Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Pengertian RPP Abad 21 dan Langkah-langkah Penyusunannya.

Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Pengertian RPP Abad 21 dan Langkah-langkah Penyusunannya sebagai persiapan pembelajaran pada semester yang akan datang.

Sebagaimana Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2018 tentang Penysusunan RPP Pada Madrasah, RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada: 

1. Silabus, 

2. Kompetensi Dasar, 

3. Buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. 

4. Ciri khas pembelajaran abad 21, yang meliputi: 

  • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK meliputi penguatan karakter moderasi beragama atau keseimbangan dalam beragama atau Islam Wasathiyah, religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas)
  • Literasi (literasi dasar atau keluasan wawasan bacaan dan budaya, literasi media atau keluasan wawasan dalam penggunaan media, literasi perpustakaan, literasi teknologi dan literasi visual) 


  • Merangsang tumbuhnya 4C (Critical thinking atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa berfikir kritis, Collaborative atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, Creativity atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa berfikir kreatif inovatif atau munculnya ide-ide baru orisinil, dan Communicative atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa untuk mengomunikan pikiran dan ide-ide yang dimilikinya) 
  • High Order Thinking Skill (HOTS) atau keterampilan mengaitkan komonen-komponen berfikir tingkat tinggi atau mengaitkan antara pengetahuan dengan kompleksitas realitas kehidupan sekitarnya. 

5. RPP mencakup: 

  • Identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester;
  • Alokasi waktu; 
  • KI, KD, indikator pencapaian kompetensi;
  • Materi pembelajaran;
  • Kegiatan pembelajaran;
  • Penilaian; dan
  • Media/alat, bahan, dan sumber belajar.


Langkah Penyusunan RPP 

Dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, langkah-langkah yang harus dilakukan seorang pendidik Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2018 tentang Penysusunan RPP Pada Madrasah adalah sebagi berikut:
  1. Menganalisis silabus meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar; 
  2. Merumuskan tujuan pembelajaran; 
  3. Merumuskan indikator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4; 
  4. Menentukan materi/tema, sub materi/sub tema pembelajaran; 
  5. Menentukan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi/tema pembelajaran dan karakteristik peserta didik, serta Iingkungan belajar; 
  6. Menjabarkan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan integrasi pembelajaran kompetensi abad 21; 
  7. Menentukan media, alat, bahan dan sumber belajar; dan 
  8. Menentukan jenis penilaian dan teknik penilaian yang dilengkapi dengan rubrik.
Lihat: 
Demikian Pengertian RPP Abad 21 dan Langkah-langkah Penyusunannya, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Share:

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19.

Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19.

Tujuannya sebagai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 pada tahun yang akan datang.


Untuk kita ketahui bersama bahwa walaupun pembelajaran tatap muka (PTM) di zona hijau dan kuning sudah diperbolehkan, masih banyak satuan pendidikan yang tetap belajar dari rumah (BDR). 

Hal ini sesuai dengan total persentase pembelajaran tatap muka (PTM) dan belajar dari rumah (BDR) di Masa Pandemi Covid 19 dibawah ini.


Semakin lama pembelajaran tatap muka tidak terjadi, maka semakin besar dampak negatif yang terjadi terhadap peserta didik.


Adapun isi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19, antara lain:
  1. Penentuan Kebijakan Pembelajaran 
  2. Prinsip kebijakan Pendidikan
  3. Dan lain-lain
Untuk lebih lengkapnya, silahkan didownload pada link dibawah ini.
Demikian Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid 19. Semoga bermanfaat.
Share:

Contoh Surat Undangan Isra' Mi'Raj Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H.

Selamat datang di blog Kampung KB "Tumbuh Jaya", pada kesempatan ini kami berbagi contoh surat undangan yang sering digunakan dalam perayaan hari besar Islam seperti perayaan Isra' Mi'Raj Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H.

Surat undangan ini adalah salah satu arsip kami bidang Keagamaan disaat menjadi panitia pada perayaan hari besar Islam yaitu Isra' Mi'Raj Nabi besar Muhammad SAW 1440 H di Masjid Jami' Al Hidayah Dasan Tumbuh Desa Tumbuh Mulia kecamatan Suralaga Lombok Timur.


