.

Unsur fisik tersebut dapat dengan mudah dikenali langsung oleh pembaca.

Di samping itu juga terdapat unsur batin, yaitu unsur yang tersembunyi diblik unsur fisik.

Unsur batin dalam puisi meliputi, tema, amanat, perasaan penyair, dan nada penyair terhadap pembaca.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8: Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi.

Berikut ini penjelasan Bab 3 Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi.

BAB 3 : Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi informasi teks eskposisiberupa artikel ilmiah populer dari koran.
  2. menelaah hubungan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi.
  3. meyimpulkan isi teks eksposisi.
  4. menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi.

A. Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah tek yang berisi penilaian, dorongan atau ajakan kepada masyarakat atau khalayak.

Bentuk teks eksposisi dapat ditemui di media massa, berupa esai, tajuk rencana atau editorial dan tanggapan kritis.

Sedangkan pola yang dapat digunakan dalam mengembangkan teks eksposisi adalah pola umum khusus, khusus umum, ilsutrasi, pola perbandingan.


B. Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi

Pada saat kita akan membuat kedimpulan terhadap teks eksposisi, kita harus mengetahui gagasan umum, utama dan ide pokoknya.

Keberadaan gagasan umum dari suatu paragraf dapat diketahui setelah membaca teks secara keseluruhan.

Jenis paragraf berdasarkan gagasan umumnya terbagi dalam jenis paragraf deduktif dan induktif.


C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Menurut strukturnya, teks eksposisi terdiri atas tiga bagian penting, yaitu tesis, rangkaian argumen dan penegasan ulang.

Sedangkan kaidah kebahasaan teks eksposisi bersifat khusus yaitu menggunakan kata-kata:
  1. teknis sesuai dengan topik yang dibahas.
  2. yang menunjukkan hubungan argumentasi.
  3. kerja mental.
  4. perujukan.
  5. persuasif

D. Menyajikan Teks Eksposisi

Dalam sistematika penyajiannya teks eksposisi diawali dengan tesis, rangkaian argumentasi disertai fakta dan diakhiri dengan penegasan ulang.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster.

Berikut ini penjelasan Bab 2 Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster.

BAB 2 : Iklan, Sarana Komunikasi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi unsur teks iklan, slogan atau poster dari berbagai sumber.
  2. menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks lisan, sloga atau poster.
  3. menyimpulkan isi iklan, slogan atau poster.
  4. menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slohgan atau poster.

A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk masyarakat agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Unsur yang ditampilkan dalam iklan bisa berupa gambar, tulisan, video ataupun suara.

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai pegangan hidup. Slogan sering disebut dengan motto atau semboyan.

Pada slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Poster adalah plakat atau kata-kata dengan gambar yang dipasang di temapt umum.

Fungsi poster adalah untuk memberikan informasi tentang ide atau hal penting lainnya kepada masyarakat. Poster yang baik harus mengandung unsur kata singkat, jelas, menarik dan lengkap.


B. Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan

Kita dapat menemukan dan membaca iklan hampir di setiap tempat kita berada. Seakan-akan iklan mengikuti setiap langkah kita.

Hal itu tidak mengherankan karena iklan memilki fungsi informasional dan transformasional. Sehingga iklan dapat berpengaruh terhadap gaya hidup, selera, dan jati diri kita.


C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan

Iklan dapat kita temukan di setiap tempat dan waktu yang berbeda. Iklan dapat kita temukan di TV, surat kabar, majalah, bahkan di tepi jalan raya.

Bentuk iklan sesuai dengan karakteristik dalam pola penyajiannya. Iklan yang disajikan di radio akan berbeda dengan yang disajikan di TV, koran ataupun majalah.

Di samping medianya, keragaman iklan juga dapat dilihat dari berasarkan isinya. Menurut isinya iklan dapat dibedakan menjadi iklan pemberitahuan, layanan masyarakat, dan iklan penawaran.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Berita.


Pada kesempatan ini kami berbagi gambaran materi buku Siswa Bahasa Indonesia kelas 8 revisi 2017, sebagai sebagai berikut:

BAB 1 : Berita Seputar Indonesia

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang didengar dan dibaca dengan benar.
  2. menelaah struktur dan kebahasaan teks berita yang didengar dengan tepat
  3. menyimpulka isi berita yang dibaca dan didengar lengkap.
  4. menyajikan data informasi dalam bentuk berita secara tulis dan lisan.

