Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Materi Bahasa Indonesia Kelas 9 : Mengidentifikasi Informasi Teks Tangapan.


Selamat datang, pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia Kelas 9 : Mengidentifikasi Informasi Teks Tangapan.

Berikut ini penjelasan Bab IV Memberi Tanggapan dengan Santun.

A. Mengidentifikasi Informasi Teks Tangapan

Kegiatan memberikan pendapat merupakan bentuk tanggapan terhadap suatu. Hal perlu diperhatikan cara menanggapi sesuatu harus dilakukan secara objektif dan santun, hindari sesuatu yang bersifat menyakiti.

Menanggapi secara objektif berarti berdasarkan apa yang sesungguhnya, fakta dan kenyataan. Sedangkan santun berarti penyampaian tanggapan harus berdampak positif.


B. Menyimpulkan Informasi Isi Teks Tangapan

Bentuk tanggapan berkaitan dengan member pujian atau kritik, dan cara menanggapi berkaitan dengan urutan penyajian.

Beberapa pertanyaan brikut dapat digunakan untuk menyimpulkan teks tanggapan:

  1. Karya apakah yang ditanggapi?
  2. Siapa yang menghasilkan karya tanggapan?
  3. Siapa yang menanggapi?
  4. Bagaimana bentuk tanggapannya?
  5. Bagaimana cara menanggapinya?

C. Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan 

Terdapat tiga hal yang harus dicermati ketika akan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Tangapan yaitu konteks, deskripsi, dan penilaian.

Konteks ditelaah dengan pertanyaan apa yang ditanggapi? Di mana dan kapan, peristiwa terjadi? Peristiwa apa, politik, sosial, ekonomi, seni budaya?

Deskripsi ditelaah dengan pertanyaan apa dan bagaimana sesuatu diciptakan atau dihasilkan?

Sedangkan penilaian ditelaah dengan pertanyaan apa yang kita pikirkan tentang sesuatu itu?


D. Mengungkapkan Teks Tanggapan secara Lisan dan atau Tulis

Dalam mengungkapkan teks tanggapan tetap harus berpedoman pada konteks, deskripsi, dan penilaian.

Sedangkan isi teks tanggapan terdiri atas pendahuluan, synopsis teks ya akan ditanggapi, kelebihan, dan kekurangannya.


Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 9 Mengidentifikasi Informasi Teks Tangapan, semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia Kelas 9: Mengidentifikasi Cerita Pendek.


Selamat datang, pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia Kelas 9: Mengidentifikasi Cerita Pendek.

Berikut ini penjelasan Bab III Menyusun Cerita Pendek.

A. Mengidentifikasi Cerita Pendek

Pada cerita pendek pembaca dapat menikmati bagaimana alur penyajian cerita, sikap dan karakter tokoh serta isi cerita.

Dalam rangka mengidenditifikasi cerita pendek pembaca dapat menggunakan beberapa pertanyaan identifikasi, misalnya:

  1. Apakah judul cerita pendek menarik orang untuk membacanya?
  2. Apakah judulnya mencerminkan isi dari cerita pendek?
  3. Apa yang ingin disampaikan dalam cerita pendek itu?
  4. Cerita pendek itu diceritakan menggunakan teknik apa?

B. Menyimpulkan Unsur-Unsur Cerita Pendek

Cerita pendek mengangkat persoalan kehidupan manusia secara khusus dengan tema persoalan keseharian hingga renungan filosofis yang dipotret dari kehidupan nyata.

Guna keindahan cerita dan membedakannya dengan teks cerita pengalaman nyata, maka dilakukan rekayasa tokoh dan latar cerita. Cerita pendek juga ditandai engan jumlah karakter relatif kecil mencakup satu tindakan dengan satu fokus tematik.

Sedangkan unsur yang terdapat dalam cerita pendek adalah latar, sudut pandang penceritaan, karakter (tokoh), dan alur/plot/struktur cerita.


C. Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan Cerita Pendek

Cerita pendek termasuk ke dalam kategori teks naratif. Naratif merupakan teks yang berfokus pada tokoh khusus. Sedangkan tujuan dari naratif adalah untuk menghibur dan memikat pembaca atau pendengar. Teks naratif dapat berupa karya imajiner, faktual atau kombinasi keduanya.

