Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Unduh Aplikasi Terbaru RKAS Tahun 2021.

Berdasarkan Petunjuk Teknis BOS Tahun 2020 sesuai permendikbud nomor 8 tahun 2020 bahwasannya penginputan Di Aplikasi Rencana Kegiatan Sekolah (ARKAS) merupakan tanggung jawab dari setiap sekolah atu pun madrasah.

Sebuah sistem yang telah disediakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan untuk melakukan input oleh operator BOS sekolah masing – masing telah mengalami beberapa kali update. Dan kali ini Pak Zacky akan berbagi versi terbaru Aplikasi ARKAS terebut.

Dalam melakukan proses penginputannya pada periode kali ini Dirjen Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah telah merilis versi terbaru yaitu versi 2.05 tahun  2020.

Dalam pembaharuan yang terbaru dalam aplikasi ini di dalamnya terdapat beberapa perubahan dan tetap masih sesuai dengan mekanisme BOS reguler tahun 2020, diantaranya sebagai berikut :

  1. Tampilan yang lebih fresh
  2. Beberapa perubahan aktivasi BKU dari triwulan ke tahapan
  3. Laporan triwulan (K7a) menjadi per semester
  4. Kode referensi sesuai juknis BOS terbaru
  5. Referensi Kode menggunakan aturan juknis BOS terbaru
  6. Copy paste anggaran tahun sebelumnya bagi SLTA dihapus karena berbeda kode referensi
  7. Hadirnya Pilihan guru belum sertifikasi dan guru yang ber-NUPTK
  8. Pilihan staf administrasi pada saat memilih metode pembayaran
  9. Pilihan staf Perpustakaan pada saat memilih metode pembayaran
  10. Pilihan staf Penjaga Sekolah  pada saat memilih metode pembayaran
  11. Pilihan pegai lainya yang telah diatur pada saat memilih metode pembayaran
  12. Update data siswa sesuai Kepmendikbud
  13. Tambahan anggaran SiIPA BOS kinerja / Afirmasi
  14. Perbaikan dalam pengelolaan perubahan sandi

Download...Aplikasi RKAS Versi 2.05

Berikut ini beberapa langkah untuk meng-instal aplikasi ARKAS Terbaru 2020

  1. Install Aplikasi tersebut Versi 2.0 sampai dengan selesai
  2. Kode Reservasi atau kode instalasi bisa didapatkan langsung di operator bos Dinas
  3. Setelah itu Update versi 4.0.
Kami juga berbagi gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Semester Genap Tingkat SMP/MTs TP. 2020/2021:

A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Share:

Download Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Semester Genap Tingkat SMP/MTs TP. 2020/2021.


Selamat datang di situs Kampung KB Tumbuh Jaya, pada kesempatan ini kami berbagi artikel tentang Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Semester Genap Tingkat SMP/MTs TP. 2020/2021.

Dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, kembali kami berbagi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Kelas 7, 8 dan 9 Tingkat SMP/MTs TP. 2020/2021 sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan baik itu mata pelajaran agama dan umum.

Tujuannya yaitu supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.


Berikut gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Semester Genap Tingkat SMP/MTs TP. 2020/2021:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. SKL, KI dan KD
  4. Silabus
  5. RPP
  6. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kode Etik Guru
  4. Ikrar Guru
  5. Tata Tertib Guru
  6. Pembiasaan Guru
  7. Kalender Pendidikan
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Program Tahunan
  10. Program Semester
  11. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Hadir Siswa
  4. Daftar Nilai Siswa
  5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  6. Analisis Hasil Penilaian
  7. Program Remidial dan Pengayaan
  8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  9. Jadwal Mengajar Guru
  10. Daya Serap Siswa
  11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  12. Kumpulan Soal
  13. Analisis Butir Soal
  14. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru


Berikut ini kami berbagi juga beberapa kisi-kisi ujian semester ganjil (K-13) pada mata pelajaran agama dan Bahasa Arab pada tingkat satuan pendidikan MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021:

1. Qur'an Hadist
  • Kelas VII
  • Kelas VIII 
  • Kelas IX
Klik ⇒ Download

    2. Aqidah Akhlak
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download

    3. SKI
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download



    4. Fiqih
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download

    5. Bahasa Arab
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download
    Share:

    Terbaru! Inilah Pengumuman Rencana Seleksi Guru P3K Tahun 2021.

    Selamat datang di situs Kampung KB Tumbuh Jaya, pada kesempatan ini kami berbagi artikel tentang Pengumuman Rencana Seleksi Guru P3K Tahun 2021.


    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim mengumumkan secara resmi rencana seleksi guru PPPK tahun 2021, Senin (23/11/2020) lalu.

    Nadiem menyatakan, guru honorer bisa menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN) lewat skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

    Kemendikbud akan memberikan kesempatan bagi 1 juta guru honorer menjadi ASN lewat skema PPPK dan proses seleksi akan dilakukan mulai tahun 2021.

    Rekrutmen terbuka untuk semua guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan serta Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG yang) saat ini tidak mengajar.Kami berbagi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 semua pelajaran agama dan umum Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021.

    Lihat: 

    "Semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar dan mengikuti seleksi dan semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPK hingga batas satu juta guru," terang Nadiem, dalam konferensi daring Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021, Senin (23/11/2020).

    Rencana seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 resmi diumumkan oleh pemerintah, simak Informasi terbaru pendaftaran PPPK/P3K.

    Seleksi ini terbuka untuk guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2) yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

    Salah satu hal perlu diketahui seputar pendaftaran PPPK/P3K, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar juga bisa mendaftar PPPK guru 2021.

    Untuk lebih jelasnya, silahkan download pada link dibawah ini !

    Pengumuman Rencana Seleksi PPPK Tahun 2021

    Berikut gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021:
    A. BUKU KERJA GURU 1
    1. Cover
    2. Halaman Pengesahan
    3. SKL, KI dan KD
    4. Silabus
    5. RPP
    6. KKM
    B. BUKU KERJA GURU 2
    1. Cover
    2. Halaman Pengesahan
    3. Kode Etik Guru
    4. Ikrar Guru
    5. Tata Tertib Guru
    6. Pembiasaan Guru
    7. Kalender Pendidikan
    8. Analisis Alokasi Waktu
    9. Program Tahunan
    10. Program Semester
    11. Jurnal Agenda Guru
    C. BUKU KERJA GURU 3
    1. Cover
    2. Halaman Pengesahan
    3. Daftar Hadir Siswa
    4. Daftar Nilai Siswa
    5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
    6. Analisis Hasil Penilaian
    7. Program Remidial dan Pengayaan
    8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
    9. Jadwal Mengajar Guru
    10. Daya Serap Siswa
    11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
    12. Kumpulan Soal
    13. Analisis Butir Soal
    14. Perbaikan Soal
    D. BUKU KERJA GURU 4
    1. Cover
    2. Halaman Pengesahan
    3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
    4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
    Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.
      Share:

      Bantuan Subsidi Upah bagi Guru Bukan PNS Tahun 2020 Akan Cairkan 1,8 Juta.

      Selamat datang di situs Kampung KB Tumbuh Jaya, pada kesempatan ini kami berbagi artikel tentang Bantuan Subsidi Upah bagi Guru Bukan PNS Tahun 2020 Akan Cairkan 1,8 Juta.

      Kementerian Agama akan menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi Guru Bukan PNS pada Satuan Pendidikan Islam. Hal itu ditandai dengan terbitnya Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No 6402 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Subsidi Upah bagi Guru Bukan PNS pada Satuan Pendidikan Islam Tahun 2020.

      Bersamaan itu, terbit juga Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No 6574 tahun 2020 tentang Penetapan Penerima BSU Langsung bagi Guru Bukan PNS pada Satuan Pendidikan Islam Tahun 2020.

      Bantuan Subsidi Upah GTK Pendidikan Islam Disalurkan Sekali Pembayaran Rp. 1,8 Juta.

      “Hasil verifikasi akhir, total ada 542.901 Guru bukan PNS pada RA/Madrasah yang akan menerima BSU. Juga ada 93.480 guru Pendidikan Agama Islam bukan PNS di Sekolah Umum. Jadi totalnya ada 636.381 guru bukan PNS pada satuan Pendidikan Islam yang akan menerima BSU,”.


      Lihat: 


      “Bantuan disalurkan kepada guru yang berhak menerima secara langsung melalui rekening yang bersangkutan. Penyaluran bantuan dibayarkan satu kali untuk 3 bulan, Oktober, November, dan Desember 2020 dengan besaran Rp600ribu perorang per bulan sehingga totalnya Rp1,8juta. Tanpa potongan,”.

      Meski jumlahnya tidak besar, Dhani berharap BSU ini dapat meningkatkan motivasi, kinerja, dan kesejahteraan guru bukan PNS pada satuan pendidikan Islam pada masa pandemi Covid-19. Hal ini penting, karena guru merupakan sumber daya utama dalam kelangsungan proses penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan.

      “Kita semua merasakan, pandemi Covid-19 telah berdampak sosial dan ekonomi yang sangat signifikan, tidak terkecuali menurunnya pendapatan guru. Padahal, tuntutan mutu dan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam harus tetap dijaga. Semoga BSU ini bisa sedikit membantu mereka,”.

      Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) M Zain menambahkan, penerima BSU adalah guru yang tercatat di Emis, Simpatika, atau SIAGA. Mereka adalah para guru yang telah diverifikasi memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan, yaitu:

      1. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),
      2. Berpenghasilan kurang dari 5 juta rupiah,
      3. Bukan penerima program pra kerja,
      4. Bukan penerima BSU lainnya, dan
      5. Tercatat pada Emis, Simpatika, atau SIAGA yang telah direview oleh Itjen Kemenag dan dipadankan dengan data penerima program Pra Kerja dan BSU lainnya melalui BPJS.


      “Semoga BSU ini bisa meningkatkan kesejahteraan guru bukan PNS di tengah pandemic. Juga bisa memotivasi mereka dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam proses pembelajaran dan atau bimbingan kepada peserta didik,”.

      Catatan: Bagi rekan guru sebagai penerima BSU sesuai dengan kriteria diatas, silahkan mengecek namanya di PTK masing-masing.

      Share:

      Download Perangkat Al Quran Hadist K-13 Kelas IX Tingkat MTs/SMP.

       

      Dalam menghadapi semester genap tahun pelajaran 2020-2021 ini, kami berbagi Perangkat Al Quran Hadist K-13 Kelas IX Tingkat MTs/SMP sebagai perangkat pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai buku kerja guru.

      Seorang guru atau pendidik tentunya harus mempunyai perangkat pembelajaran, minimal rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum mulai mengajar. 

      Tujuannya supaya proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana harapan dari kurikulum 2013 (K-13) di Madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

      Berikut gambaran 
      Perangkat Al Quran Hadist K-13 Kelas IX Tingkat MTs/SMP tahun pelajaran 2020-2021:
      1. Program Tahunan
      2. Program Semester
      3. KI-KD
      4. KKM
      5. RPP
      6. Silabus 
      7. Format penilaian, dan lainnya
      Klik...Download

      Catatan: Apabila anda menemukan file yang memakai password maka silahkan hubungi nomer 081997666360 atau bisa meninggalkan pesan atau komentar dibawah.

      Kami berbagi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 semua pelajaran agama dan umum Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021.

      Berikut gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021:
      A. BUKU KERJA GURU 1
      1. Cover
      2. Halaman Pengesahan
      3. SKL, KI dan KD
      4. Silabus
      5. RPP
      6. KKM
      B. BUKU KERJA GURU 2
      1. Cover
      2. Halaman Pengesahan
      3. Kode Etik Guru
      4. Ikrar Guru
      5. Tata Tertib Guru
      6. Pembiasaan Guru
      7. Kalender Pendidikan
      8. Analisis Alokasi Waktu
      9. Program Tahunan
      10. Program Semester
      11. Jurnal Agenda Guru
      C. BUKU KERJA GURU 3
      1. Cover
      2. Halaman Pengesahan
      3. Daftar Hadir Siswa
      4. Daftar Nilai Siswa
      5. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
      6. Analisis Hasil Penilaian
      7. Program Remidial dan Pengayaan
      8. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
      9. Jadwal Mengajar Guru
      10. Daya Serap Siswa
      11. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
      12. Kumpulan Soal
      13. Analisis Butir Soal
      14. Perbaikan Soal
      D. BUKU KERJA GURU 4
      1. Cover
      2. Halaman Pengesahan
      3. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
      4. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
      Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.
      Share:

      Prediksi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 9 Tingkat MTs/SMP.

        

      Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Prediksi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 9 Tingkat MTs/SMP. 

      Soal ini sebagai persiapan untuk menghadapi penilaian akhir semester (PAS) pada tahun pelajaran 2020/2021 ini.

      Berikut Prediksi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 9 Tingkat MTs/SMP:

      A. Choose the correct answer a,b,c or d !

      The dialogue for number 1 – 4

      Beni : “I think we should start our wall magazine now.”

      Dayu : “I don’t think we can start now. We should plan it carefully. We should go to people who know how to make a wall magazine.”

      Siti : “I agree with Dayu. We should think before we leap.”

      1. From the dialogue we know that Dayu … to start the wall magazine

      A. Disagree   

      B. Agree   

      C. Sugest  

      D. Apology


      2. What kind of expression the underlined word?

      A. Disagreement   

      B. Agreement   

      C. Asking opinion  

      D. Giving opinion




      3. Fadel is going to participate in the story telling competition.

      Dara shows her hope that Fadel will get a prize.

      The conversation:

      Fadel   :  “Dara, wish me luck. I will take part in the story telling competition.”

      Dara    :  “____________________. I hope you will win the competition.”

      A. Thank you very much   

      B. I hope so   

      C. I’m sorry  

      D. Sure, Good luck


      4. “Dara, wish me luck. I will take part in the story telling competition.”

      What does the underlined word mean?

      A. contest  

      B. debate  

      C. show  

      D. festival


      The dialogue for number 5 – 6

      Rendy: What should we give to Jane on her birthday? Should we give her a new computer?

      Rose : I don’t think so. She already had one, right?

      Rendy: Umm… What do you think if we buy her a skateboard?

      Rose : I agree with you. I think she will be happy to get it. 

      Rendy: What should we give to Jane on her birthday? Should we give her a new computer?

      5. The underlined sentence is expression of …

      A. Asking for opinion  

      B. Asking for suggestion  

      C. Accepting for opinion  

      D. Refusing for suggestion


      6. The bold sentence can be replaced with …

      A. I dislike with you  

      B. I like your idea  

      C. I disagree with you  

      D.  I don’t agree with you

      7. Siti: “I t hink we need a lot of money to make a wall magazine.”

      Edo :“ …. We can use used paper.

      A. I think so  

      B. I agree  

      C. I disagree  

      D. I don’t think so


      8. Arrange the following sentences into a good paragraph!

      1. She was being a student since 2017

      2. Any is a smart student  

      3. And she was being married with success in her job.

      4. She was teaching in university in Malang


      A.  2,3,4,2  

      B. 2,1,4,3  

      C.2,4,1,3  

      D. 2,3,1,4


      9. Arrange the following words into a good sentences!

      Was - raining  it - hard - I - while - reading - book - am

         1    2        3     4       5      6         7   8     9

      A. 3-1-2-4-6-5-9-7-8  

      B. 3-4-7-6-1-5-2-8-9  

      C.2-4-6-7-1-5-3-8-9  

      D. 2-6-5-7-4-1-3-9-8


      10. Andi :Next week, I will join the singing contest.

      Nadia :…

      A. Good luck. I hope you can win the contest  

      C.  wish me luck in the test

      B. Why do you say so?  

      D. You’re welcome


      11. Billar :”Who won the football match yesterday?”

      Lesti   :”Our team did. The final score were 2-1.”

      Billar :”Well done. _________________________.”

      Lesti :”Thank you.”

      A. I’m glad to hear that  

      B. That’s too bad  

      C. I’m sorry  

      D. You’re welcome


      12. “Loosen the clothing around your neck”

      What is the synonym of the underlined word?