Bentuk Format surat ini hampir sama dengan format surat sebelumnya, tinggal mengedit hari, tanggal dan tahunnya saja.

Contoh surat undangan ini terdiri dari dua jenis yaitu surat undangan untuk Tuan Guru dan surat untuk tamu undangan umum. Penasaran? berikut contohnya.


Untuk lebih jelasnya Jenis surat undangan, silahkan didownload pada link dibawah ini!
Surat undangan untuk Tuan Guru dan  masyarakat....Download
Demikian Contoh Surat Undangan Isra' Mi'Raj Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H, semoga bermanfaat.
Share:

Kisi-kisi Agama Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


Dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) ini, kami berbagi Kisi-kisi Agama Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.

Tujuannya yaitu sebagai refrensi tolak ukur atas materi yang sudah kita ajarkan kepada peserta didik.

Berikut ini kami berbagi beberapa kisi-kisi ujian semester ganjil (K-13) pada mata pelajaran agama dan Bahasa Arab pada tingkat satuan pendidikan MTs/SMP Tahun Pelajaran 
2020/2021:

1. Qur'an Hadist
  • Kelas VII
  • Kelas VIII 
  • Kelas IX
Klik ⇒ Download

    2. Aqidah Akhlak
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download

    3. SKI
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download



    4. Fiqih
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download

    5. Bahasa Arab
    • Kelas VII
    • Kelas VIII 
    • Kelas IX
    Klik ⇒ Download

      Demikian 
      Kisi-kisi Pelajaran Agama Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai refrensi dalam pembuatan kisi-kisi semester ganjil nanti.
      Share:

      Kisi-kisi Umum Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.


      Dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) ini, kami berbagi Kisi-kisi Umum Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.

      Tujuannya yaitu sebagai refrensi tolak ukur atas materi yang sudah kita ajarkan kepada peserta didik.

      Berikut 
      Kisi-kisi Umum Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021:

      1. Bahasa Indonesia
      • Kelas VII
      • Kelas VIII 
      • Kelas IX
      Klik ⇒ Download
      2. Bahasa Inggris
      • Kelas VII
      • Kelas VIII 
      • Kelas IX
      Klik ⇒ Download
      3. IPA
      • Kelas VII
      • Kelas VIII 
      • Kelas IX
      Klik ⇒ Download



      4. IPS

      • Kelas VII
      • Kelas VIII 
      • Kelas IX
      Klik ⇒ Download
      5. PPKn
      • Kelas VII
      • Kelas VIII 
      • Kelas IX
      Klik ⇒ Download
      6. Matematika
      • Kelas VII
      • Kelas VIII 
      • Kelas IX
      Klik ⇒ Download

      Demikian Kisi-kisi Umum Semester Ganjil Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai refrensi dalam pembuatan kisi-kisi semester ganjil nanti.
      Share:

      Download KI KD Quran Hadist MTs Sesuai KMA 183 Tahun 2019.

      Dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021 ini, kami berbagi artikel Kumpulan KI KD Quran Hadist MTs Sesuai KMA 183 Tahun 2019 sebagai acuan dalam menyusun RPP tingkat MTs beserta silabusnya.

      Untuk itu, dalam menyusun RPP tingkat MTs beserta silabusnya, harus mengacu pada KI-KD Madrasah Tsanawiyah (MTs) sesuai aturan terbaru yang diatur dalam KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab.

      Fungsi Kompetensi Inti (KI) yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar (KD) antar Mapel pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada Mapel yang sama pada kelas yang berbeda.

      Rumusan Kompetensi Inti (KI) dalam pedoman ini menggunakan notasi:

      • KI-1 untuk KI sikap spiritual
      • KI-2 untuk KI sikap sosial
      • KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep)
      • KI-4 untuk KI keterampilan

      Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

      Download: Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag RI Tahun 2020

      Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Aspek sikap dibentuk melalui aktivitas yang dapat berupa menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan apa yang ia ketahui.

      Sementara aspek pengetahuan dapat dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

      Sedangkan aspek keterampilan dapat diperoleh antara lain melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.

      Berikut Kumpulan KI KD Quran Hadist MTs Sesuai KMA 183 Tahun 2019:


      Catatan: Berminat? Hubungi via WA: 081997666360

      Share:

      Download Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag RI Tahun 2020.

      Selamat datang para peserta AKG, pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag RI Tahun 2020.

      Assessment atau penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari peserta didik.

      Hasil   penilaian   pembelajaran   adalah   hasil   analisis  sejumlah  fakta  tentang  performance (unjuk kerja) peserta didik dalam proses penguasaan kompetensi yang diharapkan.  

      Fakta-fakta  yang  dikumpulkan,  diolah,  dianalisis,  diinterpretasi,  dan  disimpulkan merupakan  jabaran  kompetensi  yang  diharapkan  (kompetensi  dasar minimal) ke dalam sejumlah sub-kompetensi  beserta sejumlah   indikator dan deskriptor tertentu. 

      Pengumpulan fakta atau bukti kinerja peserta didik menggunakan instrumen  yang  disusun  berdasarkan  indikator  pencapaian  kompetensi.

      Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag 2020.

      Berikut Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag 2020:

      Pilihlah jawaban yang kalian anggap paling benar !

      1.  Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah: 

      a. pengukuran     

      b. pensekoran       

      c. penilaian       

      d. pengujian      

      e. evaluasi 


      2.  Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:

      a. pengukuran      

      b. pensekoran       

      c. penilaian      

      d. pengujian      

      e. evaluasi 


      3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali: 

      a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi; b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi; 

      c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan; 

      d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek. 

      e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran; 


      4. Assesmen hasil belajar siswa harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

      a. sahih (valid)     

      b. objektip,       

      c. adil,     

      d. kooperatip;       

      e. terpadu. 


      5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan: 

      a. kognitif       

      b. afektif         

      c. psikomotor       

       d. psikologis      

      e. kepribadian 


      6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali: 

      a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung; 

      b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal, 

      c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes. 

      d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian. 

      e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik; 


      7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian: 

      a. lisan      

      b. prakatik/kinerja      

      c. penugasan      

      d. portofolio       

      e. penilaian diri 


      8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali: 

      a. menentukan tujuan penilaian 

      b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD). 

      c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya 

      d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya 

      e. menentukan kriteria ketuntasan minimal 


      9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali: 

      a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik, 

      b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya, 

      c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,mata pel lain, 

      d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari. 

      e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik 


      10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali: 

      a. menentukan tujuan tes

      b. menentukan kompetensi yang akan diujikan   

      c. menentukan materi yg diujikan

      d. menentukan batas ketuntasan/lulus

      e. menyusun kisi-kisi


      Catatan: Berikut gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Kelas 7, 8 dan 9 Tingkat SMP/MTs TP. 2020/2021:
      A. BUKU KERJA GURU 1
      1. SKL, KI dan KD
      2. Silabus
      3. RPP
      4. KKM
      B. BUKU KERJA GURU 2
      1. Kode Etik Guru
      2. Ikrar Guru
      3. Tata Tertib Guru
      4. Pembiasaan Guru
      5. Kalender Pendidikan
      6. Analisis Alokasi Waktu
      7. Program Tahunan
      8. Program Semester
      9. Jurnal Agenda Guru
      C. BUKU KERJA GURU 3
      1. Daftar Hadir Siswa
      2. Daftar Nilai Siswa
      3. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
      4. Analisis Hasil Penilaian
      5. Program Remidial dan Pengayaan
      6. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
      7. Jadwal Mengajar Guru
      8. Daya Serap Siswa
      9. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
      10. Kumpulan Soal
      11. Analisis Butir Soal
      12. Perbaikan Soal
      D. BUKU KERJA GURU 4
      1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
      2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru

      Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360.

      Demikian Contoh Soal Pedagogik AKG Kemenag RI Tahun 2020, semoga bermanfat.

      Share:

      Hari/Tanggal

      ALIH BAHASA

      Daftar Isi