Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Contoh Soal PTS Prakarya Kelas 7 Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Soal PTS Prakarya Kelas 7 Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020.

Soal Pilihan Ganda

1. Istilah serat seringkali dikaitkan dengan hal-hal sebagai berikut:
A. Kaca
B. Besi
C. Alumumium
D. Genteng Baja
E. Tekstil

2. Berikut adalah negara yang pertama kali mengolah serta alam:
A. Cina
B. India
C. Mesir Kuno
D. Turki
E. Iran

3. Berikut adalah contoh produk yang berbahan baku serat dari tumbuhan:
A. Besi
B. Pakaian berbahan katun atau kapas
C. Emas batangan
D. Mutiara
E. Jaket kulit

4. Serat dari stapel adalah serat yang berbentuk
A. Batang
B. Biji
C. Jaringan
D. Rambut
E. Kambium

5. Berkilau, sangat bagus dan lembut, tidak mudah kusut, tidak mudah kusut, sangat halus, kekuatannya tinggi, tahan terhadap sinar matahari, daya serap cukup tinggi, tidak mudah berjamur, mudah terbakar, berbau seperti rambut terbakar, bekas pembakaran berbentuk abu hitam, bulat, serta mudah dihancurkan adalah ciri-ciri dari serat:
A. Sutra
B. Wol
C. Selulosa
D. Eceng gondok
E. Daun

6. Pengolahan kapas menjadi benang disebut dengan
A. Pemintalan benang
B. Penggulungan benang
C. Pencelupan warna
D. Penenunan
E. Pengepakan

7. Teknik-teknik dasar dalam keterampilan kerajinan tekstil yang dapat digunakan untuk memproduksi kerajinan ikat celup, makrame, dan tapestri sebagai berikut, kecuali:
A. Menenun
B. Mengolah
C. Mengikat
D. Menjahit dengan tangan (manual)
E. Menjahit dengan mesin

8. Benda kerajinan haruslah memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya. Hal ini merupakan salah satu syarat dari perancangan benda kerajinan yang disebut dengan.....
A. Kenyamanan
B. Kegunaan
C. Keamanan
D. Keindahan
E. Keluwesan

9. Berikut adalah beberapa fungsi dari produk kerajinan tekstil, kecuali
A. Fungsi penghias
B. Fungsi ritual
C. Fungsi benda pakai
D. Fungsi keamanan
E. Fungsi simbolik

10. Unsur estetik dalam kerajinan mengacu pada hal sebagai berikut:
A. Kepuasan
B. Ketaatan
C. Keindahan
D. Kedamaian
E. Ketenteraman

11. Pembuatan hiasan yang dibentuk sejak awal kerajinan dibuat sehingga menyatu dengan produk itu sendiri disebut dengan:
A. Hiasan pada permukaan produk
B. Hiasan dinding
C. Hiasan indah
D. Hiasan terstruktur
E. Hiasan kuno

12. Susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur dari suatu kerajinan tekstil yang dibentuk dari bahan yang dijalin sesuai teknik pembuatannya. Misalnya tas yang dibuat dengan teknik rajut disebut dengan teknik:
A. Decorative technic
B. Stylish technic
C. Structural technic
D. Glossy technic
E. Complicated technic

13. Yang merupakan bahan untuk membuat hiasan tapestri adalah:
A. Kayu spanram
B. Batang kayu
C. Benang tebal dan benang tipis
D. Jarum jahit
E. Kain

14. Ragam hias batik yang cenderung spontan, bebas, dan relatif kasar adalah ciri-ciri dari batik:
A. Keraton
B. Pedalaman
C. Ningrat
D. Pegunungan
E. Pesisir

15. Yang bukan merupakan bahan utama dalam membatik adalah:
A. Kain putih
B. Malam
C. Lilin
D. Canting
E. Zat pewarna

16. Secara umum, pewarna batik berbentuk:
A. Cair
B. Gas
C. Bubuk
D. Alami
E. Padat dan kenyal

17. Teknologi yang digunakan umat manusia untuk membangun sarana dan prasaran adalah jenis teknologi:
A. Produksi
B. Peralatan rumah tangga
C. Kecerdasan buatan
D. Konstruksi
E. Transportasi

18. Yang bukan merupakan jenis pekerjaan proyek konstruksi adalah:
A. Proyek konstruksi bangunan perumahan
B. Proyek konstruksi bangunan gedung
C. Proyek konstruksi pertambangan
D. Proyek konstruksi teknik sipil
E. Proyek konstruksi bangunan industri