      A. Bring  

      B. Give  

      C.  Open  

      D. Take


      13. “Rinse the rice thoroughly using other container”

      What is the synonym of the underlined word?

      A. Wash  

      B. Measure  

      C.  Cook  

      D. Pour


      14. Mom : Andy, switch off your TV because you have final exam tomorrow. You…study hard to get a good mark.

      Andy : Yes mom. Thank you

      A. Should     

      B. Must not   

      C. Has to   

      D. Must


      15. “Soak the rice in water at least for 30 minutes”

      What does the antonym of the underlined word?

      A. Cook  

      B. Drain  

      C.  Pour  

      D. Wet Wash



      Lihat: 

      B. Soal Uraian/Esai

      HOW TO MAKE ORANGE JUICE
      Ingredients: 
      • 2 ripe oranges 
      • 1 cup water 
      • 2 tablespoons sugar 
      • A few ice cubes

      Steps:
      1. Wash the oranges to remove any dirt. Then peel the ripe oranges
      2. Cut the peeled oranges into small pieces. 
      3. Put them in a blender together with crushed ice, water, and sugar. 
      4. Blend until smooth. 
      5. Run the blended mixture through a sieve. 
      6. Throw away the leftover pulp and orange fibers. 
      7. Serve the juice in glasses with a piece of orange attached to the side for garnish. 

      1. What kind of the text is it? (Apa jenis teks itu?)

      2. How many step do we need to make orange juice based on the text? (Berapa langkah yang kita perlukan untuk membuat jus jeruk berdasarkan teks tersebut?)

      3. What are the ingredients do we need to make orange juice? (Bahan apa yang kita butuhkan untuk membuat jus jeruk?)

      4. What is the last step in making orange juice? (Apa langkah terakhir dalam membuat jus jeruk?)

      5. What do you know about procedural text and mention the generic structure of it? (Apa yang Anda ketahui tentang teks prosedural dan menyebutkan struktur generiknya?)

      Share:

      Prediksi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 8 Tingkat MTs/SMP.

       

      Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Prediksi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 8 Tingkat MTs/SMP. 

      Soal ini sebagai persiapan untuk menghadapi penilaian akhir semester (PAS) pada tahun pelajaran 2020/2021 ini.

      Berikut Prediksi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 8 Tingkat MTs/SMP:

      A. Choose the correct answer a,b,c or d !

      Read the dialog for number 1 – 2

      Erni :  Hey Yuli.

      Yuli :  Hey Erni.

      Erni :  What are you doing?

      Yuli :  I’m painting the view.

      Erni :  Who assign you to do it?

      Yuli :  Our art teacher. What do you think about my painting?

      Erni :  Well done!

      Yuli :  Thank you.


      1. “Well done!” What expression is it? 

      A. Asking opinion  

      B. Giving opinion

      C. Praising one’s good achievement.  

      D. Showing attention


      2. “Well done!” The opposite meaning of the word “well” is ….

      A. bad  

      B. good

      C. great  

      D. excelent


      3. Which one is NOT the expression of praising someone good achievement?

      A. Really?  

      B.  Good Work!

      C. Great!  

      D. Good Job!


      Read text for number 4 – 5 

      Bahroan:  Marwan! Look at me!

      Marwan:  What is that?

      Bahroan:  I found two pens under the table.

      Marwan:  Whose pens are these?

      Bahroan:  I don’t know.

      Marwan:  All right, let’s give our counselor teacher.

      Bahroan:  Okey.


      4. What is the italic sentence about? 

      A. Asking for opinion  

      B. Giving compliment

      C. Asking for attention  

      D. Checking understanding


      5. “Marwan! Look at me”. The bold typed word can be best replaced by ….

      A. Ask  

      B. See

      C. Give  

      D. Show


      6. The following are the expressions of asking for attention, EXCEPT ....

      A. Shut the door, please.  

      B.  Look here!

      C. Please pay attention.  

      D. Attention, please.


      Lihat juga:


      Text for number 7 – 8

      Good morning class, let me tell you about my routinous activities. I usually ... (7) in the morning at 05.30 a.m. Then, I always tidy up my bed. After that, I go to the bathroom to take holy water. After take holy water I have dawn prayer. Next, I brush my teeth and take a bath. When I have finished taking a bath I have breakfast with my family and I directly get dress. Furthermore, I ... (8)  by bicycle.

      A. go to the capeteria  

      B.  go to school

      C. help my mother  

      D. get up early


      A. return home  

      B.  depart to school

      C. enter the room  

      D. leave school


      Read the dialog for number 9 – 10

      Mother :  Can you help me, Rahman?

      Rahman    :  Sure. What should I do, Mom?

      Mother :  Please help me cut the tomato, onion, and garlic into small pieces.

      Rahman    :  I don’t know how to cut them, Mom.

      Mother :  Cut the tomato into cube shaped and just slice the onion and garlic.  Do you get the point?

      Rahman    :  I get, Mom.


      9. The underlined sentence shows the expression of ....

      A. showing understanding  

      B.  giving compliment

      C. asking for opinion  

      D. checking understanding


      10. I don’t know how to cut them, Mom. The word ‘them’ refers to ….

      A. tomato and garlic  

      B.  tomato, onion, and garlic

      C. onion and garlic  

      D. shapes


      11. What is the relationship between sender and recipient?

      A. Father and daughter  

      B.  Uncle and niece

      C. Father and son  

      D. Uncle and nephew


      12. …….. six of people in my family

      Complete the sentence using correct word !

      A.  There is  

      B.  A lot of

      C.  There are  

      D.  Some


      13. I don’t like this coffee. It is too sweet. ……. A lot of sugar in it.

      Complete the sentence using correct word !

      A. There is  

      C.  Any

      B.  There are  

      D.  Some


      14. Makes – glass – a – of – My – mother – tea – every morning

              1          2       3     4      5          6        7             8

      Arrange these word to be correct sentence!

      A. 5-6-1-4-7-3-2-8  

      C.  5-6-1-3-2-4-7-8

      B.  5-6-1-7-4-3-2-8  

      D.  8-5-6-1-7-4-3-2


      Questions for no 15-17

      Mr. Maswan says in the class :

      You should listen to more English songs.

      You should sing more English songs.

      More importantly, you should understand the lyrics.

      You should read more stories from around Indonesia and the world in English.

       I’m sure you can if you try harder.


      15. “ You should listen to more English songs.” The underlined words express ……………

      A.  Capability  

      B.  Opinion

      C.  Suggestion  

      D.  Willingness


      16. What is the topic of the monolog?

      A.  The best way to learn English songs  

      B.  The  ways to develop  listening skills

      C.  The  ways to understand English sentences  

      D.  The ways to improve English skills


      17. The word “you” in the text refers to ……

      A.  Students  

      B.  Teachers

      C.  English people  

      D.  Parents


      Lihat: 

      B. Soal Uraian/Esai

      The text for question number  1 – 3

      Chintya is helping to cut some onions, chilies, carrots, potatoes and other vegetables. She is also writing her grandmother’s recipe. She plans to make chicken soup at home next Monday. She is making the chicken soup for her mother. Next Monday is her mother’s birthday.

      (Chintya membantu memotong beberapa bawang bombay, cabai, wortel, kentang dan sayuran lainnya. Dia juga sedang menulis resep neneknya. Dia berencana membuat sup ayam di rumah Senin depan. Dia membuat sup ayam untuk ibunya. Senin depan adalah hari ulang tahun ibunya).

      1. What is Chintya doing ? (Apa yang Chintya lakukan?)
      2. What is she doing for her grandmother ? (Apa yang dia lakukan untuk neneknya?)
      3. Whose birthday is it ? (Ulang tahun siapa ini?)

      Arrange these words into good sentence! (Susun kata-kata ini menjadi kalimat yang bagus!)

      4. doing - are - you - what - Nina - now - right - ? (Apa yang kamu lakukan sekarang, Nina?)

      5. is - English - My - studying - brother - Science - now - and (Kakak saya sedang belajar bahasa Inggris dan sains sekarang).
      Share:

      Hari/Tanggal

      ALIH BAHASA

      Daftar Isi