Oleh karena itu, di dalam struktur naratif terdapat informasi tentang orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi dan resolusi.

Sedangkan aspek kebahasaan teks naratif memiliki ciri-ciri:

  1. Sudut pandang pencerita menjadi orang pertama atau ketiga.
  2. Beberapa dialog dapat dimasukkan ke dalam waktu kini atau lampau.
  3. Adanya pemilihan kata benda yang bermakna kuat dan khusus.
  4. Uraian deskriptif yang rinci menggambarkan pengalaman, latar dan karakter.
  5. Penggunaan majas simile (perbandingan langsung), metafora perbandingan tidak langsung) maupun personifikasi.
  6. Digunakannya pertanyaan retoris.
Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 9: Mengidentifikasi Cerita Pendek, semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia Kelas 9: Mengidentifikasi Informasi tentang Pidato Persuasif.


Selamat datang, pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia Kelas 9: Mengidentifikasi Informasi tentang Pidato Persuasif.

Berikut ini penjelasan Bab II Menyampaikan Pidato Persuasif.

A. Mengidentifikasi Informasi tentang Pidato Persuasif

Pidato persuasif merupakan seni mengungkapkan pendapat secara jelas dan logis. Tujuannya meyakinkan audiens untuk melakukan sesuatu.

Ada tiga hal yang harus dipersiapkan dalam pidato yaitu pelajari topic, pahami tuuan dan pahami audiensi.


B. Menyimpulkan Hasil Identifikasi Pidato Persuasif

Unsur-unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kesimpulan dari pidato persuasif antara lain:

Pembukaan, apakah pidato memiliki pembukaan yang kuat? Pembukaan yang kuat ditunjukkan dengan lima unsure: 
  1. Merebut perhatian
  2. Hubungandengan audiensi
  3. Kelayakan
  4. Tujuan pidato
  5. Peta jalan atau pokok-pokok piran pidato
  6. Isi, sebaiknya berisi pokok pikiran yang dengan alasan yang meyakinkan disusun secara logis dari sumber terpercaya.
  7. Penutup, gunakan cara yang menarik dan mengesankan.

C. Menelaah Pidato Persuasif

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menelaah pidato persuasif.
  1. Bagaimana gaya atau cara pidatonya?
  2. Lancar dan fasihkah dalam berpidato?
  3. Perhatikan pembukaannya dan cara melibatkan emiso audiensinya.
  4. Adakah pilihan kata yang kuat, emotif dan mengesankan?
  5. Bagaimna cara mengakhiri pidatonya.

D. Menuangkan Gagasan, Pikiran, Arahan, atau Pesan dalam Pidato Persuasif

Pidato persuasif termasuk ke dalam teks eksposisi, yang umumnya dimulai dengan pendahuluan pernyataan posisi yang memberikan pendapat pengarang.

Dilanjutkan dengan serangkaian argument logis untuk meyakinkan audiensi, dan diakhiri dengan kesimpulan padangan pengarang.

Ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi:
  • Nominalisasi (pembendaan)
merupakan proses tata bahasa mengubah kata kerja dan kata sifat menjadi kata benda. Fungsi nominalisasi adalah untuk menghubungkan makna antarkalimat.
  • Bentuk pasif dan kata ganti orang
Teks eksposisi umumnya ditulis bukan dalam bentuk orang pertama, melainkan lebih banyakmenggunakan istilah umum. Penggunaan bentuk pasif dilakukan agar ungkapannya lebih formal dan kuat.
  • Kosakata
Penggunaan istilah teknis dan abstrak sering dilakukan dalam pidato persuasif. Sinonim digunakan untuk menghindari pengulangan kata. Selain itu juga digunakan kata-kata emotif untuk melibatkan perasaan audiens.

Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 9 Menyampaikan Pidato Persuasif, semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia Kelas 9: Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan.


Selamat datang, pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia Kelas 9 Melaporkan Hasil Percobaan.

Berikut ini penjelasan Bab I Melaporkan Hasil Percobaan.

Bab I Melaporkan Hasil Percobaan

A. Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan

Laporan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya dari hasil obsesrvasi dan analisis yang sistematis.

Contoh teks laporan dapat ditemukan dalam ensiklopedia, dokumen, buku panduan, laporan kerja kelompok, dan presentasi kelompok.

Tujuan utama teks laporan adalah mengklaisifikasi dan/atau mediskripsikan, menggambarkan, dan memberikan informasi factual.


B. Menyimpulkan Informasi Laporan Percobaan

Untuk membuat kesimpulan terhadap informasi yang perlu diperhatikan adalah kejelasan dan kelengkapan informasi terkait dengan struktur penyajiannya. Selain itu perlu diperhatikan juga kejelasan informasi dikaitkan unsur kebahasaan misalnya tata bahasa, kata dan kalimat yang digunakan.


C. Menelaah Struktur Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Kejelasan dan Kelengkapan informasi ditentukan oleh struktur penyajian baik secara lisan atau tertulis dan penggunaan bahasa.

Adapaun struktur teks laporan terdiri atas pertama, Umum berupa klasifikasi dan pernyataan. Misalnya klasifikasi aspek dari sesuatu seperti hewan, alam, tumbuhan yang dibahas secara umum. Kedua, Uraian yaitu menggambarkan sesuatu yang dibahas secara rinci bagian perbagian.

Adapun ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan pada umumnya adalah:
  1. Memperkenalkan aspek umum atau kelompok (generik).
  2. Menggunakan kata tugas hubungan logis.
  3. Kata tugas digunakan untuk menjaga tulisan koheren.
  4. Menggunakan kalimat aktif.
  5. Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi.
  6. Tidak ada urutan waktu, tetapi urutan kegiatan.
  7. Penggunaan kata ganti orang terbatas.
  8. Biasanya disertai foto, diagram, peta, dan seterusnya.

D. Menyajikan Laporan Percobaan

Format laporan percobaan dibuat sebagai berikut:

Nama :…………………..

Kelas : ………………….

Tujuan Percobaan : ……………………………………………………………….

Hipotesis Percobaan : ………………………………………………………………

Alat dan bahan : ………………………………………………………………

Prosedur : ………………………………………………………………

Data : ………………………………………………………………

Hasil : ………………………………………………………………

Simpulan : ………………………………………………………………


Demikian Materi Bahasa Indonesia kelas 9 Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan, semoga bermanfaat.
Share:

Materi Informatika : PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET.


Pada kesempatan ini, kami berbagi materi tentang Materi Informatika Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020.

BAB 1 
SISTEM JARINGAN INTERNET DAN INTRANET 

A. PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET

1. Pengertian internet 

Istilah internet berasal dari bahasa latin, yaitu INTER yang berarti "antara". Secara garis besar internet berarti jaringan antara  atau penghubung. 

Internet kepanjangan dari “Interconnected network” yang berarti jaringan jaringan komputer yang saling terhubung. 

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.

Ada dua peranan internet yang sangat penting yaitu :
  1. Sebagai sumber data dan infromasi. Internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Bahkan kita juga dapat menempatkan informasi yang kita miliki di internet, agar dapat diakses oleh orang lain
  2. Sarana pertukaran data dan informasi. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lainnya, tanpa dibatasi jarak fisik kedua komputer tersebut.
1. Dampak positif internet adalah
  • Sumber penghasilan
  • Sumber informasi
  • Internet sebagai media komunikasi
  • Kemudahan berbinis

2. Dampak negatif
  • Penipuan
  • Pornografi
  • Mengurangi sifat sosial
  • Kecanduan

2. Pengertian Intranet

Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Intranet merupakan jaringan komputer lokal, sedangkan internet merupakan jaringan komputer global.



Sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet (protokol TCP(Transmission Control Protocol)/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien, dan juga server.


Demikian Materi Informatika Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020. Semoga  bermanfaat.
Share:

Soal Penilaian Harian IPA Tentang Getaran dan Gelombang Tahun Pelajaran 2019/2020.


Inilah Contoh Soal Penilaian Harian IPA Tentang Getaran dan Gelombang. Soal ini terdiri dari 15 pilihan ganda (multi choice) dan 5 esai. 

