Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Novel/Sejarah Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.


Dalam menghadapi ujian Nasioanal nanti, kami berbagi Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Novel/Sejarah Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020.

Soal ini dilengkapi jawaban sebagai persiapan dalam ujian nasional nantinya agar bisa menjawab soal dengan mudah.

Berikut Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Novel/Sejarah Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020:

SOAL TEKS CERITA SEJARAH/NOVEL SEJARAH
1. Bacalah teks berikut!
Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan berbagai upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini. 

Yang merupakan frase verbal pada kalimat di atas adalah ...
A. beberapa negara di Asia Tenggara
B. telah melakukan
C. kerja sama regional
D. berbagai upaya
E. di kawasan ini 

2. Bacalah teks berikut!
ECAFE dibentuk pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), yaitu badan khusus PBB yang banyak memberikan  inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di Asia Tenggara.

Kata yang mengalami nominalisasi dalam kalimat di atas adalah kata ...
A. dibentuk                       
B. inspirasi
C. kemudian                     
D. pertumbuhan 
E. regional 

3. Bacalah teks berikut!
Colombo Plan, yang terbentuk pada 1950 dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Akan tetapi, keanggotaannya tidak berasal dari suatu kawasan tertentu dan operasinya bersifat bilatelaral, sehingga tidak sepenuhnya mencerminkan kerja sama regional. Walaupun demikian, keberadaannya bermanfaat untuk memberikan dorongan pentingnya kerja sama regional Asia Tenggara dalam pertemuan konsultatif The Asia Union di Baguio, Filipina. Pertemuan dimaksudkan agar suara Asia lebih didengar di PBB dan mendorong kerja sama di bidang ekonomi dan sosial antarnegara di Asia. Namun, gagasan tersebut tidak berlanjut.

Ide pokok pada paragraf teks cerita sejarah di atas adalah ….
A. terbentuknya Colombo Plan
B. Manfaat Colombo Plan
C. Maksud terbentuknya Colombo Plan     
D. Kerja sana dalam Colombo Plan
E. Peningkatan kerjasama dengan Colombo Plan.

4. Bacalah kalimat-kalimat berikut.
(1) Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di  bawah  guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel, 10 Desember 2013.

(2) Dua pemimpin negara yang bermusuhan sejak era Perang Dingin itu bersalaman  kemudian bersapa sambil tersenyum.

(3)  Para pemimpin yang selama ini berbeda pendapat, berseberangan, atau bahkan telah  bermusuhan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela.

(4) Tidak terkecuali Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro.   

Urutan kalimat yang tepat sehingga membentuk teks cerita sejarah yang runtut adalah ... .
A.1-2-3-4                 
C.2-4-3-1
B.2-3-4-1   
D 1-3-4-2
E. 3-4-1-2

5. Cermati penggalan teks novel sejarah berikut!
Kala itu tahun 1309, Segenap rakyat berkumpul di alun-alun Kerajaan Majapahit. Semua berdoa, apapun warna agamanya, apakah Siwa, Buddha, maupun Hindu. Semua arah perhatian ditujukan dalam satu pandang, ke Purawaktra yang tidak dijaga terlampau ketat.

Kutipan tersebut termasuk bagian struktur     …
A. orientasi
B. pengungkapan peristiwa
C. abstraksi
D. menuju konflik
E. resolusi

6. Penggalan teks novel sejarah di atas mengandung nilai ….
A. estetis
B. sosial
C. agama
D. budaya
E. moral

7. Perhatikanlah kutipan berikut!
Di antara para Ibu Ratu yang terpukul hatinya, hanya ibu ratu Rajapatni Biksuni Gayatri yang bisa berpikir sangat tenang.

Makna kata kias  yang digunakan penulis untuk membangkitkan imajinasi pembaca dalam teks novel sejarah di atas adalah …
A. sangat kecewa
B. sangat muram
C. sangat berduka
D. sangat sedih
E. sangat menderita

8. Cermati kalimat berikut!
Prajurit-prajurit yang telah diperintahkan membersihkan gedung bekas asrama telah menyelesaikan tugasnya.