A. Menentukan Unsur-Unsur Berita

Dalam kehidupansehari-hari berbagai jenis teks sering digunakan. Di mana setiap teks tersebut berisi informasi yang berbeda-beda.

Pada berita terdapat tiga struktur teks, yaitu kepala berita, bagian utama dan informasi yang berfungsi sebagi penjelas. Ketiga bagian strutur teks tersbut dapat digambarkan sebagai piramida terbalik.

Pemahaman terhadap unsur dan kaidah bahasa memudahkan kita dalam mengolah menjadi berita yang bermanfaat.

Terdapat enam unsur dalam berita. Yaitu dengan pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.

Untuk memudahkan mengingat, keenam unsur berita tersebut dikenal degan nama ADIKSIMBA. Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana.


B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita

Yang dimaksud keismpulan adalah kata-kata terakhir dari suatu uraian. Di mana pada kesimpulan harus memuat unsur-unsur berita dengan rumusan lebih ringkas.

Dengan demikian kesimpulan tentang isi suatu berita harus berisi pokok-pokok informasi berupa ADIKSIMBA.


C. Menemukan Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Berdasarkan strukturnya, teks berita dapat dibedakan menjadi informasi penting dan tidak penting.

Informasi penting disebut dengan pokok informasi atau berita utama yang terletak pada kepala dan tubuh berita. Sedangkan bagian yang kurang penting disebut dengan urainan atau ekor berita.

Pada teks berita, kata-kata dan kalimat memiliki kaidah kebahasaan tersendiri. Kaidah kebahasaan tersebut meliputi:
  1. penggunaan bahasa bersifat baku atau standar.
  2. penggunaan kalimat langsung bervariasi dengan kalimat tidak langsung.

D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita

Dengan membaca suatu berita kita banyak mendapatkan manfaat. Manfaat tersebut yang dikenal sebagai hasil pemaknaan sutau berita.

Hasil pemaknaan berita tersebut memungkinkan bagi kita untuk dapat menceritakan kembali beita yang kita peroleh.

Dalam menyampaikan isi berita, kita harus tetap berpedoman pada ADIKSIMBA.

Demikian, Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Berita. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 7 : Menjadi Pembaca Efektif.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 7: Menjadi Pembaca Efektif.

Berikut ini penjelasan Bab 8 Menjadi Pembaca Efektif.

Bab 8 Menjadi Pembaca Efektif

A. Membaca dan Mengenal Unsur Pembangun Buku Nonfiksi

Begitu banyak kata bijak yang menyarankan kita banyak membaca buku. Misalnya, Membaca adalah jendela dunia atau Dengan membaca kita dapat merengkuh dunia.

Secara garis besar buku yang kita baca dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu buku fiksi dan buku nonfiksi. Buku nonfiksi berisi gagasan/ide/perasaan penulis yang bersifat fiktif imajinatif.

Buku fiksi perlu kita baca untuk menambah wawasan, memupuk minat baca, dan memupuk kreativitas.

Sedangkan buku nonfiksi memaparkan ilmu pengetahuan baik secara teknis maupun secara populer.

B. Merangkum Buku

Rangkuman adalah hasil menyarikan semua gagasan gagasan pokok/intisari suatu karangan atau buku menjadi bentuk yang ringkas atau pendek.

Rangkuman tidak boleh mengubah ide pokok (gagasan pokok) teks aslinya.

C. Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar

Unsur Buku Nonfiksi :

1) Bagian cover buku

2) Rincian sub bab buku

3) Judul sub bab

4) Isi buku

5) Cara menyajikan isi buku

6) Bahasa yang digunakan

7) Sistematika


Unsur Buku Fiksi :

1) Bagian cover buku

2) Rincian subbab buku

3) Judul subbab

4) Tokok dan penokohan

5) Tema cerita

6) Bahasa yang digunakan

7) Penyajian alur cerita


D. Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi

Struktur komentar terhadap buku terdiri atas:
  1. Data Buku
  2. Info singkat tentang terbitan/edisi
  3. Ringkasan cerita
  4. Tanggapan
  5. penulis tentang cerita
  6. Penilaian terhadap buku
  7. Data Penulis
Demikianlah ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017, semoga bermanfaat.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi