Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Unsur-Unsur Drama.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Unsur-Unsur Drama.

Berikut ini penjelasan Bab 8 Mendalami Unsur-Unsur Drama :

BAB 8 : Drama-Drama Kehidupan

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifkasi unsur drama yang disajikan delam bentuk pentas.
  2. menelaah karakteristik dan kaidah kebahasaan dalam reks drama.
  3. menginterprerasi drama yang dibaca dan ditonton.
  4. mementaskan drama sesuai naskah yang ditulis.

A. Mendalami Unsur-Unsur Drama

Teks drama adalah penggambaran kehidupan dan watak manusia melalui akting yang dipentaskan.

Ciri utama drama adalah berupa cerita, berbentuk dialog, dan dipentaskan.


B. Menafsirkan Kembali Isi Drama

Untuk dapat menafsirkan kembali isi drama, imajinasi kita tentang cerita drama dapat membantu.

Adanya kesan yang menarik dari suatu drama, akan memudahkan kita dalam menafsirkan kembali

C. Menelaah Struktur dan Kaidah Drama

Pada umumnya struktur drama talur yang terdiri dari prolog, dialog, dan epilog.
Kalimat langsng dalam teks drama diapit oleh dua tanda petik. 

Seperti halnya percakapan sehari-hari, teks drama terdapat kata-kata yang tidak baku.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Unsur-Unsur Drama. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif.

Berikut ini penjelasan Bab 7 
Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif.

BAB 7 : Berbahasalah secara Persuasif

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan berbagai masalah aktual.
  2. menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks persuasi.
  3. menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan dari teks persuasi.

A. Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif

Teks pesuasif adalah tek yang berisi ajakan atau bujukan. Pembaca dodorong untuk mengikuti harapn penulisnya.

Ajakan tersebut ditandai dengan dignakannya kata: harus, hendaknya, sebaiknya, dsb.


B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasif

Langkah yang harus diempuh dalam menyimpulkan teks persuasif adalah:
a. membaca keseluruhan isi teks.
b. mencatat bagian yang penting.
c. memahami hubungan logis antarbagian.
d. menyimpulkan isi teks secara singkat dan jelas.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan.

Berikut ini penjelasan Bab 6 Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan.

BAB 6 : Ulasan tentang Karya Kita

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentag kualitas karya sastra.
  2. menelaah, struktur, kebahasaan dan isi teks ulasan.
  3. menceritakan kembali teks ulasantentang kualitas karya.
  4. menulis tanggapan tentang kualitas karya.

A. Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan

Ulasan adalah menceritakan kembali apa yang telah dibaca, ditonton ataupun yang diketahuinya.

Tentu saja teks ulasan ini lebih ringkas dari teks sebelumnya. Sehingga ulasan memiliki ciri lebih singkat, ringkas dan padat.


B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan

Di dalam menjelaskan kembali sutau teks tentunya dipengaruhi oleh subtektifitas.

Oleh sebab itu dalam teks ulasan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kekurangan teks ulasan mungkin terjadi pada struktur tekas yang tidak lengkap. Terdapat pula isinya tidak jelas. Namun memiliki kelebihandi aspek lainnya


C. Menelaah Struktur dan Kaidah Ulasan

Struktur teks ulasan terdiri atas bagian-bagian misalnya odentitas karya, orientasi, sinopsis, analisis dan evaluasi.

Terkadang di dalam teks ulasn terdapat rekomendasi berupa saran-saran kepada pembaca.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi.

Berikut ini penjelasan Bab 5 Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi.

BAB 5 : Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi teks ekplanasi berupa paparan kejadian fenomena alam/sosial.
  2. menelaah isi teks ekplanasi paparan kejadian fenomena alam/sosial.
  3. meringkas isi teks eksplanasi.
  4. menyajikan informasi suatu fenomena secara lisan dan tulisan.

A. Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplansai adalah teks yang disajikan dari peristiwa yang terjadi di lingkungan kita.

Misalnya gempa bumi, banjir, bencana alam. Dapat juga peristiwa yang tekait dengan masalah sosial budaya, politik dan ekonomi.

Ciri teks eksplansi terdiri atas paragraf-paragraf. Di mana setiap paragraf mengusung sebuah topik. Sedangkan kalimat-kalmatnya berupa pada paragraf tersebut berupa fakta.


B. Meringkas Teks Ekspanasi

Dalam menringkas teks eksplansi diawali dengan pemahaman terhadap gagasan pokok setiap paragraf.

Kemudian memadukangagasan pokok di setiap paragraf menjadi teks baru yang lebih ringkas.


C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi

Menurut isinya teks eskplanasi menjelaskan suatu proses kejadian, baik terkait dengan alam, soail maupun pbudaya.

Berasarkan strukturnya, teks ekplanasi diawali dengan pengenalan fenomena, rangkaian peristiwa sampai ulasan.

Sedangkan kaidah kebahasaannya menggunakan konjungsi:
a. kausalitas, misalnya sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.
b. kronologis, misalnya kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

Juga menggunakan kata benda yang merujuk pada fenomena. Selain itu kadang menggunakan kata teknis sesuai dengan topik.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8: Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi.

