Situs Kampung KB dan Pendidikan Indonesia

Selamat datang di situs Kampung KB "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Lombok Timur NTB. Situs ini berisi 8 pokja Kampung KB seperti Pokja Pendidikan, Keagamaan, Sosial dan Budaya, Ekonomi, Kesehatan Refreduksi, Lingkungan, Perlindungan dan Kasih Sayang. Selain itu juga, berisi tentang administrasi pendidikan seperti Ruang Guru, Materi K13, Aplikasi K13, Program Kerja, Soal Ujian, Artikel Islam, Hiburan dan Katagori yang meliputi pertanian, peternakan dan perikanan. Semoga situs ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera.
  • Arsip Kampung KB Tumbuh Jaya

    Photo Bersama Pengurus Kampung KB Tumbuh Jaya

  • Lomba Kampung BK

    Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

  • Dokumentasi penyerahan hadiah juara 1 lomba Kampung KB sekabupaten Lombok Timur di Joben Desa Pesanggarahan kecamatan Montong Gading (Sabtu, 22 Juni 2019).

Kumpulan Materi Bahasa Inggris 9 Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.


Selamat datang para peserta didik, pada kesempatan ini kami berbagi Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 K-13 Semester 1 dan 2 Tingkat MTs/SMP. 

Tujuannya untuk memudahkan peserta didik dalam mencari materi bahasa Inggris. Selain itu juga, bisa dipelajari dulu di rumah sebelum diajarkan oleh guru.

Materi bahasa Inggris ini sesuai dengan kurikulum 2013 (K-13) yang dilengkapi contoh soal latihan, soal penilaian harian, dan lain sebagainya.  

Berikut Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 K-13 Semester 1 dan 2 Tingkat MTs/SMP TP. 2019/2020 :

A. Materi Bahasa Inggris  Kelas 9 Semester 1: 

Chapter 1: Do It This Way
  1. Asking for Certainty
  2. Procedure Text
  3. Asking for Repetition
  4. Imperative Sentences
Chapter 2: Let's Dance and Sing
  1. Showing and Responding to Hesitation
  2. Agree dan Dissagree
  3. Adjective
  4. Gerund
  5. Report Text
Chapter 3: Be Creative!
  1. Expressing to Show Attention 
  2. Expressing to Show Admiration
  3. Procedure Text
  4. Grammar: Present Perfect Tense

B. Materi Bahasa Inggris  Kelas 9 Semester 2: 

Chapter 4: It's a Great Story
  1. Giving Interesting News or Information
  2. Responding with Certainty/Uncertainty
  3. Narrative Text
  4. Grammar:Tenses: Past Perfect Tense
Chapter 5: Send Me a Letter, Please!
  1. Letter
  2. E-mail
  3. SMS (Short message service)
  4. Polite Expressions to Show a Manner 
  5. Adversitement
  6. Report Text
  7. Penggunaan May and Might
  8. Penggunaan Can and Could
Untuk lebih jelasnya, silahkan mencari materi tersebut di blog ini dengan cara menulis di kolom pencarian, lalu klik "OK''.

Demikian, semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Inggris: Cara Menyingkat Tulisan Thank You yang Benar.


Pada kesempatan ini kami berbagi artikel tentang Penjelasan Cara Menyingkat Tulisan Thank You yang Benar dalam Bahasa Inggris.

Pernah ga kita mau nulis "terima kasih" dalam Bahasa Inggris tapi kita bingung nulisnya itu yang bener gimana sih? Atau kita liat orang lain bikin status "terima kasih" dalam Bahasa Inggris tapi kok nulisnya ada yang thank ada yang thanks dan ada yang thank’s? Yang bener yang mana sih?

Kata terima kasih dalam bahasa inggris ini kelihatannya sepele. Cuma terima kasih doang gitu, apa ribetnya?? Iya, memang simple kelihatannya. Tapi ternyata, sampai saat ini ada sebagian orang yang masih aja salah nulisnya.

“Alah, ya udah kalo hal sepele kenapa harus dipermasalahin sampe dijadiin postingan di blog?”

Hehehe aku punya prinsip, meskipun sepele tapi kalo salah, ya tetep harus dibenerin. Kesalahan meskipun kecil tapi kalo dibiarin bakalan jadi masalah besar. Gitu menurut aku, menurut kalian gimana? Apa penting kita cari tahu gimana nulis "terima kasih" dalam Bahasa Inggris yang bener? Buat yang merasa hal itu penting, yuk lanjut baca. Jadi nulis Bahasa Inggrisnya "terima kasih" yang bener itu gimana?

First! Ini menurut pendapat aku dan berdasarkan apa yang aku pelajari selama ini.

Yang bener itu THANKS dan THANK YOU.

Kenapa THANK YOU?
Karena thank adalah kata kerja dan subjek di sini adalah "I" atau "aku". Jadi, kita ga perlu nambahin "s" di belakang kata kerja thank (jadi jelas yaa kenapa thanks you salah). Sebenernya, thank you ini adalah singkatan dari "I thank you for something".

Contohnya: kita pinjem buku dari seseorang, pas kita balikin bukunya kita bilang "thank you!"

Thank you di sini sebenernya singkatan dari "I thank you for lending me your book."

Tapi kalo kasusnya beda, yaitu subjenya orang ketiga, kita bisa tambah ‘s’ di belakang thank.
Contohnya: She thanks you for lending her your book.

Terus, kenapa thank’s salah?

Kalo menurut aku, karena emang salah. Haha. Iya soalnya kenapa kita harus tambahin apostrof dan s? Artinya jadi gimana? Jadi kepemilikan? Ah, aku sendiri ga ngerti harus ngeartiin thank’s ini jadi apa hehehe

Gimana, ada pencerahan? Hehehe

Selanjutnya, the second one! Ini menurut pendapat ahli yaaa yang diambil dari 2 sumber. Check this out!

Dikutip dari http://english.stackexchange.com/questions/33136/thanks-or-thank-you, katanya:

"Thanks" is a noun, and can be used like this: 
Give James my thanks./ I give you my thanks. (when speaking face to face) 
Hence, the today's expression, "Thanks, Jim". 
"Thank you", the "thank" is a verb, and is actually a shortening of the phrase "I thank you". So, you'd probably not say "Give Jim my thank-you", but "Give Jim my thanks." 
Otherwise, they are interchangeable.

Nah, nah, jadi, thanks itu adalah kata benda dan bisa digunakan seperti pada "Give James my thanks". Tapi di era modern kaya sekarang, di mana banyak kata yang dipersingkat dengan alasan kepraktisan, kalimat terima kasih yang panjang itu bisa disingkat cukup dengan "thanks".

Sedangkan thank pada thank you adalah kata kerja dan sebenarnya merupakan singkatan dari "I thank you". Jadi, ga bisa kalo kita bilang "Give Jim my thank-you", tapi harusnya "Give Jim my thanks". Ga perlu ada objek setelah thanks-nya.

Terus dikutip dari http://english.stackexchange.com/questions/187006/is-thanks-an-alternative-correct-spelling, katanya:

's shows either possession, or when the following word i.g. is/us/... is abbreviated. Therefore, in this case, 's can only be used if you're talking about something that belongs to "thank", which makes no sense at all; nor if you're saying "thank is" which does not make sense, either.

The s at the end of the word "thanks" is just a plural s and adding any apostrophe before that is just an error. Native speakers in each language may happen to make mistakes.

‘s menunjukan kepemilikan atau digunakan ketika diikuti kata seperti is atau us yang disingkat. Jadi, dalam hal ini, ‘s hanya bisa digunakan ketika kita sedang berbicara tentang sesuatu milik “thank” yang sama sekali ga masuk akal, sama halnya seperti saat kita bilang “thank is”.

Huruf s pada akhir kata “thanks” adalah s yang menjadikan "thank" plural atau jamak dan menambahkan apostrof sebelumnya hanyalah sebuah kesalahan. Orang yang bahasa ibunya Inggrispun kadang suka salah lohh...

As mentioned in the comment, if "thank" is being used as a verb, s would be added to make it third person singular: She always thanks her mother for the meals she cooks. 

Seperti yang disebutkan di komentar, jika “thank” digunakan sebagai kata kerja, s akan ditambahkan untuk menjadikan thank kata kerja tunggal untuk orang ketiga:

She always thanks her mother for the meals she cooks.

Demikian Penjelasan Cara Menyingkat Tulisan Thank You yang Benar dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Indonesia Tentang Pengertian, Ciri dan Unsur-unsur Novel Tingkat SMP/MTs.


Pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Indonesia Tentang Pengertian, Ciri dan Unsur-unsur Novel Tingkat SMP/MTs.

Pengertian, Ciri dan Unsur-unsur Novel
Pengertian Novel

Novel atau roman adalah karya sastra berupa karangan panjang dan berbentuk prosa yang di  Pengertian, Ciri dan Unsur-unsur Novel.

Novel atau roman adalah karya sastra berupa karangan panjang dan berbentuk prosa yang di dalamnya terkandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku serta konflik-konflik yang terjadi dengan orang lain.

Istilah novel berasal dari bahasa Italia, yaitu novella yang berarti cerita pendek dalam bentuk prosa. Selanjutnya kata novella dikaitkan dengan istilah novelette dalam bahasa Inggris yang artinya sebuah karya prosa fiksi yang tidak terlalu panjang, namun tidak terlalu pendek. Sedangkan dalam bahasa Latin kata novel berasal dari kata novellus yang diturunkan dari kata noveis yang berarti baru.

Berikut ini beberapa pengertian novel dari beberapa sumber buku:
  1. Menurut Tarigan (1991:164), novel adalah suatu cerita prosa yang fiktif dalam panjang yang tertentu, yang melukiskan para tokoh, gerak serta adegan nyata yang representatif dalam suatu alur atau suatu keadaan yang agak kacau atau kusut.
  2. Menurut Nurgiyantoro (2010:4), novel adalah sebuah karya fiksi menawarkan sebuah dunia, dunia yang berisi model kehidupan yang diidealkan, dunia imajiner, yang dibangun melalui unsur intrinsiknya seperti peristiwa, plot, tokoh (dan penokohan), latar, sudut pandang, dan lain-lain yang kesemuanya, tentu saja, juga bersifat imajiner.
  3. Menurut Sudjiman (1984:53), novel adalah prosa rekaan yang panjang dengan menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun.
  4. Menurut Clara Reeve, novel adalah gambaran dari kehidupan dan perilaku yang nyata dari zaman pada saat novel itu ditulis. Novel bersifat realistis, novel berkembang dari bentuk-bentuk naratif nonfiksi; surat, jurnal, memoar atau biografi, kronik atau sejarah (Wellek & Warren, 2014:260).
  5. Menurut H. B. Jassin (Suroto, 1989:19), novel adalah suatu kejadian yang luar biasa dari kehidupan orang-orang luar biasa karena kejadian ini terlahir suatu konflik, suatu pertikaian, yang mengalihkan jurusan nasib mereka.

Ciri-Ciri Novel

Sebagai salah satu karya sastra, novel memiliki ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan karya sastra lain. Dari segi jumlah kata ataupun kalimat, novel lebih mengandung banyak kata dan kalimat sehingga dalam proses pemaknaan relatif jauh lebih mudah dari pada memaknai sebuah puisi yang cenderung mengandung beragam bahasa kias. 

Dari segi panjang cerita novel lebih panjang dari pada cerpen sehingga novel dapat mengemukakan sesuatu secara lebih banyak, lebih rinci, lebih detail, dan lebih banyak melibatkan berbagai permasalahan yang komplek.

Menurut Hendy (1993:225), beberapa ciri-ciri novel adalah sebagai berikut:
  1. Sajian cerita lebih panjang dari cerita pendek dan lebih pendek dari roman. Biasanya cerita dalam novel dibagi atas beberapa bagian.
  2. Bahan cerita diangkat dari keadaan yang ada dalam masyarakat dengan ramuan fiksi pengarang.
  3. Penyajian berita berlandas pada alur pokok atau alur utama yang batang tubuh cerita, dan dirangkai dengan beberapa alur penunjang yang bersifat otonom (mempunyai latar tersendiri).
  4. Tema sebuah novel terdiri atas tema pokok (tema utama) dan tema bawahan yang berfungsi mendukung tema pokok tersebut.
  5. Karakter tokoh-tokoh utama dalam novel berbeda-beda. Demikian juga karakter tokoh lainnya. Selain itu, dalam novel dijumpai pula tokoh statis dan tokoh dinamis. Tokoh statis adalah tokoh yang digambarkan berwatak tetap sejak awal hingga akhir. Tokoh dinamis sebaliknya, ia bisa mempunyai beberapa karakter yang berbeda atau tidak tetap.

Unsur-unsur Novel

Novel sebagai karya fiksi dibangun oleh dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang secara langsung ikut serta dalam membangun cerita. Unsur intrinsik terdiri dari plot (alur cerita), karakter (perwatakan), tema (pokok pembicaraan), setting (tempat terjadinya cerita), suasana cerita, gaya cerita dan sudut pandangan pencerita.

Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra yang tetap memiliki pengaruh terhadap isi atau sistem organisme dalam suatu karya sastra. Unsur ekstrinsik terdiri dari: biografi penulis, psikologi penulis, keadaan masyarakat di sekitar penulis dan lain-lain.

Menurut Nurgiyantoro (2010:68), berikut penjelasan unsur-unsur intrinsik dalam sebuah novel:

a. Tema

Tema merupakan gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra dan yang terkandung di dalam teks sebagai struktur semantik dan yang menyangkut persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan. Tema dipandang sebagai dasar cerita atau gagasan umum dalam sebuah karya fiksi. Tema dalam sebuah karya fiksi sebelumnya telah ditentukan oleh pengarang untuk mengembangkan ceritanya.

b. Alur

Alur atau plot adalah jalinan peristiwa atau kejadian dalam suatu karya sastra untuk mencapai efek tertentu. Alur adalah urutan peristiwa atau kejadian dalam suatu cerita yang dihubungkan secara sebab-akibat. Sedangkan plot adalah cerita yang berisi urutan kejadian, namun tiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab-akibat, peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain.

c. Tokoh dan Penokohan

Tokoh cerita (character) adalah orang-orang yang ditampilkan dalam suatu karya naratif, atau drama, yang oleh pembaca ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti yang diekspresikan dalam ucapan dan apa yang dilakukan dalam tindakan. Istilah tokoh merujuk pada orang atau pelaku dalam sebuah cerita, sedangkan penokohan adalah cara seorang penulis menampilkan sifat dan watak dari suatu tokoh. Penokohan juga dapat disebut sebagai pelukisan gambaran yang jelas mengenai seseorang yang ditampilkan dalam suatu cerita.

d. Latar

Latar atau setting yang disebut juga sebagai landas tumpu, menyaran pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar adalah segala keterangan, pengacuan, atau petunjuk yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan situasi terjadinya peristiwa dalam suatu cerita. Latar berfungsi sebagai pemberi kesan realistis kepada pembaca. Selain itu, latar digunakan untuk menciptakan suasana tertentu yang seolah-olah sungguh ada dan terjadi.

e. Sudut Pandang

Sudut pandang adalah kedudukan atau posisi pengarang dalam cerita tersebut. Dengan kata lain posisi pengarang menempatkan dirinya dalam cerita tersebut apakah ia ikut terlibat langsung dalam cerita itu atau hanya sebagai pengamat yang berdiri di luar cerita.

f. Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah alat atau sarana utama pengarang untuk melukiskan, menggambarkan, dan menghidupkan cerita secara estetika. Gaya bahasa juga dapat diartikan sebagai cara pengarang mengungkapkan ceritanya melalui bahasa yang digunakan dalam cerita untuk memunculkan nilai keindahan.

g. Amanat

Amanat adalah pesan moral yang disampaikan seorang pengarang melalui cerita. Amanat juga disebut sebagai pesan yang mendasari cerita yang ingin disampaikan pengarang kepada para pembaca.


Tokoh dan Penokohan Novel
Menurut Nurgiyantoro (2010:258), tokoh di dalam novel terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

Tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama (central character) adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya dalam novel yang bersangkutan. Sedangkan tokoh tambahan adalah tokoh yang mendukung adanya tokoh utama, biasanya pemunculannya diabaikan dan kurang mendapatkan perhatian.
Tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang oleh pembaca dianggap sebagai tokoh baik atau tokoh yang dikagumi. Sedangkan tokoh antagonis adalah kebalikan dari tokoh protagonis, yaitu tokoh jahat yang menjadi musuh dari tokoh baik.

Lihat juga...Soal Latihan 1 USBN Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2019/2020.

Tokoh sederhana dan tokoh bulat. Tokoh sederhana adalah tokoh yang hanya memiliki satu kualitas pribadi. Sedangkan tokoh bulat adalah tokoh yang memiliki dan diungkap berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian dan jati dirinya. Tokoh bulat disebut juga dengan tokoh kompleks.
Tokoh statis dan tokoh berkembang. Tokoh statis adalah tokoh cerita yang tidak mengalami perubahan atau perkembangan watak sebagai akibat adanya peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam cerita. Sedangkan tokoh berkembang adalah tokoh cerita yang mengalami perubahan dan perkembangan watak sejalan dengan perkembangan peristiwa di dalam cerita.

Tokoh tipikal dan tokoh netral. Tokoh tipikal adalah tokoh yang hanya sedikit menampilkan keadaan individualitas dan lebih menonjolkan kualitas pekerjaan atau kebangsaan untuk mewakili sifat tokoh tersebut. Sedangkan tokoh netral adalah tokoh cerita yang bereksistensi demi cerita itu sendiri. Pembedaan tokoh ini didasarkan pada kemungkinan pencerminan tokoh cerita terhadap sekelompok manusia dari dunianya.

Penokohan dan perwatakan adalah pelukisan mengenai tokoh cerita, baik keadaan lahirnya maupun batinnya yang dapat berubah, pandangan hidupnya, sikapnya, keyakinannya, adat istiadatnya, dan sebagainya (Rokhmansyah, 2014:34).

Penokohan dapat diwujudkan secara langsung dan tidak langsung. Menurut Kosasih (2012: 68), terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk menggambarkan karakter seorang tokoh, yaitu:

Teknik analitik, karakter tokoh diceritakan secara langsung oleh pengarang. Teknik dramatik, karakter tokoh dikemukakan melalui: penggambaran fisik dan perilaku, lingkungan kehidupan, tata kebahasaan, jalan pikiran tokoh dan penggambaran oleh tokoh lain.


Daftar Pustaka
  1. Tarigan, Henry Guntur. 1991. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.
  2. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  3. Sudjiman, Panuti. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.
  4. Wellek, Rene dan Warren, Austin. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
  5. Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMTA. Jakarta: Erlangga.
  6. Hendy, Zaidan. 1993. Kasusastraan Indonesia Warisan yang Perlu Diwariskan 2. Bandung: Angkasa.
  7. Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  8. Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Share:

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Tentang Pengertian Imperative Sentence dan Penjelasannya.


Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Imperative Sentence atau kalimat imperatif.  

Imperative Sentence (kalimat imperatif)

a. Pengertian Imperative Sentence

Imperative Sentence adalah kalimat yang memiliki arti menyuruh, meminta, memerintah, dan memberikan petunjuk kepada lawan bicara agar melakukan sesuatu. Imperative Sentence sendiri dapat dikategorikan sebagai 3 tipe yaitu command (perintah). request (permintaan), dan petunjuk (direction),

b. Ciri - Ciri Imperative Sentence
  1. Memiliki arti yang meminta seseorang untuk melakukan sesuatu
  2. Memakai kata kerja bentuk pertama atau verb-1
  3. Imperative Sentence tidak memakai subjek you karena subjek yang dituju sudah akan mengerti bahwa kalimat tersebut ditujukan kepadanya.
  4. Jika ada kalimat imperatif yang menggunakan tanda seru (!) itu menandakan kalimat memiliki emosi yang kuat.
c. Contoh Kalimat Imperative Sentence:

1. Command (Perintah)

Command merupakan kalimat yang tegas dan biasanya diakhiri dengan exclamation (!) atau tanda seru karena sifatnya yang memerintahkan seseorang. Kalimat Command juga dapat berupa larangan dengan menambahkan don't (jangan) di depan kalimat.


-Contoh Kalimat:
  1. Go away! (pergi sana!)
  2. Close the door! (tutup pintunya!)
  3. Listen to the teacher! (dengarkan guru!)
  4. Be careful! (hati-hati!)
  5. Be nice! (jadilah baik!)
  6. Be quite please! (tolong diam!)
  7. Don't touch me! (jangan sentuh aku!)
  8. Don't swim to far! (jangan berenang terlalu jauh!)
  9. Don't eat my foods! (jangan makan makananku!)
  10. Don't step on the grass! (jangan menginjak rumput!)
2. Request (Permintaan)

Hasil gambar untuk gambar meminta bantuan

Request adalah sebuah kalimat permohonan atau permintaan, dapat juga berbentuk kalimat perintah namun bahasanya lebih halus dan tidak menggunakan exclamation (!). Dapat diartikan kalimat ini lebih sopan.
Contoh Kalimat:
  1. Would you like to help me? (maukah kamu membantuku?)
  2. Would you mind to come to my house? (Maukah kamu datang ke rumahku?)
  3. Could you pass the salt over there, please? (Bisakah kamu mengoper garam di sebelah sana, tolong?)
  4. Could you take the garbage outside? (Bisakah kamu membuang sampah keluar?)
  5. Could you bring me the newspaper? (Bisakah kamu membawakanku korannya?)
  6. Would you sing for me? (Maukah kamu menyanyi untukku?)
  7. Would you dance with me? (Maukah kamu menari denganku?)
  8. Could you check my e-mails, please? (Bisakah kamu mengecek emailku tolong?)
  9. Would you mind if I sit here? (Bolehkah aku duduk disini?)
  10. Could you please open the door? (Bisakah kamu membukakan pintu?)

3. Direction (Petunjuk)

Direction adalah petunjuk untuk melakukan suatu hal dengan melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang runtut. Contohnya dapat dilihat pada Procedure Text, Manual, atau ketika seseorang menunjukan jalan ke tempat tertentu,

- Contoh Kalimat:
  1. Turn left when you see a roundabout. (belok kiri ketika kamu melihat bunderan)
  2. Turn right at the end of the road and my house is number 67. (belok kanan di akhir jalan dan nomor rumahku adalah 67)
  3. Wash the mangoes to remove any dirt. Then peel the ripe mangoes (Cuci mangga untuk membuang kotoran. Kemudian kupas mangganya)
  4. Put the chopped garlic and onion into the hot vegetable oil. Fry them a while. (masukkan potongan bawang merah dan bawang putih ke dalam minyak panas)
  5. Press and hold the Power button. If the iPhone is already on, the screen will wake up and you can unlock the screen. If the iPhone is off, you'll need to keep holding the button until you see the Apple logo (Tekan dan tahan tombol power. Jika ponselnya sudah menyala, layar akan ikut menyala dan anda bisa membuka kunci layar. Jika anda ingin mematikan iphone, anda harus menekan terus tombol sampai anda melihat logo Apple.)
Selain itu, kita juga boleh memakai kata "Let". Rumusnya: Let + Object + Verb 1

Contoh:

  1. Let me help you = Mari saya bantu kamu.
  2. Let's have a snack = Mari kita ngemil.
Untuk soal latihan, silahkan download....Soal latihan Imperative Sentence

Demkian Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Tentang Pengertian Imperative Sentence dan Penjelasannya, semoga bermanfaat.
Share:

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Tentang Asking for Repetition Tingkat SMP/MTs.


Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai salah satu expression dalam bahasa inggris tentang Asking for repetition.

Tujuannya memudahkan kalian untuk mencari materi bahasa Inggris dalam proses pembelajaran di madsarah atau sekolah.

Materi Bahasa Inggris  Kelas 9 Tentang Asking for Repetition

A. Pengertian Asking for Repetition

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah menanyakan kembali apa yang lawan bicara kita sudah katakan. Jika apa yang dikatakan kurang terdengar maka kita akan menyuruhnya untuk mengulanginya lagi. 

Jadi, Asking for repetition adalah ungkapan untuk meminta mengulangi agar sesuatu yang disampaikan itu jelas. 

B. Ungkapan-ungkapan Asking for Repetition
  1. What? (Apa?)
  2. Pardon? (Maaf?)
  3. Can you say that again? (Bisakah kamu mengatakannya lagi?)
  4. What was that? (Apa itu tadi?)
  5. What did you say? (Apa yang kamu katakan?)
  6. Again, please. (Ulangi, tolong)
  7. Say that again. (Katakan lagi)
  8. Sorry, I can't hear you (maaf aku tidak bisa mendengarmu)
  9. Please speak louder (tolong bicara lebih keras lagi)
  10. Would you mind repeating that? (Apakah kamu tidak keberatan untuk mengulanginya lagi?)
  11. Would you mind saying that again? (Apakah kamu tidak keberatan untuk mengatakannya lagi?)
  12. Sorry, but I'm not sure I'm following you. (Maaf, tapi aku tidak mengikutimu)
  13. I'm sorry, but what did you say about...? (Maafkan aku, tapi apa yang ingin kamu katakan tentang...?)
  14. Do you think you could repeat the part about...once again please? (Bisakah kamu mengulangi bagian tentang... sekali lagi?)
  15. I beg your pardon but I don't quite follow / understand. (Aku meminta maaf tapi aku tidak benar-benar mengikuti / mengerti)

C. Contoh dalam bentuk dialog 

Zara   : Since we are friends now, can I have your phone number please?
Kabir  : Sure, My phone number is 081997666360
Zara   : I'm sorry, can you say that again?
Kabir  : 0-8-1-9-9-7-6-6-6-3-6-0
Zara   : Thank you Kabir.
Kabir  : My pleasure.

Terjemahan:
Zara   : Karena kita sekarang telah berteman, bolehkah aku mengetahui nomor telepon kamu?
Kabir  : Tentu, Nomor telepon saya adalah 081997666360
Zara   : Maaf, bisakah kamu katakan itu lagi?
Kabir  : 0-8-1-9-9-7-6-6-6-3-6-0
Zara   : Terima kasih Kabir.
Kabir  : Dengan senang hati.

Demikan, semoga bermanfaat.
Share:

Contoh Soal IPA Tentang Getaran dan Gelombang Tahun Pelajaran 2019/2020.


Inilah Contoh Soal Penilaian Harian IPA Tentang Getaran dan Gelombang. Soal ini terdiri dari 15 pilihan ganda (multi choice) dan 5 esai. 

Tujuan  soal ini sebagai refrensi latihan atau soal ujian pada tahun pelajaran baru yang akan datang.

Pilihlah jawaban yang tepat dengan menyilang pada pilihan jawaban a, b, c atau d!

1. Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibedakan menjadi ….
A. Gelombang transversal dan gelombang longitudinal
B. gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
C. gelombang bunyi dan gelombang cahaya
D. gelombang laut dan gelombang  Bumi

2. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 300 m/s, panjang gelombangnya 75 m. Frekuensi gelombang tersebut adalah ....
A. 4 Hz
B. 6 Hz
C. 5 Hz
D.7 Hz

3. Amplitudo dari gelombang yang ditampil-kan pada gambar di atas adalah ....
A. 1 m
B. 4 m
C. 2 m
D. 8 m

4. Dalam eksplorasi minyak dan gas bumi, digunakan pemanfaatan sifat gelombang yaitu ....
A. pemantulan gelombang
B. perambatan tanpa medium
C. amplitudo gelombang
D. panjang gelombang

5. Sebuah gelombang mempunyai frekuensi 5 Hz dan panjang gelombangnya 20 m. Kecepatan gelombang tersebut adalah ….
A. 100 m/s
B. 200 m/s
C. 4 m/s
D. 8 m/s

6. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 480 m/s. Jika frekuensi gelombang tersebut adalah 12 Hz, panjang gelombangnya adalah ….
A. 40 m
B. 50 m
C. 45 m
D.55 m

7. Berikut ini yang bukan pemanfaatan gelombang dalam teknologi adalah ….
A. Satelit
B. sel surya
C. eksplorasi minyak dan gas bumi
D.PLTN


8. Dalam selang waktu 0,3 sekon antara A dan B terbentuk gelombang seperti gambar di atas. Cepat rambat gelombang dalam tali adalah ....
A. 10 m/s
B. 6 m/s
C. 9 m/s
D.3 m/s

9. Bunyi merupakan gelombang ....
A. Elektromagnetik
B. laut
C. Mekanik
D.mikro

10. Cepat rambat gelombang bunyi bergantung pada ....
A. jenis mediumnya
B. suhu mediumnya
C. jenis dan suhu mediumnya
D.frekuensinya

11. Seseorang melihat kilat di langit dan 4 sekon kemudian mendengar bunyi guntur. Jika cepat rambat bunyi di udara pada saat itu 345 m/s, maka jauh kilat itu terjadi diukur oleh orang tersebut adalah ....
A. 1.380 m
B .172,5 m
C. 690 m
D. 86,25 m

12. Kelelawar dapat berburu pada malam hari dengan menggunakan bunyi ....
A. Infrasonic
B. audiosonik
C. Supersonic
D. megasonik

13. Terdapat 3 buah garputala A, B, dan C. Garputala A dan B mempunyai frekuensi yang sama, sedangkan garputala C mempunyai frekuensi lebih besar. Jika garputala A dibunyikan dengan cara memukulnya, garputala yang akan ikut berbunyi adalah ....
A. garputala B
B. garputala C
C. semua garputala
D. tidak ada yang berbunyi

14. Sebuah kapal mengirim pulsa ultrasonic ke dasar laut yang kedalamannya 2.800 m. Jika cepat rambat bunyi di dalam air laut 1.400 m/s, maka waktu yang dicatat fathometer mulai dari pulsa dikirim hingga diterima kembali adalah ....
A. 2 sekon
B. 4 sekon
C. 8 sekon
D.12 sekon

15. Frekuensi nada dawai gitar dapat bertambah tinggi jika ....
A. tegangan dan panjang dawai diperbesar
B. tegangan dawai diperkecil dan massa jenis senar diperbesar
C. panjang dawai diperbesar dan luas penampang dawai diperkecil
D. tegangan dawai diperbesar dan panjang dawai diperkecil

B.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Pada sebuah gelombang terdapat 3 bukit dan 2 lembah. Jarak antara bukit yang berdekatan adalah 5 m dan periodenya 3 sekon. Berapakah panjang gelombang dan kecepatan gelombang tersebut?

2. Sebuah tali dengan panjang 8 m digerakkan turun naik pada salah satu ujungnya. Ketika tali tersebut membentuk dua bukit dan dua lembah selama 4 sekon, berapakah panjang gelombang, periode, frekuensi, dan kecepatan gelombang tersebut?

3. Perhatikan gambar di bawah ini!


Waktu yang dibutuhkan gelombang longitudinal untuk merambat dari R ke S yang berjarak 6 meter adalah 2 sekon. Tentukan:
a.periode gelombang,
b.cepat rambat gelombang!

4.Pengukuran kedalaman laut menggunakan gelombang bunyi dilakukan dengan merambat kan bunyi ke dalam air. Cepat rambat gelombang bunyi di air laut adalah 1.500 m/s. Jika penerima bunyi pantul menerima Bunyi pantulan setelah 3 detik, berapa kedalaman laut tersebut?

5. a. Sebutkan tiga contoh pemanfaatan gelombang dalam teknologi! Berikan penjelasan!
b.Bagaimana resonansi terjadi? Sebutkan kejadian dalam keseharian yang merupakan contoh peristiwa resonansi!
    Demikian, semoga bermanfaat.
    Share:

    Materi Informatika Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs.


    Pada kesempatan ini, kami berbagi materi tentang Materi Informatika Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020.

    BAB 1 
    SISTEM JARINGAN INTERNET DAN INTRANET 

    A. PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET

    1. Pengertian internet 

    Istilah internet berasal dari bahasa latin, yaitu INTER yang berarti "antara". Secara garis besar internet berarti jaringan antara  atau penghubung. 

    Internet kepanjangan dari “Interconnected network” yang berarti jaringan jaringan komputer yang saling terhubung. 

    Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.

    Ada dua peranan internet yang sangat penting yaitu :
    1. Sebagai sumber data dan infromasi. Internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Bahkan kita juga dapat menempatkan informasi yang kita miliki di internet, agar dapat diakses oleh orang lain
    2. Sarana pertukaran data dan informasi. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lainnya, tanpa dibatasi jarak fisik kedua komputer tersebut.
    1. Dampak positif internet adalah
    • Sumber penghasilan
    • Sumber informasi
    • Internet sebagai media komunikasi
    • Kemudahan berbinis

    2. Dampak negatif
    • Penipuan
    • Pornografi
    • Mengurangi sifat sosial
    • Kecanduan

    2. Pengertian Intranet

    Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Intranet merupakan jaringan komputer lokal, sedangkan internet merupakan jaringan komputer global.



    Sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet (protokol TCP(Transmission Control Protocol)/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien, dan juga server.


    Demikian Materi Informatika Kelas 9 Semester Ganjil Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020. Semoga  bermanfaat.
    Share:

    Hari/Tanggal

    ALIH BAHASA

    Daftar Isi