Kata yang menunjukkan bahwa kalimat di atas bermakna lampau adalah …
A. telah
B. bekas
C. prajurit
D. gedung
E. yang

9. Cermati teks berikut!
Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Frederation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.

Kalimat bermasa lampau pada penggalan teks cerita sejarah di atas adalah….

A. Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei.

B. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

C. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.

D. Frederation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
E. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja  

10. Kalimat yang menggunakan konjungsi temporal adalah….

A. Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di bawah guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel.
B. Mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di Desa Qunu, tempat Ia menghabiskan masa kecilnya.
C. Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun.
D. Sebelumnya, jenazah disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Prectoria, tempat Dia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan.
E. Pemakaman terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela tahun 1990.

Penggalan teks berikut!

Dan bila orang mendarat dari pelayanan entah dari jauh entahlah dekat, ia akan berhenti di suatu tempat beberapa puluh langkah dari dermaga. Ia akan mengangkat sembah di hadapannya berdiri Sela Baginda, sebuah tugu batu berpahat dengan prasasti peninggalan Sri Airlangga. Bila ia meneruskan langkahnya, semua saja jalanan besar yang dilaluinya, jalanan ekonomi sekaligus militer. Ia akan selalu berpapasan dengan pribumi yang berjalan tenang tanpa gegas, sekalipun di bawah matari terik. (Pramudya Ananta Toor, Mangir)

10. Nilai yang terkandung dalam penggalan teks novel sejarah  tersebut adalah …
A. nilai sosial
B. nilai budaya
C. nilai estetis
D. nilai moral
E. nilai agama

12. Cermati teks sejarah berikut!
Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung. Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menggunakannya lagi.

Inggris  mulai  menyerang  sehingga pertempuran sengit terjadi. Api masih membubung membakar kota. Bandung pun berubah menjadi lautan api.

Bukti kutipan tersebut  bagian dari rangkaian peristiwa adalah…
A. mendeskripsikan suasana Kota Bandung
B. memaparkan peristiwa Bandung Lautan Api
C. berisi pemaparan alur, tokoh, dan latar yang akan disampaikan dalam D. peristiwa Bandung Lautan Api
D. menggambarkan peristiwa sebelum terjadinya peristiwa Bandung Lautan ApiL
berisi penjelasan berupa tanda-tanda akan munculnya peristiwa Bandung Lautan Api

13. Bacalah teks berikut 1

Pak Dirman memerintahkan agar istrinya menjual perhiasan untuk modal perjuangan. Pak Dirman dalam keadaan sakit parah digerogoti TBC dan paru-paru tinggal satu memimpin perang gerilya dari atas tandu. Bersama para gerilyawan yang beliau pimpin, berjuang keluar masuk hutan naik turun gunung demi memerdekakan kita anak cucu mereka. Berjuang dengan persenjataan seadanya, melawan musuh yang memiliki persenjataan modern didukung kekuatan laut dan udara. Gerilya berdasar pada taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.

Latar waktu yang tampak pada penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah …
A. zaman kemerdekaan
B. masa penjajahan
C. era gerilya
D. di Yogayakarta
E. pagi hari

14. Peristiwa pada penggalan teks  di atas adalah …
A. Taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.
B. Soedirman pejuang yang patut diteladani
C. Soedirman memimpin pasukannya bergerilya berjuang keluar masuk hutan D. naik turun gunung demi memerdekakan.
E. Istri Paak Dirman menjual perhiasan untuk modal perjuangan.

15. Kalimat yang perlu disunting karena ejaannya salah  adalah ...
A. Pasukan menyusuri wilayah selatan Yogyakarta mulai dari Bantul hingga Parangtritis.
B. Soedirman memimpin perang gerilya dari atas tandu.
C. Berkat perjuangan yang tak kenal menyerah, Belanda kewalahan secara militer.
D. Gerilya berdasar kepada taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.
E. Akhirnya, Belanda angkat tangan dan terpaksa mengajak RI untuk berunding kembali..

Soal Uraian:

1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks cerita/novel sejarah!

2. Cermatilah kutipan teks cerita sejarah berikut!

Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, “ Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memuliki wibawa…”  (Novel Sejarah Kemelut di Majapahit karya S.H. Mintardja)

Analisislah ciri kebahasaan teks cerita sejarah tersebut meliputi kata-kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau !

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Sejarah/Novel Sejarah, semoga bisa membantu dalam menjawab soal.

Kunci Jawaban
1. B
2. D
3. C
4. D
5. A
6. C
7. D
8. A
9. C
10. D
11. B
12. E
13. A
14. C
15. D

Kunci Jawaban Soal Uraian
1. Struktur teks cerita sejarah
Sruktur Teks Cerita/Novel Sejarah:

a. Pengenalan situasi cerita (ekspostion, orientasi)
Dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.

b. Pengungkapan peristiwa
Dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.

c. Menuju konflik (rising action)
Terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh

d. Puncak konflik (turning point, komplikasi)
Bagian ini disebut pula sebagai klimaks. Inilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan. Pada bagian ini pula, ditentukannya perubahan nasib beberapa tokohnya. Misalnya, apakah dia kemudian berhasil menyelesaikan masalahnya atau gagal.

e. Penyelesaian (Evaluasi, resolusi)
Sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak itu. Pada bagian ini pun sering pula dinyatakan wujud akhir dari kondisi ataupun nasib akhir yang dialami tokoh Utama.

f. Koda
Bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. Komentar yang dimaksud bisa disampaikan langsung oleh pengarang atau dengan mewakilkannya pada seorang tokoh.

2. Analisis Kebahasaan teks cerita sejarah
kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan,  kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau.
a. kata sifat: bodoh, lemah, rendah budi, penakut, dan sebagainya.

b. kata kerja tindakan: memandang, berkata, menghadap, dan sebagainya.

c. kalimat langsung: Sang Prabu Kertarajasa berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka….”

d. Kalimat bermakna lampau: “…tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku….”

Demikian Soal UNBK Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Novel/Sejarah Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020, semoga bermanfaat.
Share:

Download Soal UNBK Lengkap Kunci Jawabannya Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Kumpulan Soal UNBK Lengkap Kunci Jawabannya Tahun Pelajaran 2019/2020. 
Tujuannya yaitu memudahkan para siswa untuk menjawab soal nanti.

Berikut ini Kumpulan 
Soal UNBK Lengkap Kunci Jawabannya Tahun Pelajaran 2019/2020:
  1. Bahasa Indonesia....download
  2. Bahasa Inggris....download
  3. Matematika ....download
  4. Ilmu Pengetahuan Alam....download
Soal ini sesuai dengan produk Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud. Soal dan Kunci Jawaban Pengayaan ini dapat dijadikan soal latihan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) SMP/MTS tahun pelajaran 2019/2020.

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Instrumen Penilaian Soal IPA Kelas 5 Tngkat SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Instrumen Penilaian Soal IPA Kelas 5 Tngkat SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pembelajaran tingkat satuan pendidikan merupakan wujud pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengacu pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan sistam yang terdiri dari beberapa unsur yang sistematis yaitu masukan, proses dan keluaran atau hasil. 

Evaluasi masukan pembelajaran menekankan pada evaluasi karakterisitik peserta didik, kelengkapan dan keadaan sarana dan prasarana pembelajaran, karakterisitik dan kesiapan pendidik, kurikulum dan materi pembelajaran, strategi pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran, serta keadaan lingkungan dimana pembelajaran berlangsung. Penilaian berbasis kompetensi merupakan teknik evaluasi yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran di sekolah.

Evaluasi proses pembelajaran menekankan pada evaluasi pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pembelajar meliputi keefektifan stratategi pembelajaran yang dilaksanakan, keefektifan media pembelajaran, cara mengajar yang dilaksanakan dan minat, sikap, serta cara belajar peserta didik. 