Tujuan  soal ini sebagai refrensi latihan atau soal ujian pada tahun pelajaran baru yang akan datang.

Pilihlah jawaban yang tepat dengan menyilang pada pilihan jawaban a, b, c atau d!

1. Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibedakan menjadi ….
A. Gelombang transversal dan gelombang longitudinal
B. gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
C. gelombang bunyi dan gelombang cahaya
D. gelombang laut dan gelombang  Bumi

2. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 300 m/s, panjang gelombangnya 75 m. Frekuensi gelombang tersebut adalah ....
A. 4 Hz
B. 6 Hz
C. 5 Hz
D.7 Hz

3. Amplitudo dari gelombang yang ditampil-kan pada gambar di atas adalah ....
A. 1 m
B. 4 m
C. 2 m
D. 8 m

4. Dalam eksplorasi minyak dan gas bumi, digunakan pemanfaatan sifat gelombang yaitu ....
A. pemantulan gelombang
B. perambatan tanpa medium
C. amplitudo gelombang
D. panjang gelombang

5. Sebuah gelombang mempunyai frekuensi 5 Hz dan panjang gelombangnya 20 m. Kecepatan gelombang tersebut adalah ….
A. 100 m/s
B. 200 m/s
C. 4 m/s
D. 8 m/s

6. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 480 m/s. Jika frekuensi gelombang tersebut adalah 12 Hz, panjang gelombangnya adalah ….
A. 40 m
B. 50 m
C. 45 m
D.55 m

7. Berikut ini yang bukan pemanfaatan gelombang dalam teknologi adalah ….
A. Satelit
B. sel surya
C. eksplorasi minyak dan gas bumi
D.PLTN


8. Dalam selang waktu 0,3 sekon antara A dan B terbentuk gelombang seperti gambar di atas. Cepat rambat gelombang dalam tali adalah ....
A. 10 m/s
B. 6 m/s
C. 9 m/s
D.3 m/s

9. Bunyi merupakan gelombang ....
A. Elektromagnetik
B. laut
C. Mekanik
D.mikro

10. Cepat rambat gelombang bunyi bergantung pada ....
A. jenis mediumnya
B. suhu mediumnya
C. jenis dan suhu mediumnya
D.frekuensinya

11. Seseorang melihat kilat di langit dan 4 sekon kemudian mendengar bunyi guntur. Jika cepat rambat bunyi di udara pada saat itu 345 m/s, maka jauh kilat itu terjadi diukur oleh orang tersebut adalah ....
A. 1.380 m
B .172,5 m
C. 690 m
D. 86,25 m

12. Kelelawar dapat berburu pada malam hari dengan menggunakan bunyi ....
A. Infrasonic
B. audiosonik
C. Supersonic
D. megasonik

13. Terdapat 3 buah garputala A, B, dan C. Garputala A dan B mempunyai frekuensi yang sama, sedangkan garputala C mempunyai frekuensi lebih besar. Jika garputala A dibunyikan dengan cara memukulnya, garputala yang akan ikut berbunyi adalah ....
A. garputala B
B. garputala C
C. semua garputala
D. tidak ada yang berbunyi

14. Sebuah kapal mengirim pulsa ultrasonic ke dasar laut yang kedalamannya 2.800 m. Jika cepat rambat bunyi di dalam air laut 1.400 m/s, maka waktu yang dicatat fathometer mulai dari pulsa dikirim hingga diterima kembali adalah ....
A. 2 sekon
B. 4 sekon
C. 8 sekon
D.12 sekon

15. Frekuensi nada dawai gitar dapat bertambah tinggi jika ....
A. tegangan dan panjang dawai diperbesar
B. tegangan dawai diperkecil dan massa jenis senar diperbesar
C. panjang dawai diperbesar dan luas penampang dawai diperkecil
D. tegangan dawai diperbesar dan panjang dawai diperkecil

B.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Pada sebuah gelombang terdapat 3 bukit dan 2 lembah. Jarak antara bukit yang berdekatan adalah 5 m dan periodenya 3 sekon. Berapakah panjang gelombang dan kecepatan gelombang tersebut?

2. Sebuah tali dengan panjang 8 m digerakkan turun naik pada salah satu ujungnya. Ketika tali tersebut membentuk dua bukit dan dua lembah selama 4 sekon, berapakah panjang gelombang, periode, frekuensi, dan kecepatan gelombang tersebut?

3. Perhatikan gambar di bawah ini!


Waktu yang dibutuhkan gelombang longitudinal untuk merambat dari R ke S yang berjarak 6 meter adalah 2 sekon. Tentukan:
a.periode gelombang,
b.cepat rambat gelombang!

4.Pengukuran kedalaman laut menggunakan gelombang bunyi dilakukan dengan merambat kan bunyi ke dalam air. Cepat rambat gelombang bunyi di air laut adalah 1.500 m/s. Jika penerima bunyi pantul menerima Bunyi pantulan setelah 3 detik, berapa kedalaman laut tersebut?

5. a. Sebutkan tiga contoh pemanfaatan gelombang dalam teknologi! Berikan penjelasan!
b.Bagaimana resonansi terjadi? Sebutkan kejadian dalam keseharian yang merupakan contoh peristiwa resonansi!
    Demikian, semoga bermanfaat.
    Share:

    Materi Bahasa Inggris: Pengertian Asking for Repetition dan Contohnya.


    Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai salah satu expression dalam bahasa inggris tentang Asking for repetition.

    Tujuannya memudahkan kalian untuk mencari materi bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di madsarah atau sekolah.

    Materi Bahasa Inggris  Kelas 9 Tentang Asking for Repetition

    A. Pengertian Asking for Repetition

    Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah menanyakan kembali apa yang lawan bicara kita sudah katakan. Jika apa yang dikatakan kurang terdengar maka kita akan menyuruhnya untuk mengulanginya lagi. 

    Jadi, Asking for repetition adalah ungkapan untuk meminta mengulangi agar sesuatu yang disampaikan itu jelas. 

    B. Ungkapan-ungkapan Asking for Repetition
    1. What? (Apa?)
    2. Pardon? (Maaf?)
    3. Can you say that again? (Bisakah kamu mengatakannya lagi?)
    4. What was that? (Apa itu tadi?)
    5. What did you say? (Apa yang kamu katakan?)
    6. Again, please. (Ulangi, tolong)
    7. Say that again. (Katakan lagi)
    8. Sorry, I can't hear you (maaf aku tidak bisa mendengarmu)
    9. Please speak louder (tolong bicara lebih keras lagi)
    10. Would you mind repeating that? (Apakah kamu tidak keberatan untuk mengulanginya lagi?)
    11. Would you mind saying that again? (Apakah kamu tidak keberatan untuk mengatakannya lagi?)
    12. Sorry, but I'm not sure I'm following you. (Maaf, tapi aku tidak mengikutimu)
    13. I'm sorry, but what did you say about...? (Maafkan aku, tapi apa yang ingin kamu katakan tentang...?)
    14. Do you think you could repeat the part about...once again please? (Bisakah kamu mengulangi bagian tentang... sekali lagi?)
    15. I beg your pardon but I don't quite follow / understand. (Aku meminta maaf tapi aku tidak benar-benar mengikuti / mengerti)

    C. Contoh dalam bentuk dialog 

    Zara   : Since we are friends now, can I have your phone number please?
    Kabir  : Sure, My phone number is 081997666360
    Zara   : I'm sorry, can you say that again?
    Kabir  : 0-8-1-9-9-7-6-6-6-3-6-0
    Zara   : Thank you Kabir.
    Kabir  : My pleasure.

    Terjemahan:
    Zara   : Karena kita sekarang telah berteman, bolehkah aku mengetahui nomor telepon kamu?
    Kabir  : Tentu, Nomor telepon saya adalah 081997666360
    Zara   : Maaf, bisakah kamu katakan itu lagi?
    Kabir  : 0-8-1-9-9-7-6-6-6-3-6-0
    Zara   : Terima kasih Kabir.
    Kabir  : Dengan senang hati.

    Demikan, semoga bermanfaat.
    Share:

    Hari/Tanggal

    ALIH BAHASA

    Daftar Isi