19. Berikut adalah tiga bagian dasar dari rumah:
A. Bagian dasar-tengah-atas
B. Bagian samping-kanan-belakang
C. Bagian depan-belakang-samping
D. Bagian ruang tamu-ruang tidur-ruang makan
E. Bagian gudang-kamar-dapur

20. Berikut adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah:
A. Spidol, stabilo, mouse, komputer
B. Penggaris, gunting, cutter, kuas
C. Gunting, komputer, stabilo, spidol
D. Mouse, spidol, penggaris, kuas
E. Gergaji, obeng, kunci pas, kunci inggris

21. Hal-hal berikut ini adalah sesuatu yang berkaitan dengan rancangan bentuk atau sketsa miniatur rumah:
A. Jumlah semen dan bahan lain yang dibutuhkan
B. Kebutuhan tenaga kerja manusia yang dibutuhkan
C. Rancangan bentuk atap, jendela, lantai, jumlah lantai, dan bentuk miniatur rumah
D. Jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli semen dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan
E. Jumlah volume pasir yang diperkirakan

22. Yang bukan merupakan sayuran adalah:
A. Tomat
B. Bawang merah
C. Sawi
D. Mangga
E. Bayam

23. Berikut adalah bahan budidaya tanaman sayuran:
A. Cangkul
B. Traktor
C. Benih atau bibit
D. Caping
E. Gembor

24. Berdasarkan musimnya, buah dapat dibagi menjadi dua, yaitu buah musiman dan buah sepanjang tahun. Berikut adalah contoh buah musiman:
A. Kedondong
B. Pisang
C. Pepaya
D. Jambu air
E. Jambu biji

25. Teknik pengolahan panas basah dengan cara adalah memasak bahan makanan dengan menggunakan dua buah panci yang berbeda ukuran, Salah satu panci berukuran lebih kecil disebut dengan teknik:
A. Merebus
B. Merebus dengan sedikit cairan
C. Menggulai
D. Mengukus
E. Mengetim

26. Teknik pengolahan panas kering dengan cara mengolah bahan makanan atau proses menggoreng yang dilakukan dengan cepat dalam minyak goreng yang sedikit pada wajan datar disebut dengan teknik:
A. Deep frying
B. Shallow frying
C. Menumis
D. Memanggang
E. Mengetim

27. Berikut adalah kriteria tertentu yang harus diperhatikan dalam pemilihan wadah penyajian/kemasan, kecuali:
A. Bahan kemasan/wadah penyajian tidak berbau sehingga tidak memengaruhi atau mengubah rasa dari produk pangan olahan.
B. Bahan kemasan/wadah penyajian memiliki kekuatan sebagai tempat produk pangan olahan.
C. Bahan kemasan/wadah penyajian mudah didapat.
D. Bahan kemasan/wadah penyajian berwarna memikat
E. Bahan kemasan/wadah penyajian aman bagi kesehatan dan bersih.

28. Berdasarkan sifat alami dinding buah, manakah berikut yang merupakan karakter hespiridium?
A. Lapisan kulit luar tipis sedangkan lapisan tengah dan dalamnya menyatu.
B. Buah dengan tiga lapisan dinding buah, dimana lapisan kulit luar tebal dan mengandung zat warna, lapisan tengahnya serupa jaringan yang keputih-putihan, serta lapisan dalam banyak mengandung gelembung berisi cairan jus di dalamnya dengan biji-biji yang tersebar
C. memiliki tiga lapisan dinding buah, dimana lapisan luar umumnya tipis dan akan terlihat jelas saat buah matang, lapisan tengah merupakan daging buah atau berserabut, dan lapisan dalam merupakan pelindung yang keras bagi bji
D. lapisan luar tipis, lapisan tengah merupakan daging buah dan lapisan dalam seperti kertas yang berfungsi untuk melindungi biji.
E. lapisan kulit luar tebal dan keras, lapisan tengah dan lapisan dalam menyatu membentuk daging buah, dan pada ruangan buah berisi biji-bijian dalam jumlah yang besar.

29. Berikut adalah jenis pisang yang jantungnya enak dikonsumsi, kecuali:
A. Pisang Ambon
B. Pisang Kepok
C. Pisang Batu
D. Pisang Siam
E. Pisang Kluthuk

30. Yang mendapat julukan ratunya kulit buah adalah buah:
A. Durian
B. Semangka
C. Apel
D. Manggis
E. Nangka


Demikian Contoh Soal - Kunci Jawaban Ujian AKhir Semester Mapel Prakarya Kelas 7 SMP/MTs.
Share:

Materi Bahasa Indonesia: Contoh Teks Ekplanasi.


Tsunami
Pernyataan Umum:
Tsunami berasal dari bahasa jepang yakni tsu yang berarti pelabuhan; dan nami yang berarti gelombang, yang kemudian diartikan sebagai ombak besar di pelabuhan.

Secara istilah, tsunami adalah perpindahan badan air yang dipicu oleh perubahan permukaan laut secara vertikal secara tiba-tiba.

Banyak sekali penyebab tsunami, seperti gempa bumi yang episentrumnya di bawah laut, letusan gunung api bawah laut, longsor bawah laut, atau bahkan disebabkan hantaman meteor ke laut.

Gelombang tsunami ini bisa merambat ke segala arah dengan kecepatan 500 – 1000 km/jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. 

Deretan Penjelas Sebab Akibat:
Gelombang tsunami dapat terjadi karena beberapa faktor:

1. Gempa Bumi yang Berpusat di Bawah Laut
Gempa bumi di dasar lautan ini adalah penyebab utama terjadinya gelombang tsunami. Begitu pun yang menghancurkan Banda Aceh tahun 2004 silam; dan tsunami yang memporak-porandakan Pulau Mentawai pada tahun 2010.
Sebagai Negara yang diliputi oleh ring of fire dan Negara kepulauan yang dikelilingi oleh samudera, Indonesia sangat berpotensi terkena tsunami. Meskipun begitu, tidak semua gempat bumi yang episentrumnya di bawah laut berpotensi menimbulkan tsunami.

2. Letusan Gunung Berapi
Letusan gunung berapi bisa menyebabkan terjadinya gempa vulkanik. Tsunami besar yang terjadi di tahun 1883 juga akibat dari meletusnya Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda; meletusnya Gunung Tambora di NTT pada tahun 1815.

3. Longsor Bawah Laut
Longsor bawah laut ini terjadi akibat adanya tubrukan antara lempeng benua dan lempeng samudera. Proses tersebut mengakibatkan terjadinya pegunungan dan palung laut. Tsunami yang diakibatkan longsoran bawah laut ini dikenal juga dengan nama tsunamic submarine landslide.

4. Hantaman Meteor di Laut
Jatuhnya sebuah meteor ke laut juga bisa menyebabkan tsunami karena daya hantamnya yang besar dapat memicu gelombang yang juga besar.

Interpretasi atau Simpulan:
Tsunami dapat dengan mudah memporak-porandakan daratan. Untuk itu penting bagi kita untuk sejak dini mengenal tanda-tanda tsunami agar kerugian yang ditimbulkan dari bencara tersebut dapat dikurangi.

Share:

Contoh Kisi-kisi Ujian Madrasah (UMBK) Bahasa Inggris Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang semua guru MGMP Bahasa Inggris, admin minta maaf atas keterlambatan postingan ini, berhubung admin ada kesibukan lain.

Pada kesempatan ini, admin berbagi Contoh Kisi-kisi Ujian Madrasah (UMBK) Bahasa Inggris Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah yang akan dilaksanakan oleh satuan pendidikan masing-masing pada tahun ini, perlu sekali kita mengetahui contoh format dan cara penyusunan kisi-kisi  dan Naskah Soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/UM) Tahun 2020.

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal Ujian Sekolah/Madrasah maupun soal UN.
Lihat...Bioadata Admin Kampung KB Tumbuh Jaya
Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Dengan adanya kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. 

Download juga:
Share:

Dokumentasi BIMTEK Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal Tingkat MTs/MA Se-Kecamatan Suralaga.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Dokumentasi BIMTEK Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal Tingkat MTs/MA Se-Kecamatan Suralaga.

Berhubung pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah yang akan dilaksanakan oleh satuan pendidikan masing-masing pada tahun ini, maka perlu sekali kita mengetahui contoh format dan cara penyusunan kisi-kisi  dan Naskah Soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/UM) Tahun 2020.

Oleh karena itu, Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur melalui seksi pendidikan, Pokjawas dan pengawas kecamatan Suralaga melakukan Musyawarah Kamad MTs/MA se-kecamatan Suralaga pada hari senin yang lalu (10/02) di Aula Anjani Lombok Timur.
Lihat...Bioadata Admin Kampung KB Tumbuh Jaya
Tujuannya yaitu membentuk Forum Kamad dan penyusunan jadwal bimtek pembuatan kisi-kisi soal dan naskah soal.

Adapun  Forum Kamad yang terbentuk terdiri dari Ketua yaitu H. Muhayyan, S.HI, M.H, Sekretaris yaitu Ustad Azhar Harif, Q.H., M.Pd dan Bendahara yaitu Dra. Hj. Ruba'iyah, SPd.I.

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal Ujian Sekolah/Madrasah maupun soal UN.
Lihat juga: Pedoman Cara Membuat Kisi-kisi Semester Genap Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020
Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Dengan adanya kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. 

Download juga:
Share:

Materi IPS Kelas 9: Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi IPS Kelas 9: Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya. Materi ini adalah materi semester ganjil.

Berikut ini penjelasan Bab I Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya.

1. Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya

Jumlah benua yang menjadi pokok kajian ada lima, yaitu benua Asia, Amerika, Afrika, Australia dan Eropa (4A-1E).

Berturut-turut dari benua terluas adalah Asia (44.000.000 km2), Amerika (42.057.100 km2), Afrika (30.290.000 km2). Kemudian benua Eropa (10.335.000 km2), dan Australia (8.945.000 km2).


2. Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia

Fokus pembahasan pada Negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir. Pembahasan terkait keadaan alam meliputi lokasi, iklim, bentuk muka bumi, flora dan fauna.


3. Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia

Perbubahan terhadap kependudukan terjadi karena adanya kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan migrasi(perpindahan) penduduk.

Ketiganya menyebabkan terjadinya dinamika penduduk, yaitu perubahan terkait jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk.


4. Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua Lainnya

Perubahan ruang dan interaksi antarruang dapat terjadi dalam lingkup sempit maupun luas. Dalam lingkup sempit perubahan antarruang terjadi antara desa dengan kota. 

sedangkan dalam lingkup luas perubahan antarruang terjadi antarnegara dan benua.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 9: Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya, semoga bermanfaat.
Share:

Jadwal Gladi Bersih UNBK, UAMBNBK Utama, Ujian Madrasah dan UNBK Utama Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang para pejuang UNBK 2020, pada kesempatan ini kami berbagi Jadwal Gladi Bersih UNBK, UAMBNBK Utama, Ujian Madrasah dan UNBK Utama Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 nanti untuk SMP, SMAK, SMA, dan MA. Ujian sendiri setiap paketnya akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut.

Berikut ini adalah Jadwal gladi bersih UNBK, UAMBNBK Utama, Ujian Madrasah dan UNBK utama tahun pelajaran 2019/2020:



Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat: Jadwal Ujian Tahun Pelajaran 2019/2020

Sedangkan untuk Jadwal UNBK SMP/MTs/Wustha/Paket B tahun pelajaran 2019/2020 ini akan dilaksanakan terhitung dari tanggal 20 April - 23 April 2020 dengan rincian sebagai berikut:
  1. Senin, 20 Maret 2020: Bahasa Indonesia
  2. Selasa, 21 Maret 2020: Matematika
  3. Rabu, 22 Maret 2020: Bahasa Inggris
  4. Kamis, 23 Maret 2020: Ilmu Pengetahuan Alam
Demikian, semoga ujian pada tahun ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses.
Share:

Kisi-kisi UAMBN Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


UAMBN atau Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standard kompetensi lulusan mata pelajaran Pendidikan Agama islam dan Bahasa Arab untuk jenjang MTs dan MA secara nasional.

Jadi, Kisi-kisi soal UAMBN merupakan acuan pengembangan dan penyusunan soal UAMBN yang dibuat berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Sehingga dari kisi-kisi ini dapat dilihat ragam dan bentuk soal, ruang lingkup materi, dan indikator dari masing-masing soal yang akan digunakan dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional.

Oleh karena itu, penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun 2020, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama telah menerbitkan berbagai regulasi yang mengatur UAMBN. Salah satunya adalah penetapan Kisi-Kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2019/2020. 

Kisi-kisi ini ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5793 Tahun 2019 tentang Kisi-Kisi Kisi-Kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020.

Adapun lampiran SK Ditjen ini secara lengkap, memuat:
  1. Kisi-Kisi UAMBN Al Quran Hadis untuk jenjang MTs
  2. Kisi-Kisi UAMBN Fikih untuk jenjang MTs
  3. Kisi-Kisi UAMBN Sejarah Kebudayaan Islam untuk jenjang MTs
  4. Kisi-Kisi UAMBN Al Quran Hadis untuk jenjang MA (Peminatan MIPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan)
  5. Kisi-Kisi UAMBN Fikih untuk jenjang MA (Peminatan MIPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan)
  6. Kisi-Kisi UAMBN Sejarah Kebudayaan Islam untuk jenjang MA (Peminatan MIPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan)
Untuk mengunduh SK Ditjen Pendis Nomor 5793 Tahun 2019 tentang Kisi-Kisi UAMBN Tahun Pelajaran 2019/2020 ini, gunakan tautan di bawah ini.

Kisi-Kisi UAMBN Tahun Pelajaran 2019/2020...Download
Share:

Hari/Tanggal

ALIH BAHASA

Daftar Isi