Evaluasi pembelajaran atau evaluasi hasil belajar antara lain menggunakan instrument-instrument evaluasi dapat berupa tes dan nontes untuk melakukan pengukuran hasil belajar sebagai prestasi belajar, dalam hal ini penguasaan kompetensi oleh setiap peserta didik.

Sebuah Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Hendaknya memenuhi syarat sebelum di gunakan untuk mengevaluasi atau mengadakan penilaian agar terhindar dari kesalahan dan hasil yang tidak valid (tidak sesuai kenyataan sebenarnya). 

Alat evaluasi yang kurang baik dapat mengakibatkan hasil penilaian menjadi bias atau tidak sesuainya hasil penilaian dengan kenyataan yang sebenarnya, seperti contoh anak yang pintar dinilai tidak mampu atau sebaliknya. 

Jika terjadi demikian perlu ditanyakan apakah persyaratan instrumen yang digunakan menilai sudah sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan instrumen.

Berikut Contoh Instrumen Penilaian Soal IPA Kelas 5 Tngkat SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020 :

Sekolah                   :  MI NW No. 1 Boro’Tumbuh  
Mata Pelajaran         :  Ilmu Pengetahuan Alam 
Kelas / Semester      : V/I (Satu)                       
Tahun Pelajaran       : 2019/2020
Standar Kompetensi : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Kompetensi Dasar   : Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Indikator                 :  

  1. Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia
  2. Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia 
  3. Menyebutkan alat pernapasan pada manusia 
  4. Menggambar alat pernapasan dan mendemonstrasikan cara kerjanya 
  5. Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman
  6. Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
  7. ………….dst.

Berilah tanda silang (X) pada jawaban a, b, c atau d yang kamu anggap paling  benar !

1. Kita bernapas menghirup...
a. Oksigen 
b. Hemoglobin
c. Karbon dioksida
d. Uap air

2. Hidung merupakan salah satu alat pernapasan yang berfungsi...
a. Sebagai tempat penyaringan udara
b. Sebagai tempat keluar masuknya udara
c. Untuk saluran udara pernapasan
d. Untuk menyerap oksigen

3. Rambut hidung dan selaput lendir berguna untuk...
a. Menyaring udara yang masuk
b. Mengikat oksigen
c. Membasahi pangkal tenggorok
d. Mengeluarkan kotoran

4. Ujung bronkiolus yang merupakan kantong berdinding tipis disebut...
a. Bronkus
b. Alveolus
c. Trakhea
d. Batang tenggorok

5. Pertukaran udara pernapasan pada manusia berlangsung pada...
a. Trakhea
b. Laring
c. Alveolus
d. Faring

6. Saat menarik napas, udara masuk rongga hidung dan selanjutnya menuju...
a. Kerongkongan – bronkus – bronkiolus – alveolus
b. Tenggorokan – cabang batang tenggorok – alveolus
c. Cabang batang tenggorok – kerongkongan – alveolus
d. Kerongkongan – cabang kerongkongan - alveolus

7. Pada saat terjadi pertukaran udara pernapasan terjadi pula...
a. Oksigen diikat Hb untuk diedarkan keseluruh sel tubuh
b. Karbon dioksida diikat Hb untuk diedarkan keseluruh tubuh
c. Oksigen dilepaskan oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh
d. Karbon dioksida diikat oleh Hb untuk dikeluarkan dari tubuh

8. Berikut ini yang tidak termasuk alat pernapasan adalah...
a. Paru – paru
b. Keronkongan
c. Lubang hidung
d. Tenggorokan

9. Contoh penyakit yang mengganggu alat pernapasan adalah...
a. Pusing
b. Diare
c. Asma
d. Mual

10. Bernapas melalui hidung lebih baik dari pada melalui mulut karena...
a. Lubang hidung mengarah kebawah
b. Mulut digunakan untuk makan
c. Kotoran udara disaring hidung
d. Udara dapat masuk lebih banyak melalui hidung