Berikut ini penjelasan Bab 4 Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi.


BAB 4 : Indahnya Berpuisi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi unsur pembangun teks puisi.
  2. menelaah unsur pembangun teks puisi.
  3. menyimpulkan makan puisi yang diperdengarkan.
  4. menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi.

A. Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindhan kata.

Teks puisi memiliki unsur-unsur seperti majas dan irama, penggunaan kata-kata konotasi.

Selain itu kata-kata berlambang dan pengimajinasian dalam puisi juga menjadi unsur dari puisi.


B. Menyimpulkan Isi Puisi

Untuk dapat menyimpulkan isis puisi, kita harus perhatikan isipuisi secara mendalam.

Dengan mendalami isi puisi dapat diketahui jenis puisinya. Apakah termasuk puisi naratif, deskriptif ataukah puisi lirik.


C. Memilah Unsur-Unsur Pembangun Puisi

Di dalam puisi terdapat unsur fisiknya, yaitu majas, kata-kata konotasi, dan kata berlambang.

Unsur fisik tersebut dapat dengan mudah dikenali langsung oleh pembaca.

Di samping itu juga terdapat unsur batin, yaitu unsur yang tersembunyi diblik unsur fisik.

Unsur batin dalam puisi meliputi, tema, amanat, perasaan penyair, dan nada penyair terhadap pembaca.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8: Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi.

Berikut ini penjelasan Bab 3 Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi.

BAB 3 : Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi informasi teks eskposisiberupa artikel ilmiah populer dari koran.
  2. menelaah hubungan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi.
  3. meyimpulkan isi teks eksposisi.
  4. menyajikan gagasan dalam bentuk teks eksposisi.

A. Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah tek yang berisi penilaian, dorongan atau ajakan kepada masyarakat atau khalayak.

Bentuk teks eksposisi dapat ditemui di media massa, berupa esai, tajuk rencana atau editorial dan tanggapan kritis.

Sedangkan pola yang dapat digunakan dalam mengembangkan teks eksposisi adalah pola umum khusus, khusus umum, ilsutrasi, pola perbandingan.


B. Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi

Pada saat kita akan membuat kedimpulan terhadap teks eksposisi, kita harus mengetahui gagasan umum, utama dan ide pokoknya.

Keberadaan gagasan umum dari suatu paragraf dapat diketahui setelah membaca teks secara keseluruhan.

Jenis paragraf berdasarkan gagasan umumnya terbagi dalam jenis paragraf deduktif dan induktif.


C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

Menurut strukturnya, teks eksposisi terdiri atas tiga bagian penting, yaitu tesis, rangkaian argumen dan penegasan ulang.

Sedangkan kaidah kebahasaan teks eksposisi bersifat khusus yaitu menggunakan kata-kata:
  1. teknis sesuai dengan topik yang dibahas.
  2. yang menunjukkan hubungan argumentasi.
  3. kerja mental.
  4. perujukan.
  5. persuasif

D. Menyajikan Teks Eksposisi

Dalam sistematika penyajiannya teks eksposisi diawali dengan tesis, rangkaian argumentasi disertai fakta dan diakhiri dengan penegasan ulang.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi. Semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster.

Berikut ini penjelasan Bab 2 Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster.

BAB 2 : Iklan, Sarana Komunikasi

Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
  1. mengidentifikasi unsur teks iklan, slogan atau poster dari berbagai sumber.
  2. menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks lisan, sloga atau poster.
  3. menyimpulkan isi iklan, slogan atau poster.
  4. menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slohgan atau poster.

A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk masyarakat agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Unsur yang ditampilkan dalam iklan bisa berupa gambar, tulisan, video ataupun suara.

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai pegangan hidup. Slogan sering disebut dengan motto atau semboyan.

Pada slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Poster adalah plakat atau kata-kata dengan gambar yang dipasang di temapt umum.

Fungsi poster adalah untuk memberikan informasi tentang ide atau hal penting lainnya kepada masyarakat. Poster yang baik harus mengandung unsur kata singkat, jelas, menarik dan lengkap.


B. Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan

Kita dapat menemukan dan membaca iklan hampir di setiap tempat kita berada. Seakan-akan iklan mengikuti setiap langkah kita.

Hal itu tidak mengherankan karena iklan memilki fungsi informasional dan transformasional. Sehingga iklan dapat berpengaruh terhadap gaya hidup, selera, dan jati diri kita.


C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan

Iklan dapat kita temukan di setiap tempat dan waktu yang berbeda. Iklan dapat kita temukan di TV, surat kabar, majalah, bahkan di tepi jalan raya.

Bentuk iklan sesuai dengan karakteristik dalam pola penyajiannya. Iklan yang disajikan di radio akan berbeda dengan yang disajikan di TV, koran ataupun majalah.

Di samping medianya, keragaman iklan juga dapat dilihat dari berasarkan isinya. Menurut isinya iklan dapat dibedakan menjadi iklan pemberitahuan, layanan masyarakat, dan iklan penawaran.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 8 Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster. Semoga bermanfaat.
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi