Pada kesempatan ini kami berbagi gambaran materi buku Siswa Bahasa Indonesia kelas 8 revisi 2017, sebagai sebagai berikut:
BAB 1 : Berita Seputar Indonesia
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
- mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang didengar dan dibaca dengan benar.
- menelaah struktur dan kebahasaan teks berita yang didengar dengan tepat
- menyimpulka isi berita yang dibaca dan didengar lengkap.
- menyajikan data informasi dalam bentuk berita secara tulis dan lisan.
A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
Dalam kehidupansehari-hari berbagai jenis teks sering digunakan. Di mana setiap teks tersebut berisi informasi yang berbeda-beda.
Pada berita terdapat tiga struktur teks, yaitu kepala berita, bagian utama dan informasi yang berfungsi sebagi penjelas. Ketiga bagian strutur teks tersbut dapat digambarkan sebagai piramida terbalik.
Pemahaman terhadap unsur dan kaidah bahasa memudahkan kita dalam mengolah menjadi berita yang bermanfaat.
Terdapat enam unsur dalam berita. Yaitu dengan pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.
Untuk memudahkan mengingat, keenam unsur berita tersebut dikenal degan nama ADIKSIMBA. Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana.
B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita
Yang dimaksud keismpulan adalah kata-kata terakhir dari suatu uraian. Di mana pada kesimpulan harus memuat unsur-unsur berita dengan rumusan lebih ringkas.
Dengan demikian kesimpulan tentang isi suatu berita harus berisi pokok-pokok informasi berupa ADIKSIMBA.
C. Menemukan Struktur dan Kaidah Kebahasaan
Berdasarkan strukturnya, teks berita dapat dibedakan menjadi informasi penting dan tidak penting.
Informasi penting disebut dengan pokok informasi atau berita utama yang terletak pada kepala dan tubuh berita. Sedangkan bagian yang kurang penting disebut dengan urainan atau ekor berita.
Pada teks berita, kata-kata dan kalimat memiliki kaidah kebahasaan tersendiri. Kaidah kebahasaan tersebut meliputi:
- penggunaan bahasa bersifat baku atau standar.
- penggunaan kalimat langsung bervariasi dengan kalimat tidak langsung.
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita
Dengan membaca suatu berita kita banyak mendapatkan manfaat. Manfaat tersebut yang dikenal sebagai hasil pemaknaan sutau berita.
Hasil pemaknaan berita tersebut memungkinkan bagi kita untuk dapat menceritakan kembali beita yang kita peroleh.
Dalam menyampaikan isi berita, kita harus tetap berpedoman pada ADIKSIMBA.
Demikian, Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Berita. Semoga bermanfaat.
Demikian, Materi Bahasa Indonesia kelas 8 : Menentukan Unsur-Unsur Berita. Semoga bermanfaat.