11. Ketika udara masuk, keadaan paru-paru adalah...
a. Tegang
b. Mengecil
c. Kendur
d. Tidak berubah

12. Alat pernapasan dapat terganggu, gangguan ini dapat disebabkan oleh...
a. Makanan tidak sehat
b. Karbon dioksida
c. Oksigen
d. Udara tercemar

13. Sapi bernapas menggunakan...
a. Paru-paru
b. Trakhea
c. Insang 
d. Kulit

14. Peredaran oksigen keseluruh tubuh yang tidak melalui pembuluh darah terjadi pada...
a. Katak
b. Cacing
c. Kura-kura
d. Belalang

15. Pundi-pundi udara merupakan alat pernapasan...
a. Lebah
b. Burung
c. Belalang
d. Ikan

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Prediksi Soal SKI Ujian Madrasah dan Kunci Jawabannya Tingkat MI Tahun Pelajaran 2019/2020.


Pada kesempatan kami berbagi Prediksi Soal SKI Ujian Madrasah  dan Kunci Jawabannya Tingkat MI Tahun Pelajaran 2019/2020.

Contoh soal ini dilengkapi jawaban dengan tujuannya memudahkan para peserta didik dalam menjawab soal Ujian Madrasah yang dilaksanakan pada bulan April ini. Oleh karena itu, rajin-rajinlah belajar, kurangi main-main. Peganglah buku jangan pegang hp.

Berikut Prediksi Soal SKI Ujian Madrasah  dan Kunci Jawabannya Tingkat MI Tahun Pelajaran 2019/2020:

Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang kalian anggap paling benar !


1. Sebelum datang agama Islam, masyarakat Arab menyembah patung berhala. Di antara nama berhala itu adalah … 

a. Hud-hud 
b. Uzza 
c. Ifrit 
d. Abraham. 
Jawaban : B

2. Pada tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW terjadi penyerangan tentara bergajah dari negeri Yaman yang ingin menghacurkan ka’bah. Peristiwa itu diabadikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat … 
a. Al-Fiil 
b. Al-Lahab 
c. Al-‘Alaq 
d. Al-Mudatstsir. 
Jawaban : A

3. Oleh masyarakat Arab, Nabi Muhammad SAW diberi gelar Al-Amin karena beliau memiliki sifat … 
a. cerdas 
b. pema’af 
c. jujur 
d. dapat dipercaya. 
Jawaban : D

4. Usia Nabi Muhammad SAW pada saat menikah dengan Siti Khadijah adalah … tahun. 
a. 25 
b. 30 
c. 35 
d. 40 
Jawaban : A

5. Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama saat beliau berada di … 
a. Rumah 
b. Gua Hira’ 
c. Gua Tsur 
d. Masjidil Haram. 
Jawaban : B

6. Nabi Muhammad SAW mulai berdakwah secara sembunyi-sembunyi setelah menerima wahyu yang kedua yaitu surat … 
a. Al- ‘Alaq 1-5 
b. Al-Mudatstsir 1-7 
c. Al-Hijr 94 
d. Al-Baqarah 1-5. 
Jawaban : B

7. Dalam sejarah Islam kita mengenal Assabiqunal Awwalun. Assabiqunal Awwalun artinya orang-orang yang … 
a. Hijrah dari Mekah ke Madinah 
b. Menolong kaum pendatang 
c. Pertama kali masuk Islam 
d. Menentang dakwah Islam. 
Jawaban : C

8. Pada tahap pertama dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW telah berhasil mengislamkan beberapa orang. Dari golongan wanita yang pertama kali masuk Islam bernama … 
a. Aisyah 
b. Maimunah 
c. Fatimah 
d. Khadijah. 
Jawaban : D

9. Nabi Muhammad SAW berdakwah secara sembunyi-sembunyi dilakukan di … 
a. Masjidil Haram 
b. Gua Hira’ 
c. Darul Arqam 
d. Darul Qamar. 
Jawaban : C

10. Setelah menerima wahyu yang ketiga yaitu surat al-Hijr 94 Nabi Muhammad SAW kemudian mulai berdakwah … 
a. secara sembunyi-sembunyi 
b. secara terang-terangan 
c. kepada raja-raja 
d. kepada penduduk Madinah. 
Jawaban : B

11. Nabi Muhammad SAW melakukan dakwah dan ditentang oleh paman beliau yang bernama … 
a. Abu Thalib 
b. Abbas 
c. Hamzah 
d. Abu Lahab. 
Jawaban : D

12. Umayyah bin Khalaf menyiksa budaknya yang masuk Islam bernama … 
a. Labuda 
b. Utsman bin Affan 
c. Bilal bin Rabah 
d. Amr bin Yasir. 
Jawaban : C

13. Salah satu bukti bahwa Nabi Muhammad SAW menyayangi binatang adalah ketika beliau melihat … kehausan, beliau segera memberinya minum. 
a. kucing 
b. unta 
c. kambing 
d. ayam. 
Jawaban : A

14. Nabi Muhammad SAW dan para rasul yang lain memiliki sifat shiddiq artinya … 
a. dapat dipercaya 
b. benar atau jujur 
c. cerdas 
d. menyampaikan. 
Jawaban : B

15. Allah SWT mengisra’kan Nabi Muhammad SAW untuk … tanda-tanda kebesaran-Nya. 
a. memperlihatkan 
b. memberikan 
c. memudahkan 
d. melaksanakan. 
Jawaban : A

16. Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari masjid Al-Haram Mekah ke masjid Al-Aqsha di Palestina disebut … 
a. Hijrah 
b. Isra’ 
c. Mi’raj 
d. Khalwat. 
Jawaban : B

17. Perintah salat lima waktu diterima Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT secara langsung ketika beliau … 
a. Isra’ Mi’raj 
b. Haji Wada’ 
c. Sembunyi di Gua Tsu 
d. Berkhalwat di Gua Hira’. 
Jawaban : A

18. Setelah ditinggal wafat oleh paman dan istrinya, Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif ditemani oleh … 
a. Abu Bakar As-Shiddiq 
b. Utsman bin Affan 
c. Ali bin Abu Tholib 
d. Zaid bin Haritsah. 
Jawaban : D

19. Sikap Nabi Muhammad SAW setelah diusir dan dilempar batu oleh pemuda Thaif adalah … 
a. mendoakan agar diberi siksa 
b. mendoakan agar diberi petunjuk 
c. meminta Jibril menimpakan gunung Uhud 
d. menyesali hijrah ke Thaif. 
Jawaban : B

20. Penduduk Madinah yang mengikuti Bai’at Aqabah berasal dari suku … 
a. Nadzir dan Qainuqa’ 
b. Muhajirin dan Anshar 
c. Aus dan Khazraj 
d. Yahudi dan Nasrani. 
Jawaban : C

21. Para tokoh kafir Quraisy Mekah mengadakan rapat di Darun Nadwah untuk menyusun rencana … 
a. mengusir Nabi Muhammad 
b. mengusir umat Islam 
c. membunuh Nabi Muhammad 
d. memboikot umat Islam. 
Jawaban : C

22. Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, beliau ditemani oleh ... 
a. Zaid bin Haritsah 
b. Umar bin Khattab 
c. Ali bin Abi Thalib 
d. Abu Bakar Ash-Shiddiq. 
Jawaban : D

23. Untuk menjalin kerukunan sesama umat Islam di Madinah, Nabi Muhammad SAW mempersaudarakan kaum Anshar dengan … 
a. Golongan Nasrani 
b. Bangsa Yahudi 
c. Suku Aus dan Khazraj 
d. Kaum Muhajirin. 
Jawaban : D

24. Perang pertama antara kaum muslimin Madinah dengan kafir Quraisy Mekah adalah perang Badar, yang terjadi pada tanggal ... 
a. 17 Ramadhan 2H 
b. 17 Ramadhan 3H 
c. 18 Ramadhan 2H 
d. 18 Ramadhan 3H. 
Jawaban : A

25. Dalam perang Badar panglima perang kafir Quraisy yang terbunuh bernama … 
a. Abu Lahab 
b. Muawiyah 
c. Abu Jahal 
d. Abu Sofyan. 
Jawaban : C

26. Salah satu sebab kaum muslimin mengalami kekalahan dalam perang Uhud adalah… 
a. Jumlah umat Islam terlalu sedikit 
b. Jumlah kaum kafir terlalu banyak 
c. Kaum muslimin kurang persiapan 
d. Kaum muslimin tidak mematuhi Nabi Muhammad SAW. 
Jawaban : D

27. Karena pasukan kafir Quraisy terdiri atas berbagai golongan, perang itu disebut perang Ahzab. Perang Ahzab adalah nama lain dari perang … 
a. Badar 
b. Uhud 
c. Khandaq 
d. Mu’tah. 
Jawaban : C

28. Ketika Nabi Muhammad SAW berada di dalam masjidil Haram dalam peristiwa Fathu Makkah, beliau memerintah agar umat Islam … 
a. menghancurkan Ka’bah 
b. menghancurkan berhala 
c. membunuh tawanan kafir Quraisy 
d. membangun Ka’bah. 
Jawaban : B

29. Pada tahun 10H Nabi Muhammad bersama 100.000 kaum muslimin melaksanakan haji Wada’. Haji Wada’ artinya haji … 
a. yang utama 
b. yang diterima 
c. perpisahan 
d. percontohan. 
Jawaban : C

30. Setelah berdakwah menyebarkan Islam selama 23 tahun, akhirnya Nabi Muhammad SAW wafat pada hari Senin tanggal … tahun 11 H. 
a. 11 Robiul Awal 
b. 12 Robiul Awal 
c. 11 Jumadil Ula 
d. 12 Jumadil Ula 
Jawaban : B

31. Setelah Rasulullah SAW meninggal, kepemimpinan umat Islam berada di tangan Khulafaur Rasyidin. Khulafaur Rasyidin artinya … yang mendapat petunjuk. 
a. sahabat 
b. pemimpin 
c. gubenur 
d. panglima. 
Jawaban : B

32. Sahabat Nabi Muhammad SAW yang menjadi Khulafaur Rasyidin adalah di bawah ini kecuali … 
a. Abu Bakar As-Shiddiq 
b. Umar bin Khattab 
c. Utsman bin Affan 
d. Hasan bin Ali. 
Jawaban : D

33. Sepeninggal Nabi Muhammad SAW, kaum muslimin sepakat memilih Abu Bakar As-Shiddiq sebagai khalifah pertama karena … 
a. Ditunjuk oleh Nabi Muhammad SAW 
b. Keturunan Nabi Muhammad SAW 
c. Paling tua dan paling dihormati 
d. Menjadi pengganti Rasulullah dalam imam salat. 
Jawaban : A dan D (Ditunjuk secara tidak langsung, dengan perkataan menjadi PENGGANTI IMAM SHALAT)

34. Pada masa pemerintahan Abu Bakar, muncul beberapa orang yang mengaku sebagai nabi palsu di antaranya adalah … 
a. Surahbil bin hasanah 
b. Muhajir bin Abi Umayyah 
c. Musailamah al-Kadzab 
d. Ikrimah bin Amru bin Ash. 
Jawaban : C

35. Abu Bakar diberi gelar As-Shiddiq oleh Nabi Muhammad SAW setelah mempercayai cerita nabi tentang …. 
a. wahyu pertama 
b. Isra’ mi’raj 
c. peletakan hajar Aswad 
d. surga dan neraka.. 
Jawaban : B

36. Ketika Abu Bakar menjadi khalifah, atas saran Umar bin Khattab, membentuk panitia penulisan Al-Qur’an yang diketuai oleh … 
a. Umar bin Khattab 
b. Ali bin abu Thalib 
c. Zaid bin Tsabit 
d. Zaid bin Haritsah. 
Jawaban : C

37. Umar bin Khattab menjadi Khalifah selama 10 tahun, yaitu dari tahun … 
a. 11 – 21 H. 
b. 13 – 23 H. 
c. 23 – 33 H. 
d. 25 – 35 H. 
Jawaban : B

38. Ketika Umar bin Khattab menjadi Khalifah, beliau membentuk dewan perbenda haraan Negara yang bertugas … 
a. Mengatur pemasukan dan pengeluaran uang negara 
b. Pemberian gaji anggota militer 
c. Mengawasi pasar 
d. Mengawasi ukuran dan timbangan. 
Jawaban : A

39. Tahun baru Islam yang kita pakai sampai sekarang merupakan jasa dari khalifah … 
a. Abu Bakar As-Shiddiq 
b. Umar bin Khattab 
c. Utsman bin Affan 
d. Ali bin Abu Thalib. 
Jawaban : B

40. Umar bin Khattab wafat karena ditikam oleh seorang budak dari negeri Persia yang bernama … 
a. Hurmuzan 
b. Ibnu Muljam 
c. Abu Lu’lu’ah 
d. Jufainah. 
Jawaban : C

41. Karena Utsman bin Affan lebih tua dari Ali bin Abu Thalib, maka Utsmanlah yang ditetapkan sebagai khalifah oleh … 
a. Zubair bin Awwam 
b. Thlhah bin Ubaidillah 
c. Sa’ad bin Abi Waqqash 
d. Abd Al –Rahman bin Auf 
Jawaban : D

42. Utsman bin Affan mendapat gelar Dzun Nurain karena menikah dengan dua putri Nabi yaitu … 
a. Ruqoyyah dan Fatimah 
b. Fatimah dan Ummu Kulsum 
c. Ruqoyyah dan Ummu Kulsum 
d. Maisaroh dan Maimunah
Jawaban : C

43. Ali bin Abu Thalib menjadi khalifah selama lima tahun yaitu dari tahun … 
a. 25 – 30 H
b. 30 – 35 H
c. 35 – 40 H 
d. 40 – 45 H
Jawaban : C

44. Perang Jamal terjadi karena Siti Aisyah menuntut khalifah Ali bin Abu Thalib menuntaskan kasus … 
a. Pembunuhan Khalifah Umar bin Khattab 
b. Pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan 
c. Pengembalian tanah kepada Negara 
d. Penggantian gubenur yang diangkat khalifah Utsman
Jawaban : B

45. Sunan Kalijaga adalah putra dari Adipati Tuban. Pada waktu kecil beliau bernama… 
a. Raden Paku 
b. Raden Said 
c. Maulana Ishak 
d. Maulana Malik Ibrahim 
Jawaban : B

46. Maulana Makdum Ibrahim setelah menjadi wali diberi gelar … 
a. Sunan Drajat 
b. Sunan Bonang 
c. Sunan Muria 
d. Sunan Kalijaga
Jawaban : B

47. Di antara Wali Sembilan yang pusat dakwah dan makamnya berada di daerah Cirebon Jawa Barat bernama … 
a. Sunan Muria 
b. Sunan Bonang 
c. Sunan Gunung Jati 
d. Sunan Drajat 
Jawaban : C

48. Gersik Jawa Timur selain merupakan pusat dakwah Sunan Giri juga menjadi pusat dakwah … 
a. Maulana Malik Ibrahim 
b. Maulana Makdum Ibrahim 
c. Sunan Gunung Jati 
d. Raden Ja’far Shadiq
Jawaban : A

49. Tembang Dandang Gulo dan Ilir-ilir merupakan hasil karya seni … 
a. Sunan Kalijaga 
b. Sunan Drajat 
c. Sunan Gunung Jati 
d. Sunan Kudus
Jawaban : A

50. Tembang Mas Kumambang, Asmarandana, pucung dan Mijil merupakan hasil karya seni … 
a. Sunan Gunung Jati 
b. Sunan Bonang 
c. Sunan Kalijaga 
d. Sunan Kudus
Jawaban : D


Download juga:
    Demikian, semoga bermanfaat.
    Share:

    Hari/Tanggal

    ALIH BAHASA

    Daftar Isi